Tutorial Cara Pemindahan / Transfer Domain di IDCloudHost

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0

Sebuah hosting dan domain terpisah yang kita miliki dari berbagai penyedia layanan domain dan hosting kerap kali menjadi sebuah problematika. Masalah yang sering timbul misalnya adalah ketika kita ingin menggunakan hosting dari provider lain dengan nama domain yang telah kita miliki pada provider yang berbeda.

Hal ini biasa terjadi saat melakukan migrasi server, nama domain yang sebelumnya kita miliki masih memiliki masa berlaku. Terkadang alasan untuk memindahkan tempat hosting juga merupakan dorongan untuk mendapatkan kualitas server dan akses yang lebih baik daripada hosting sebelumnya. Tentu sangat disayangkan jika harus memesan nama domain baru, dan membuang yang lama, padahal nama domain yang sebelumnya masih berlaku dan sudah cukup dikenal.

Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, pada tutorial ini akan dijelaskan tentang cara migrasi / transfer domain dari provider lain agar dapat digunakan pada hosting di IdCloudHost. Baik langsung saja berikut ini adalah cara-cara yang perlu dilakukan agar dapat mentransfer domain untuk digunakan di hosting pada IdCloudhost:

  1. Diasumsikan bahwa anda telah memiliki akun client area dan belum membeli atau memiliki paket hosting yang diinginkan sebagai tempat baru migrasi hosting anda.
  2. Pertama pilih paket hosting yang anda inginkan, dapat dilihat dan diakses pada link berikut ini SSD Hosting Murah, atau bisa juga dengan login ke client area, kemudian pilih menu Order Pilih salah satu paket, klik Pesan/Order. Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman Product Configuration seperti pada gambar dibawah ini:
    Tutorial Cara Pemindahan atau Transfer Domain di IDCloudHost
  3. Anda diminta untuk memasukkan nama domain, jika anda tidak memiliiki domain anda dapat memilih pilihan pertama “I want IDCloudHost to register a new domain for me”, namun yang akan dibahas kali ini adalah jika anda telah memiliki nama domain di tempat hosting sebelumnya dan domain tersebut masih berlaku. Silahkan memilih I want to transfer my domain to IDCloudHost”, kemudian isikan nama domain sesuai dengan nama domain yang telah anda miliki, kemudian klik Click to Continue. Seperti yang terlihat pada gambar berikut:
    Tutorial Cara Pemindahan atau Transfer Domain di IDCloudHost
  4. Kemudian pilih Billing dan juga Server Location:
    Tutorial Cara Pemindahan atau Transfer Domain di IDCloudHost
  5. Agar dapat memindahkan domain dari penyedia layanan anda yang lama ke IDCloudHost anda memerlukan EPP Code. EPP Code sendiri digunakan sebagai autorisasi nama domain lama anda bahwa domain tersebut benar-benar milik anda. Untuk bisa mendapatkan EPP Code, anda dapat menyakannya melalui call center / customer service dari penyedia layanan anda yang sebelumnya. Setelah anda mendapatkan EPP code tersebut, selanjutnya lakukan update cart dan lakukan transaksi seperti pemesanan biasanya.

    Baca Juga : Cara Melakukan Pemesanan Cloud Hosting

    Tutorial Cara Pemindahan atau Transfer Domain di IDCloudHost

Sekian tutorial transfer domain yang dapat kami jelaskan, jika anda masih merasa bingung dan masih membutuhkan bantuan, jangan sungkan untuk menghubungi CS kami yang siap sedia dengan senang hati akan melayani anda.

Related Post :