Tutorial Cara Membuat Logo Secara Online dengan Gratis untuk Pemula

Business, Marketing / 0 | | 0

Jika anda ingin membuat sebuah bisnis, anda pasti memerlukan sebuah ciri khas toko online yang anda miliki. Hal ini bertujuan untuk membuat toko online anda berbeda dari toko lainnya sehingga mudah di ingat oleh pelanggan. Salah satunya ialah dengan membuat sebuah logo yang menarik.

Logo sudah tentu akan terpajang menjadi sebuah profile toko online anda. Sudah pasti kita harus dengan teliti dan inovatif dalam membuat logo. Tak jarang, biaya membuat logo pada agency design mematok harga hingga jutaan rupiah.

Banyak sekali sayembara design logo sebuah perusahaan yang di lelang di publik. Hal ini memang membuktikan, bahwa butuh kreativitas yang tinggi dalam membuat sebuah logo. Namun, jika anda ingin membuat logo gratis tanpa perlu menginstall aplikasi lainnya anda bisa menerapkan tutorial berikut ini.

 

 

Logo merupakan sebuah tanda, lambang, ataupun simbol yang mengandung makna dan digunakan sebagai identitas sebuah organisasi, perusahaan atau individu agar mudah diingat oleh orang lain. Logo juga dapat memberi gambaran ciri ataupun identitas perusahaan, sehingga logo bisa dikatakan sebuah lambang ataupun ciri untuk memudahkan pengenalan sebuah perusahaan dan juga corporate identity atau identitas perusahaan yang mewakili citra perusahaan.

Logo juga merupakan penyederhanaan dari suatu realitas yang kompleks sehingga dapat dikontrol, dimodifikasi, dan dibangun sesuai dengan perkembangan zaman.

Menurut wikipedia, Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.

Sebagai bagian dari identitas perusahaan, logo ibarat bagian tubuh yang mampu mempresentasikan citra perusahaan. Meski terlihat sederhana namun logo sangat berperan penting karena logo harus dapat merepresentasikan citra perusahaan, organisasi, individu tersebut.

Logo menjadi konsep nyata yang bisa dilihat sebagai gambaran visual sebuah perusahaan yang mudah dikenali oleh konsumen. Selain itu juga logo dapat membantu sebuah perusahaan sebagai media promosi. Maka tidak heran jika dalam rancangannya, logo dibuat sedemikian rupa dengan harapan citra positif.

 

 

Pastinya sebuah logo memiliki fungsi sebagai penanda pada sebuah perusahaan atau komunitas yang ada. Nah, ternyata selain itu ada lagi fungsi dari logo, yaitu :

 

  1. Sebagai Sarana Branding

    Sebagai sebuah bentuk pengenalan atau identitas baik bagi produk, jasa, atau identitas seseorang. Fungsinya sebagai identitas tentu menuntut logo untuk mampu menjiwai dan mencerminkan karakter seseorang, perusahaan, produk, atau jasa yang diwakilinya.

  2. Sebagai sarana informasi

    Seperti yang kita ketahui bahwa logo mengandung sebuah informasi yang ingin disampaikan pemilik logo kepada publik. Informasi ini digunakan sebagai alat pengendali, baik berupa pandangan maupun perilaku publik terhadap brand pemilik logo.

  3. Sebagai sarana motivasi

    Desain visual dapat memberikan berpesan sebagai sarana motivasi yang biasanya dilakukan dengan menggunakan poster. Akan tetapi, logo pun dapat melakukan hal yang sama. Logo dapat menyampaikan motivasi kepada publik atau konsumennya yang tentu saja disesuikan dengan tujuan brand.

Baca Juga : Cara Memilih Desain Website yang Murah dan Terbaik

 

Cara Membuat Logo Secara Online

Jika anda tidak mahir dalam melakukan desain secara visual. Maka cara ini akan membuat anda lebih mudah dalam membuat desain.  Berikut langkah-langkah membuat logo di Logomakr.com secara online:

 

  1. Buka Situs Logomakr.com
  2. Selanjutnya, anda akan diarahkan ke halaman webiste mereka dan nanti akan muncul tampilan video tutorial cara memakai tools ini. Silahkan tonton dulu video tersebut agar mengerti fitur-fitur di Logomakr dan cara menggunakannya.
  3. Anda dapat menutup video tutorial tersebut, Lalu anda akan diarahkan ke halaman kerja Logomakr.
  4. Anda dapat menggunakan tools Teks jika ingin membuat sebuah tulisan, misalnya IDCloudHost ini.
  5. Lalu anda dapat memasukkan logo yang anda inginkan, biasanya berhubungan dekat dengan produk yang anda tawarkan. misalnya : people. Maka akan muncul animasi people yang dapat anda pilih.
  6. Lalu, lakukan drag dan drop pada halaman utama ditempat anda melakukan desain tersebut.
  7. Sesuaikan posisi dimana anda meletakkan antara tulisan logo dengan gambar yang ingin dijadikan sebagai sebuah logo.
  8. Nah, anda dapat menyesuaikan warna pada logo dengan gambar yang sudah anda letakkan. Usahakan warna yang gunakan merupakan warna yang dapat menarik perhatian Pelanggan.
  9. Selesai!

Baca Juga : Membuat Website : Intuitif dengan Design yang Bagus 

 

Kesimpulan dan Penutup 

Logo merupakanciri ataupun identitas perusahaan, sehingga logo bisa dikatakan sebuah lambang ataupun ciri untuk memudahkan pengenalan sebuah perusahaan dan juga corporate identity atau identitas perusahaan yang mewakili citra perusahaan.

Bagaimana jika anda tidak mempunyai skill desain? jangan khawatir tutorial diatas sangat mudah dilakukan bagi pemula jika ingin membuat sebuah logo. Dengan drag and drop saja anda sudah bisa menciptakan sebuah logo bagi toko online anda sendiri.

Pastikan anda telah mengetahui produk yang ana jual dan filosofi logo yang ingin anda buat. Logo merupakan sebuah profile utama sebuah perusahaan. Misalnya saja logo pertamina, logo ini pasti memiliki filosofi tersendiri adalam pembuatannya dan terkesan unik dan simpel. Selamat mencoba!

Related Post :

popup image