Tips Mengatasi Space Hosting yang Tiba-tiba Penuh

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Apakah teman-teman pernah mengalami hosting yang tiba-tiba penuh? Jangan panik karena ini bukan virus yang masuk ke hosting kita, karena setiap hosting sudah memiliki team IT yang hebat dalam masalah perserveran jadi kita bisa percayakan pada mereka, sebenarnya hal ini biasa terjadi pada teman-teman yang mengelola website atau blog dengan selfhosted. Hosting bisa langsung penuh secara tiba-tiba meskipun pemiliknya tidak pernah menyimpan file yang besar dalam hosting tersebut.

Penyebabnya adalah munculnya file error_log. Error_log adalah sebuah catatan yang otomatis dibuat oleh sistem hosting untuk memberitahukan adanya sebuah kesalahan pada website/blog. Error_log ini biasanya muncul secara tiba-tiba, bahkan bisa membuat kapasitas hosting menjadi penuh secara mendadak.

Jika dalam hosting muncul bernama error_log,  artinya ada script, plugin, maupun theme yang bermasalah ataupun tidak kompatibel dengan hosting yang digunakan. Seperti halnya ketika kita melakukan kesalahan misalnya error mengintall plugin, maka akan muncul file error_log dan file error_log inilah yang menyebabkan hosting penuh secara mendadak.

Nah, bagaimana cara mengatasinya?

Hal yang dapat teman-teman lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menghapus file error ini, caranya dapat dilakukan dengan mudah, yaitu:

  • Teman-teman bisa langsung masuk ke cpanel hosting.
  • Kemudian teman-teman bisa buka webdisk
  • Lihat folder mana yang berkapasitas paling besar (berkapasitas lebih dari standart dan bahkan tidak wajar)
  • Kembali ke cpanel dan buka file manager.
  • Cari file yang bernama error_log pada folder yang tentunya berkapasitas tidak wajar tadi.
  • Jika sudah ketemu, teman-teman bisa langsung menghapusnya.
  • Silahkan refresh cpanel teman-teman.

Selain adanya file error_log yang menyebabkan hosting tiba-tiba penuh tadi, hal ini biasanya bisa di sebabkan oleh file-file trash yang tersimpan dan mungkin tidak digunakan. File trash ini bisa berupa file tmp, log, dan lain sebagainya. Cara yang dapat teman-teman lakukan yaitu dengan menghapus file yang terdapat pada folder temp, logs atau trash di file manager cpanel melalui mail hosting.

Related Post :

popup image