5 Rekomendasi Plugin Backup WordPress Terbaik

Web & Development / 0 | | 0

WordPress adalah CMS yang paling populer di dunia karena berbagai fitur tambahan yang tersedia di dalamnya. Fitur tambahan itu bisa Anda dapatkan dengan menginstall ribuan plugin yang tersedia di WordPress. Salah satu plugin yang cocok untuk Anda instal adalah plugin backup WordPress.

Plugin backup ini bermanfaat untuk mengantisipasi dan mengamankan data Anda jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti yang kita ketahui, saat ini ada banyak ancaman siber yang harus Anda waspadai. Misalnya, website bisa saja terkena hack, terjangkit virus, server crash, atau mengalami error saat sedang mengubah konfigurasi.

Dengan adanya cadangan data, Anda akan lebih mudah memulihkan website jika sewaktu-waktu mengalami hal tersebut. Data adalah komponen penting dalam website yang tak ternilai harganya, kehilangan data tentu akan sangat merugikan, terutama jika website Anda sudah berkembang pesat dan memiliki ribuan bahkan jutaan traffic setiap bulannya

Karena itulah, Anda harus menginstal plugin backup untuk mencadangkan data website Anda secara rutin. Di WordPress, tersedia banyak sekali plugin backup yang dapat Anda gunakan. Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan 7 plugin WordPress untuk Anda coba. 

Mengapa Harus Menginstal Plugin Backup WordPress?

Dalam mengelola website, terkadang Anda akan menemui hal-hal tak terduga yang mengancam keamanan website Anda. Misalnya, masalah server atau website diretas oleh orang tak bertanggungjawab. Namun, kebanyakan orang luput mengantisipasi hal ini karena berpikir layanan hosting yang digunakannya sudah memiliki backup yang baik.

Padahal, tak ada salahnya mengantisipasi sendiri dengan melakukan backup secara rutin. Bayangkan jika Anda memiliki website dengan traffic besar dan jumlah postingan yang banyak. Setiap hari, Anda mengupload konten ke dalam website tersebut. Lalu suatu hari website Anda tak bisa diakses karena ada masalah pada server. 

Jika sudah begini, pihak layanan hosting mungkin saja tidak bisa mengembalikan data Anda dengan segera karena kesalahan server tersebut terjadi di pihak mereka. Karena itulah, akan lebih baik jika Anda menyiapkan diri dengan backup untuk senantiasa mengamankan website Anda dari kejadian-kejadian tak terduga ini. 

5 Rekomendasi Plugin Backup WordPress Terbaik 

Karena WordPress menyediakan pilihan plugin yang sangat banyak, terkadang Anda justru jadi semakin bingung memilih yang mana. Berikut adalah rekomendasi plugin WordPress terbaik untuk backup yang bisa Anda coba. 

  1. Updraft Plus

plugin backup wordpress

UpdrafPlus merupakan plugin backup WordPress yang sudah digunakan lebih dari 3 juta orang di seluruh dunia. Kepopuleran plugin ini adalah karena dapat digunakan secara gratis dan memiliki fitur beragam.

UpdraftPlus dapat Anda gunakan untuk membackup website secara rutin karena plugin yang satu ini memiliki fitur backup otomatis di dalamnya. Anda bisa mengatur jadwal dan memilih file website mana saja yang ingin Anda backup menggunakan UpdraftPlus. 

Selain itu, UpdraftPlus mendukung banyak tempat penyimpanan file seperti Dropbox, Google Drive, dan lain-lain. Jika sudah membackupnya ke storage pilihan, apabila sewaktu-waktu data Anda hilang maka Anda dengan mudah dapat merestore data tersebut ke website. 

  1. VaultPress

Plugin backup WordPress kedua yang dapat Anda gunakan adalah VaultPress. Sebenarnya, plugin ini merupakan bagian dari Jetpack, yang merupakan salah satu plugin terpopuler di WordPress. Ketika Anda sudah menginstal Jetpack, Anda dapat langsung mengaktifkan fitur backup ini. 

Kelebihan VaultPress adalah banyak fitur dan penyesuaian yang dapat Anda lakukan dengan bebas. Selain itu, plugin ini juga terkenal sebagai plugin keamanan WordPress terbaik. Sayangnya, VaultPress tidak dapat Anda gunakan secara gratis. Plugin backup WordPress terbaik ini hanya bisa Anda gunakan dengan membayar layanan premium Jetpack.

  1. BoldGrid Backup

plugin backup wordpress

BoldGrid Backup adalah plugin backup yang paling ringan dan simpel. Plugin ini memiliki tampilan yang sederhana dan user-friendly, sehingga sangat mudah digunakan. BoldGrid Backup dikembangkan oleh salah satu website builder terkenal di WordPress, yakni BoldGrid.

Plugin ini memungkinkan Anda untuk membackup website secara rutin, merestorenya ketika website mengalami crash, dan membantu Anda melakukan migrasi jika sewaktu-waktu berganti layanan hosting. Anda bisa mengatur backup secara otomatis ataupun manual hany adengan sekali klik saja. 

  1. Duplicator

Duplicator sebenarnya lebih populer sebagai tools untuk migrasi file website. Namun, ternyata plugin yang satu ini juga dapat Anda gunakan untuk backup file website Anda. Caranya juga tidak jauh berbeda dengan melakukan migrasi.

Plugin backup WordPress yang satu ini akan menyimpan file-file yang ingin Anda backup dalam format ZIP, sehingga Anda dapat mengunduhnya untuk disimpan di storage lain. Kelebihan plugin ini adalah Anda bisa menggunakannya untuk membackup lebih dari satu website. 

  1. BackupBuddy

BackupBuddy adalah plugin backup WordPress yang saat ini sudah digunakan oleh hampir 2 juta pengguna. Plugin ini sudah rilis sejak 12 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2010 dan terus melakukan update secara rutin sejak itu.

Anda bisa membackup data-data website Anda dengan mudah karena tampilan BackupBuddy yang user-friendly. Bedanya dengan plugin lain adalah BackupBuddy akan melakukan backup secara menyeluruh, sementara di plugin lain biasanya Anda bisa memilih direktori atau file mana yang ingin Anda backup.  

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang rekomendasi plugin backup WordPress yang dapat menjadi referensi bagi Anda. Setiap plugin memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu, ada plugin yang dapat digunakan secara gratis, ada juga yang mengharuskan Anda berlangganan untuk menikmati layanannya. Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. 

 

Related Post :