8 Alasan Menggunakan PHP Framework Untuk Pengembangan Website

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

PHP frame framework sedikit banyak telah menarik perhatian dari berbagai macam komunitas pengembangan website. Bahkan dalam berbagai perusahaan penggunaan framework dalam pengembangan website sudah semakin banya dijumpai. Seperti halnya jika teman-teman melihat sebuah syarat dalam lowongan pekerjaan untuk developer web, tidak jarang pula kita melihat “pengalaman MVC Framework” dipajang sebagai salah satu prasyarat untuk melamar pekerjaan tersebut. Artikel kali ini akan membahas mengapa pengunaan framework dalam hal ini adalah framework PHP lebih dianjurkan dalam pengembangan website.

Baiklah teman, langsung saja ini dia 8 alasan menggunakan PHP framework untuk pengembangan website versi IDCloudHost:

  1. Menghindari Pekerjaan Berulang
    Membangun berbagai macam fitur dari sebuah website lumayan memakan waktu, terlebih jika kita membangunnya sendiri. Banyak fitur-fitur yang dinilai sering dipergunakan berulang kali seperti Session, abstraksi database, penanganan cookie, dan sebagainya. Tentu saja merepotkan jika harus membuat ulang kembali code-code tersebut untuk berbagai macam proyek website yang berbeda. Biasanya teman-teman akan memburu banyak code dan library dari pihak ketiga. Terkadang code-code yang bersifat umum seperti itu juga sudah tertanam dan dimiliki oleh sebuah framework. Sehingga akan lebih mudah untuk digunakan, daripada harus membangunnya dari awal ataupun mencari-cari baris code dari pihak ketiga layakanya jika kita mengembangkan aplikasi murni dari PHP.
  2. Keamanan
    Keamanan adalah sebuah hal yang penting dalam pengembangan suatu website ataupun sistem informasi berbasis web. Terlebih lagi jika website tersebut menyimpan berbagai macam data yang bersifat confidential. Keamanan sendiri merupakan hal yang terus berkembang. Banyak riset yang telah dilakukan baik untuk menemukan celah baru dari sistem keamnan maupun penutup celah tersebut. Mengikuti perkembangan keamanan aplikasi di PHP cukup melelahkan dan juga menyita banyak waktu. Apalagi bagi seorang single developer, sudah lelah dibuat dengan berbagai macam permintaan fitur dari client masih ditambah lagi lelahnya mengurus website yang di hack. Sebuah framework biasanya hadir dengan fondasi yang kuat dalam penanganan ancaman keamanannya, serangan-serangan yang bersifat secara umum sering kali sudah di antisipasi oleh framework-framework versi terbaru. Setidaknya kita tidak perlu secara manual menambahkan fungsi-fungsi penyaringan untuk melindungi situs dari serangan yang tertentu.
  3. Interoperability
    PHP merupakan bahasa pemrogramn open source. Dalam pengembangan aplikasi open source semacam ini perlulah dipastikan bahwa codebase yang teman-teman gunakan dipahami oleh banyak orang. Terlebih jika kedepannya urusan pemeliharaan website sebagai produk jadi yang telah anda kerjakan tidak dilakukan oleh anda melainkan dilakukan oleh orang lain. Dengan demikian, orang lain akan lebih mudah untuk berkontribusi terhadap proyek tersebut.
  4. Code Less
    Framework biasanya meringkas beberapa fungsi-fungsi yang bersifat umum seperti create, read, update, delete menjadi sebuah fungsi baru yang hemat code. Memang ada sedikit waktu diawal yang diperlukan untuk mempelajari fungsi-fungsi yang digunakan dalam sebuah framework, namun dalam pembelajaran tersebut ketika teman-teman dapat mencapai puncak kurva pembelajaran terhadap sebuah framework, baris code yang teman-teman gunakan akan jauh berkurang daripada menggunakan PHP murni. Selain itu pekerjaan teman-teman juga dapat lebih teratur karena konsitensi code yang disediakan oleh framework.
  5. Fast Development
    Terkait dengan poin keempat, semakin sedikit baris code yang mudah dipahami dan digunakan, tentu saja waktu pengembangan yang dibutuhkan akan cenderung berkurang. Terlebih lagi melihat poin ketiga, sebuah framework menjamin konsistensi dalam pengembangan aplikasi, fungsi-fungsi tertentu yang bersifat umum cenderung sudah baku bagi framework tersebut, hal ini juga akan mengurangi waktu untuk berkoordinasi dan bertanya hal yang terkadang kurang penting antar tim developer, karena kerangkanya relative mudah dipahami. Waktu yang teman-teman miliki sangatlah berharga. Dengan menggunakan framework untuk membantu pengembangan website, teman-teman tidak perlu lagi membuang waktu secara sia-sia untuk mengurusi hal-hal dasar di PHP.  Teman-teman bisa memikirkan proses bisnis dari aplikasi yang dikembangkan daripada terlalu fokus terhadap hal yang bersifat teknis.
  6. Hemat Biaya
    Masih tidak percaya bahwa penggunaan framework dapat menekan pengeluaran biaya daripada menggunakan native PHP atau membuat framework sendiri? Baiklah disini akan saya sebutkan beberapa alasan yang akan memperkuat poin keenam ini:

    • Biaya dokumentasi penggunaan
    • Biaya maintenance security
    • Biaya maintenance performa
    • Biaya dokumentasi API
    • Biaya maintenance bug
    • Dan masih banyak lagi biaya-biaya lainnya yang bisa muncul jika menggunakan native PHP.
  7. Dukungan Komunitas
    Dapat berbagi pengetahuan dan juga berdiskusi dengan pengembang lain baik dari dalam maupun luar negeri tentu saja merupakan suatu hal sangat bermanfaat. Beberapa framework PHP yang sudah terkenal biasanya sudah memiliki basis komunitasnya tersendiri. Disinilah tempat kita dapat belajar dengan mudah, dan menyelesaikan sebuah permasalahan bersama daripada harus bingung terhadap source code yang kita kembangkan sendiri jika menggunakan native PHP yang orang lain juga belum tentu paham dan mengerti maksud dari masalah yang kita hadapi.
  8. Work Opportunity
    Tidak sedikit perusahaan yang sudah banyak menggunakan framework untuk mengembangkan website yang dimilikinya. Hal ini terlihat jelas dari berbagai macam keuntungan seperti pemeliharaan yang mudah, hemat biaya, dsb. Tidak ada ruginya mempelajari beberapa framework pengembangan website yang berbeda. Selain waktu belajar yang dibutuhkan tidak terlalu lama karena dokumentasi dari sebuah framework biasanya sudah lengkap tentu saja hal tersebut juga membuka peluang kerja tersendiri bagi teman-teman dan juga dapat meningkatkan kualifikasi anda sebagai web developer.

Baca juga: 4 Pilihan Framework PHP Untuk Web Developer Versi IDCloudHost

Itu tadi 8 manfaat menggunakan framework PHP untuk pengembangan website. Namun disamping berbagai macam manfaat itu tentu saja bukan berarti penggunaan framework itu tanpa kekurangan. Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di IDCloudHost – Penyedia layanan SSD Cloud Hosting murah di Indonesia.

Related Post :