Video Marketing : Cara Kerja dan Manfaat Penerapannya Bagi Bisnis

Business, Video Marketing / 0 | | 0

Brand dan bisnis saat ini pasti membutuhkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif, terlebih lagi pemasaran zaman modern ini yang disebut digital marketing menjadi suatu keharusan jika mereka ingin bertahan. Termasuk didalamnya adalah video marketing atau pemasaran video yang sebenarnya bukanlah hal baru, namun mengalami peningkatan yang cukup signifikan karena mengikuti kemajuan dan cara hidup pelanggan era digital

Salah satu yang membuat video marketing menjadi penting dan krusial dalam upaya pemasaran bisnis adalah bagaimana video tersebut disalurkan pada setiap platform dan media yang ada. Video tidak lagi hanya satu bagian dari keseluruhan rencana pemasaran Anda melainkan bagian penting untuk upaya penjangkauan dan kampanye Anda, terutama strategi sosial bagi bisnis Anda.

Video benar-benar mendominasi bagaimana masyarakat sosial berlaku. Bahkan sebuah penelitian dari HubSpot menunjukkan bahwa empat dari enam saluran teratas tempat konsumen global menonton video adalah saluran sosial. Oleh karenanya bagi bisnis yang belum mempraktikkan metode pemasaran ini, Anda akan ketinggalan jauh dari pesaing Anda sehingga langkah bijaksana yang bisa Anda tempuh adalah mulai membuat juga merancang strategi pemasaran video Anda sendiri.

 

Memahami Cara Kerja Video Marketing

Video Marketing : Cara Kerja dan Manfaat Penerapannya Bagi Bisnis
 

Seiring pemasaran online menjadi semakin visual dari waktu ke waktu, pemasaran video telah muncul sebagai pilihan favorit bagi banyak pelaku bisnis untuk berbagi pesan, mempromosikan produk, dan menghibur pelanggan sekaligus. Upaya ini tidak sia-sia karena penelitian yang dilakukan oleh OMI menunjukkan bahwa toko e-commerce yang menggunakan konten video memiliki tingkat konversi 80% lebih tinggi daripada yang tidak menggunakan teknik marketing ini. Sedangkan 73% pelanggan lebih cenderung melakukan pembelian saat melihat konten video informasi

Adapun cara pemasaran video itu sendiri cukup sederhana, brand atau bisnis Anda membuat video yang, dengan cara tertentu yakni dalam mempromosikan perusahaan Anda, mendorong penjualan. Tentu saja termasuk untuk meningkatkan kesadaran akan produk atau layanan Anda atau melibatkan pelanggan Anda. Dalam praktiknya mungkin sedikit lebih rumit karena Anda harus benar- benar membuat strategi Anda sendiri. Seperti banyak upaya pemasaran Anda, pemasaran video didorong oleh data, jadi Anda ingin memantau berbagai metrik dan melacak keterlibatan pelanggan.

 

Baca Juga  :   Teknik Digital Marketing Terbaik dan Ampuh di tahun 2021

 

Manfaat Penerapan Video Marketing

Jika berbicara mengenai video yang adalah format konten yang serbaguna dan menarik yang tidak hanya memberi kita gambaran nyata tentang apa yang sedang terjadi, namun juga mudah untuk dibagikan di berbagai platform. Konsumen menyukainya karena mudah dicerna, menghibur, dan menarik, dan pemasar menyukainya karena dapat memberikan potensi pengembalian investasi/return on investment (ROI) yang sangat besar melalui banyak saluran.

Disamping itu, Video juga sangat mudah diakses oleh siapa saja yang memiliki akses internet, baik untuk ditonton maupun untuk diproduksi. Meskipun tentu saja ada tren ke arah video berkualitas lebih tinggi pada tingkat profesional, siapa pun dapat menggunakan perangkat mereka dan membuat video mereka sendiri dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu, penggunaan video dalam teknik pemasaran sudah sangat tepat, karena orang- orang memilih dan menyukai video sehingga bisnis akan lebih cepat dikenal melalui cara ini. Dibawah ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda menerapkan teknik pemasaran video dalam menunjang bisnis dan mengenalkan brand Anda :

  • Video  lebih mudah dimengerti

    Dalam menerapkan pemasaran video, maka konten format video mudah dimengerti karena faktor- faktor visual, audio, infografis, dll. membuat format konten ini dikenal karena fleksibilitasnya. Inilah mengapa bisnis mulai mempromosikan konten video di berbagai platform yang membantu mereka mendapatkan perhatian dari audiens yang akan berdampak bagus bagi produk, layanan serta brand awareness mereka.

  • Meningkatkan relativitas tinggi

    Bagian terbaik tentang konten video adalah orang-orang yang ditargetkan akan mengetahuinya dengan lebih cepat. Dari sinilah pemirsa akan mengingat merek Anda. Kekuatan retensi sangat mengesankan dan itulah alasan mengapa pemasaran video itu penting. Konten video membantu Anda mengaitkan merek Anda dengan orang-orang secara lebih efektif.

  • Konten yang disesuaikan

    Pemasaran video melibatkan pembuatan konten video yang terkait dengan subjek. Oleh karena itu, saat pemasaran, Anda perlu menyesuaikan konten Anda untuk audiens. Setelah menargetkan audiens Anda dengan konten yang disesuaikan, audiens akan mencari tahu tentang Anda untuk mendapatkan info tentang produk Anda. Inilah alasan utama mengapa konten video yang disesuaikan sangat penting untuk menargetkan audiens tertentu.

  • Berdampak bagus pada media sosial

    Membuat konten video tidak cukup karena Anda memerlukan platform untuk menyebarkan video. Tujuannya adalah untuk membuat video Anda terlihat oleh audiens Anda. Tidak ada platform yang lebih baik daripada media sosial karena hampir semua orang saat ini setidaknya mempunyai satu akun di setiap media sosial yang populer. Karena itu manfaatkan fakta ini yang dengan memiliki video marketing akan meningkatkan prospek produk Anda terjual.

  • Membantu meningkatkan konversi

    Karena video sekarang menjadi norma untuk memasarkan bisnis Anda, maka itu bermakna metode pemasaran ini memiliki tingkat konversi yang tinggi. Prospek ke konversi penjualan sangat mengesankan karena 4 -poin yang sudah dijelaskan di atas.

 

Baca Juga  :    STP Marketing: Panduan Lengkap Cara Menerapkannya Bagi Bisnis Anda

 

Tips Membangun dan Merancang Strategi Video​ Marketing

Video Marketing : Cara Kerja dan Manfaat Penerapannya Bagi Bisnis
 

Sangat jelas bahwa strategi pemasaran video Anda harus dibangun di sekitar tujuan bisnis Anda. Tetapi lebih khusus lagi, Anda harus menentukan tujuan dari setiap video sehingga Anda tahu mengapa Anda membuat jenis konten tersebut. Perlu diketahui video Anda dapat memiliki tujuan yang berbeda yaitu kesadaran, pertimbangan dan keputusan adalah tujuan pemasaran video yang paling umum.

Video yang dibuat untuk kesadaran bertujuan membuat pemirsa menyadari bahwa mereka memiliki masalah dan bahwa Anda juga dapat memberikan solusinya dimana video ini dimaksudkan untuk menarik lebih banyak orang ke brand Anda. Sulit untuk menjual produk Anda jika orang bahkan tidak tahu Anda ada dan untuk memperbaikinya, Anda perlu membuat video dengan tujuan meningkatkan kesadaran untuk bisnis Anda.

Strategi pemasaran video Anda dapat berkisar untuk membuktikan bahwa Anda adalah yang terbaik di industri ini atau Anda juga dapat menggunakan pemasaran video untuk menciptakan persona yang dapat diterima. Anda bahkan dapat menggunakan video untuk membuktikan bahwa Anda adalah pemimpin dalam industri Anda dengan video berjenis tutorial atau video panduan lainnya. Ada banyak cara berbeda untuk merumuskan strategi pemasaran video Anda dan ini benar-benar tentang tujuan bisnis spesifik Anda.

 

Baca Juga  :   Mengenal Storyboard : Jenis dan Manfaatnya Untuk Kepentingan Bisnis dan Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam pengertian singkat, pemasaran konten video adalah ketika merek memproduksi konten video untuk meningkatkan profil mereka secara online. Video biasanya dipublikasikan di YouTube atau jejaring sosial, meskipun bisa juga dalam bentuk webinar, kursus, video langsung, atau video yang dihosting sendiri. Jika dilakukan dengan baik, video dapat menjadi cara yang ampuh bagi brand untuk menyebarkan pesannya dengan cara yang mudah diakses oleh pelanggan dan khalayak luas.

Disamping efektivitasnya yang mengagumkan, video marketing juga bekerja dengan baik dengan dengan strategi konten B2C dan B2B. Hal hebat lainnya tentang pemasaran konten video adalah menjadi lebih mudah dan lebih mudah untuk dilakukan secara efektif. Jumlah opsi yang dimiliki pemasar berarti benar-benar ada sesuatu untuk setiap bisnis, bahkan mereka yang tidak memiliki keterampilan merekam atau mengedit video tradisional sekalipun tetap bisa menerapkan strategi pemasaran video mereka.

Related Post :