Mengenal Apa Itu Localhost : Cara Menggunakan Localhost dan Fungsinya

Mengenal Apa Itu Localhost : Cara Menggunakan Localhost dan Fungsinya

Apabila anda yang mempunyai niat untuk membangun website, barangkali Anda pernah mendengar istilah  localhost yang merupakan salah satu dari banyaknya istilah yang tidak biasa Anda dengar. Siapa pun yang memiliki latar belakang atau minat dalam jaringan akan merasa penting untuk mempelajari dan memahami terminologi komputer yang berafiliasi dengan bidang tersebut.

Host lokal  yang juga disebut sebagai ‘alamat loopback/loopback address’  digunakan untuk membuat koneksi IP atau panggilan, ke komputer atau mesin Anda sendiri. Alamat loopback biasanya digunakan dalam konteks jaringan dan menyediakan komputer kemampuan untuk memvalidasi tumpukan IP yang ada. Localhost adalah salah satu istilah yang dianggap bermanfaat bagi teknisi komputer mana pun.

Memahami pentingnya dan penggunaan localhost juga merupakan tempat yang bagus untuk memulai perjalanan Anda ke terminologi jaringan. Tetapi, jangan khawatir disini Anda akan mempelajari dan memahami aplikasi server Localhost serta bagaimana cara menggunakan dan menerapkan localhost dan apa fungsi dari localhost tersebut.

 

Mengenal Apa itu aplikasi server Localhost ?

Berbicara tentang localhost sudah pasti tidak lepas dari pemrograman website dimana komputer anda disebut dengan localhost. Anda harus ingat bahwa server web hosting merupakan perangkat di komputer. Dengan demikian, komputer bisa digunakan dalam menyimpan serta menjalankan website menggunakan sebuah aplikasi server lokal.

Namun, situs itu tidak bisa diakses oleh siapapun dengan jaringan internet. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan membuka menggunakan ketikan http://localhost di web browser komputer yang mana tempat penyimpanan data situs itu. Localhost sendiri bukan sebuah istilah, namun adalah nama dari domain. Dengan hal ini localhost mempunyai IP address yaitu 127.0.0.1 atau juga dikenal dengan loopback address.

 

Fungsi Aplikasi Server Localhost

 

Setelah aplikasi server Localhost anda juga harus mengerti apa fungsi dari localhost  tersebut, 3 manfaat utama dari localhost adalah:

  1. Menguji coba berbagai situs juga aplikasi web Online

    Mengetahui dan Mengenal Apa itu aplikasi server Localhost sepertinya telah jelas bahwa fungsi utama dari localhost yaitu anda bisa melakukan akses situs yang telah dijalankan di computer anda. Hal semacam ini cukup bermanfaat untuk seorang developer website. Menggunakan localhost bisa memastikan bahwa situs maupun aplikasi di web yang dibuat dapat bekerja dengan maksimal sebelum mengunggahnya menuju server online.
     
    Tentunya anda bisa melakukan dengan menggunakan layanan web hosting, namun dalam pembuatan website offline tidak membutuhkan biaya apapun. Apalagi anda tidak perlu bingung dengan batasan bandwidth server.

  2. Mengecek kondisi dari koneksi internet

    Mengenal Apa itu aplikasi server Localhost sebagai programmer website pasti sudah tidak lepas dari fungsinya ini, yaitu bisa digunakan dalam memeriksa bagaimana koneksi internet anda. Localhost bisa melakukan hal itu, maka anda cukup membuka command Prompt atau Wibdows maupun Terminal (Mac OS), mengetikkan “ping localhost” maupu “ping 127.0.0.1” kemudian menekan tombol enter serta lihat hasilnya.

  3. Memblokir akses menuju situs tertentu

    Jika anda sudah Mengenal Apa itu aplikasi server Localhost namun anda belum mengetahui secara penuh akses ke sebuah website. Maka yang akan terjadi adalah domain Name Server atau DNS akan memberikan IP address pada alamat situs yang telah dimasukkan ke dalam address bar browser anda. Demi kemudahan prose situ, computer anda melakukan penyimpanan di setiap alamat situs yang sudah di akses beserta IP address sebelumnya, menjadi sebuah file di pengaturan dengan nama “ hosts file”. Anda ingin menggunakan komputer dalam akses website tertentu, anda bisa mengganti IP addressnya dengan 127.0.0.1 yang sejatinya merupakan alamat dari localhost.

Pengertian Aplikasi server Localhost dan mengetahui fungsi yang diberikan, sebaiknya anda mengetahui juga macam-macam dari Localhost tersebut, hal ini sangat bermanfaat untuk anda seorang programmer website. Proses belajar pengelolaannya pun tidak lama, andaikan anda ma uterus mencari tahu dan memperdalam keahlian anda di bidang tersebut. Anda tidak perlu khawatir, sebab ada banyak aplikasi yang bisa digunakan menjadi server localhost, anda sebagai pengguna bisa menyesuaikan keinginan anda dengan menggunakan aplikasi yang disukai.

Baca Juga : Panduan Membuat Website 2020 [LENGKAP]

 

Jenis Dan Panduan Aplikasi Server Localhost

 

Pada bagian atas di Mengenal Apa itu aplikasi server Localhost telah dijelaskan tentang server web hosting adalah perangkat komputer. Namun, dia tidak bisa menjalankan berbagai situs tanpa menggunakan aplikasi di web server misalkan, Apache dan NginX. Hal itupun juga berlaku untuk server lokasi maupun komputer pribadi yang sudah dijalankan pada sebuah server.

Berikut ini ada beberapa aplikasi server Localhost yang bisa dipilih dalam membuat server lokal, yaitu:

  1. XAMPP

    Sebuah aplikasi server Localhost lokal XAMPP ini bisa digunakan secara umum. Aplikasi jenis ini adalah derivasi daripada apache yang telah menggunakan MariaDB pada bagian database-nya, juga PHP serta Perl digunakan untuk bahasa pemograman. Adanya dukungan pada sistem operasi di XAMPP lumayan luas, anda bisa memasangkan aplikasi di windows, Mac OS X, dan Linux.
     
    XAMPP membawa kabar baik dengan sifatnya yang lebih open-source. Dengan demikian anda dapat mengunduhnya serta menggunakannya secara gratis. Panduan sederhana penggunaan aplikasi server XAMPP yaitu:
     

    • Membuat Database MySQL
    • Melakukan pengunduhan di WordPress
    • Melaksanakan Instalasi WordPress
  2. AMPPS

    Sama seperti XAMPP, aplikasi server Localhost local yang sifatnya open-source selanjutnya adalah AMPPS yang mana di dalamnya anda bisa mencari dan menemukan MySQL, Apache, PHP, MongoDB. Softaculous Installer, Python, dan Perl. Semuanya ini mempunyai fitur yang digunakan untuk instalasi softaculous, sehingga kemungkinan anda bisa memasangkan bukan hanya satu aplikasi di web misalkan, Joomla, WordPress, juga Drupal dengan mudah hanya dengan beberapa klik saja. Tetapi, softaculous memerlukan berbagai koneksi dari internet supaya bisa melakukannya. AMPPS ternyata bisa juga digunakan di Windows, Mac OS X, dan Linux.

  3. WampServer

    Adanya WampServer bisa anda gunakan dalam memasang sebuah Apache, HPH, dan MySQL pad servel lokal. Sama dengan aplikasi server Localhost sebelumnya, yang mana WampServer bisa juga anda unduh serta bisa digunakan secara Cuma-Cuma alias gratis. Namun, ternyata WampServer hanya disediakan untuk komputer yang sudah menggunakan sistem operasi Windows.
     
    Andaikan komputer yang anda gunakan adalah Mac OS X juga Linux, menggunakan aplikasi server Lokalhost yang sebelumnya yaitu AMPPS dan XAMPP menjadi pilihan yang paling tepat. Ketika anda mengalami kesulitan saat memasang WampServer ini, lebih baik anda mengikui panduan cara penggunaan yang ada. Cara sederhana menggunakan WampServer adalah:
     

    • Unduh serta install WampServer di komputer anda
    • Membuat database di WordPress
    • Lakukan Install di WordPress Windows

 

 

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Bahasa Pemrograman Python Dan Cara Belajarnya

 

Kesimpulan dan penutup

Panduan dari berbagai aplikasi server Localhost di atas sejatinya bisa dilakukan oleh siapa saja baik untuk pemula atau mereka yang sudah ahli dalam bidang pemrograman. Sejatinya localhost bisa tergantung bukan hanya di kemampuan anda, namun juga kelengkapan yang anda miliki. Sebab tidak semuanya bisa digunakan dengan mudah, tetapi dengan belajar anda bisa mengerti dan paham bagaimana mengelola server dengan baik.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu DNS, Fungsi, Jenis-Jenis, Dan Cara Kerjanya

Panduan penggunaan di masing-masing aplikasi server berbeda-beda, meskipun terlihat cukup rumit tetapi saat di praktikan cukup praktis dan mudah. Hal utamanya disini kalau anda bukan seorang programmer yang handal dan anda baru belajar maka jangan lengah, anda harus terus mempraktikan segala pengetahuan yang anda dapatkan supaya bisa lebih baik lagi.

Lebih jelasnya berkaitan dengan aplikasi server Localhost, Localhost merupakan sebutan lain pada komputer anda di dalam konteks pembuatan website online dengan menggunakan IP address di 127.0.0.1 menuju address bar di browser. Anda juga dapat menjalankan preview dengan situs yang telah di pasangkan di komputer anda. selamat mencoba.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update