Tips dan Trik Lolos Wawancara Beasiswa

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Banyak dari beasiswa besar yang biasanya lebih spesifik dan bergengsi akan membutuhkan wawancara sebelum memilih dan memberikan beasiswa mereka. Selain aplikasi terperinci, esai yang mengesankan, dan surat rekomendasi, dewan beasiswa akan menginginkan kesempatan untuk bertemu dengan Anda secara pribadi untuk menilai karakter dan kepribadian Anda.

Para juri yang menilai semua pelamar beasiswa ingin menentukan apakah lamaran tersebut sesuai dengan pelamar serta apakah Anda adalah kandidat terbaik untuk beasiswa yang diberikan. Wawancara ini dilakukan untuk beasiswa akademis berdasarkan prestasi di mana sejumlah besar uang tergantung di saldonya. Namun tentu saja mempersiapkan wawancara ini bisa membuat stres.

Siswa yang tidak terbiasa dengan proses wawancara mungkin menganggap wawancara adalah bagian mendapatkan beasiswa yang menakutkan. Belum lagi umumnya wawancara identik dengan kesan formal dan kaku serta menegangkan. Tetapi ada beberapa tip dasar dan keahlian yang akan membantu Anda mempersiapkan pertemuan yang sukses dengan dewan peninjau beasiswa berikut ini.

 

Pertanyaan Umum Dalam Wawancara Beasiswa

Tips dan Trik Lolos Wawancara Beasiswa
 

Praktik wawancara adalah cara yang baik untuk mengasah keterampilan Anda sebelum Anda menghadapi dewan peninjau beasiswa secara langsung. Mintalah seorang anggota keluarga, teman atau guru tepercaya memandu Anda melalui wawancara tiruan, menanyakan jenis pertanyaan yang akan diberikan kepada Anda selama proses wawancara yang sebenarnya. Beberapa topik umum yang akan diminta untuk Anda bahas dalam wawancara beasiswa biasanya meliputi :

  • Apakah prestasi akademik terbesar Anda ?
  • Kegiatan ekstrakurikuler apa yang Anda ikuti?
  • Hambatan besar apa yang telah Anda atasi dan bagaimana caranya?
  • Apa sajakah penghargaan yang telah Anda menangkan?
  • Apakah tujuan profesional Anda setelah lulus?
  • Bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri dalam menggunakan gelar Anda nantinya?

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Mempersiapkan Lolos Tes Online Beasiswa

 

Tips dan Trik Lolos Wawancara Beasiswa

Pertanyaan wawancara beasiswa biasanya merupakan pertanyaan terbuka yang akan ditanyakan oleh perwakilan dari organisasi pemberi beasiswa untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anda. Berdasarkan jawaban Anda, pewawancara memutuskan apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa dan apakah tujuan Anda sejalan dengan tujuan mereka.

Banyak sekolah dan organisasi mewawancarai pelamar beasiswa teratas mereka untuk menentukan pelamar mana yang akan menerima penghargaan. Mengetahui bagaimana mempersiapkan tanggapan wawancara beasiswa dapat membantu Anda merasa percaya diri dan siap selama wawancara. Berikut ini beberapa tips dan trik sederhana yang mungkin bisa membantu Anda :

  • Tepat waktu

    Tidak hanya membuat stres, kesan pertama papan ulasan dari pelamar mana pun dapat mewarnai wawancara berikutnya. Terlambat untuk wawancara hanya menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap pewawancara, dan kurangnya minat pada beasiswa yang ditawarkan. Berikan banyak waktu ekstra untuk tiba lebih awal dari waktu wawancara Anda karena ini akan terlihat profesional dan membuat Anda akan dihargai pewawancara.

  • Berlaku sopan

    Wawancara dalam bentuk apa pun bisa sangat menegangkan, tetapi penting untuk terlihat tenang dan percaya diri saat berbicara dengan dewan peninjau. Cobalah untuk tidak gelisah atau tampak gugup. Duduk diam, melakukan kontak mata, dan mempertahankan postur tubuh yang baik membuat Anda tampak seperti siswa yang tenang,dan profesional. Percaya diri dengan jawaban Anda, hindari terdengar ragu-ragu dan berbicara dengan jelas dan langsung pada intinya saat menjawab pertanyaan yang diajukan kepada Anda.

  • Berpakaian dengan profesional

    Kesan pertama itu penting dan berpakaianlah dengan rapi untuk semua wawancara Anda. Meskipun tidak perlu berpakaian formal, pakaian semi-formal cocok untuk semua wawancara beasiswa dan dewan perguruan tinggi. Pria harus mempertimbangkan celana panjang dan kemeja, atau bahkan jas dan dasi, dan harus berpenampilan rapi dan profesional. Pelajar wanita mungkin ingin memilih gaun atau setelan gaya bisnis saat menghadiri wawancara mereka. Intinya adalah tampil profesional, praktis, dan bersungguh-sungguh.

  • Memahami diri sendiri

    Selain menyadari postur dan penampilan Anda, sadarilah apa yang Anda katakan. Jelaskan dan ringkas dalam jawaban Anda kepada pewawancara, dan hindari keraguan yang bertele- tele dari inti pembicaraan. Orang yang diwawancarai yang bertele-tele mungkin tampak menawan, tetapi dia tidak membuat dewan peninjau beasiswa terkesan. Tetap fokus, dan pertahankan jawaban Anda relevan dan sesuai topik.
    Jika Anda mendapati diri Anda tidak memiliki jawaban yang memuaskan untuk sebuah pertanyaan, jangan mencoba untuk membohongi diri Anda. Mintalah klarifikasi, atau jujur ​​saja dan katakan Anda tidak tahu. Pewawancara lebih suka dan narasumber jujur ​​yang menyadari pengetahuan mereka sendiri daripada seseorang yang mencoba menggertak atau menipu. Terpenting adalah tetap bersikaplah ramah, penuh perhatian, dan jawab pertanyaan dengan jelas dan ringkas.

  • Ajukan beberapa pertanyaan

    Jangan takut untuk bertanya selama proses wawancara. Tanyakan tentang perusahaan yang mensponsori beasiswa, atau tanyakan tentang rincian tentang beasiswa itu sendiri. Mampu melibatkan pewawancara dengan pertanyaan Anda sendiri menunjukkan bahwa Anda siap dan nyaman, dan menyoroti minat Anda pada penghargaan dan karir perguruan tinggi Anda nantinya.

 

Layaknya setiap wawancara formal begitu juga wawancara beasiswa, akan tidak masuk untuk meminta siswa untuk bersantai selama wawancara beasiswa mereka. Ini adalah proses yang menegangkan, dan banyak hal yang tergantung pada jawaban dan interaksi selama wawancara. Tetapi pewawancara memahami, dan mengharapkan tingkat kegugupan tertentu dari pihak pelamar beasiswa.

Selama Anda siap untuk wawancara Anda, perjuangan mendapatkan beasiswa berarti telah setengah jalan mengingat tidak semua pelamar bisa mengikuti proses wawancara. Lamaran, esai, dan riwayat Anda sebagai siswa berarti cukup mengesankan untuk membawa Anda sejauh ini. Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda ketika saatnya tiba untuk wawancara beasiswa Anda dimulai.

 

Baca Juga  :    Tips dan Cara Mendapatkan Beasiswa 2021

 

Daftar Beasiswa Nasional Indonesia

Tips dan Trik Lolos Wawancara Beasiswa
 

Selain beasiswa internasional di atas yang terbuka untuk para siswa dari penjuru dunia, Indonesia juga mempunyai beasiswa skala nasional yang bertujuan untuk membangun kualitas dan membantu para siswa Indonesia. Adapun dua beasiswa dari beberapa nasional yang bisa Anda coba setiap tahun adalah :

  • Beasiswa Tanoto Foundation

    Salah satu penyedia bantuan beasiswa yang konsisten dari tahun ke tahun adalah beasiswa dari Tanoto Foundation. Siswa yang ingin melamar beasiswa ini adalah bagian dari universitas yang tergabung sebagai mitra Tanoto Foundation. Termasuk cukup lengkap, Beasiswa Tanoto Foundation menyediakan biaya yang mencakup pembiayaan untuk kuliah setiap semester dan biaya akomodasi hidup siswa.

  • Beasiswa IDCloudHost Indonesia

    Kesempatan beasiswa nasional kemudian yang termasuk mumpuni sejak diperkenalkan 2015 lalu, Beasiswa IDCloudHost bekerjasama dengan Telkom University menawarkan kerjasama dengan biaya penuh juga gratis bagis siswa yang lolos seleksi.

 

Baca Juga  :     Beasiswa GRATIS Sampai Lulus ? Yuk, Gabung Beasiswa IDCloudHost!

 

Beasiswa Gratis IDCloudHost 2021

Program beasiswa resmi yang berkolaborasi antara PT Cloud Hosting Indonesia dengan Masuk Kampus dan Telkom University ini merupakan program bantuan biaya studi untuk jenjang S1. Program ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA Sederajat kelas 12 atau yang sudah lulus maksimal lima tahun terakhir. Beasiswa ini tidak memungut biaya pendaftaran apapun, jika Anda diminta untuk membayar harap melaporkannya ke pihak IDCloudHost di kontak yang tersedia. Pendaftaran dilakukan secara online, dibuka sejak 1 februari hingga 20 juni 2021 mendatang.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda harus melewati beberapa tahapan lagi sebelum tahap pengumuman kelulusan seperti Tes Kompetensi Online, hingga tes wawancara. Pengumuman dari beasiswa ini menjadi tahap terakhir yang harus Anda tunggu, sesuai jadwal yang ada pengumuman beasiswa ditetapkan tanggal 22 Juli 2021. PT Cloud Hosting Indonesia akan memberikan beasiswa minimal ke dua orang di tiap batch-nya, jika Anda memenuhi syarat dan tertarik untuk mendaftar bisa dengan mengunjungi https://idcloudhost.com/beasiswa/

Related Post :