Tutorial Mengontrol Akses Pengguna Pada Blogspot

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0

Bagi kamu yang baru menggunakan cms blogspot mungkin sedikit agak kebingungan bagaimana cara menambah penulis atau admin pada blog kamu. Terlebih bila kamu sudah terbiasa menggunakan wordpress, perbedaan ini semakin membuatmu bingung karena memang antara blogspot dan wordpress memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Ada banyak alasan orang-orang ingin menambah penulis, bisa saja ia ingin mengembangkan blog lebih intens lagi. Ada juga yang ingin menggarap blog tersebut lebih profesional lagi. Bagaimana mungkin menggarap blog profesional dengan embel-embel “blogspot.com” di URL? Hmm mungkin saja. Untuk membuang “blogspot.com” mah perkara gampang. Serius? Silahkan kamu baca tutorial merubah blogspot menjadi domain .com. Yang jelas kamu harus punya domain tld dulu ya. Jangan mindahin blogspot ke domain *.com kalau kamu sendiri belum punya domainnya. Jika kamu belum punya, kamu bisa memesan domain *.com disini (Domain Murah).

Nah kembali lagi ke pembahasan sebelumnya, berikut ini adalah tutorial memberi akses blog ke banyak pengguna.

  1. Silakan masuk ke blogger. Selanjutnya kamu pilih blog mana yang akan diberikan hak akses ke pengguna lain.
    Tutorial Mengontrol Akses Pengguna Pada Blogspot 1
  2. Setelah masuk ke dalam halaman dashboard, pilih menu setelan pada menu sebelah kiri. Untuk lebih jelas silakan lihat gambar.
    Tutorial Mengontrol Akses Pengguna Pada Blogspot 2
  3. Setelah sub menu setelan muncul, pilih menu dasar. Biasanya setelah kamu klik menu setelah akan langsung otomatis di lempar ke menu dasar. Kemudian pada bagian ‘izin’, klik tambah pengarang.
    Tutorial Mengontrol Akses Pengguna Pada Blogspot 3
  4. Nanti akan muncul form. Disana kamu ketikkan email dari pengguna yang akan ditambahkan. Kemudian klik undang pengarang. Setelah itu kamu hanya perlu menunggu mereka menyetujuinya. Google akan mengirimi permintaan tersebut ke email mereka.
    Tutorial Mengontrol Akses Pengguna Pada Blogspot 4
  5. Setelah mereka menyetujui, pada bagian ‘izin’ tersebut akan muncul daftar orang-orang yang memiliki akses ke blog kamu. Kamu bisa memilih mereka hanya sebagai pengarang atau sebagai admin. Ingat, ketika kamu menjadikan mereka admin mereka memiliki akses ke seluruh blog kamu. Termasuk untuk menghapus kamu sebagai admin.
    Tutorial Mengontrol Akses Pengguna Pada Blogspot 5

Semoga Artikel ini bermanfaat 🙂

Related Post :

popup image