8 Tips Jitu Mendapatkan Supplier Unggulan untuk Bisnis Anda

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Apapun jenis bisnis Anda, memang perkara supplier tidak bisa dikesampingkan sering sekali produksi bisa terhambat karena bahan baku yang diperlukan tidak terpenuhi. Oleh karena itu, banyak sekali pelaku bisnis yang menjalin kerjasama dengan para supplier handal untuk memastikan bahan baku produksi terpenuhi dengan harga terbaik. Ini tak lain karena keberadaan seorang supplier sangat penting bagi kelangsungan usaha Anda, sehingga tips memilih supplier terbaik adalah suatu kewajiban untuk diketahui.

Baca Juga : Peluang Usaha Bisnis Online dengan Modal kecil

Tips Memilih Supplier Terbaik

Peran supplier menjadi sangat penting ketika bisnis Anda di bidang dropship, dimana Anda menjual kembali barang orang lain. Disini Anda harus memastikan pasokan barang selalu ada untuk di jual kembali. Tak hanya dropshipper, bisnis rokok, tekstil dll pun butuh jaringan supplier yang baik agar produksi terus berjalan. Oleh karena itu, ada beberapa key factor yang harus diperhatikan dalam mencari supplier dan menentukan mana yang bisa di ajak bekerja sama seperti:

1. Terdapat website

Pada umumnya website menandakan bahwa bisnis tersebut sudahlah mapan dan siap untuk diajak bekerja sama. Website merupakan toko online mereka, portofolio supplier tersebut. Dengan adanya website, supplier tersebut bisa men-display semua barang yang ada sehingga Anda sendiri mudah untuk riset.

Di website tersebut pasti supplier juga mencantumkan stock barang, penawaran harga dan segala informasi terkait bahan baku. Oleh karena itu, website menandakan sebuah keseriusan supplier untuk menjalin kerja sama. Jadi cari websitenya terlebih dahulu, jika ada, Anda bisa menghubungi mereka.

2. Kualitas menjadi prioritas

Setelah Anda mendapatkan banyak informasi berbagai supplier dari online maupun offline, tips memilih supplier terbaik selanjutnya Anda haruslah bisa memilah-milah. Kualitas menjadi ukuran dasar dalam memilih supplier Anda, entah itu untuk bahan baku produksi atau pun untuk nantinya dijual lagi, karena pelanggan berhak produk terbaik dari Anda. Bahan baku yang buruk pun akan berdampak terhadap hasil produksi yang Anda jual, dan akan berdampak ke konsumen juga.

Yang pasti janganlah mudah tergiur dengan penawaran harga yang murah saja, tapi pastikan bahwa bahannya juga bagus. Usaha Anda diharapkan akan berlanjut terus dengan banyaknya order, dan pelanggan akan melakukan order-order selanjutnya jika mereka puas dengan produk yang Anda jual. Jadi sebenarnya pemilihan kualitas lah yang menjadi kunci berjalannya bisnis Anda.

3. Track Record Supplier

Ketika Anda sudah menemukan yang cocok di hati, janganlah buru-buru dalam mengambil keputusan. Sebelum Anda menjalin kerjasama, pastikanlah track record nya baik dan tidak pernah ada keterlambatan atau penaikan harga secara tiba-tiba. Hal ini sangat penting, karena Anda pasti tidak mau tiba-tiba produksi mandek hanya karena keterlambatan pasokan bahan baku.

Untuk mengetahui ini, Anda bisa melakukan riset di berbagai komunitas yang menjalin bisnis sejenis dengan Anda. Atau bisa berkunjung ke market place dan forum-forum jual beli. Dengan ini Anda tidak akan tertipu oleh penampilan dan kesan pertama supplier. Anda bisa Tanya orang-orang yang pernah bertransaksi dengan supplier tersebut.

4. Kapasitas Supplier

Tips memilih supplier terbaik adalah mengenai kapasitas. Terkadang ada supplier yang mengaku bisa memenuhi semua bahan baku secara tuntas seperti yang Anda minta. Namun kenyataannya, banyak supplier yang mengaku sebagai contoh mampu memasok cacing tanah 2 ton per 2 bulan namun suatu saat hanya bisa 1 ton saja. Ini karena peternaknya sendiri kewalahan memenuhi pesanan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengunjungi tempat supplier tersebut dan memperkirakan kemampuan supplier tersebut memenuhi semua pesanan Anda.

5. Meminta Sample Produk

Tips memilih supplier terbaik satu ini tak boleh kelewatan, terutama bagi Anda yang tidak mau tertipu dengan bahan tiruan atau tidak sesuai gambar. Jika Anda masih tidak yakin dengan kualitas bahan baku yang di sediakan supplier, akan lebih baik jika meminta contoh produk tersebut dan pelajari sendiri kualitasnya. Sehingga Anda bisa yakin 100% dalam mengambil keputusan. Jikalau bahan baku yang Anda pegang bagus. Anda juga harus tetap melakukan quality control setiap bahan baku datang, jangan lengah!.

6. Mempelajari kebijakan supplier dalam pengembalian produk

Ketika Anda menjalankan kerjasama dengan sebuah supplier yang terpercaya sekalipun, pasti akan ada satu kejadian barang yang Anda dapat tidak sesuai pesanan entah itu rusak selama perjalanan, atau memang ada penurunan kualitas produk di situ. Dan kejadian ini memaksa Anda untuk melakukan pengembalian produk kepada si pihak supplier. Oleh karena itu, Anda wajib mempelajari syarat-syarat pengembalian produk jika barang yang di dapat tak sesuai.

Hal ini bisa mencegah Anda mengalami banyak kerugian akibat bahan baku yang tidak bisa di gunakan karena rusak, atau barang tak bisa dijual kembali karena tak layak.

7. Carilah yang fast respon

Kecepatan dalam menanggapi dan melayani pelanggan merupakan tips memilih supplier terbaik yang sangat penting dan tak bisa dianggap remeh. Ini bisa menjadi tolak ukur seberapa serius seorang pelanggan bagi perusahaan tersebut. Oleh karena itu, pilihlah supplier yang fast respon. Hal ini untuk berjaga jaga jika Anda memiliki keluhan dengan produk yang Anda dapat, Anda bisa langsung dilayani dengan cepat dan baik. Karena kecepatan Customer Service supplier, juga berdampak terhadap kecepatan produksi Anda.

8. Perhatikan Konsistensi

Akan percuma jika Anda mendapat barang bagus hari ini, namun di bulan-bulan berikutnya barang akan terlambat dikirim, rusak dalam perjalanan, atau tidak dikirim sama sekali. Oleh karena itu, tips memilih supplier terbaik terakhir adalah memastikan konsistensi supplier dengan mempertimbangkan jarak tempuh, sarana pra-sarana supplier.

Layanan Reseller Hosting Murah Indonesia

Memilih supplier yang berkualitas memang sulit, dan membutuhkan ketelitian yang tinggi. Namun dengan sedikit riset tips memilih supplier terbaik di atas Anda bisa mendapatkan supplier yang terbaik bagi bisnis Anda.

Related Post :

popup image