Peluang Usaha Bisnis Online dengan Modal kecil

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Menjual produk adalah cara termudah untuk mendapatkan penghasilan, langkah tersulit adalah menentukan produk untuk dijual, setelah produk ditentukan  maka selanjutnya tidak ada masalah lagi. Kalau anda sudah tau apa yang akan dijual dan ingin langsung berjualan, ikuti langkah berikut:

  1. Tentukan produk yang akan dijual.
  2. Temukan supplier utama dari produk tersebut.
  3. Ajak orang yang sudah berjualan tapi belum online sebagai partner.
  4. Berjualan tanpa resiko dengan menjadi dropshipper.
    Memang ada keuntungan menjadi dropshipper:

    • Tidak butuh banyak modal untuk memulai.
    • Tidak butuh stok (stok berarti juga biaya).
    • Bisa dilakukan dari mana saja.

    Ada juga kelemahannya:

    • Margin keuntungan lebih kecil.
    • Tidak bisa memonitor stok di pihak ketiga.
    • Kualitas tidak terkontrol.

Melihat untung dan ruginya, menjadi dropshipper tetap merupakan cara yang sangat mudah dan murah untuk mulai berbisnis online. meskipun anda mengorder produk di pihak ketiga tapi dengan menjadi dropshipper tanggung jawab kustomer ada di tangan anda. Caranya, beli dulu beberapa produknya sebelum mulai menjual, supaya anda sendiri tahu kualitasnya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?

Ketika seseorang mengorder produk dari anda, anda mengajukan orderan tersebut ke pihak ketiga (suplier). Merekalah yang langsung mengirimkan barangnya kepada pembeli. suplier ini biasanya mengirimkan atas nama mereka, tapi kadang ada juga yang mau mengirimkan atas nama bisnis anda.

Menjadi Publisher Iklan Untuk Mendapatkan Penghasilan Semi-Pasif

Inilah peluang usaha yang paling populer di antara mereka yang senang menulis dan berbagi pengetahuan.

Cara kerjanya seperti ini:

Kita membuat website > menampilkan kode iklan > iklan muncul secara otomatis > pengunjung melakukan klik di iklan > kita mendapatkan komisi.

Kita mempromosikan/merekomendasikan produk milik orang lain, kemudian ketika ada yang membeli atas rekomendasi tersebut maka kita akan mendapatkan komisi. Bedanya dengan dropshipping, kita hanya mempromosikan tidak menjual. Pembeli akan langsung berhubungan dengan si penjual, bukan anda. Sama dengan menjadi publisher iklan, anda juga membutuhkan website sebagai media untuk mempromosikan.

Cuma tinggal copy-paste iklan, lalu iklannya akan muncul secara otomatis. Setiap kali ada yang klik, maka kita mendapatkan penghasilan.Makanya model bisnis ini menjadi sangat populer.Yang perlu anda lakukan hanya:

  1. Membuat konten yang berkualitas.
  2. Memancing orang lain agar mengunjungi website anda dan membaca kontennya.

Untuk bisa sukses menjadi publisher iklan, anda harus punya konten yang berkualitas. Google tidak akan menerima website dengan kualitas rendah.Setelah ditentukan, anda bisa langsung berjualan dipasar online dalam hitungan menit dan tanpa biaya. Akan tetapi, anda berjualan diwebsite orang lain, jadi ada banyak keterbatasan. Selain itu, anda jadi tidak bisa membangun brand sendiri karena bergantung dengan website marketplace tersebut. Solusinya, ketika baru mulai berbisnis, manfaatkan marketplace untuk mendapatkan pembeli dan penghasilan. Setelah beberapa saat, buat website sendiri dan ajak calon pembeli di marketplace untuk berkunjung ke website anda sendiri. Menjual di website sendiri jauh lebih baik apabila anda sudah punya reputasi dan produk yang berkualitas karena menjual di pasar/marketplace berarti produk anda dicampur dengan produk lain yang kualitasnya rendah.

Tidak semua orang sempat membaca-baca dan menggali informasi dari sekian banyak website di internet.Karena itulah produk informasi menjadi populer. Untuk membuat produknya:

  1. Temukan bidang keahlian anda. Anda tidak akan bisa membuat produk yang berkualitas tanpa memiliki pengetahuan yang memadai.
  2. Temukan apa permasalahan terbesar orang-orang dalam bidang tersebut.
  3. Buat solusinya dalam bentuk ebook, video, atau audio.

Membuat dan menjual produk informasi tidak sulit dan merupakan salah satu model bisnis terbaik. Kalau anda memang ahli pada suatu topik, tidak sulit untuk membuat produknya. Tantangan terbesar justru adalah menjual produk anda.

Related Post :