5 Jenis Content Marketing yang Efektif Untuk Pemasaran

Business, Content Marketing / 0 | | 0

Di zaman modern ini, tidak ada pertumbuhan bisnis maupun brand yang bisa sukses tanpa adanya penerapan pemasaran digital, salah satunya adalah pemasaran konten atau content marketing. Sekarang content marketing sangat mendorong strategi digital dalam membantu semakin banyak merek menciptakan proposisi nilai yang lebih kuat di pasar mereka.

Konten digunakan untuk memandu pembeli sepanjang perjalanan pembeli. Ini semua tentang bagaimana menyajikan pelanggan ideal Anda dengan jenis konten yang tepat pada waktu yang tepat. Bahkan jika menyangkut ROI (Return on investment(, pemasaran konten sulit dikalahkan dan menjadi saluran pertama. Pemasaran konten menghasilkan prospek tiga kali lebih banyak daripada strategi pemasaran tradisional dan biaya pelaksanaannya 62% lebih sedikit. Tidak heran pemasar B2C dan B2B terus memprioritaskan pembuatan konten yang unik.

Saluran pemasaran ini sangat menggiurkan karena ada banyak yang bisa ANda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Mengingat telah banyak bisnis dan brand menerapkan jenis pemasaran ini, tetapi jenis materi pemasaran konten apa yang harus Anda coba yang sesuai dengan kebutuhan pemasaran Anda? Berikut panduan singkat mengenai content marketing dan 5 jenisnya yang paling umum digunakan dalam pemasaran modern seperti sekarang ini.

 

Memahami Apa Itu Content Marketing

Content marketing adalah cabang pemasaran modern yang melibatkan pembuatan dan berbagi materi atau konten online untuk audiens yang ditargetkan. Berbagai materi pemasaran dapat mencakup video, podcast, foto, blog, dan banyak lagi. Alih-alih mempromosikan perusahaan tertentu, pemasaran konten berupaya menyediakan konten yang berharga untuk konsumsi audiens.

Sederhana, pemasaran konten bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan untuk mendapatkan kepercayaan dan bisnis mereka. Bentuk pemasaran ini digunakan untuk berbagai alasan termasuk peningkatan kesadaran merek, penjualan online, komunitas, dan perhatian keseluruhan terhadap merek tertentu. Tujuan dari pemasaran konten adalah untuk mengubah pembaca atau pemirsa menjadi pelanggan setia. Melakukan hal ini akan mendorong keuntungan perusahaan di penghujung hari.

 

Baca Juga  :    Memahami Hubungan Content Marketing Dalam Bisnis Online

 

Manfaat Menerapkan Content Marketing Bagi Bisnis

5 Jenis Content Marketing yang Efektif Untuk Pemasaran
 

Sebuah content marketing yang dilakukan dengan baik dan seksama maka konten menciptakan ekuitas brand. Artinya, brand Anda menjadi lebih dan lebih berharga dari waktu ke waktu saat Anda terus membuat konten yang berharga. Semakin Anda membantu audiens Anda, semakin brand Anda akan mendapatkan reputasi sebagai pemimpin di bidang Anda. Dari ini juga bisa menghasilkan lebih banyak momentum hingga Anda bisa mendominasi bidang dan industri Anda.

Cara inti konten memberikan nilai bagi Anda sebagai bisnis adalah melalui lalu lintas organik. Di sinilah orang menemukan Anda di beberapa jenis platform pencarian, seperti Google, YouTube, atau direktori podcast dan mengunjungi konten Anda. Pelanggan mencari Anda dengan berbagai alasan maka dengan content marketing mereka bisa menemukan Anda. Jika diambil dari SEMRush, tujuan utama dan manfaat untuk strategi pemasaran konten meliputi:

  • Menghasilkan lebih banyak prospek berkualitas
  • Meningkatkan lalu lintas situs web
  • Meningkatkan reputasi brand
  • Meningkatkan loyalitas dan keterlibatan pelanggan

 

Baca Juga  :    Memahami Manfaat Menggunakan Kampanye Email Marketing Bagi Bisnis

 

5 Jenis Content Marketing yang Efektif

Pemasaran konten adalah alat yang hebat untuk digunakan ketika Anda ingin menjangkau lebih banyak audiens atau membuat perusahaan Anda lebih menguntungkan. Memahami apa itu pemasaran konten akan memungkinkan Anda menerapkan strategi efektif yang terbukti berhasil bagi perusahaan Anda dengan lebih baik. Adapun ragam jenis pemasaran konten cukup beragama sehingga Anda bisa memilih atau melaksanakan semuanya jika itu dapat membantu brand Anda.

Adapun 5 jenis content marketing yang dianggap cukup efektif dan efisien untuk membantu pemasaran bisnis Anda adalah :

  1. Blog

    Blog adalah jenis konten masuk yang kuat dan memungkinkan banyak kreativitas dalam hal tujuan dan topiknya. Dengan blog, Anda dapat melakukan hal-hal seperti mempromosikan konten internal dan eksternal lainnya dan artikel blog melalui tautan, menambahkan tombol berbagi sosial, dan memasukkan informasi produk. Jika Anda tidak memiliki anggota tim pemasaran yang akrab dengan pengoptimalan mesin pencari (SEO), ini adalah salah satu area di mana Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan seorang profesional untuk membuat blog Anda tetap relevan.

  2. Media sosial

    Dari sekian banyak bentuk pemasaran konten, media sosial adalah salah satu yang sering diperlakukan berbeda karena mengikuti serangkaian aturan yang sedikit berbeda. Tidak seperti konten pemasaran digital lainnya, pemasaran media sosial adalah tentang membuat orang melihat dan merespon secara langsung. Mungkin perlu upaya untuk menemukan jenis konten dan media yang benar-benar sesuai dengan pengikut media sosial Anda, tetapi jika Anda sudah memproduksi jenis konten lain untuk pemasaran Anda, kabar baiknya adalah Anda dapat dengan mudah menggunakannya kembali untuk media sosial.
    Dengan menonton analitik media sosial Anda, Anda akan dapat mengetahui dengan cepat apakah audiens Anda adalah tipe yang lebih menyukai video atau blog, postingan serius dari CEO Anda, atau postingan lucu dari staf penulis Anda. Selain itu Anda akan dapat mengukur berapa banyak lalu lintas yang dihasilkan media sosial ke situs Anda.

  3. Infografis

    Infografis adalah salah satu cara kreatif dalam menampilkan konten, informasi, dan data dalam format grafik yang mudah dipahami. Dengan perpaduan kata-kata sederhana, pernyataan singkat, dan gambar yang jelas, infografis adalah cara yang bagus untuk mengomunikasikan konten Anda secara efektif. Jenis ini juga bekerja dengan baik jika Anda mencoba menyaring topik yang kompleks sehingga semua anggota audiens dapat memahaminya dengan lebih cepat dan ringkas.

  4. Video

    Video adalah bentuk pemasaran konten lain yang sangat populer karena pemirsa menghargai visual. Teknik pemasaran yang satu ini adalah cara cepat dan efisien untuk berbagi tentang produk, layanan, atau merek Anda. Pemirsa dari semua ukuran menghargai singkatnya waktu dan video memungkinkan hal itu. Jika Anda yakin cerita produk atau layanan Anda paling baik diceritakan melalui format video dan audiens Anda akan merespons pendekatan itu dengan baik, buatlah video. Sesuaikan tidak hanya konten Anda dengan audiens Anda, tetapi juga sesuaikan pilihan platform Anda dengan audiens Anda.

  5. Influencer

    Sosial media tidak lepas dari influencer, maka dengan begitu manfaatkan poin ini dengan menggunakan jasa dan bantuan influencer yang sesuai industri Anda untuk strategi pemasaran konten Anda. Influencer adalah orang-orang dengan pengaruh atau jangkauan yang kuat di platform media sosial ini. Mereka memberi Anda jalan lain untuk mempromosikan perusahaan dan konten Anda sambil menjangkau audiens yang mungkin belum pernah Anda jangkau sebelumnya. Pastikan untuk memilih influencer yang akan menarik jenis audiens yang ingin Anda jangkau.

 

Baca Juga  :     Tips dan Trik Social Media Marketing Tahun 2021

 

Tujuan Pembuatan Content Marketing

5 Jenis Content Marketing yang Efektif Untuk Pemasaran
 

Setiap bisnis pasti mempunyai tujuan dan panduan dalam menjalankan usaha termasuk dalam membuat pemasaran konten. Ketika Anda mengetahui tujuan Anda, Anda dapat menentukan indikator untuk mengikutinya. Beberapa tujuan paling umum untuk content marketing adalah :

  • Menyebarkan brand awareness
  • Membantu meningkatkan lalu lintas
  • Mengurangi Biaya Akuisisi Pelanggan
  • Menghasilkan lebih banyak prospek
  • Meningkatkan penjualan
  • Mendidik pasar
  • Meningkatkan nilai seumur hidup klien
  • Menciptakan nilai
  • Melibatkan pelanggan

 

Baca Juga  :    Video Marketing : Cara Kerja dan Manfaat Penerapannya Bagi Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Pemasaran konten adalah strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens dengan membuat dan membagikan artikel, video, podcast, dan media lain yang relevan. Pendekatan ini bertujuan untuk membangun keahlian, mempromosikan kesadaran brand, dan menjaga bisnis Anda tetap di atas. Disini dijelaskan bahwa content marketing merupakan pengembangan dan distribusi konten yang relevan dan bermanfaat seperti blog, buletin, posting media sosial, email, video, dan sejenisnya kepada pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Jika dilakukan dengan benar, konten ini menyampaikan keahlian dan memperjelas bahwa perusahaan menghargai pelanggan mereka. Sedangkan penggunaan pemasaran konten yang konsisten membangun dan memelihara hubungan dengan calon pelanggan Anda dan pelanggan yang sudah ada. Ketika audiens Anda menganggap perusahaan Anda sebagai mitra yang tertarik pada kesuksesan mereka dan sumber nasihat dan bimbingan yang berharga, mereka cenderung memilih Anda ketika saatnya untuk membeli.

 

Related Post :