10 Rekomendasi Website Freelance Terbaik dan Terpercaya 2022

Tips & Tricks / 0 | | 1

Saat ini banyak orang yang tertarik untuk menjadi freelancer. Ada yang melakukannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan, atau menjadi freelancer penuh waktu. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, maka Anda harus mengetahui website freelancer terbaik berikut ini.

Modal yang diperlukan untuk memulai jadi freelancer sangat minim. Anda hanya perlu laptop, koneksi internet yang stabil, dan akun di website freelance untuk mencari klien. Tawarkanlah jasa sesuai dengan keahlian Anda, maka Anda bisa mulai menjadi freelancer untuk menambah cuan! 

Berbagai stus ini menyediakan banyak lowongan freelance untuk berbagai niche, tapi Anda juga harus bisa memastikan website tersebut terpercaya sehnigga meminimalisir resiko penipuan. Penasaran apa saja website yang bisa Anda gunakan untuk menawarkan jasa sebagai pekerja lepas? Berikut rekomendasinya. 

Rekomendasi Website Freelancer Terbaik untuk Cuan 2022

website freelance terbaik

Berikut ini adalah beberapa website freelance yang bisa Anda gunakan untuk mencari klien. Website yang kami rekomendasikan ini biasa digunakan oleh freelancer dan klien baik dari Indonesia maupun mancanegara. 

  1. Upwork

upwork website freelance

Upwork adalah website freelance dengan pengguna paling banyak di seluruh dunia. Website ini telah memiliki hampir 15 pengguna yang terdiri dari klien dan freelancer. Angka tersebut menunjukkan banyaknya klien potensial yang bisa Anda temukan di sini. 

Ragam jasa yang bisa Anda tawarkan di Upwork juga sangat beragam. Mulai dari penulisan, fotografi, videografi, virtual assistant, customer service, dan lain-lain. Sistem pembayaran di Upwork bisa dihitung per jam atau per proyek, tergantung dari klien yang mencari jasa atau kesepakatannya dengan freelancer. 

Jika sudah menyelesaikan pekerjaan dan dibayar oleh klien, maka uang tersebut akan masuk ke saldo Upwork Anda. Anda bisa melakukan penarikan saldo dengan berbagai metode. Bagi Anda yang berasal dari Indonesia, Upwork bahkan menawarkan opsi untuk langsung mentransfer saldo ke bank lokal. 

  1. Fiverr

fiverr website freelancer

Cara kerja Fiverr terbilang unik jika dibadingkan dengan website freelancer terbaik lainnya. Jika di website lain Anda harus melamar ke klien untuk diterima sebagai freelancer, maka Fiverr memiliki sistem yang mirip dengan e-commerce. 

Di platform ini, freelancer membuka pengumuman atau toko untuk menjajakan jasanya. Kemudian, klien yang ingin menggunakan jasa tertentu bisa memilih freelancer yang ada dan menggunakan jasanya. Dengan sistem seperti ini, freelancer hanya perlu sekali saja membuat pengumuman. Anda tidak perlu melamar berkali-kali ke klien satu per satu seperti di platform lain.

Fiverr merupakan platform freelance yang aman dan terpercaya. Sistem keamanan data di platform ini terjaga dengan baik sehingga Anda tak perlu khawatir bila bertukar file atau informasi dengan klien saat menggunakannya. 

  1. PeoplePerHour

PeoplePerHour adalah website freelancer terbaik yang banyak digunakan oleh klien dari mancanegara. Anda bisa bekerja dengan klien asing di sini dan dibayar dengan mata uang dollar. Menarik, bukan? Namun, PeoplePerHour juga memiliki persaingan yang ketat antar freelancer. 

Karena itu, jika ingin menggunakan platform ini Anda harus memikirkan strategi yang baik agar dapat bersaing dengan pekerja lepas lainnya. Salah satu caranya adalah dengan memasang harga yang wajar, agar tak terlalu mahal bagi klien. Website ini juga memiliki sistem rating yang bisa meningkatkan kemungkinan freelancer untuk dilirik oleh calon klien. 

  1. Toptal

Jika Anda adalah seorang profesional dengan banyak pengalaman, Toptal adalah website freelance terbaik untuk Anda. Website ini memang bertujuan untuk mengumpulkan talenta berpengalaman dari seluruh dunia. Toptal bekerjasama dengan banyak perusahaan besar seperti Shopify, Duolingo, Spotify, dan lain-lain. Sehingga besar kesempatan Anda untuk mendapatkan klien dari perusahaan-perusahaan ini. 

Tidak semua freelancer bisa mendaftar di Toptal. Saat mendaftar, Anda harus melampirkan portofolio khusus yang nantinya akan diseleksi dengan proses ketat sebelum pendaftaran Anda diterima. Namun, karena proses seleksinya yang ketat ini pula banyak klien lebih percaya dengan kualitas freelancer yang ada di platform ini. 

  1. Fastwork

Fastwork adalah website freelance terbaik bagi Anda yang ingin mencari klien dari Indonesia. Website ini sangat populer dan terpercaya, serta banyak digunakan individu atau perusahaan ketika ingin mencari pekerja lepas. Jenis pekerjaan yang tersedia di Fastwork juga beragam, sehingga Anda bisa mencocokkannya dengan jasa yang ingin Anda tawarkan. 

Sistem di Fastwork agak mirip dengan Fiverr, di mana freelancer akan membuka toko virtual dan klien yang ingin menggunakan jasanya akan mendatangi profil si pekerja lepas tersebut. Setelah Anda mendaftar di Fastwork, biasanya mereka akna melkukan proses verifikasi dan menilai profil Anda terlebih dahulu. 

  1. Sribulancer

Sribulancer merupakan salah satu website freelance terbaik di Indonesia dengan pegguna mencapai hampir 15 ribu. Website ini banyak digunakan oleh klien dalam negeri ketika ingin mencari jasa pekerja lepas. Kategori pekerjaan yang tersedia di sini juga sangat banyak. Mulai dari pemrograman, video, fotografi, translator, data entry, dan lain-lain. 

Sribulancer cocok untuk freelancer pemula, karena siapapun bisa mendaftar secara gratis di website ini. Website ini juga terkenal aman baik untuk freelancer maupun klien. Untuk pembayaran jasa Anda juga sangat mudah karena dapat ditransfer langsung melalui bank lokal. 

  1. CrowdSource

CrowdSource cocok bagi Anda yang merupakan pekerja lepas di bidang konten dan tulis menulis. Website ini ini banyak digunakan oleh klien dari perusahaan-perusahaan media dan penerbitan. Karena itu, Anda yang ingin menawarkan jasa di bidang tersebut wajib mengunjungi website freelancer terbaik yang satu ini. 

Klien biasanya datang ke CrowdSource jika mereka memiliki sebuah proyek besar yang pengerjaannya butuh beberapa orang. Pekerjaan-pekerjaan ini nantinya akan dibagi menjadi kecil agar klien lebih mudah memantau progressnya. 

  1. Projects.co.id

Projects.co.id adalah website freelance Indonesia yang paling populer. Selain karena banyaknya jenis pekerjaan yang ada di sini, juga karena Projects.co.id bisa menjadi wadah bagi Anda yang ingin menjual berbagai produk diigtal. 

Bagi yang ingin menawarkan jasa, Anda bisa memilih berbagai kategori seperti programming, media sosial, voice over, menulis, media sosial, dan lain-lain. Jika ingin berjualan produk digital, Anda bisa menjual ebook, template website, dan lain-lain. 

  1. Guru

Guru adalah website freelance terbaik bagi Anda yang ingin mencari klien dari seluruh dunia. Website ini sudah memiliki jutaan pengguna dan terkenal sebagai website pekerja lepas terpercaya. 

Ketika mendaftar di Guru, Anda harus melalui tahap verifikasi untuk memastikan kemampuan Anda. Sehingga, klien yang nantinya menggunakan jasa Anda bisa merasa puas dan mungkin menggunakan jasa lagi untuk proyek selanjutnya. Sistem pembayaran di Guru beragam. Anda bisa memilih kalkulasi upah per jam, per proyek, hingga per bulan seperti gaji. 

  1. 99Design

Bagi Anda yang bergelut di dunia desain grafis dan ilustrasi, 99Design adalah website freelance terbaik untuk Anda. Sistem yang ditawarkan website ini juga sangat unik. Anda harus mengikuti kontes-kontes yang mereka adakan untuk menunjukkan karya Anda. Nantinya, klien akan melihat hasil desain Anda dari kontes tersebut dan memilih freelancer yang cocok dengan kriteria yang mereka cari. 

Website ini juga memiliki banyak resource untuk belajar desain dan menambah pengetahuan Anda di bidang yang satu ini. Ada banyak artikel seputar desain yang bisa Anda baca. Selain itu, 99Design memiliki fitur afiliasi yang menarik bagi Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan. 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang website freelancer yang bisa Anda gunakan. 10 website yang sudah kami rekomendasikan ini dapat Anda gunakan secara gratis untuk mulai mencari klien baik di dalam maupun di luar negeri sesuai skill yang Anda tawarkan. Dalam menjadi freelancer, tentunya Anda juga butuh portofolio yang ciamik untuk meyakinkan calon klien.

Karena itu, Anda harus memiliki website yang memiliki performa baik untuk menampung hasil karya Anda dan membangun portofolio. Tidak perlu pusing mencari, karena IDCloudHost punya layanan WordPress Hosting yang memudahkan Anda membangun website portofolio yang menarik. Hanya dalam 5 menit saja, website sudah bisa online dan diakses dengan cepat! 

Related Post :