10 Website Merangkum Bacaan Terbaik dan Gratis

Tips & Tricks / 0 | | 2

Jika Anda adalah seorang pelajar atau mahasiswa, maka membaca adalah kegiatan yang seringkali Anda lakukan dalam proses pembelajaan. Sekarang, Anda bisa menggunakan website merangkum bacaan berikut ini untuk mencatat poin-poin penting dari bacaan Anda. 

Saat ini, kegiatan membaca tidak hanya bisa dilakukan melalui buku. Anda juga bisa melakukannya melalui berbagai materi yang ada di dunia maya, mulai dari jurnal hingga artikel media online yang relevan dengan topik Anda. Namun, terkadang bacaan ini terlalu panjang dan padat sehingga memakan banyak waktu untuk menyelesaikannya satu per satu.

Sementara itu, waktu yang Anda miliki sangat terbatas, padahal ada banyak hal yang harus Anda pelajari. Hasilnya, sedikit orang yang tertarik untuk belajar dengan cara membaca berbagai informasi tersebut. Untuk mempersingkat bacaan, Anda bisa merangkumnya. Website-website ini akan membantu Anda mendapatkan poin-poin penting dari bacaan Anda. 

10 Rekomendasi Website Merangkum Bacaan Terbaik dan Gratis

Membaca memang memiliki banyak manfaat, diantaranya untuk menambah wawasan, memperoleh informasi, serta meningkatkan pemahaman tentang apa yang kita pelajari. Namun, akan lebih mudah jika Anda bisa merangkum bacaan dan menghabiskannya dalam waktu singkat. Berikut adalah website merangkum bacaan yang bisa Anda gunakan!

  1. Resoomer

Resoomer adalah website merangkum bacaan terbaik yang banyak digunakan oleh editor, jurnalis, dosen, dan pelajar dari seluruh dunia. Website ini sudah memiliki ribuan pengguna dan sangat populer karena fitur-fiturnya yang lengkap. 

Anda bisa menggunakan Resoomer untuk meringkas dan menganalisis berbagai bacaan seperti artikel, teks ilmiah, hingga cerpen. Website ini cocok untuk Anda yang ingin menghemat waktu tanpa membaca keseluruhan teks. Resoomer dapat menjadi website yang bisa membantu Anda dengan efektif. 

  1. Editpad

Editpad adalah website merangkum bacaan yang cukup populer di kalangan pelajar dan mahasiswa. Website ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa batasan kata dan memiliki tampilan yang ringan. Anda bisa langsung menyalin teks yang ingin Anda ringkas di form yang sudah disediakan, atau mengupload dokumen yang berisi bacaan Anda. 

Keunggulan website ini adalah Editpad menyediakan bahasa Indonesia untuk konten yang diringkas. Selain itu, Editpad juga menyediakan berbagai fitur lain untuk menunjang kegiatan membaca atau menulis. Seperti tools untuk parafrase atau mengecek plagiarisme.

  1. SMMRY

SMMRY cocok untuk Anda yang ingin merangkum dan meringkas teks ilmiah. Ketika membuka website ini, Anda dapat memilih teks tersebut ingin diringkas sependek apa. Anda bisa memilih mulai dari 3 kalimat, 5 kalimat, 7 kalimat, dan seterusnya. 

Anda hanya tinggal menyalin teks yang ingin Anda rangkum atau menguploadnya dalam format PDF dan TXT. Setelah itu, klik tombol SUMMARIZE, dan tulisan Anda langsung diringkas secara otomatis. SMMRY sangat populer di kalangan mahasiswa karena peringkasan teksnya lengkap dan terbaik. 

  1. Paraphraser

Website merangkum bacaan selanjutnya adalah Paraphraser. Website ini dapat meringkas bacaan Anda untuk berbagai kebutuhan, mulai dari teks ilmiah hingga cerpen. Untuk menggunakan website ini, Anda tinggal mencentang chapta dan menyalin teks yang ingin Anda ringkas. 

Sebenarnya, Paraphraser adalah website untuk membantu pengguna memparafrase bacaan. Namun, website ini juga memiliki fitur lain yang sangat handal, seperti untuk merangkum bacaan, dan mengecek grammar. Anda bisa menggunakan website ini secara gratis, tapi untuk menikmati fiturnya secara menyeluruh Anda harus membayar versi premium. 

  1. Smodin

Website merangkum bacaan selanjutnya adalah Smodin. Sebagai salah satu website yang terbaik untuk fungsi ini, Smodin memberikan hasil ringkasan yang sangat lengkap dan rapi, seolah-olah memang diringkas oleh manusia. Hasil ringkasannya mudah dimengerti dan tidak membingungkan. 

Keunggulan lain website ini adalah pilihan bahasa untuk konten-kontennya. Smodin memiliki database yang lengkap untuk berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Website ini dapat Anda gunakan secara gratis dan cukup ringan diakses lewat browser. 

  1. Summarizer

Summarizer adalah website merangkum bacaan yang bisa Anda gunakan secara gratis dan bebas iklan. Untuk menggunakan website ini, Anda tinggal menyalin teks yang ingin Anda ringkas dan memverifikasi CAPTHA. Setelah itu, klik tombol Summarize Now dan AI yang ada di website ini akan meringkasnya dengan otomatis. 

Anda bisa menggunakan Summarizer untuk meringkas artikel atau postingan blog. Selain menyalin secara langsung, Anda juga mengupload file dokumen Anda ke website ini. Anda juga bisa mengatur sepanjang apa ringkasan yang akan dihasilkan oleh Summarizer. 

  1. Ringkasin

Ringkasin adalah website merangkum bacaan yang paling ringan dan sederhana dari semua rekomendasi yang di daftar ini. Website ini bisa Anda gunakan untuk merangkum teks ilmiah dan berbagai bacaan yang mendukung proses pembelajaran Anda di sekolah maupun universitas. 

Walaupun ringan dan cepat diakses, Ringkasin memiliki fitur yang cukup lengkap dan mudah dipahami oleh pengguna. Karena itulah, website ini sangat populer di kalangan pelajar dan mahasiswa. Selain itu, website ini berasal dari Indonesia, sehingga mendukung bahasa Indonesia dalam penggunaannya dan bisa menghasilkan hasil ringkasan yang baik dan komprehensif. 

  1. TLDR This

TLDR This adalah website merangkum bacaan yang sudah ada sejak lama. Website ini memiliki ribuan pengguna yang berasal dari kampus-kampus ternama di seluruh dunia. Kepopuleran website ini tak lain adalah karena hasil ringkasannya yang bagus dan komprehensif. 

Anda tak perlu ragu karena TLDR This memang mengedepankan hasil ringkasan yang sesuai untuk standar dunia pendidikan. Website ini juga memiliki AI yang cerdas untuk membantu Anda meringkas bacaan dengan lebih baik. Anda dapat menggunakan website ini secara gratis dengan mengunjunginya via browser. 

  1. I Lazy to Read

Sesuai namanya, I Lazy to Read adalah website merangkum bacaan yang cocok untuk pelajar yang malas membaca keseluruhan materi dan ingin meringkasnya. Meringkas bacaan memang menghemat lebih banyak waktu dibandingkan membaca keseluruhan materi secara manual. Tak hanya itu, Anda juga jadi lebih mudah mengingat poin-poin penting dari materi tersebut. 

I Lazy to Read memiliki tampilan sederhana dan dapat diakses dengan cepat. Anda tinggal menyalin link dari artikel atau bacaan yang ingin Anda rangkum. Setelah itu, nantinya website ini akan membantu Anda meringkas hingga tampil poin-poin pentingnya saja. 

  1. Synopsis

Synopsis adalah website merangkum bacaan yang banyak digunakan oleh pelajar dan mahasiswa dari kampus-kampus ternama di luar negeri. Website ini cocok untuk Anda yang ingin meringkas bacaan dalam bahasa Inggris. 

Biasanya, Synopsis banyak digunakan untuk meringkas artikel ilmiah atau jurnal penelitian yang bisa diakses secara online. Anda tinggal memasukkan link atau teks yang ingin Anda ringkas, lalu website ini akan merangkumnya secara otomatis untuk Anda. 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang website merangkum bacaan yang dapat Anda gunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan Anda. Anda bisa menggunakan website-website ini untuk merangkum artikel blog, jurnal ilmiah, cerpen, dan lain-lain agar lebih mudah ketika hendak membaca dan memahaminya. Website mana yang menjadi pilihan Anda? 

 

Related Post :