Tips Membuat Web Design yang Interaktif dan Menarik

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Situs web sudah menjadi hal yang tak terpisahkan dari masyarakat modern dimana ada berbagai macam situs dengan tujuan serta industri mereka tersendiri. Selain melayani berbagai macam keperluan dan niche berbeda, ternyata pembuatan situs web harus mempunyai desain yang menarik. Desain web atau web design yang digunakan harus dapat mencerminkan dari apa tujuan sebenarnya website itu diluncurkan.

Desain web sendiri adalah proses pengembangan web untuk membuat situs web yang berfokus pada faktor estetika seperti tata letak, antarmuka pengguna, dan citra visual lainnya untuk membuat situs web lebih menarik secara visual dan mudah digunakan. Dalam prosesnya desain web menggunakan berbagai program dan alat untuk mencapai tampilan yang diinginkan, seperti Dreamweaver, Photoshop, dan banyak lainnya.

Untuk membuat desain yang unggul, desainer web perlu memikirkan audiens mereka, tujuan situs web, dan daya tarik visual dari desain. Anda tidak dapat membuat website Anda tanpa adanya pertimbangan banyak hal karena ini akan berdampak buruk, contohnya jika Anda membuat situs web toko online tanpa memasukkan aspek- aspek penting penjualan, maka pelanggan tidak akan berbelanja di toko online Anda. Selanjutnya, mari simak tips membuat web design yang interaktif dan menarik banyak pengunjung di bawah ini.

 

Memahami Definisi Web Design

Tips Membuat Web Design yang Interaktif dan Menarik
 

Secara sederhana, web design adalah proses pembuatan situs web. Adapun yang termasuk perancangan ini bisa untuk situs e-commerce, website perusahaan, portal berita atau bahkan blog, tetapi apa pun yang terkait dengan tampilan situs web berada, disebut dengan desain. Untuk mendesain situs web, seorang pengembang harus menggunakan bahasa pengkodean seperti :

  1. Hypertext Markup Language

    Tim pengembangan web menggunakan tag HTML untuk membuat struktur situs web yang menggunakan tag seperti < head>, < title>, dan < br> untuk membuat elemen desain tertentu menempel pada area halaman. Berada di belakang layar, maka ini disebut dengan back-end dari sebuah situs.

  2. Cascading Style Sheets (CSS)

    Kode CSS digunakan untuk mengubah tampilan tag HTML yang baru saja Anda buat. CSS dapat mengubah warna, font, dan ukuran tag HTML apa pun. Dengan kode ini, Anda secara aktif mengubah tampilan front-end situs web Anda.

 

Baca Juga  :    Kumpulan Rekomendasi Text Editor Terbaik Untuk Pengembangan Website

 

Tugas Web Designer dalam Merancang Situs Web

Adanya web design bermakna dapat mengidentifikasi tujuan situs web atau halaman web dan mempromosikan aksesibilitas untuk semua pengguna potensial. Proses ini melibatkan pengorganisasian konten dan gambar di serangkaian halaman, mengintegrasikan aplikasi dan elemen interaktif lainnya. Para profesional yang melakukan proses ini disebut desainer web, dan pekerjaan mereka meliputi tugas-tugas seperti :

  • Menggunakan font yang mudah dibaca
  • Memilih skema warna yang menarik yang juga memungkinkan font yang mudah dibaca
  • Kemampuan untuk menerapkan identitas brand bisnis atau perusahaan ke dalam warna, font, dan tata letak
  • Membuat peta struktur situs web untuk memastikan navigasi yang intuitif
  • Menempatkan gambar, logo, teks, video, aplikasi, dan elemen lainnya dengan strategis
  • Kemampuan menggunakan bahasa pengkodean, seperti HTML dan CSS, untuk membuat tata letak dan menata halaman
  • Membuat versi situs web dan halaman yang dioptimalkan untuk tampilan desktop dan seluler

 

Baca Juga  :    Mengenal CyberPanel VPS Untuk Kebutuhan Website dan Aplikasi

 

Tips Membuat Web Design yang Interaktif dan Menarik

Tips Membuat Web Design yang Interaktif dan Menarik
 

Sebuah desain web dapat menjadi bagian dari presentasi bisnis yang kuat begitu juga sebagai tulang punggung dalam menjalankan bisnis e-commerce. Namun, seperti aspek lain dari strategi Anda, perlu didasarkan pada keputusan yang benar selama tahap perencanaan dan pelaksanaan Anda. Membuat pilihan yang salah dapat berdampak negatif pada seluruh keberadaan situs web online Anda. Faktor-faktor tertentu harus dipertimbangkan ketika merancang sebuah situs web untuk menjamin kualitasnya. Di bawah ini adalah aspek- aspek yang paling penting dalam merancang web design yang interaktif dan menarik.

  • Hindari menggunakan skema warna yang bertabrakan

    Dengan begitu banyak corak dan rona indah di luar sana, tantangannya adalah menentukan skema yang sesuai dengan web yang sedang Anda rancang. Meskipun skema warna cerah dan berani merupakan landasan estetika banyak desainer, ketika Anda menempatkan terlalu banyak warna terlalu berdekatan, kebisingan visual yang dibuat mengalahkan desain web lainnya.
    Tetaplah berpegang dengan palet warna sederhana dan warna latar belakang netral. Latar belakang yang lembut membuat contoh warna seperti warna pada tombol CTA (call to action), item menu, atau elemen desain lainnya, akan lebih menonjol dan mendapatkan perhatian yang sepatutnya. Terkadang yang Anda butuhkan hanyalah latar belakang putih, hitam, atau netral sederhana agar terlihat bersih dan mudah dipahami pengunjung.

  • Mempelajari dan menerapkan kaidah SEO

    Rasanya tidak mungkin untuk membuat desain web tanpa adanya campur tangan Search Engine Optimization (SEO). Bagaimana Anda menyusun desain web dapat berdampak besar pada SEO. Beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang optimasi mesin pencari meliputi :
    a) Cara menggunakan tag header dengan benar seperti < h1>, < h2>, dan < h3>.
    b) Bagaimana bagian dari tautan yang mengidentifikasi halaman tertentu atau slug dapat mempengaruhi peringkat pencarian organik.
    c) Cara mengoptimalkan gambar untuk mempercepat waktu pemuatan dan menurunkan rasio pentalan (bounce rate) yang merupakan persentase pengunjung yang hanya melihat satu halaman di situs Anda dan kemudian keluar tanpa melakukan tindakan apa pun.

  • Mengoptimalkan desain yang responsif

    Ada banyak perangkat di luar sana dengan berbagai ukuran layar. Tidak peduli bagaimana seseorang mengakses desain web Anda, maka situs web Anda harus menawarkan pengalaman serupa tidak peduli apa yang sedang dilihat. Alih-alih melakukan banyak upaya dalam efek yang rumit yang mungkin tidak berfungsi di setiap perangkat, lebih baik menghabiskan waktu untuk meningkatkan UI dan UX untuk semua orang yang mengunjungi situs Anda dari berbagai perangkat. Mengikuti prinsip desain responsif, berarti situs web Anda harus ramah pengguna dan menawarkan pengalaman yang dioptimalkan di desktop dan perangkat seluler.

  • Gunakan gambar dan video pendukung dengan kualitas terbaik

    Foto dan gambar yang diintegrasikan ke dalam tata letak desain web memiliki dampak besar pada keseluruhan tampilan dan nuansa situs web. Gambar yang diambil dengan buruk dengan fokus kabur dan komposisi yang meragukan dapat mengurangi desain yang paling bagus sekalipun. Jika tidak mempunyai stok foto sendiri, maka menggunakan foto berkualitas tinggi adalah cara sederhana untuk meningkatkan desain Anda.
    Selain itu, pastikan bahwa gambar apa pun yang Anda pilih sesuai dengan konteks konten yang ditampilkan. Jika foto tidak berhubungan sama sekali dengan bagian tempat foto tersebut ditempatkan, Anda mungkin perlu menemukan foto yang lebih sesuai dengan konten. Terakhir, perhatikan jenis file yang Anda gunakan, karena ketahui perbedaan antara JPG dan PNG. Menerapkan jenis file yang benar dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa cepat halaman Anda dimuat.

  • Memahami prinsip-prinsip desain web

    Luangkan waktu untuk mempelajari dasar-dasar UI, UX, tipografi, komposisi, dan teori warna. Memahami hierarki visual, dasar-dasar teori Gestalt, dan rasio emas. Selami aspek desain yang lebih serebral sehingga Anda dapat mempraktekkannya langsung jika Anda ingin merancang situs web yang Anda idam- idamkan.

 

Baca Juga   :     VPS atau Virtual Private Server : Tipe dan Manfaatnya Bagi Website Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Sama seperti dunia yang selalu berkembang dengan berbagai macam inovasi dan terobosan, maka desain web juga ikut terus berkembang dengan selalu adanya alat baru dan teknik desain baru. Dari banyaknya web design yang menginspirasi, kepa tidak menciptakan sesuatu yang luar biasa? Dorong diri Anda untuk membuat sesuatu yang unik atau tidak lazim. Ambil situs web yang ada di luar sana dan buat desain ulang Anda sendiri yang mempunyai ciri khas berbeda.

Setiap desainer yang baik tahu bahwa keluar dari zona nyaman Anda akan memaksa Anda untuk mendekati pekerjaan desain Anda secara berbeda. Jangan takut gagal meskipun Anda memasuki wilayah desain yang belum dijelajahi, bisa saja Anda menemukan ciri khas desain yang belum Anda temukan sebelumnya. Mengingat setiap harinya ada saja website baru muncul dengan keunikan tersendiri, semoga suatu hari nanti salah satunya adalah desain Anda.

Related Post :