Tips Memilih Layanan Web Hosting Murah di Indonesia tahun 2020

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Pernahkah kalian mendengar kata hoasting? Bagi kalian yang bersentuhan dengan dunia web atau blog pasti sudah pernah mendengar kata hoasting. Web hosting merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pembuatan sebuah web. Namun, saat kalian memilih hosting pernahkah berpikiran bahwa apakah hosting yang kalian gunakan merupakan hosting yang bagus dan baik. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai tips memilih web hosting murah di tahun 2020.

 

Beberapa tips memilih web hosting murah di tahun 2020

 

Sebelum masuk pada pembahasan tips memilih web hosting, akan dijelaskan terlebih dahulu apa itu hosting dan mungkin dari kalian juga masih bingung mengenai hal tersebut. Web hosting merupakan suatu tempat atau wadah yang nantinya digunakan oleh orang-orang dalam menyimpan data atau isi dari website yang mereka miliki. Secara sederhana web hosting bisa diumpamakan sebagai sebuah rumah dari web yang di dalamnya bisa menyimpan semua isi web mulai dari file, gambar, video dan lain-lain.

Saat ada web hosting pastinya ada yang namanya provider hosting dan apa sih provider hosting tersebut dan apakah pemilihan provider manjadi salah satu tips memilih web hosting yang bagus. Provider hosting merupakan salah satu perusahaan dimana mereka menjual produk berupa jasa penyewaan komputer atau server yang mereka miliki untuk mneyimpan data website yang kalian miliki. Selain itu, peran dari provider hosting juga menfasilitasi adanya koneksi internet. Sehingga, pengguna website kalian bisa mengakses semua file yang ada di website kalian.

Berikut tips dalam memilih web hosting terbaik di tahun 2020 dengan harga murah.
 

  1. Keandalan server yang dipilih

    Saat memilih web hosting hal utama yang harus diperhatikan adalah keandalan server yang memiliki daya operasi 24 jam per minggu. Saat memilih server pastikan memiliki koneksi jaringan internet yang stabil dan server tersebut juga kuat. Skor yang disarankan ketika memilih sever adalah 99,5% jika ada sever dengan skor 99% pun kurang bagus untuk diguanakan. Keandalan server ini akan berpengaruh pada kenyamanan pengguna dalam mengakses file di website kalian.
     
    Lalu bagaimana cara memilih sever yang bagus dan mumpuni sehingga kalian tidak kecewa. Kalian bisa membuka review atau membaca dengan seksama setipa server dan kalian bisa melihat spesifikasi serta kemampuan server tersebut. Informasi mengenai server yang bisa kalian cari melalui internet kemudian kalian pahami dengan seksama. Pemilihan server menjadi tips memilih web hosting yang paling penting.

  2. Perhatikan jumah domain atau website yang bisa digunakan

    Tips memilih web hosting yang selanjutnya adalah memperhatikan jumlah domain yang bisa digunakan dalam satu akun hoasting. Saat membuat sebuah website mungkin kalian akan membuat satu domain saja namun mungkin saja di masa yang akan datang kalian akan menggunakan domain lebih dari satu. Sehingga, kalian harus memilih web hosting dengan jumlah domain yang bisa digunakan lebih dari satu. Misalnya kalian awalnya membuat domain website yang bergerak dalam bidang pendiidkan dan suatu hari nanti kalian memiliki bisnis maka kalian bisa dengan mudah menambahkan domain bisnis pada website kalian.

  3. Memilih server yang bisa diupgrade

    Bagi pemula yang ingin membuat website kalian tidak perlu menggunakan server yang bisa diupgrade. Kalian bisa menggunakan share hosting dan membatsi koneksi database di bawah angka 20. Namun bagi kalian yang ingin websitenya berkembang maka membutuhkan server yang bisa diupgrade dari server sebelumnya. Tips memilih web hosting yaitu memilih web hosting yang memiliki ruang lebih agar bisa berkembang.

  4. Memperhatikan harga daftar dan tarif selanjutnya

    Saat memilih web hosting harga menjadi salah satu yang harus diperhatikan karena harga yang mahal belum tentu menjadi yang terbaik. Saat memilih hosting dan jika kalian memilih sahred hosting harganya murah dan bagi pemula disanrankan untuk memilih shared hoasting. Namun, meskipun harganya murah di awal dan pendaftaran ternyata untuk biaya yang berkelanjutan itu mahal.
     
    Tips memilih web hosting murah di tahun 2020 kalian bisa dengan mengganti shared hosting setiap habis waktunya. Sehingga, kalian tidak perlu membayar biaya selanjutnya yang begitu mahal. Namun, hal tersebut tentunya membuat kalian kerepotan karena hampir setipa bulan harus mendaftar shared hosting baru. Jika memang kalian memiliki uang berlebih sebaiknya memilih web hosting yang bukan shared hosting hal itu tidak akan merepotkan kalian.

  5. Memperhatikan fitur hosting yang ada

    Fitur dalam web hosting harus diperhatikan dan saat memilih web hosting pastikan fitur yang kita butuhkan ada di dalam web hosting tersebut. Karena tidak semua web hosting menyediakan semua fitur yang kita butuhkan sehingga kita melihat dengan teliti fitur yang ada pada web hosting tersebut.
     
    Beberapa fitur dasar yang sering digunakan adalah cron yang berperan dalam operasi yang biasa dilakukan sehari-hari. Setelah itu ada fitur Auto Script Installer di dalamnya terdapat fantastico, quick installer, installatron, simple scipts, dan masih banyak lagi. Peran dari auto scripts yaitu untuk pembaruan serta isntalasi aplikasi yang digunakan. Selain itu ada juga akses FTP untuk memudahkan dalam transfer data serta Server Side Include untuk memudahkan dalam memelihara website.

    Baca Juga : Tips Memilih Layanan Web Hosting Unlimited Di Tahun 2020

  6. Memperhatikan disk space

    Disk space juga menjadi hal yang diperhatikan meskipun bukan yang utama selain itu ada juga data transfer capacity. Pada umumnya penyedia jasa layanan shared hosting menawarkan penyimpan yang tak terbatas. Namun, apa salahnya jika tetap diperhatikan karena ada kemungkinan penyedia jas itu tidak menawarkan jasa yang tidak terbatas.

 
Itulah beberapa infomasi mengenai tips memilih web hosting yang murah di tahun 2020. Adanya informasi di atas semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan mengenai web hosting dan bisa memilih web hosting yang cocok untuk kalian gunakan. Banyak hal yang harus diperhatikan ketika memilih web hosting dan faktor mana yang menurut kalian penting tentunya setiap orang memiliki prioritas sendiri-sendiri.

 

Dapat disimpulkan bahwa tips memilih web hosting yang paling penting adalah keandalan server yang digunakan. Saat kalian membuat website tentunya menginginkan website yang memiliki kualitas yang bagus serta koneksi jaringan yang cepat. Hal tersebut bisa kalian dapatkan dengan memilih keandalan server yang bagus dengan koneksi internet yang kuat. Selain itu, pemilihan provider juga menjadikan sebuah website yang kalian bangun itu menjadi website yang nantinya akan berkembang atau tidak.

Pemilihan provider yang bagus akan membuat website yang kalian bangun menjadi lebih bagus lagi kedepannya. Adanya infomasi ini semoga bermanfaat dan bisa menjadikan bahan pertimbangan ketika akan memilih web hosting. Tips memilih web hosting di atas merupakan tips yang penting dan mungkin ada beberapa hal lain yang belum dijelaskan namuan tips memilih web hosting di atas sudah cukup mewakili jika kalian akan memilih web hosting.

Nah IDcloudhost menawarkan layanan Web Hosting Murah dibandingkan provider lainnya di Indonesia. IDcloudhost menyediakan berbagai layanan mulai dari hosting hingga server VPS untuk kebutuhan Anda. Coba Cek halaman Promo (https://idcloudhost.com/promo/) untuk cek lengkap promo hosting murah dari IDCloudhost!

Related Post :