Tips dan Trik Membangun Website Portofolio Yang Baik dan Benar

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Website portofolio dibutuhkan ketika Anda menjalankan profesi seorang pekerja lepas atau freelancer. Lewat Web portofolio yang bisa digunakan dalam menampilkan kemampuan, skill, serta karya yang Anda buat supaya lebih menarik banyak klien. Portofolio secara online ini membedakan website Anda dengan para pesaing, dengan demikian website Anda memiliki nilai tersendiri dalam menjamin sebuah kepercayaan calon klien Anda.

Selain itu website portofolio Anda harus selalu di upgrade dan di rawat dengan baik itu dari segi up date informasi maupun tampilan desainnya. Di sini yang bisa Anda lakukan adalah mencari berbagai referensi tentang website yang baik, maka dari referensi tersebut Anda dapat lebih mengasah membuat portofolio yang lebih bagus lagi dan pastinya akan berpengaruh secara tidak langsung pada kualitas website Anda serta berpotensi menghadirkan calon klien yang banyak.

Sebenarnya membuat website portofolio sendiri cukup mudah, sebab sekarang telah banyak media yang menyediakan trik dan tips yang bisa Anda pelajari. Salah satunya disini akan di jelaskan bagaimana trik dan tips dalam membangun website yang baik dan benar. Sebelum itu ada baiknya Anda memiliki website portofolio terlebih dahulu, sehingga Anda bisa dengan memperbaiki ulang dari kekurangan web portofolio Anda sendiri.

 

Tips dan Trik Membangun Website Portofolio

Tips dan Trik Membangun Website Portofolio Yang Baik dan Benar
 

Membuat website portofolio sejatinya perlu di persiapkan, maka anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini :

 

Membuat, mendaftar nama domain yang digunakan di website portofolio.

Pembuatan website portofolio sejatinya tidak mudah dikerjakan oleh semua orang. Langkah awal yang harus di persiapkan terlebih dahulu adalah nama pada domain yang menarik dan unik, kemudian Anda bisa mengecek ketersediaan alamatnya. Selanjutnya buat nama domain yang di gunakan sebagai alternative andaikan nama pada domain yang utama telah dimiliki oleh orang lain. Proses pembuatan untuk nama domain sendiri terbilang begitu mudah, jadi Anda tidak perlu terlalu bingung. Tipsnya yaitu:

  • Buatlah beberapa alternatif untuk nama domain.
  • Pakai fitur cek domain supaya bisa mengetahui ketersediaan akan nama domain.
  • Buatlah nama domain menggunakan ekstensi Top-Level Domains atau (TLD).com.

 

Pembuatan nama domain yang berasal pada nama Anda bisa menjadi salah satu penambah nilai jual, sebab portofolio merupakan gambaran riwayat serta karya Anda. Jelasnya, menggunakan nama domain dengan nama sendiri, artinya Anda secara langsung memperkenalkan merek atau brand kepada pada klien serta visitor. Meski, secara umumnya juga tergantung atas kepopuleran dari nama domain yang digunakan. Di sini Anda di haruskan lebih kreatif dalam menciptakan nama domain Anda.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Belajar Blogger untuk Pemula

 

Pilihlah web Hosting yang terpercaya

Ada beberapa tipe dari hosting yang bisa anda pakai dalam menciptakan Website portofolio. Maka, yang bisa Anda lakukan adalah mencari serta menemukan hosting yang terpercaya dan kualitasnya telah di akui oleh para penggunanya. Anda bisa mencari informasi web hosting terbaik lewat media sosial yang banyak sekali penawaran dari web hosting dari berbagai penyedia, bahkan anda bisa menanyakan kepada sahabat, teman, dan lainnya yang telah berpengalaman menggunakan web hosting.

Umumnya penggunaan web hosting adalah berbayar dan umumnya secara bulanan, jenisnya dalam hosting yang di tawarkan juga banyak. Terpenting cari sesuai apa yang anda butuh dan inginkan sehingga akan menghemat waktu dan tenaga Anda. Anda bisa memilih layanan hosting dari IDCloudhost sebagai salah satu Web Hosting terbaik dan pilihan untuk Website Anda.

 

Pilihlah platform dalam membuat Website portofolio

Website yang Anda buat sebaiknya tidak menggunakan terlalu penuh fitur. Sebab, portofolio yang bagus yakni yang bisa menampilkan skill serta karya, dengan demikian kemungkinan kecil Anda dapat memanfaatkan platform secara kompleks supaya dapat mendukung portofolio Anda dan tidak merepotkan calon klien.

Salah satu platform yang banyak di gunakan dalam pembuatan website yakni WordPress, sebab Sistem Manajemen Konten atau CMS yang unik serta memberikan kemudahan dalam hal kustomisasi serta penggunaan, bahkan anda yang belum memiliki pengalaman di bidang web development pun bisa membuat website para platform ini. WordPress memberikan kemudahan, maka Anda tidak harus menghabiskan banyak waktu hanya untuk menciptakan portofolio online, alasannya karena WordPress banyak di gunakan dan di Install. Bahkan proses penginstalan WordPress ini di kenal dengan famous 5-minute installation.

Baca Juga :     Tips & Trik Membangun Website Bisnis yang Baik & Benar

 

Pilihlah Setup Tool dalam mengelola website Anda

Tips dan Trik Membangun Website Portofolio Yang Baik dan Benar
 

Penggunaan platform dalam pembuatan website portofolio tidak hanya satu jenis saja, namun secara umum banyak masyarakat yang menggunakan WordPress, maka di sini akan lebih spesifik langkahnya dalam membuat di WordPress. Setelah Anda menginstall WordPress, terdapat 3 hal yang harus dipahami supaya portofolio online yang di buat sukses mengumpulkan para kline serta memperoleh keuntungan. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah :

  • Memilih tema WordPress sesuai akan portofolio online Anda.
  • Pilih Galeri plugin yang menampilkan berbagai skill serta karya Anda.
  • Gunakan fitur contact form, sehingga bisa di aktifkan dengan melakukan install plugin.

 

Sebelum menentukan pengelolaan pada WordPress ada baiknya Anda pahami juga tujuan dari website portofolio adalah sebagai tempat menampilkan karya supaya bisa menarik para klien. Maka, langkah yang dapat Anda lakukan, yakni :

  • Pilihlah tema, ada banyak tema yang bisa anda pilih dalam pilihan premium maupun gratis, sesuai kebutuhan anda.
  • Anda bisa menginstal serta mengaktifkan tema yang anda pilih.

 

Setelah pembuatan galeri telah berhasil di buat serta diaktifkan, selanjutnya Anda bisa melanjutkan ke langkah yang bermanfaat bagi klien dengan kemudahan menghubungi Anda, yakni dengan menambahkan berbagai fitur formulir kontak maupun contact form.

 

Install berbagai fitur formulir kontak supaya klien maupun visitor bisa berkomunikasi dengan Anda.

Supaya komunikasi yang dilakukan oleh klien maupun visitor dengan Anda bisa di bangun secara mudah, lebih baik install serta aktifkan plugin formulir kontak. Adanya contact form maupun formulir kontak mempunyai bisa mewujudkan tujuan anda mendapatkan kesuksesan.

Plugin yang bisa Anda gunakan memiliki banyak pilihan dan ragam, maka di sini tugas Anda adalah mencari plugin yang benar-benar terpercaya dan berkualitas supaya bisa merealisasikan keinginan Anda membuat website portofolio yang bagus dan menarik. Langkah penerapan fitur formulir kontak tergantung dari plugin yang anda pilih, sebab dari masing-masing plugin memiliki cara yang berbeda.

Baca Juga:   Tips & Trik Membangun Membangun Website Startup yang Baik & Benar

 

Menambahkan profil diri serta Bio singkat

Pada website portofolio dengan adanya galeri serta formulir kontak supaya bisa menjadi modal mempunyai website portofolio yang bagus. Selanjutnya tambahkan beberapa hal dengan :

  • Penjelasan yang singkat berkaitan menganai diri Anda dan jenis bidang pekerjaan yang Anda lakukan.
  • Jabarkan dengan terperinci dari jasa serta layanan yang di tawarkan.
  • Foto profil gunakan yang foto asli Anda, supaya calon klien Anda mengetahui bagaimana wajah Anda.
  • Berikan informasi secara singkat berkaitan proyek besar yang pernah dibuat dan dikerjakan sebelumnya serta riwayat pekerjaan Anda.

 

Empat hal di atas rasanya akan sudah mampu menarik calon klien supaya lebih dalam menelusuri website Anda menampilkan apa saja kemampuan dan semua prestasi serta kemungkinan menarik perhatian para pengunjung website Anda untuk kemudian dapat melakukan interaksi.

Baca Juga :   Mengenal Bisnis Franchise : Tips & Trick, Syarat, Cara Membuka di Indonesia

 

Kesimpulan dan penutup

Setelah mengerti tentang trik dan tips mudah membangun website portofolio di atas, di harapkan anda bisa membuat portofolio yang bagus dan menarik. Anda dapat menerapkan langkah- langkah dan menjadikan panduan diatas sebagai guideline atau acuan dalam mengembangkan website portofolio yang sesuai dengan style Anda. Sedangkan untuk menemukan style untuk website portofolio adalah dengan menyesuaikannya dengan pekerjaan Anda.

Jangan memilih tampilan yang kaku dan formal jika website portofolio Anda adalah untuk menampilkan hasil karya visual seperti lukisan dan ilustrasi. Begitu juga sebaliknya, jangan menggunakan template yang terlalu ramai, kontras dengan permainan warna yang tidak matching jika website portofolio Anda adalah dalam bidang formal. Maka dari itu, sesuaikan template dan desain website portofolio Anda agar sesuai dengan bidang yang Anda geluti.

Related Post :

popup image