Tutorial Install Aplikasi Web Menggunakan Softaculous

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0

Apakah anda pernah berfikir untuk membangun sebuah website dengan cara yang mudah tanpa harus melakukan konfigurasi database yang lumayan menyita waktu? Apakah anda pernah mengalami kesulitan saat ingin memindahkan hasil pekerjaan anda dari localhost ke SSD Cloud Hosting di IDCloudHost? Jika demikian, maka anda perlu membaca artikel ini, agar pekerjaan anda dalam membangun sebuah web app baru menjadi semakin lebih mudah.

Softaculous merupakan auto installer terdepan untuk web application pada cPanel. Dengan menggunakan softaculous proses installasi website pada hosting cPanel dapat berlangsung sangat singkat dan mudah. Sehingga pengguna tidak perlu melewati proses pemasangan script secara manual. Segala hal mulai dari konfigurasi database, inisialisasi file awal untuk web app, dsb dilakukan oleh Softaculous. Dengan fitur semacam ini yang tersedia di cPanel kami, anda bisa relax sambil minum kopi dalam menginstall web app yang anda inginkan.

Berikut ini adalah tutorial untuk menginstall aplikasi web menggunakan softaculous :

  1. Diasumsikan anda telah memiliki sebuah paket domain dan hosting dari IDCloudhost yang dapat dililhat harganya pada link berikut SSD Cloud Hosting. Login ke client area->pilih Service->kemudian masuk ke cPanel. Dan juga anda sudah mengatur domain/subdomain sebagai lokasi tempat anda akan menginstall aplikasi yang anda inginkan.

    Baca juga tentang : Tutorial Membuat Subdomain Melalui cPanel

  2. Scrool paling bawah, disana terdapat Softaculous Apps Installer.
    Tutorial Install Aplikasi web menggunakan Softaculous 1
  3. Masuk ke menu tersebut. Anda akan diarahkan ke sebuah halaman baru yakni halaman softaculous apps installer, dibagian kiri terdapat berbagai macam kategori web app, dan ditampilkan juga popular script yang sering digunakan kebanyakan orang di bagian kanan. Mulai dari Blog, CMS, Forums, hingga Framework, dsb disediakan disini agar memudahkan proses installasi.
  4. Sebagai contoh pada Tutorial kali ini kami mendemokan cara untuk installasi joomla menggunakan softaculous. Arahkan pointer ke Joomla, kemudian klik Install, anda juga dapat melihat contoh website dengan cara memilih Demo.
    Tutorial Install Aplikasi web menggunakan Softaculous 2
  5. Disini yang akan kami lakukan adalah menginstall joomla pada domain joomla.*********.com. yang perlu dilakukan adalah melakukan konfigurasi seperti gambar dibawah ini, pada pilihan In Directory hal tersebut diisi relative berdasarkan domain yang anda pilih untuk installasi aplikasi, berhubung kami ingin menginstall joomla pada root, maka kolom tersebut dikosongkan. Pastikan juga untuk mengingat password admin yang anda berikan, dan isikan email aktif yang digunakan oleh admin. Berhubung email [email protected] .*********.com sudah dibuat, jadi kami menggunakan email tersebut. Kemudian akhiri dengan menekan install.
    Tutorial Install Aplikasi web menggunakan Softaculous 3
  6. Tunggu beberapa saat, setelah muncul tampilan semacam ini, maka installasi berhasil dilakukan. Selanjutnya anda dapat membuka website app yang telah anda install, dan anda dapat dengan bebeas memodifikasinya sesuai keinginan anda.
    Tutorial Install Aplikasi web menggunakan Softaculous 4

Bagaimana? Sangat mudah dan singkat bukan? Untuk menginstall web app menggunakan softaculous. Hanya dengan beberapa klik, sebuah aplikasi website sudah terinstall pada hosting anda tanpa perlu repot dengan berbagai macam konfigurasi database, server, dsb. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda, terima kasih. Tetap update dan nantikan informasi lainnya dari IDCloudHost.

Related Post :