Tips Memulai dan Menjadi YouTuber Sukses Bagi Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Menjadi seorang YouTuber sepertinya merupakan profesi yang menyenangkan dan menggiurkan, terutama di kalangan anak muda yang mengidamkan profesi tidak hanya mendapatkan kemandirian, tetapi juga memberikan ketenaran dan penghasilan yang tinggi. Para bintang YouTube atau juga lebih sering dikenal sebagai YouTuber merupakan selebritis yang membangun karir mereka sendiri.

YouTuber yang juga disebut content creator atau pembuat konten ini adalah orang- orang yang memperoleh penonton dengan membuat konten video yang ditujukan untuk mengajar, menghibur, mengulas, dan mendapatkan perhatian dari audiens. Sebagian besar selebritas layar kecil ini melakukan dan memproduksi konten mereka sendiri yang mana ini menambah rasa otentik pribadi.

Namun di balik setiap vlogger terkenal adalah perjalanan panjang perjuangan dan kerja keras. Ada investasi yang perlu Anda lakukan, proses yang perlu Anda ikuti, dan banyak lagi bahkan sebelum Anda membuat video pertama Anda. Dengan begitu banyak yang harus dilakukan, beberapa YouTuber mungkin mengurungkan niat mereka, tetapi jika Anda ingin menjadi YouTuber yang terkenal dan sukses, mari simak tips berikut ini.

 

Memahami Cara Kerja  Saluran YouTube

Tips Memulai dan Menjadi YouTuber Sukses Bagi Pemula
 

Pemula perlu memahami bahwa pembuat konten tidak dibayar oleh YouTube untuk video yang mereka unggah begitu juga video juga tidak di monetisasi secara default atau otomatis. Agar Anda mulai menghasilkan uang di YouTube, Anda harus mengaktifkan monetisasi di pengaturan akun YouTube Anda. Dari sana, Anda memiliki opsi untuk bergabung dengan Program Mitra YouTube atau membuat video Anda terdaftar di YouTube Premium.

Lalu bagaimana seorang YouTuber bisa menghasilkan uang dari YouTube? Untuk bisa menghasilkan pendapatan, sebuah saluran YouTube dapat dimonetisasi meskipun tidak memiliki jutaan pelanggan. Potensi penghasilan Anda tidak hanya ditentukan oleh jumlah pelanggan dan tampilan yang Anda miliki, tetapi juga oleh tingkat keterlibatan yang Anda hasilkan, ceruk yang Anda punyai dan saluran pendapatan yang Anda jelajahi.

Bukan berarti jumlah penonton tidak penting karena seperti yang diketahui, bahwa jumlah audiens sangat berpengaruh. Selain itu cara mendapatkan penghasilan lainnya adalah menjual merchandise yang berhubungan dengan brand Anda. Namun untuk dapat melakukan ini, YouTuber harus lebih dulu telah membangung audiens yang solid. Jika menghasilkan uang di YouTube ada dalam rencana Anda, langkah pertama sama untuk semua pemula adalah sebaiknya memahami target dan preferensi audiens mereka lebih dulu.

 

Baca Juga  :    Cara Cepat Membuat Riset Keyword untuk YouTube Bagi Pemula

 

Tips Memulai dan Menjadi YouTuber

Platform yang mengusung format vlog dan video ini sangat populer di seluruh dunia bahkan menjadi mesin pencari terbesar ke-2 di dunia, YouTube terbuka bagi semua orang baik itu untuk berbagi konten atau menontonnya. YouTube menjadi tempat dimana popularitas juga bisa mendatangkan pendapatan yang fantastis juga. Meskipun untuk mencapai tahap ini tidak mudah, tetapi selalu ada kemungkinan bagi siapa saja untuk berhasil menjadi YouTuber yang sukses. Mari simak tips singkat berikut ini yang bisa Anda coba dalam emmbangun karir YouTube Anda.

  • Menentukan niche yang Anda minati dan kuasai

    Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memutuskan niche yang jelas dan Anda kuasai sehingga Anda bisa memfokuskannya ke dalam konten- konten Anda. hindari mencoba niche atau ceruk yang terlalu luas sehingga Anda bisa keluar dari topik dan tidak fokus. Jadi pilihlah beberapa niche terkait berdasarkan minat dan keahlian Anda sehingga tidak hanya Anda menikmati ceruk ini, tapi audiens Anda dapat juga melihat bahwa Anda memang menguasai ceruk tersebut.
    Dengan ceruk khusus, maka saluran Anda akan memulai dengan kuat, teratur, menjaga konsistensi, dan menarik audiens yang relevan. Ketika Anda memulai dengan fokus yang jelas pada ceruk tertentu, Anda dapat memperluas pengetahuan Anda di ceruk tersebut dan menjadi ahli dibidang ini. Memproduksi konten di ceruk yang fokus akan memudahkan untuk menarik pemirsa yang tertarik dengan konten Anda.

  • Memahami dan mengenali audiens

    Audiens adalah tonggak penting dari saluran YouTube Anda karena mereka akan menentukan kesuksesan YouTuber Anda. Oleh karena itu, lakukan riset yang mendalam mengenai audiens Anda, cari tahu apa saja topik yang mereka sukai dan gemari sehingga mereka akan memberikan waktu mereka untuk menontonnya. Cari tahu juga ceruk apa saja yang tidak disukai, sehingga Anda bisa menghindari membuat konten yang sia- sia. Dengan cara apa pun, cari tahu tentang apa yang dipedulikan audiens Anda, pertanyaan yang mereka ajukan, dan apa saja yang ingin mereka sampaikan pada Anda.

  • Mempunyai jadwal tayang tetap

    Memiliki jadwal tayang yang konsisten akan membantu Anda menjaga konsistensi. Disamping juga memberi pelanggan Anda jaminan bahwa mereka dapat mengandalkan Anda untuk video baru pada tanggal yang dijadwalkan. Jadwal tayang yang konsisten juga memberi Anda timeline yang tepat sehingga Anda dapat mengatur upaya saluran Anda tetap berada di jalurnya.
    Anda harus mempunyai jadwal tayang yang tertarget, seperti unggah konten harian mungkin merupakan cara yang bagus untuk menarik pemirsa baru selain juga membuat penonton setia Anda tahu bahwa mereka bisa menonton Anda dengan jadwal yang tetap.

  • Mengetahui tren dan persaingan

    YouTube adalah dunia yang kompleks dengan jumlah pemilik saluran dan konten- konten yang beredar tanpa batas yang akan terus bertambah setiap harinya. Dengan begitu, berarti Anda mempunyai kompetisi dalam niche yang sama, yang bisa saja persis sama dengan Anda.
    Ketika Anda belajar tentang pesaing Anda, Anda lebih memahami apa yang mereka lakukan dari konten mereka yang sukses. Jangan segan untuk menambahkan konsep atau pendekatan tersebut ke saluran Anda, ini akan menginspirasi Anda jadi lebih baik. Jangan juga mengabaikan tren dan apa saja yang sedang viral saat ini, karena Anda juga bisa mengambil kesempatan darinya dan mengaplikasikannya ke konten Anda.

  • Memanfaatkan praktik SEO

    SEO adalah sesuatu yang tidak disadari oleh semua orang di YouTube yang bisa menjadi senjata rahasia dalam pencarian Anda untuk menjadi YouTuber top. Search Engine Optimization adalah mengacu pada bagaimana metode dimana konten dioptimalkan untuk mendapat peringkat lebih tinggi ketika seseorang mencarinya.
    Jika Anda mengoptimalkan saluran, video, dan daftar putar dengan benar, Anda akan memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk ditemukan di YouTube. Algoritma peringkat penelusuran di YouTube akan mempertimbangkan seberapa cocok konten, judul, dan deskripsi video Anda dengan maksud penelusuran pemirsa. Jika konten Anda tidak relevan, maka konten itu tidak akan diberi peringkat yang tentu merugikan bagi Anda.

 

Baca Juga  :    Cara Posting Terjadwal di YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet

 

Memahami Audiens di YouTube

Tips Memulai dan Menjadi YouTuber Sukses Bagi Pemula
 

Membangun audiens Anda sendiri menempatkan Anda pada posisi yang bagus untuk memonetisasi konten dengan berbagai cara. Tetapi Anda hanya akan dapat memanfaatkan sepenuhnya peluang yang Anda miliki jika Anda memahami susunan audiens Anda. Bagi banyak YouTuber yang ingin memonetisasi, semakin banyak niche saluran Anda, semakin baik posisi Anda untuk bekerja dengan brand yang ingin menargetkan pemirsa tertentu. Pahami audiens lebih seksama dari :

  • Jenis kelamin audiens Anda, untuk melihat apakah faktor ini condong ke satu kelompok tertentu.
  • Rentang usia sebagian besar audiens Anda jatuh ke dalam.
  • Lokasi geografis audiens termasuk negara atau kota tempat video Anda ditonton.
  • Keterlibatan keseluruhan audiens Anda atau waktu tonton.

 

Baca Juga  :    Panduan Untuk Monetize YouTube Bagi Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Ada banyak YouTuber yang terkenal dan menghasilkan pemasukan yang luar biasa fantastis. Ini membuat banyak orang juga ingin mencoba peruntungan mereka dengan meluncurkan saluran YouTube juga. Tapi layaknya profesi lain, menjadi seorang YouTuber yang sukses tidak mudah dan instant, ada banyak hal yang harus Anda lakukan di balik layar.

Menjadi seorang YouTuber bisa menjadi pekerjaan paruh dan penuh yang mana siapa pun dapat memposting video di YouTube dan menjadi content creator serta memulai karir mereka di platform terkenal ini. Tetapi selalu dibutuhkan kerja keras dan komitmen untuk dapat membangun serta juga mempertahankan saluran YouTube yang sukses. Mengingat ada jutaan pemilik konten dan audiens, maka Anda harus dapat menonjol demi tetap menarik hati penonton.

Related Post :