Tips Menjadi Food Blogger Sukses 2022

Tips & Tricks / 0 | | 3

Apakah Anda punya hobi kulineran? Jika iya maka Anda cocok untuk menjadi seorang Food Blogger. Profesi yang satu ini bisa dibilang baru karena banyak yang belum mengetahui ritme kerjanya. Namun dari segi penghasilan, profesi ini juga menjanjikan seperti pekerjaan lainnya. Beberapa blogger dan vlogger nicher makanan yang terkenal yaitu: Magdalena, Ria SW, Farida Nurhan, Tanboy Kun, Next Carlos, Ken & Grat serta masih banyak lagi.

Di era digitalisasi tidaklah sulit menemukan profesi yang berbasis digital termasuk menjadi blogger khusus konten makanan. Meskipun tidak punya tempat khusus untuk bekerja, profesi ini membutuhkan kreatifitas untuk menghasilkan ide-ide untuk pembuatan konten. Jadi apa sebenarnya food blogger itu? Apa saja tips untuk sukses menggeluti pekerjaan ini? Simak penjelasannya dibawah ini!

Apa itu Food Blogger?

apa itu food blogger

Food Blogger adalah sebuah profesi di mana seseorang membuat konten baik itu dalam bentuk video maupun foto khusus mengenai makanan. Bisa dibilang bahwa profesi ini sangat menyenangkan, apalagi biasanya lokasi yang dituju adalah tempat-tempat yang menyajikan makanan bukan hanya dengan cita rasa yang enak tetapi juga legendaris. 

7+ Tips Menjadi Food Blogger Sukses

tips menjadi food blogger

Meskipun di Indonesia sudah banyak yang menjadi food blogger, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi salah satu food blogger sukses. Ikuti beberapa tips di bawah ini untuk Anda yang tertarik menjadi food blogger!

  • Memiliki Pengetahuan Bidang Kuliner

Tips pertama ketika ingin menjadi seorang food blogger adalah memiliki pengetahuan di bidang kuliner. Sebelum Anda memutuskan untuk menjadi seorang food blogger yang menjadi skill untuk menggeluti profesi ini adalah memahami bidang kuliner. Pemahaman inilah yang nantinya membuat Anda bisa memberikan rekomendasi tentang cita rasa makanan kepada audience.

  • Riset Konten

Tips kedua ketika ingin menjadi seorang food blogger adalah melakukan riset konten. Anda harus melakukan analisa terhadap jenis konten yang ingin Anda buat. Dalam konteks makanan biasanya cobalah untuk fokus pada satu jenis makanan yang paling Anda kuasai. Misalnya makanan khas sunda atau makanan dari Korea.

  • Buatlah Akun Sosial Media Khusus

Tips ketiga ketika ingin menjadi seorang food blogger adalah buatlah akun sosial media khusus untuk konten Anda, selain konten utama yang Anda tulis di blog. Ini berguna untuk personal branding, juga mengarahkan orang-orang untuk menyimak konten di blog Anda. Jangan lupa untuk menentukan tema pada akun sosmed Anda sesuai dengan fokus konten makanan yang akan Anda publikasi.

  • Tentukan Nama Akun dan Blog

Tips keempat ketika ingin menjadi seorang food blogger adalah menentukan nama akun. Seperti biasa media sosial menjadi media yang paling banyak diakses oleh semua orang, sehingga untuk menarik perhatian audience buatlah nama akun Anda yang menarik. Anda bisa memasukkan unsur makanan di dalam nama akun agar tampak lebih unik.

  • Temukan Slogan Ciri Khas

Tips kelima ketika ingin menjadi seorang food blogger adalah temukan ciri khas slogan dari Anda. Seperti Farida Nurhan yang terkenal dengan ciri khas slogan awur awur emplok atau Magdalena yang juga memiliki slogan khasnya bar-bar kuy. Ini membuat audience akan dengan mudah membedakan antara Anda dengan food blogger lain. Pilihlah kata yang unik dan mudah untuk diucapkan. Lakukan penyebutan slogan itu saat Anda merekam atau menulis konten, ya.

  • Buatlah Konten Yang Menarik

Tips kelima ketika ingin menjadi seorang food blogger adalah membuat konten yang menarik. Membahas mengenai makanan memang sudah menjadi hal yang menarik, tetapi dari berbagai jenis makanan Anda harus membuat konten makanan spesialisasi dari Anda agar menarik perhatian audience. Jika pergi ke tempat makan sudah menjadi konten yang biasa, mungkin Anda harus mencoba untuk datang ke tempat makan dengan konsep anti mainstream.

  • Terapkan Jadwal Publikasi

Tips ketujuh, ketika ingin menjadi seorang food blogger adalah menetapkan jadwal rutin untuk publikasi konten. Jika Anda telah menentukan konten makanan khusus yang Anda kuasai dan nama akun sudah menarik maka selanjutnya adalah buat jadwal rutin Anda untuk mempublikasi konten yang sudah dibuat. Ini dilakukan agar audience menunggu update-an terbaru dari konten makanan yang Anda buat.

  • Tampilkan Foto Gambar yang Menarik

Tips kedelapan, ketika ingin menjadi seorang food blogger adalah bisa menampilkan gambar makanan agar terlihat menarik. Kemampuan fotografi yang satu ini perlu, dimana Anda harus bisa menyesuaikan angle yang tepat. Gunanya untuk memperlihatkan makanan yang seolah-olah terlihat sangat enak. 

  • Tampilkan jenis video yang beragam

Tips kesembilan, ketika ingin menjadi seorang food blogger adalah dapat menampilkan jenis video yang beragam tanpa menurunkan kualitas kontennya. Tidak hanya gambar saja, tetapi video makanan juga harus beragam mulai dari cara pengambilannya sampai tahap video bisa dilihat oleh audience. 

Jika Anda terkendala dengan editing video, jangan khawatir Anda bisa menggunakan berbagai jasa edit video agar video konten makanan Anda bisa bersaing dengan konten food blogger lainnya. Saat ini juga sudah tersedia banyak aplikasi edit video yang mudah digunakan bahkan oleh pemula. 

  • Cobalah Berinteraksi dengan Audience

Tips terakhir ketika ingin menjadi seorang food blogger adalah mencoba untuk berinteraksi bersama audience. Interaksi ini dilakukan untuk melihat respon yang ditunjukkan audience terhadap konten yang Anda buat. 

Ketika menggunakan akun youtube Anda bisa meminta pendapat audience untuk menu makanan selanjutnya yang harus dicoba. Tetapi jika Anda menggunakan media sosial seperti Instagram, Anda bisa mengaktifkan fitur voting dan biarkan audience memilih konten selanjutnya yang ingin mereka lihat berdasarkan review dari Anda.

Penutup 

Itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin menjadi food blogger. Mulailah dari hal kecil seperti membuat konten review menggunakan smartphone, kemudian posting di blog Anda. Anda juga bisa menunjang konten ini dengan keaktifan Anda di akun sosial media seperti Tiktok atau Instagram. Jika sudah terbiasa melakukannya cobalah tips diatas agar konten Anda mengalami peningkatan! Untuk menjadi seorang blogger, Anda tentunya butuh layanan hosting yang handal. Gunakan WordPress Hosting IDCloudHost agar blog Anda senantiasa lancar diakses oleh audiens. 

Related Post :

popup image