Tips Meningkatkan dan Menjadi Mahasiswa Produktif Di Masa Pandemi

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Sebagai seorang mahasiswa, Anda mungkin biasa terjebak dengan banyak hal sekaligus sambil tetap berusaha keras keras untuk meningkatkan nilai Anda untuk mencapai tujuan menyelesaikan perkuliahan. Terlebih lagi saat pandemi ini, dimana persekolahan belum pulih sepenuhnya sehingga siswa lebih banyak belajar secara online.

Maka bagi banyak mahasiswa yang melakukan pembelajaran jarak jauh dan online selama pandemi, salah satu tantangan terbesar mereka adalah untuk dapat tetap fokus dan termotivasi. Karena dengan terisolasi dan tidak adanya lagi pembelajaran tatap muka, bisa menjadi hal baru terutama bagi siswa di Indonesia sehingga mereka kesulitan untuk belajar dengan cara baru ini.

Pandemi sendiri telah mengakibatkan peningkatan stres, kecemasan, dan depresi di antara banyak mahasiswa. Efek negatif ini menyebabkan siswa kehilangan motivasi, yang kemungkinan merupakan akar penyebab banyak masalah yang dihadapi mahasiswa selama 2 tahun ini. Berikut beberapa tips meningkatkan produktivitas dan motivasi untuk tetap belajar selama pandemi ini.

 

Tips Meningkatkan dan Menjadi Mahasiswa Produktif

Tips Meningkatkan dan Menjadi Mahasiswa Produktif Di Masa Pandemi
 

Dikarenakan pembelajaran mengalami perubahan dan cara yang sangat signifikan, maka banyak mahasiswa kehilangan prioritas dan kemudian menunda-nunda atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk tugas-tugas yang tidak relevan. Pertimbangkan daftar tips di bawah untuk tetap menjadi produktif di masa pandemi saat ini.

  • Membuat daftar to-do list

    Ini adalah cara klasik yang tidak akan lekang oleh waktu. Dengan membuat daftar tugas yang harus Anda kerjakan lebih dulu untuk beberapa minggu atau hari mendatang, Anda perlu menetapkan rencana tentang cara mengerjakannya. Rencana ini harus fokus pada tingkat kesulitan sesuai jadwal Anda. Jangan ragu untuk menggunakan alat manajemen waktu seperti buku harian dan alat bantu produktivitas lainnya untuk merencanakan penggunaan waktu Anda.

  • Sediakan tempat belajar khusus

    Ruang belajar seseorang dapat berdampak pada lingkungan mereka. Ketika rumah dan sekolah digabung menjadi satu, sulit bagi siswa untuk tetap fokus pada pekerjaan mereka. Dedikasikan meja di sudut rumah yang sunyi sebagai ruang sekolah khusus untuk menghadiri kelas online, menyelesaikan tugas dan lain- lain. Pastikan meja tetap rapi dan tertata sehingga membuatnya terasa menarik dan menyenangkan karena siswa akan menghabiskan waktu belajar di depan layar monitor. Lingkungan tempat Anda belajar sangat berarti dan terpenting, karenanya pastikan tidak ada suara keras dan gangguan seperti orang yang terus-menerus lewat sehingga memecah konsentrasi belajar.

  • Mengembangkan rutinitas baru

    Rutinitas lama seorang siswa mungkin tidak berlaku untuk lingkungan baru mereka saat ini. Akan sangat mudah merasa kewalahan karena pembelajaran online yang membuat siswa semakin terisolasi. Membuat jadwal yang baik memudahkan Anda untuk tetap mengikuti perkembangan kelas dan tugas Anda, termasuk menjaga bagaimana Anda membagi waktu Anda dengan efisien karena banyaknya distraksi selama perkuliahan online.
    Baca Juga  :  Mengenal Manfaat Internet untuk Kegiatan Pembelajaran di Kampus/Sekolah

  • Membatasi penggunaan media sosial

    Merebaknya pandemi yang mengharuskan semua orang untuk berada dirumah dan membatasi sosialisasi membuat mereka semua banyak menghabiskan waktu di media sosial, terlebih bagi para siswa. Bisa dikatakan, masyarakat modern saat ini sangat kecanduan dan tidak bisa hidup tanpa media sosial. Oleh karena itu siswa harus membatasi waktu mereka dalam menggunakan media sosial karena ini bisa mengganggu jam belajar online mereka.
    Jika Anda merasa bahwa log out dari media sosial terlalu berat, mulailah dengan membatasi atau memblokir akses Anda ke platform utama yang mengalihkan fokus Anda dari studi Anda. Media sosial sangat penting untuk tetap berhubungan dengan dunia luar selama pandemi, tetapi bukan berarti siswa sampai lupa dan menunda tugas kuliah juga sekolah mereka.

  • Istirahat dan berolahraga

    Menurut Study International, istirahat sambil belajar adalah bagian penting untuk mencapai potensi seorang siswa. Dengan beristirahat dan berolahraga juga membantu Anda tetap fokus dan termotivasi. Istirahat yang produktif akan membuat Anda merasa segar dan siap untuk kembali ke studi Anda dengan fokus baru. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa otak manusia hanya dapat menangani sejumlah informasi tertentu sebelum mulai lelah dan kehilangan fokus.
    Dengan mendorong pikiran manusia melampaui kemampuannya, manusia menciptakan stres dan mulai menjadi lelah. Sebagai seorang pelajar, maka penting untuk istirahat saat belajar untuk memastikan produktivitas, fokus, dan energi Anda tetap pada tingkat yang optimal karena ada banyak informasi yang perlu Anda konsumsi setiap hari.

  • Memberi penghargaan pada diri/self reward

    Manajemen waktu adalah salah satu faktor terpenting untuk tetap produktif. Namun bekerja keras tanpa henti pada pekerjaan Anda mungkin bukan cara belajar yang paling efektif. Jadi, untuk tetap termotivasi dengan pembelajaran Anda, Anda harus merencanakan istirahat untuk diri Anda dengan memberikan diri Anda hadiah kecil atau self reward untuk menjaga motivasi Anda tetap tinggi. Tidak harus mahal, selama Anda bisa menghibur diri Anda dan menghargainya dengan beberapa hadiah kecil, maka ini akan dapat membantu produktivitas Anda secara keseluruhan.

 

Baca Juga  :   Rekomendasi Kampus di Indonesia Ini Menawarkan Program Kuliah Online

 

Rekomendasi Alat/Aplikasi Untuk Meningkatkan Produktivitas

Tips Meningkatkan dan Menjadi Mahasiswa Produktif Di Masa Pandemi
 

Untuk memaksimalkan waktu Anda dan menyelesaikan tugas dalam waktu belajar yang normal di saat pandemi ini, maka Anda memerlukan beberapa alat untuk membantu Anda. Alat-alat ini membantu meningkatkan produktivitas saat siswa banyak tugas dan tanggung jawab. Adapun beberapa alat atau aplikasi yang dapat membantu Anda mengoptimalkan waktu dan upaya pembelajaran Anda adalah :

  • Evernote

    Tidak hanya digunakan dalam membantu produktivitas pekerjaan tetapi Evernote juga dapat membantu siswa dalam berbagi informasi dan membuat catatan cepat saat mereka belajar. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur dan dukungan seperti file audio dan video, gambar, klip web, atau halaman web. Selain itu siswa juga dapat membagikan catatan mereka dan mengaksesnya dari perangkat apa pun, menggambar diagram, bagan, dan panah, untuk membuat catatan tertulis selama pembelajaran mereka lebih ringkas.

  • Trello

    Aplikasi produktivitas terbaik lainnya yang juga bisa mendukung pembelajaran siswa online adalah Trello yang memungkinkan siswa untuk mengatur proyek apa pun yang sedang mereka kerjakan melalui dashboard. Siswa juga dapat menyesuaikan aplikasi ini untuk diri sendiri atau berbagi dengan orang lain sehingga akan sangat ideal untuk mendelegasikan tugas untuk tugas kelompok. Anda juga dapat memiliki daftar tugas yang terpisah di daftar tugas, tugas yang sedang Anda lakukan sekarang, dan tugas yang telah Anda selesaikan. Ini semua akan membuat tugas siswa menjadi lebih rapi dan mudah di cari nantinya.

  • Todoist

    Todoist adalah aplikasi bagi mereka yang menginginkan kerapian dalam manajemen waktu mereka. Aplikasi ini menggabungkan efisiensi dengan kesederhanaan, menggunakan berbagai fitur pemeliharaan tugas. Siapkan daftar tugas yang berbeda di bawah proyek yang berbeda, buat pengingat, dan tetapkan prioritas yang berbeda pada tugas Anda. Pengenalan bahasa Todoist bahkan akan secara otomatis mengatur waktu tunggal atau berulang untuk tugas siswa sehingga siswa bisa membuat jadwal belajar mereka lebih efisien dan praktis.

 

Baca Juga :   Tips Melaksanakan Pembelajaran Secara Online untuk Sekolah dan Kuliah di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Mahasiswa selalu menghadapi tuntutan dan gangguan dalam pembelajaran mereka mulai dari pekerjaan dan kehidupan sosial, hingga olahraga dan kegiatan ekstrakurikuler. Tetapi dengan adanya pandemi telah meningkatkan dan menambahkan lebih banyak beban dalam hal kemampuan siswa untuk fokus dan menjadi produktif. Wabah virus corona telah memperburuk keadaan, dengan peralihan mendadak ke pembelajaran jarak jauh menimbulkan tantangan bagi banyak siswa.

Bahkan banyak siswa mengatakan pembelajaran online lebih sulit daripada pembelajaran langsung, dengan alasan ketidakmampuan untuk tetap termotivasi sebagai masalah utama. Beberapa mahasiswa telah kembali ke rumah untuk keluarga mereka, sehingga mungkin saja membuat distraksi belajar lebih tinggi karena semua orang juga harus tetap berada dirumah. Terlepas dari rintangan ini, mahasiswa dapat menggunakan serangkaian tips produktivitas diatas untuk membuat mereka tetap fokus, positif, dan termotivasi dalam pembelajaran online mereka.

Related Post :