Tutorial Cara Mempercepat Koneksi Internet [Terbukti]

Development & Security, Tutorial / 1 | | 0

Internet menjadi konsumsi yang sudah dibutuhkan setiap bulannya, mulai dari untuk sekedar menonton youtube, maupun mengakses social media. Namun, pernahkah anda mengeluh dengan koneksi internet laptop anda yang cenderung lemot?

Hal ini sudah pasti mengganggu kenyamanan produktifitas anda, terutama jika anda punya tugas kantor yang sudah menumpuk dan harus segera diselesaikan. Dengan internet yang memiliki akses yang lama, maka akan membuat pekerjaan anda semakin lama untuk diselesaikan. Hal ini anda berarti merlukan cara untuk mempercepat koneksi internet.

Belum lagi jika anda punya bisnis online, yang harus siap sedia di laptop anda. Jika respon anda tergolong lama maka pembeli anda, akan kurang menyukai pelayanan yang anda berikan. Hal ini juga dapat membuat pendapatan anda bisa – bisa berkurang. Maka dari itu, yuk simak artikel berikut ini.

 

Mengatur Koneksi Internet

Pernahkah anda mencoba untuk memperbaiki koneksi internet anda yang lemot pada laptop anda? Nah, pada artikel ini akan membahas 2 cara mengatur koneksi internet anda.

 

1. Mengubah Setting Bandwidth Anda

Bandwith adalah luas cakupan frekuensi yang digunakan sinyal untuk transmisi data. Berikut ini cara mengatur bandwith laptop anda :

 

1. Buka program Run dengan cara klik tombol berlogo Windows dan tombol R secara bersamaan. Nanti akan muncul pop up Run.

 

 

2. Pada bagian program Run, ketik gpedit.msc pada kolom yang disediakan. Lalu klik OK

 

 

   
 

3. Perhatikan tampilan di layar Anda. Double klik pada bagian Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed

 

 

4. Setelah klik QoS Packed -> Llimit Reserveable Bandwith -> Previous Setting

 

 

 

5. Pilih menu enable -> Pada bagian Bandwidth Limit diganti menjadi 0 (defaultnya 20), lalu klik OK

 

 

6. Restart komputer Anda, kemudian bandingkan hasil kecepatannya. selesai!

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Internet Positif Serta Tujuannya di Indonesia

2. Mengubah DNS Pada Komputer Anda

Selanjutnya, jika kecepatan anda masih tergolong lama. Maka, anda bisa menggunakan cara lain yaitu  dengan menggunakan open DNS berikut ini :

 

1. Perhatikan bagian task bar komputer Anda. Klik kanan ikon Network, lalu klik Open Network and Sharing Center

 

 

2. Selanjutnya, klik Wi-Fi kemudian pilih Network Sharing and Service

 

 
 

3. Selanjutnya, klik link menu Connection yang ada di bagian kanan.

 

 

4. Setelah jendela Wireless Network Connection Status terbuka, selanjutnya klik tombol properties

 

 

5. Lalu anda perlu klik sekali pada bagian Internet Protocol Version 4 (TCP/ IPv4), lalu klik Properties

6. Pada tab General, pastikan Anda mencentang Use the Following DNS server addresses. Ubah DNSPrefered DNS: 208.67.222.222
Alternate DNS: 208.67.220.220

 

 

7. Setelah itu anda dapat mengakhirinya dengan klik OK

8. Untuk mendapatkan hasilnya, restart komputer Anda.

 

3. Ganti Channel

Jika kalian memiliki tetangga, router dan access points mereka bisa saja mengganggu milik kalian dan membuat sinyal WiFi menjadi lambat. Router WiFi bisa bekerja di berbagai channel, dan kalian ingin channel yang lebih sepi dan jarang digunakan.

Di PC atau komputer Windows, kalian bisa melihat channel mana yang digunakan oleh WiFi tetangga. Caranya masuk ke Command Prompt dan ketik “netsh wlan show all“. Nantinya kalian akan melihat daftar yang berisi jaringan wireless dan channel yang digunakan di sekitar kalian.

 

4. Buat Antena DIY

Ada beberapa trik DIY yang bisa kalian lakukan untuk mempercepat koneksi WiFi, salah satunya dengan membuat antena dari kaleng minuman. Caranya potong bagian atas dan bawah kaleng, serta potong kaleng di tengah sehingga menjadi lembaran metal.

Taruh potongan kaleng ini di belakang antena router dengan bentuk seperti parabola, dan biarkan bagian depannya terbuka. Walau hasilnya tidak begitu drastis, trik ini berhasil mempercepat koneksi WiFi.

 

5. Ganti Router yang Usang

Jika kalian menggunakan router lama, misalnya yang menggunakan standar 802.11n, router tersebut memiliki batas bandwidth yang cukup rendah. Jadi, sebisa mungkin upgrade router kalian dengan router yang memiliki standar terbaru yaitu 802.11ac yang bisa mendukung bandwidth hingga 1Gbps.

Baca Juga : Macam Macam Tipe Koneksi

6. Ubah Pengaturan Smartphone

Jika kalian mengggunakan smartphone Android, khususnya Xiaomi, ada cara mudah untuk mempercepat koneksi WiFi tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Caranya masuk ke aplikasi Settings, kemudian pilih opsi WiFi. Setelah itu, scroll ke bawah hingga menemukan opsi Advanced settings.

Klik opsi tersebut kemudian pilih opsi WiFi speed mode untuk memberi prioritas bandwidth pada aplikasi tertentu. Ada opsi Regular mode yang bisa membagi bandwidth secara merata untuk aplikasi yang berjalan di foreground dan background.

Selain itu ada opsi Extreme mode yang bisa memprioritaskan bandwidth pada aplikasi yang berjalan di foreground, sedangkan aplikasi yang berjalan di background kemungkinan tidak bisa mengakses internet untuk sementara.

 

7. Gunakan Password

WiFi yang diamankan dengan password tentu akan terhindar dari tetangga nakal yang ingin menumpang menggunakan WiFi secara gratis. Pastikan juga password kalian menggunakan enkripsi WPA2 agar lebih sulit dibobol oleh orang lain.

 

8. Reboot Router

Boot ulang router secara reguler merupakan cara mudah untuk meningkatkan kecepatan WiFi di rumah. Jangan hanya reboot router saat kalian merasa koneksi WiFi sedang lambat, lebih baik untuk mengatur jadwal otomatis agar router bisa restart sekali dalam sehari atau seminggu.

 

Kesimpulan dan Penutup  

Dalam penggunaanya, internet saat ini sangat dibutuhkan untuk kebutuhan sehari – hari. Ada beberapa cara untuk mengatasi internet anda yang lemot yaitu : Mengubah settingan Bandwith, Mengubah settingan DNS, Ganti Channel, Ganti Router yang usang.

Nah, cara ini dapat anda aplikasi kan pada laptop anda, sehingga tugas kantor maupun bisnis anda tidak terganggu dengan koneksi internet yang lama. Perlu diketahui bahwa, dengan sudah memasuki era digital, semua peralatan akan melakukan otomatisasi ke dalam sebuah sistem hanya dengan menggunakan jaringan internet.

Anda dapat melakukan salah satu cara diatas untuk membuat produktifitas bisnis dan kerjaan anda tetap terjaga. biasanya ada beberapa faktor yang menyebabkan lamanya koneksi internet. maka dari itu anda perlu memeriksa laptop maupun smartphone anda terlebih dahulu untuk mengatasi gangguan koneksi internet.

 

Related Post :

popup image