Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Terbaru 2022

Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Terbaru 2022

Berapa tahun belakang ini TikTok menjadi media sosial yang populer dan sensasional. Aplikasi yang awalnya dirancang untuk anak-anak kini menjadi aplikasi yang saat ini digunakan oleh semua usia di seluruh dunia oleh puluhan juta orang.

Berawal dari seorang insinyur perangkat lunak asal China, Zhang Yiming yang mendirikan perusahaan induk aplikasi, ByteDance. Pada akhir 2016 lalu, aplikasi ii berganti nama menjadi Douyin yang kemudian di luar China dikenali sebagai musical.ly lalu TikTok/

Ada sekitar 689 juta pengguna TikTok bulanan saat ini, menjadikannya salah satu platform media sosial terbesar. Tidak mengherankan juga kalau TikTok mengembangkan fitur- fitur mereka sehingga membuka kesempatan pada content creator untuk mendapatkan penghasilan juga dari aplikasi ini.

 

Istilah dan Jenis Pendanaan Dalam TikTok

 

Sebelumnya mungkin TikTok lebih identik dengan konten- konten yang bertema lucu, hiburan dan pribadi. Tetapi pada Juni 2020, TikTok memperkenalkan Creator Fund yang akan membayar orang untuk konten yang menjadi viral di aplikasi. Untuk memahami cara menghasilkan uang di TikTok, ada beberapa istilah umum yang perlu Anda ketahui untuk memanfaatkan platform ini dengan sebaik-baiknya.

  • Tiktok Creator Fund

    Ini adalah metode yang dimiliki TikTok untuk memberi kompensasi kepada pengguna tertentu untuk konten.

  • TikTok Coins

    Mata uang dalam aplikasi yang dapat digunakan untuk memberi tip kepada pembuat konten.

  • TikTok Pro Account

    Akun khusus yang menampilkan analitik tambahan untuk pembuat konten.

  • Creator Marketplace

    Platform milik TikTok yang membantu merek menemukan pembuat konten untuk berkolaborasi dengan konten bersponsor.

  • Platform Advertising

    Pengguna melihat iklan setelah melihat beberapa video, atau saat membuka aplikasi.

 

Baca Juga  :      Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Terbaru 2022

 

Cara Menghasilkan Uang dari TikTok

Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Terbaru 2022
 

 

Sama seperti YouTube, maka Anda bisa memonetisasi konten Anda setelah mempunyai dan memahami target audiens Anda. Tidak ada satu pendekatan saja untuk monetisasi, mari simak cara menghasilkan uang dari akun dan konten TikTok Anda.

 

Bergabung dengan TikTok Creator Fund

Cara paling umum untuk mendapatkan uang melalui TikTok adalah dengan memanfaatkan Creator Fund. Pendapatan dari Creator Fund sendir dapat bervariasi dari satu pengguna ke pengguna lainnya. Adapun cara ini dihitung berdasarkan faktor-faktor seperti ukuran audiens Anda, kualitas keterlibatan pengguna Anda, dan frekuensi posting Anda. Untuk bergabung dengan TikTok Creator Fund, Anda harus memenuhi kriteria berikut :

  • Anda harus berusia minimal 18 tahun.
  • Anda harus memiliki minimal 10.000 pengikut.
  • Video Anda harus memiliki 100.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir.
  • Akun Anda harus mematuhi Pedoman Komunitas TikTok dan persyaratan layanan.
  • Memiliki setidaknya satu akun pembayaran digital tertaut yang valid (seperti PayPal) yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran.
  • Anda harus berbasis di AS, Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, atau Italia

 

Baca Juga  :     Cara FYP TikTok Dengan Mudah & Praktis. Pastikan Ikuti Langkah Berikut Ini!

 

Membuat siarang langsung atau live dan kumpulkan hadiah virtual

Hadiah langsung adalah salah satu fitur TikTok yang paling berguna bagi pembuat konten yang ingin memonetisasi konten mereka melalui streaming langsung. Sebagian besar jejaring sosial memiliki fitur streaming langsung, tetapi yang membuat TikTok unik adalah memungkinkan pengikut untuk menunjukkan penghargaan mereka secara real time dengan mengirimkan hadiah virtual, yang dapat ditukarkan dengan pembayaran.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mendapatkan hasil maksimal dari siaran langsung di TikTok :

  • Pilih waktu yang tepat

    Siaran yang efektif adalah ketika melakukan siaran langsung saat sebagian besar pengikut Anda sedang online. Periksa preferensi waktu online audiens Anda dengan membuka pengaturan profil Anda dan memilih tab Analytics untuk melihat kapan audiens Anda paling aktif.

  • Siaran live lebih lama

    Tidak semua pengguna akan bertahan selama durasi penuh streaming langsung Anda, tetapi tetap melakukan siaran live lebih lama akan memberi lebih banyak pengguna kesempatan untuk masuk dan melihat sekilas siaran Anda.

  • Posting selama streaming langsung Anda

    Saat Anda memposting video pendek saat siaran langsung, TikTok meminta pengguna yang melihat video di aliran mereka dengan tautan ke siaran langsung Anda dimana ini akan membantu menumbuhkan pemirsa langsung Anda.

  • Gunakan hashtag TikTok

    Seperti jaringan media sosial lainnya, pengguna sering menelusuri halaman hashtag mencari akun baru untuk diikuti. Gunakan tagar TikTok untuk meningkatkan jangkauan video Anda.

  • Tetap jaga keselamatan

    Ingatlah bahwa TikTok memberi Anda kemampuan untuk memfilter komentar, membisukan pengguna, dan memblokir pemirsa. Jangan takut menggunakan fitur ini untuk pengguna yang sekiranya akan memberikan resiko dan dampak buruk.

 

Baca Juga  :      Cara Download Video Tiktok Secara Online Tanpa Watermark Terbaru 2022

 

Bermitra dengan sponsor dan brand

Karena popularitas TikTok saat ini, brand dan pengiklan rela membayar mahal kepada pembuat konten untuk mempromosikan produk mereka di TikTok. Sebagian besar brand bahkan menghubungi pembuat konten baik melalui agen/management atau secara langsung terutama jika pembuatnya sudah viral di TikTok. TikTok adalah satu-satunya jejaring sosial yang menawarkan program bawaan untuk pembuat konten. Tetapi ada satu cara agar pembuat konten juga dapat memperoleh uang langsung dari pengiklan yakni melalui TikTok Creator Marketplace.

Creator Marketplace adalah platform kolaborasi resmi untuk merek dan kreator di TikTok. Ini memungkinkan pembuat konten inovatif untuk bermitra dengan merek untuk kampanye berbayar. Disini Anda akan mendorong kesadaran dan menarik pelanggan untuk merek dengan menyebutkan mereka atau menggunakan produk di video Anda. Jasa Anda akan dibayar sebagai imbalan untuk memposting konten bersponsor.

 

Mempromosikan musik terbaru

Untuk calon artis musik, TikTok adalah sumber yang sangat tepat untuk mendapatkan perhatian dimana ini juga berarti pembuat konten dapat memperoleh uang dengan memasukkan musik tertentu ke dalam video mereka. Cara ini dapat dilakukan melalui beberapa aplikasi pihak ketiga yang membayar cukup banyak uang bagi pengguna populer untuk menambahkan lagu ke video, seperti PlaylistPush.

Musisi pihak ketiga menjangkau PlaylistPush, dan platform berfungsi sebagai perantara dan menempatkan musik mereka di halaman pembuat konten populer. Cara lainnya adalah akun musisi TikTok telah meningkat dan banyak artis baru muncul di platform, memanfaatkan popularitas mereka untuk mendapatkan pengikut atau streamer di situs-situs seperti Spotify atau Apple Music.

 

Baca Juga  :    Cara Sukses Branding Melalui Social Media Instagram, Facebook dan TikTok

 

Proyek crowdfund dengan mengumpulkan sumbangan dari penggemar

Crowdfunding adalah salah satu cara paling mudah diakses bagi pembuat konten yang ingin menghasilkan uang yang relatif cukup cepat. Mengingat Anda mencurahkan banyak waktu dan upaya untuk membuat konten untuk penggemar Anda⁠, jadi menawarkan cara mudah dan tanpa tekanan bagi mereka untuk memberi kembali konten Anda merupakan ide aliran pendapatan reguler.

Selain itu, crowdfunding dapat mengambil banyak bentuk, tergantung pada jenis pendanaan yang Anda cari. Jika Anda mencari dana awal untuk proyek tertentu, Anda dapat mengumpulkan pengikut Anda dengan menetapkan tujuan pendanaan dan menyelenggarakan acara penggalangan dana langsung.

 

Kesimpulan dan Penutup

Tercatat sekarang TikTok US telah menerima $1 miliar dalam pendanaan untuk Creator Fund dan memiliki nilai lebih dari $50 miliar. Karena hal inilah membuat TikTok tidak lagi sekedar platform yang membuat konten menari dan menyanyi untuk bersenang- senang semata.

Bahkan siapa saja kini memiliki peluang luar biasa untuk menghasilkan banyak uang secara online dengan TikTok. Anda juga tidak perlu menjadi pemasar ahli atau memiliki pengetahuan teknis khusus mengingat menghasilkan uang dari platform berbagi video jauh lebih sederhana.

 

 

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update