VPN (Virtual Private Network) : Definisi dan Cara Kerjanya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Berselancar di web atau bertransaksi di jaringan Wi-Fi yang tidak aman berarti Anda dapat mengekspos informasi pribadi dan kebiasaan menjelajah Anda. Itu sebabnya jaringan pribadi virtual atau virtual private network, lebih dikenal sebagai VPN, harus menjadi keharusan bagi siapa pun yang peduli dengan keamanan dan privasi online mereka.

Tidak dapat dipungkiri kalau siapa saja dapat meretas jaringan Anda dan menarik data serta informasi penting tanpa Anda ketahui. Mungkin Anda hanya membaca email atau membuka rekening bank online Anda saat menggunakan Wi-Fi umum, tanpa Anda sadari peluang Anda di retas telah terbuka. Ini bisa terjadi jika Anda menggunakan jaringan internet umum.

Kecuali Anda masuk ke jaringan Wi-Fi pribadi yang memerlukan kata sandi, data apa pun yang dikirimkan selama sesi online Anda dapat rentan terhadap penyadapan oleh orang asing yang menggunakan jaringan yang sama. Enkripsi dan anonimitas yang disediakan VPN membantu melindungi aktivitas online Anda seperti mengirim email, berbelanja online, atau membayar tagihan. VPN juga membantu menjaga penjelajahan web Anda tetap anonim sehingga tidak dapat diketahui.

 

Definisi VPN (Virtual Private Network)

VPN (Virtual Private Network) : Definisi dan Cara Kerjanya
 

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang tujuannya adalah untuk memberi Anda keamanan dan privasi saat Anda berkomunikasi melalui internet. Secara inheren, internet tidak aman yang ketika internet pertama kali dirancang, prioritasnya adalah untuk dapat mengirim paket (potongan data) seandal mungkin. Jaringan di seluruh negeri dan dunia relatif baru, dan node sering turun bahkan sebagian besar protokol inti internet (metode komunikasi) dirancang untuk mengatasi kegagalan, daripada mengamankan data.

Aplikasi yang biasa Anda gunakan, baik email, web, perpesanan, Facebook, dll., semuanya dibangun di atas inti Protokol Internet (IP) itu. Sementara beberapa standar telah dikembangkan, tidak semua aplikasi internet aman. Banyak yang masih mengirim informasi mereka tanpa perlindungan keamanan atau privasi apa pun. Ini membuat pengguna internet rentan terhadap penjahat yang mungkin mencuri informasi perbankan atau kartu kredit Anda, pemerintah yang mungkin ingin menguping warganya, dan pengguna internet lain yang mungkin ingin memata-matai Anda untuk berbagai alasan jahat.

VPN sendiri membantu dengan membuat terowongan pribadi melalui internet terbuka. Idenya adalah bahwa semua yang Anda kirim dienkapsulasi dalam saluran komunikasi pribadi ini dan dienkripsi sehingga, bahkan jika paket Anda dicegat mereka tidak dapat diuraikan. VPN adalah alat yang sangat kuat dan penting untuk melindungi diri Anda dan data Anda, meski tetap memiliki keterbatasan.

 

Baca Juga  :   Daftar Negara Dengan Internet Tercepat di Dunia

 

Cara Kerja VPN (Virtual Private Network)

Cara kerja VPN pada dasarnya adalah dengan membuat terowongan data antara jaringan lokal Anda dan simpul keluar di lokasi lain, yang jaraknya bisa ribuan mil yang akan membuat seolah-olah Anda berada di tempat lain. Manfaat ini memungkinkan kebebasan online atau kemampuan untuk mengakses aplikasi dan mengakses data penting pekerjaan Anda saat bepergian. Ambil contoh, VPN menggunakan enkripsi untuk mengacak data saat dikirim melalui jaringan Wi-Fi. Enkripsi membuat data tidak dapat dibaca.

Keamanan data sangat penting saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik, karena ini mencegah orang lain di jaringan menguping aktivitas internet Anda. Ada sisi lain dari privasi karena tanpa VPN, penyedia layanan internet Anda dapat mengetahui seluruh riwayat penelusuran Anda. Dengan VPN, riwayat pencarian Anda disembunyikan. Itu karena aktivitas web Anda akan dikaitkan dengan alamat IP server VPN, bukan milik Anda.

Penyedia layanan VPN mungkin memiliki server di seluruh dunia yang berarti aktivitas pencarian Anda mungkin tampak berasal dari salah satu dari mereka. Ingatlah, mesin pencari juga melacak riwayat pencarian Anda, tetapi mereka akan mengaitkan informasi itu dengan alamat IP yang bukan milik Anda. Sekali lagi, VPN Anda akan menjaga privasi aktivitas online Anda sehingga banyak yang menggunakannya dalam mengamankan riwayat jelajah online mereka.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Internet Clean Pipe Technology : Fungsi dan Manfaatnya Dalam Perlindungan Online

 

Manfaat Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

VPN (Virtual Private Network) : Definisi dan Cara Kerjanya
 

Seperti yang diketahui, koneksi VPN akan menyamarkan lalu lintas data Anda secara online dan melindunginya dari akses eksternal. Data yang tidak terenkripsi dapat dilihat oleh siapa saja yang memiliki akses jaringan dan ingin melihatnya. Dengan VPN, peretas dan penjahat dunia maya tidak dapat menguraikan data ini. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan layanan VPN :

  • Enkripsi aman

    Untuk membaca data, Anda memerlukan kunci enkripsi . Tanpa adanya enkripsi ini, makan akan memakan waktu jutaan tahun bagi komputer untuk menguraikan kode jika terjadi serangan brute force. Dengan bantuan VPN, aktivitas online Anda disembunyikan bahkan di jaringan publik.

  • Menyamarkan keberadaan Anda

    Server VPN pada dasarnya bertindak sebagai proxy Anda di internet. Karena data lokasi demografis berasal dari server di negara lain, lokasi Anda yang sebenarnya tidak dapat ditentukan. Selain itu, sebagian besar layanan VPN tidak menyimpan log aktivitas Anda. Beberapa penyedia, di sisi lain, merekam perilaku Anda, tetapi tidak memberikan informasi ini kepada pihak ketiga. Ini berarti bahwa setiap catatan potensial tentang perilaku pengguna Anda tetap tersembunyi secara permanen.

  • Akses ke konten regional

    Konten web regional tidak selalu dapat diakses dari mana saja mengingat layanan dan situs web sering kali berisi konten yang hanya dapat diakses dari bagian dunia tertentu. Koneksi standar menggunakan server lokal di negara tersebut untuk menentukan lokasi Anda. Ini berarti Anda tidak dapat mengakses konten di rumah saat bepergian, dan Anda tidak dapat mengakses konten internasional dari rumah. Dengan spoofing lokasi VPN, Anda dapat beralih ke server ke negara lain dan secara efektif mengubah lokasi Anda.

  • Transfer data yang aman

    Jika Anda bekerja dari jarak jauh, Anda mungkin perlu mengakses file penting di jaringan perusahaan Anda. Untuk alasan keamanan, informasi semacam ini memerlukan koneksi yang aman maka untuk mendapatkan akses ke jaringan, koneksi VPN sering kali diperlukan. Layanan VPN terhubung ke server pribadi dan menggunakan metode enkripsi untuk mengurangi risiko kebocoran data.

 

Baca Juga  :    Tips & Trick Cara Menghindari Pencurian Data di Internet

 

Kesimpulan dan Penutup

Sejatinya VPN atau Virtual Private Network, memungkinkan Anda membuat koneksi aman ke jaringan lain melalui Internet. VPN juga dapat digunakan untuk mengakses situs web yang dibatasi wilayah, melindungi aktivitas penjelajahan Anda dari pengintaian Wi-Fi publik dan banyak lagi. Saat ini penggunaan VPN sangat populer, tetapi bukan karena alasan awal dan tujuan VPN itu dibuat.

Awalnya VPN diciptakan hanya sebagai cara untuk menghubungkan jaringan bisnis bersama-sama dengan aman melalui internet atau memungkinkan Anda untuk mengakses jaringan bisnis dari rumah. VPN pada dasarnya meneruskan semua lalu lintas jaringan Anda ke jaringan, dari situlah manfaatnya seperti mengakses sumber daya jaringan lokal dari jarak jauh dan melewati sensor Internet semuanya berasal. Bahkan sebagian besar sistem operasi memiliki dukungan VPN terintegrasi. Jadi jika Anda ingin mengamankan data penting Anda, tidak ada salahnya mencoba VPN.

Related Post :