Panduan Membuat Website 2020 [LENGKAP]

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Saat ini semua hal telah digitalisasi dan internet adalah bagian dari hidup yang tidak bisa lagi dilepaskan dari kehidupan. Orang – orang tidak hanya berbagi melalui platform social media yang siap jadi atau instant seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya, tetapi juga melalui website. Sampai saat ini ada lebih dari 200 juta situs web aktif di dunia. Website sendiri sudah tidak lagi terbatas karena semua orang telah mampu mempunyai website sendiri.

Dari semua website aktif di dunia, tema dan tujuan penciptaan website tersebut mempunyai banyak ragam serta alasan. Siapa pun dapat membuat situs web, terlepas dari tingkat keterampilan teknis mereka. Para pemula juga mempunyai peluang membuat dan memiliki website yang sama besarnya dengan merek yang telah lebih dulu berkecimpung dalam membuat website.

Belum lagi kemudahan platform website itu sendiri juga menambah keringanan dalam membuatnya terutama bagi pemula yang awalnya buta teknis. Banyak platform juga telah mempersiapkan fitur, plugin, tema dan desain yang user friendly. Anda bisa mencoba jasa tak berbayar melalui Blogger (Blogspot), WordPress, Wix, Squarespace, Weebly yang ramah bagi pemula teknologi online.

 

Langkah Panduan Membuat Website

Meski jika Anda menggunakan layanan platform website yang sudah mempunyai tema siap pakai, Anda juga harus melakukan langkah- langkah panduan dasar dalam membangun website seperti di bawah ini :

 

1. Tentukan ide/niche website yang ingin Anda buat

 

Menentukan topik dan ide sebuah website adalah hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum meluncurkannya ke dunia maya. Ada ribuan ide, tema, desain dan kreasi website yang bisa Anda riset melalui internet.

Anda dapat memilah dan memadukan kreasi yang sesuai dengan tujuan website yang ingin Anda buat. Berikut adalah beberapa ide, niche, kegunaan dan tipe- tipe website yang ada :

 

  • Blog

    Tipe situs web ini adalah tipe basic (dasar) daripada banyak website yang sekarang berkembang,. Blog adalah website pribadi yang biasanya berisi mengenai artikel yang ditulis secara pribadi, relevan dan terasa dekat dari pemiliknya. Artikel- artikel tersebut dibuat dari pengalaman, berbagi informasi maupun juga berbentuk toturial (panduan) oleh pemilik tadi.

    Blog juga mempunyai banyak potensi yang bisa dikembangkan lagi berdasarkan niche yang Anda pilih, baik itu sebagai blog khusus traveling, kuliner, product tester, seni dan lainnya.

  • Website berita

    Berita online saat ini telah berhasil menggeser koran sebagai penyampai berita konnvensional. Tidak hanya mudah diakses tanpa batas dan dimana saja, website berita online juga mampu menyajikan berita yang up-to-date dalam kurun waktu yang terbilang sangat cepat.

  • Website E-commerce

    Selain menggeser koran, kemajuan online juga menggeser cara berniaga toko tradisional. Menjamurnya e-commerce mempermudah banyak pelaku usaha dalam menjual produk mereka lebih banyak, cepat dan praktis. Website e-commerce juga tidak membatasi penjual karena mereka bisa menjual produk mereka kemana saja secara global.

  • Website edukasi

    Disamping mencari pengetahuan melalui sekolah, kita juga bisa menambah ilmu melalui website yang mempunyai tema edukasi. Website ini mempunyai infomasi lengkap dan terus di perbaharui sehingga informasi yang Anda dapat dan butuhkan akan di dapat lebih cepat dan praktis.

  • Website portfolio

    Mengirimkan portfolio cara lama dengan kertas dan mengirimkannya melalui pos sudah tidak lagi digemari, sebaliknya banyak pencari kerja kini menggunakan platform website murah dan gratis sebagai portfolio mereka dan mengumpulkan CV mereka dengan tampilan menarik maupun unik untuk menarik calon pemberi kerja.

  • Website komunitas online

    Komunitas- komunitas juga semakin banyak dan mereka berusaha menjaring penggemar atau anggota mereka dengan mempermudah akses pendaftaran, interaksi dan infomasi melalui website komunitas online.

 

2. Menentukan platform website

 

Setelah Anda menentukan niche website yang ingin Anda buat, langkah selanjutnya adalah memilih platform situs web untuk membangun situs web Anda. Ada banyak CMS (sistem manajemen konten) yang berbeda untuk dipilih dan memilih platform yang tepat adalah prioritas utama.

Ada banyak platform pembuatan situs web gratis yang bisa Anda gunakan, tetapi situs web gratis ini tidak bagus untuk penggunaan jangka panjang. Penggunan platform gratis ini akan dibatasi untuk menggunakan hosting sendiri dan sub-domain mereka sendiri (situs web Anda.websitecompany.com).

Membangun situs web yang berfungsi dengan rancangan yang bagus bukanlah usaha instant, tetapi Anda dapat mengandalakan platform pembuatan situs web yang tepat walau beberapa platform mengharuskan Anda untuk mengetahui sedikit HTML / CSS atau bahasa pengkodean lainnya, jadi Anda benar-benar perlu mengetahui kemampuan Anda untuk membangun situs web. Jika Anda seorang pemula maka Anda sebaiknya memilih WordPress.org.

 

3. Memilih nama domain dan web hosting


 

Sebelum Anda dapat mulai membuat situs web, Anda harus menjaga dasar-dasarnya. Dua komponen paling penting untuk menjalankan dan menjalankan situs Anda adalah nama domain dan layanan hosting web. Tanpa dua hal ini, pengunjung Anda tidak akan memiliki cara untuk mengakses situs Anda.

 

  • Nama domain

    Nama domain merujuk ke alamat yang akan digunakan orang untuk mengunjungi situs Anda. Nama inilah yang di identifikasi sebagai situs Anda dan juga berperan dalam mendefinisikan merek Anda, jadi penting untuk memilih domain yang mewakili Anda atau bisnis Anda dengan baik.

  • Hosting Web

    Web hosting adalah tempat situs Anda sebenarnya akan disimpan. Perusahaan hosting memiliki pusat data besar yang diisi dengan server. Saat Anda membeli paket hosting, bagian dari salah satu server tersebut didedikasikan untuk situs Anda. Di sinilah Anda akan meletakkan file Anda, salin, gambar, dan apa pun yang berkaitan dengan pembuatan web Anda.

Baca Juga :  Pembuatan Website Murah – Web Bisnis Online – IDCloudHost

 

3. Cara mengatur dan mendesain website

Setelah menentukan niche, nama domain dan hosting, yang Anda lakukan berikutnya adalah mengatur layout, tema dan desain website Anda. Inilah panduan mengatur dan mendesain website yang bisa Anda coba :

 

  • Tema dan desain

    Website yang baik adalah website yang mempunyai kreasi yang unik dan mampu menggambarkan makna website itu dibuat. Maka dari itu hindari menggunakan kontras background, tulisan, foto dan elemen yang tidak saling berhubung. Tata layout website Anda menurut timeline dan kemudahan baca, gunakan tema yang compatible untuk desktop, laptop dan ponsel.

  • Isi konten dan halaman

    Berikan informasi tetap yang dapat menghubungkan Anda dengan pembaca atau pengunjung Anda, tipe infomasi ini adalah kolom kontak, tautan social media dan archive yang bisa Anda pin atau tetapkan pada sisi halaman awal website Anda. Posting artikel Anda mengikut label yang Anda gunakan, contoh label adalah menu, berita, traveling, kuliner dan lainnya. Bantu artikel Anda agar lebih menarik dengan menambahkan media yang foto- foto, video atau link jika dibutuhkan.

  • Plugin dan ektensi

    Install plugin dan fitur- fitur yang menunjang dan praktis tanpa membuat keseluruhan website Anda menjadi berat.

Baca Juga : Cara Melakukan Setting pada Default Homepage di Plesk Hosting

 

Kesimpulan dan penutup

Membangun dan memiliki website akan menuntut penggunanya harus menjadi lebih teliti karena banyaknya unsur yang harus dijaga. Anda harus memastikan website yang Anda punya juga mudah diakses dengan cepat karena jika sebuah website mengambil waktu lama untuk loading, pengunjung akan meninggalkan laman website Anda.

Penggunaan akun gratis situs web melebih jangka waktu tertentu juga tidak disarankan, sebaiknya Anda menginvestasikan sejumlah modal untuk membeli domain Anda sendiri. Selain mempunyai kebebasan dalam menentukan arah tuju dan kreatifitas, penyedia platform website gratis juga mempunyai peraturan sendiri dan fitur- fitur terbatas sedangkan Anda ingin mengembangkan website Anda secara luas lagi.

Catat dan kembangkang semua ide- ide yang Anda miliki, lakukan beberapa percobaan kecil dan gunakan penulisan artikel dengan cara SEO. Ikuti garis panduan yang telah Anda tetapkan pada website Anda, buat perencanaan atau perubahan yang ingin Anda lakukan untuk menaiktarafkan (up grade) website Anda serta jagalah selalu ritme website Anda dari waktu ke waktu.

Related Post :

popup image