Tips Membuat Portofolio Online dan Rekomendasi Website Pembuatnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Portofolio merupakan salah satu bagian yang penting ketika Anda ingin memulai karir, maupun melamar pekerjaan selanjutnya. Sebelumnya, apa yang dimaksud dengan portofolio itu? Portofolio adalah kompilasi dari pekerjaan, proyek atau sampel milik seseorang yang merupakan dokumentasi professional berisi bukti tentang pencapaian selama masa kerja. Adapun portofolio itu sendiri bisa berbentuk fisik, seperti buku atau binder, maupun berbentuk files elektronik yang umum dikenal sebagai online portfolio.

Membuat portofolio yang baik penting jika Anda berusaha mendapatkan banyak klien, menumbuhkan bisnis, hingga melamar pekerjaan. Jadi bisa dikatakan kalau portofolio merupakan cermin dari diri Anda yang menjelaskan tentang pengalaman, pengetahuan dan kontribusi apa yang bisa Anda lakukan. Maka portofolio online menjadi salah satu cara baru untuk mendatangkan klien dan pembeli. Karenanya berikanlah portofolio terbaik yang bisa Anda buat untuk membantu mengenalkan diri dan kemampuan Anda.

Di dalam portofolio online dapat diisi dengan pekerjaan Anda sebelumnya, jasa maupun produk yang sekiranya memang akan bermanfaat bagi setiap lini pekerjaan. Desainer, pengembang, seniman, arsitek dan sebagainya juga dapat menyertakan apa saja karya yang telah mereka buat untuk lebih dapat menjual nilai lebih dari portofolio mereka. Tertarik untuk membuat portofolio online? Simak artikel ini untuk mengetahui manfaat, tips dan website yang bisa membantu Anda untuk membuat portofolio online.

 

Memahami Apa Itu Portofolio Online

Tips Membuat Portofolio Online dan Rekomendasi Website Pembuatnya
 

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, portofolio merupakan kompilasi dari pekerjaan, proyek, dan pengalaman Anda. Portofolio online sendiri adalah bentuk digital dari portofolio fisik yang didedikasikan untuk memperlihatkan hasil dari pekerjaan Anda. jadi portofolio online memungkinkan Anda untuk memberikan informasi personal, menawarkan jasa atau bahkan mencantumkan online store.

Maka membuat portofolio online seperti mengumpulkan berbagai karya dan kontribusi Anda dari berbagai platform. Pada saat ini, tidak hanya pekerjaan di bidang kreatif yang memerlukan portofolio online, namun banyak orang merasa perlu adanya awareness tentang keberadaan mereka secara online dan portfolio digital dapat membantu mereka menunjukkan pencapaian dan kontribusi yang telah dilakukan. Ini membuat portofolio semakin berkembang dari format di atas kerta menjadi lebih mudah diakses secara online.

 

Baca Juga  :     CV Kreatif dan Cara Membuat CV Kreatif untuk Lamar Pekerjaan

 

Manfaat dari Membuat Portofolio Online

Jika dibandingkan dengan portofolio fisik yang di print di atas kertas, portofolio online akan lebih nyaman dilihat oleh pembaca terutama jika HRD sedang mencari pekerja dibidang tertentu. Mengapa demikian? Anda bisa menyesuaikan desain agar kemampuan yang Anda miliki dapat disorot dan meninggalkan kesan bagi yang melihat. Ada banyak manfaat lain yang bisa membantu Anda, di bawah ini daftar dari manfaat membuat portofolio online.

  • Berguna untuk mencari pekerjaan secara online

    Siapa saja yang sedang mencari pekerjaan maka dengan mempunyai portofolio online akan sangat berguna. Ada banyak website yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan, dan Anda bisa langsung mendaftar dengan melampirkan beberapa informasi seperti CV, hingga portofolio online. Perkembangan teknologi memudahkan perusahaan dalam mencari karyawan dan sebaliknya. Anda hanya perlu melampirkan portofolio dan berkas lain yang dibutuhkan kemudian menunggu untuk dihubungi. Proses ini tidak memerlukan biaya dibandingkan cara konvensional dimana Anda perlu membayar biaya pengiriman atau prangko.

  • Membantu menciptakan personal branding

    Secara singkat, portofolio online adalah presentasi jati diri Anda, apa yang Anda tawarkan, kemampuan, pencapaian. Imej Anda akan ditentukan oleh desain dan konten yang ada pada portofolio. Branding yang Anda buat sama berharganya dengan reputasi yang Anda bangun, sehingga Anda bisa menunjukkan bagaimana kepribadian, beberapa aspek tentang masa lalu atau pengalaman terkini di dalam portofolio. Jika menggunakan cara yang konvensional lebih terbatas dalam banyak hal, sehingga akan sulit untuk menciptakan gambaran atau image Ada jika dalam selembar kertas saja.

  • Lebih mengedepankan pekerjaan terbaik

    Anda bisa memilih layout atau menggunakan template pada portofolio online, menentukan mana yang harus disorot, di taruh di depan, mana yang memerlukan banyak penjelasan dan sebagainya. Selain itu, Anda bisa membuat bagian khusus untuk pekerjaan yang mendapatkan banyak sambutan, hingga proyek terbaru. Kebebasan kostumisasi bermanfaat jika Anda ingin membuat portofolio yang memiliki palet warna harmonis dan atau penempatan yang sesuai.

  • Membantu freelancer mendapatkan klien

    Apabila Anda menggunakan website untuk menampilkan portofolio online, Anda bisa mengoptimalkan website dan klien dengan mudah menemukan Anda. Mengetahui dasar-dasar dari SEO ( Search Engine Optimization) dapat membantu visibilitas secara online dan membuat portofolio online Anda dilihat. Peringkat yang semakin tinggi mendukung peningkatan visibilitas, sehingga mudah untuk ditemukan oleh klien. Portofolio online sangat bermanfaat bagi freelancer. Perusahaan sering mencari pekerja yang untuk pekerjaan spesifik, seperti content writer, IT specialist, fotografer dan masih banyak lagi. Anda harus menunjukkan kemampuan yang Anda miliki saat itu juga.

 

Baca Juga  :    Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri Saat Wawancara Kerja

 

Tips Membuat Portofolio Online yang Menarik

Bagaimanapun latar belakang, pengalaman dan kemampuan Anda, semua hal tersebut merupakan jati diri yang unik dan tidak ada pada orang lain. Karenanya, Anda juga perlu membuat portofolio yang lebih menonjol dari banyak orang. Bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa tips untuk menjadikan portofolio online seunik diri Anda.

  • Tunjukkan talenta dan individualitas Anda

    Portofolio online yang Anda buat menjelaskan apa kemampuan Anda dan memberikan gambaran tentang diri Anda sebagai individu, sehingga Anda tidak terlihat sama dengan yang lain. Anda juga harus menetapkan alasan untuk karya atau pekerjaan yang Anda tampilkan dan bagaimana cara menunjukkannya.

  • Tentukanlah target niche Anda

    Jika Anda menguasai salah satu bidang pekerjaan, dan menekuninya bukan berarti Anda memberikan batas pada diri sendiri melainkan Anda bisa memilih seperti baik pekerjaan yang Anda kerjakan ataupun klien yang Anda miliki. Sehingga fokus Anda tertuju pada hal-hal yang menarik minat. Menemukan niche akan membantu Anda dalam membuat portofolio yang sesuai dengan kemampuan Anda atau kontribusi yang Anda tawarkan sehingga klien bisa yakin ketika memilih Anda.

  • Jelaskan kemampuan spesifik yang Anda kuasai

    Mungkin talenta Anda adalah editing, menggambar, menjahit, atau kemampuan lainnya, maka Anda dapat menunjukkan semua ini dalam portofolio Anda. Walau nantinya portofolio yang Anda buat terdiri dari banyak halaman atau bagian, namun semuanya harus selaras untuk mengkomunikasikan karya yang Anda hasilkan.

 

Baca Juga :    Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate yang Baik dan Benar untuk Melamar Kerja

 

Rekomendasi Website Untuk Membuat Portofolio Online

Tips Membuat Portofolio Online dan Rekomendasi Website Pembuatnya
 

Ada banyak sekali website untuk membuat portofolio online yang gratis dan bisa membantu Anda menciptakan portofolio yang unik dan profesional. Berikut daftar rekomendasi website yang bisa Anda coba untuk membuat portofolio online.

  • Behance

    Merupakan salah satu website untuk membuat portofolio online yang digunakan oleh mayoritas komunitas desainer. Tidak hanya itu, Behance juga sering digunakan para profesional di bidang seperti seniman dan fotografer. Behance dapat digunakan secara gratis yang bisa mendukung pembuatan dan editing untuk portofolio Anda.

  • Adobe Portfolio

    Adobe Portofolio dapat digunakan untuk membuat portofolio berkualitas tinggi dan bagus dengan cepat. Anda dapat memilih atau mengkostumisasi desain secara indah dan kreatif sehingga akan membantu membuat portofolio Anda lebih menonjol.

  • Dribble

    Dribble juga menjadi salah satu website yang terkenal untuk membuat portofolio online. Anda bisa dengan mudah membuat akun baru dan membagikan tangkapan layar dari proses desain, draft, prototype dan masih banyak lagi.

  • Carbonmade

    Merupakan salah satu website untuk membuat portofolio yang mudah digunakan. Carbonmade menawarkan tema berbasis visual yang indah dan nama domain yang unik. Selain itu interfacenya juga sangat mudah untuk digunakan sehingga ini akan membantu para pemula.

  • Coroflot

    Coroflot merupakan salah satu situs online portofolio yang paling profesional dengan lebih dari 2 juta gambar untuk ribuan karya yang dipublikasi dari berbagai desainer. Jika Anda adalah seorang seniman, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Coroflot ini.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Resume Kerja yang Baik dan Benar untuk Melamar Pekerjaan

 

Kesimpulan dan Penutup

Portofolio merupakan komplikasi dari karya, pencapaian, kontribusi yang individu miliki. Saat ini dengan pesatnya perkembangan teknologi, muncul cara baru dalam menyajikan portofolio yaitu secara online. Sebuah portofolio online menawarkan berbagai keuntungan salah satunya adalah Anda dapat memberi penekanan terhadap karya atau kontribusi terbaik Anda lewat berbagai desain dan template yang ada.

Terdapat banyak website yang juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat portofolio online yang menarik dan unik. Beberapa diantaranya adalah Behance, Dribble, Adobe Photoshop dan masih banyak lagi. Pilihlah website yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam menciptakan portofolio online agar semua yang Anda butuhkan dalam membuat portofolio yang baik bisa terpenuhi.

Related Post :