logo Tips Menjadi Cloud Engineer yang Sukses - IDCloudHost

Tips Menjadi Cloud Engineer yang Sukses

Tips Menjadi Cloud Engineer yang Sukses

Cloud computing atau komputasi awan tampaknya telah mengambil alih dunia. Akibatnya, permintaan cloud engineer menjadi tinggi dan terus meningkat. Bagi profesional IT, karir di public cloud computing telah menjadi tolok ukur yang menjanjikan dengan semakin banyak orang memilih jenis pekerjaan ini. Tapi apa peran dan tanggung jawab seorang cloud engineer? Keterampilan apa yang dibutuhkan untuk kandidat yang ingin beroperasi di bidang ini?

Pada tingkat profesional, cloud engineer adalah profesional IT yang bekerja dengan teknis kemudian berperan besar pada lingkungan kerja cloud yang terus meningkat permintaannya. Cloud engineer bekerja pada bidang perencanaan, pengelolaan, perancangan, dan pemantauan sistem cloud termasuk dengan keahlian yang memungkinkan untuk menyebarkan aplikasi cloud. Lebih khusus lagi, peran seorang cloud engineer dapat dipecah untuk fokus pada keahlian khusus mereka yang mana bertanggung jawab untuk segmen tertentu dalam lingkungan cloud. Misalnya, engineer keamanan cloud, engineer SysOps, engineer buruh pelabuhan, dan arsitek solusi. Semuanya memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat berbeda, tetapi mereka semua adalah cloud engineer.

Perbedaan khusus dalam jenis cloud engineer, seperti arsitek solusi, berasal dari konsentrasi Azure, AWS, atau Google Cloud Platform (GCP). Meskipun Anda dapat memiliki berbagai jenis cloud engineer, tanggung jawab utama tetap berada pada arsitektur, manajemen, perencanaan, dan pemantauan. Pada beberapa perusahaan, cloud engineer tidak harus disertifikasi. Artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai definisi cloud engineer serta tips bagaimana untuk menjadi cloud engineer yang sukses.

 

Baca Juga :  Mengenal Perbedaan Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer

 

Mengenal Apa Itu Cloud Engineer

https://idcloudhost.com/kampanye-email-marketing-dan-solusi-email-terbaik-dari-idcloudhost/?swcfpc=1
 

Cloud engineer adalah profesional yang bertanggung jawab untuk menilai infrastruktur bisnis dan memigrasikan berbagai fungsi ke sistem berbasis cloud. Saat ini cloud engineer sangat diminati, karena semakin banyak perusahaan yang memindahkan proses dan aplikasi bisnis penting ke infrastruktur cloud publik, pribadi, dan hybrid. Para profesional ini membangun, memelihara, dan menautkan ke layanan cloud, dengan perpaduan keterampilan teknis, pengetahuan bisnis, dan pengalaman dengan setidaknya salah satu penyedia cloud utama seperti Amazon Web Services, Microsoft Azure, Google Cloud Platform, dan Idcloudhost.

Selain itu cloud engineer juga merupakan disiplin teknik yang menggabungkan berbagai metode dan alat dalam teknologi informasi di bawah satu atap. Cloud engineer berfokus pada pada bidang teknik layanan cloud, seperti software as a service, platform as a service, dan infrastructure as a service. Pekerjaan cloud engineer telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir karena saat ini, aktivitas berbasis cloud meningkatkan kapasitas Internet lebih dari sebelumnya. Jadi, hampir semua hal di dunia digital berjalan di atas cloud computing. Penyedia cloud menawarkan semua layanan yang dapat Anda gunakan dalam pengembangan software, computing, penyimpanan, hosting web, pembelajaran mesin, dll.

Salah satu manfaat terpenting dari cloud computing adalah ekonominya. Cloud computing membantu mengurangi sejumlah besar pengeluaran baik secara modal maupun operasional. Jadi, tugas paling penting dari area cloud engineer adalah menyelesaikan pekerjaan dengan biaya lebih murah. Seorang cloud engineer adalah orang yang bertanggung jawab untuk infrastruktur mengenai cloud computing di sebuah perusahaan. Seorang engineer dapat bekerja di berbagai posisi di lingkungan cloud dengan keterampilannya. Mungkin Anda dapat bekerja dalam perencanaan, manajemen, operasi, dan aktivitas pendukung dalam cloud computing.

Posisi cloud engineer dapat dibagi menjadi beberapa peran, termasuk cloud architect, solution architect, cloud software engineer, cloud security engineer, cloud SysOps administrator, cloud network engineer, dan database administrator. Masing-masing pekerjaan ini berfokus pada jenis cloud computing tertentu dari teknologi secara keseluruhan. Untuk membantu Anda yang tertarik dengan bidang ini lebih memahami cara memasuki karir di bidang cloud computing, artikel ini mengumpulkan detail dan sumber informasi yang penting untuk Anda ketahui.

 

Baca Juga :  Mengenal Apa itu Software Engineering : Definisi dan Manfaat Dalam Bisnis

 

Tips Menjadi Cloud Engineer yang Sukses

https://idcloudhost.com/kampanye-email-marketing-dan-solusi-email-terbaik-dari-idcloudhost/?swcfpc=1
 

 

Menjadi seorang cloud engineer mengharuskan Anda untuk memiliki keterampilan pengkodean dan pengetahuan tentang pengoperasian pada platform pengkodean. Selain itu, di bawah ini ada beberapa tips lainnya untuk membantu Anda mengasah keterampilan sebelum menjadi cloud engineer.

  • Pelajari data dan jaringan

    Anda harus mempelajari berbagai cara di mana Anda dapat menyimpan data, dan memiliki akses ke sana. Anda juga harus mempelajari apa itu jaringan, bersama dengan konsep jaringan.

  • Pelajari bahasa pemrograman

    Anda perlu mempelajari beberapa bahasa pemrograman, meskipun tidak sebanyak developer. Misalnya, mengetahui salah satu bahasa pemrograman seperti Python, C++, Java, Ruby, dan Go pada tingkat yang dasar akan sangat membantu dalam menjadi seorang cloud engineer. Karena Anda mempelajari logika pemrograman, akan lebih mudah untuk mempelajari bahasa pemrograman lain di masa depan.

  • Kenali cloud computing

    ini melibatkan penggunaan sistem operasi, dan mesin virtual. Masuk ke sektor IT, dan berperan sebagai engineer cloud software membuat Anda harus belajar menggunakan dan bekerja dengan mesin virtual. Anda juga harus mengetahui konsep kerja sistem operasi dimana cloud publik bekerja.

Baca Juga :  Mengapa Perusahaan/Organisasi Harus Menggunakan Cloud Hosting?

  • Dapatkan sertifikasi cloud computing

    Salah satu teknologi yang paling populer dan berkembang di dunia IT adalah cloud computing dalam beberapa tahun terakhir. Amazon Web Services (AWS) adalah perusahaan terkemuka di antara penyedia cloud di 33 persen. AWS adalah perusahaan pertama yang menawarkan infrastruktur cloud kepada orang-orang sebagai layanan dengan pendekatan modern. Karena meningkatnya permintaan untuk layanan AWS, sertifikasi cloud engineer AWS juga sangat dibutuhkan oleh IT dan pendatang baru. AWS memiliki ujian sertifikasi berbeda yang terkait dengan bidang terkait cloud. Ujian AWS DevOps Certification juga disertakan dalam ujian ini. Azure dan Google juga memiliki ujian sertifikasi tentang layanan mereka. Terutama orang-orang yang tidak memiliki pengalaman kerja khusus yang ingin mendapatkan pekerjaan sebagai cloud engineer baru, sertifikasi AWS dapat menjadi penyelamat dalam pertanyaan wawancara cloud engineer. Sertifikat akan menunjukkan kepada perekrut apa yang dapat Anda lakukan di bidang IT selama fase rekrutmen dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu, sertifikat juga penting bagi orang-orang yang bekerja di bidang IT dan ingin meningkatkan keterampilan mereka di lingkungan cloud.

  • Selalu bersiap untuk memiliki solusi dalam setiap masalah

    Dunia Internet penuh dengan ancaman dan begitu juga server cloud. Server cloud menyimpan data yang perlu diamankan dari ancaman yang berkeliaran di internet. Anda harus selalu siap menghadapi ancaman yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi.

  • Perbanyak keterampilan

    Menjadi cloud engineer yang handal mengharuskan Anda untuk mengasah keterampilan lain sekaligus harus dilatih dan dipelajari seperti keterampilan jaringan, keterampilan layanan cloud, API, layanan web, operasi pengembangan, virtualisasi, keamanan, pemulihan, dll. Mengasah keterampilan cloud engineer ini akan memungkinkan Anda memiliki masa depan yang aman sebagai cloud engineer yang memiliki peran pekerjaan di lapangan.

 

Baca Juga :  Kampanye Email Marketing dan Solusi Email Terbaik Dari IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Seorang cloud engineer tentunya harus dapat memelihara dan mengelola data Anda di cloud. Yang terpenting, cloud engineer dapat memastikan bahwa data Anda terlindungi dan sesuai dengan peraturan industri Anda. Disisi lain ada ruang lingkup yang sangat besar bagi individu yang memilih untuk terjun ke bidang cloud computing. Perusahaan-perusahaan saat ini banyak yang menuju sistem penyimpanan cloud, hal tersebut akan membuka kebutuhan dan lowongan  pekerjaan sebagai cloud engineer.

Artikel ini telah memberikan informasi tentang bagaimana menjadi seorang cloud engineer mulai dari definisi dan tips hingga keterampilan apa yang cloud engineer harus miliki. Semoga dapat memuaskan pencarian Anda untuk mengetahui tentang informasi cloud engineer.

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image