Cara Sukses Branding Melalui Social Media Instagram, Facebook dan TikTok

Business, Marketing / 0 | | 0

Secara teknis, media sosial telah lama ada namun baru setelah Facebook diluncurkan lebih dari satu dekade yang lalu perusahaan mulai memperhatikannya sebagai alat yang ampuh untuk pemasaran. Dulu branding difokuskan pada media cetak, iklan siaran dan buletin seperti email dan brosur. Penambahan akun atau channel media sosial membuat perusahaan kini memiliki cara lain untuk terhubung dengan konsumennya.

Konsistensi brand di semua titik kontak pemasaran merupakan tantangan bagi setiap perusahaan, apalagi setiap jaringan sosial. Seperti bagaimana Anda memastikan bahwa Anda menulis dengan isi yang sama dalam pemasaran email Anda, yang juga sesuai dengan image branding Anda di iklan TV? Bagaimana Anda membedakan cara Anda berbicara dengan kedua audiens di media cetak maupun televisi? Bagaimana Anda memastikan bahwa pelanggan dapat mengenali brand Anda meskipun ini pertama kalinya mereka melihat Anda di media sosial?

Sebuah brand lebih dari sekedar logo atau kumpulan warna saja. Brand adalah cara Anda membuat pelanggan merasa dekat dan untuk mengambil pendekatan yang konsisten di setiap interaksi yang mereka lakukan dengan brand Anda. Oleh karenanya, brand di zaman digital ini sebaiknya juga turut memperluas branding mereka melalui social media baik di Instagram, Facebook, TikoTok dan lainnya.

 

Cara Sukses Branding Melalui Social Media

Cara Sukses Branding Melalui Social Media Instagram, Facebook dan TikTok
 

Metode untuk mendapatkan jangkauan organik setinggi mungkin di media sosial tanpa mengeluarkan uang sepeser pun mungkin sudah tidak berlaku lagi. Tetapi itu tidak berarti bahwa Anda harus menyerah pada branding melalui social media jika Anda tidak memiliki anggaran iklan yang besar. Faktanya, masih banyak taktik yang bisa Anda coba untuk mempromosikan brand Anda. Berikut diantaranya :

 

  • Bagikan konten visual kreatif untuk engagement yang lebih baik

    Gambar, video, dan konten visual lainnya terbukti paling efektif untuk melibatkan pengguna di media sosial. Jadi, dengan memposting gambar kreatif atau video demo produk di jejaring sosial yang berbeda, Anda dapat memberikan perhatian besar pada produk Anda.

  • Promosikan produk/brand Anda di komunitas media sosial

    Bergabung dengan grup / komunitas media sosial yang relevan dengan niche Anda juga dapat berfungsi sebagai cara yang baik untuk menyebarkan kesadaran tentang produk Anda. Upaya promosi produk Anda di grup media sosial secara implisit akan membawa hasil yang lebih baik karena para member sudah tertarik dengan produk serupa. Tetapi sangat penting bagi Anda untuk terhubung dengan baik dengan anggota grup, berkomunikasi dengan minat mereka, dan transparan saat memberikan detail produk Anda.

  • Berikan review/testimonial untuk membangun kepercayaan pada brand Anda

    Ulasan, review dan testimoni pelanggan bertindak sebagai pemberi pengaruh yang mempromosikan produk Anda kepada konsumen dengan cara yang baik. Bahkan organisasi besar dengan anggaran besar mendirikan divisi media sosial untuk memantau brand mereka. Alasan mengapa Anda perlu memberikan dan melacak keterlibatan media sosial adalah bahwa konsumen selalu cenderung membuat keputusan dari melihat pengalaman pelanggan lain, daripada dipengaruhi oleh iklan media sosial. Itulah mengapa sangat berhati-hati untuk menjadikan testimonial pelanggan atau konten buatan pengguna sebagai wajah brand Anda di media sosial.

 

Baca Juga  :     Content Marketing : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Content Marketing

 

Cara Sukses Branding Melalui Instagram

Berdasarkan statistik Instagram baru-baru ini, format visual menjadi semakin ramai dengan banyak brand yang berjuang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Adapun cara sukses branding dengan platform media sosial Instagram adalah :

 

  • Promosi silang postingan Instagram Anda di jaringan lain

    Upaya yang diperlukan untuk mendapatkan foto yang tepat dengan paduan teks caption yang cerdas adalah hal krusial yang tidak boleh disepelekan. Sedangkan memposting silang konten Anda ke platform sosial lain adalah hal yang mudah untuk mendapatkan lebih banyak ROI dari kehadiran Instagram Anda saja. Misalnya, Anda dapat mempromosikan konten Instagram Anda di Facebook dan Twitter untuk memaksimalkan jangkauan konten Anda.
     
    Meskipun promosi silang adalah langkah cerdas, perlu diingat bahwa setiap platform sosial memiliki cara branding masing- masing. Instagram sendiri cenderung lebih menekankan pada tagar sementara Anda mungkin ingin membuat deskripsi yang sedikit berbeda untuk gambar yang diposting ke Facebook.

  • Bereksperimen dengan tagar brand dan niche yang relevan

    Brand besar dan kecil harus membuat tagar untuk mendorong berbagi dan promosi atas nama pengikut mereka. Di luar tagar Anda sendiri, Anda harus mencoba mempromosikan Instagram Anda menggunakan tagar komunitas yang lebih umum khusus untuk industri atau niche brand Anda yang relevan. Adanya tag tambahan pada dasarnya membuat posting Anda dapat dicari oleh pengikut tag dan secara instan meningkatkan jangkauan Anda.

  • Memanfaatkan jasa influencer

    Instagram mendapat manfaat dari menjadi platform di mana merek pada dasarnya dapat mempublikasikan iklan tanpa harus memaksanya langsung kepada pengikut brand. Sederhananya, pemasaran influencer adalah kontrak kerjasama seorang yang mempunyai pengikut dan audiens besar dengan niche yang sesuai dengan sebuah brand.
     
    Idealnya, audiens influencer harus mencerminkan audiens Anda sendiri atau memungkinkan Anda memanfaatkan kumpulan pengguna baru yang ingin Anda jangkau. Influencer mirip dengan iklan dalam arti bahwa hubungan tersebut memang membutuhkan biaya. Namun, menemukan influencer yang tepat bisa menjadi cara yang sangat hemat biaya untuk menjual produk dan mengembangkan pengikut Anda.

 

Baca Juga  :     Teknik Digital Marketing Terbaik dan Ampuh di tahun 2021

 

Cara Sukses Branding Melalui Facebook

Meski Instagram dan Facebook adalah media sosial yang terhubung, tetapi Facebook mempunyai cara dan alat pemasaran yang cukup mumpuni. Berikut beberapa tip untuk memanfaatkan platform media sosial terpopuler di dunia ini dengan lebih baik.

 

  • Buat halaman bisnis

    Jika Anda ingin memiliki kehadiran Facebook yang solid dan profesional, Anda perlu membuat halaman terpisah untuk bisnis Anda agar lebih profesional yang tampak seperti halaman seperti profil biasa, tetapi untuk brand dan bisnis. Selain itu, daripada meminta untuk berteman dengan seseorang, pengguna harus menyukai (like) atau mengikuti halaman untuk melihat postingan dari brand Anda.

  • Memanfaatkan Facebook Ads

    Apakah Anda mengalami masalah dalam menjangkau pengguna secara organik? Mungkin ini saatnya untuk mencoba iklan Facebook atau Facebook Ads. Posting Facebook yang dipromosikan terlihat seperti posting biasa tetapi sangat bertarget dan menjangkau lebih banyak orang.
     
    Alat Facebook sangat efektif dan memudahkan untuk menargetkan audiens tertentu sehingga Anda dapat menargetkan orang-orang yang menyukai halaman Anda atau berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin dan minat. Karena mengumpulkan data pengguna, Facebook dapat menargetkan iklan Anda kepada mereka yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda. Platform ini juga dilengkapi alat analitik untuk membantu Anda memahami iklan mana yang mampu mendorong minat dan penjualan.

  • Libatkan pengikut Anda

    Algoritma baru Facebook lebih menyukai posting dan halaman yang menciptakan keterlibatan atau engagement. Sebelum memposting apa pun di Facebook, tanyakan pada diri Anda apakah itu akan mampu menarik minat atau membuat percakapan. Penting juga untuk diingat bahwa Facebook adalah platform media sosial, jadi Anda harus bersosialisasi.
     
    Gunakan halaman Facebook Anda sebagaimana mestinya yakni situs sosial dan kenali kebutuhan pelanggan Anda dengan mengadakan polling dan menanggapi ulasan. Kunci keterlibatan adalah memposting konten berkualitas. Untuk hasil terbaik, cobalah bersikap ramah dan komunikatif serta Jaga pembaruan tepat waktu, dan tanggapi komentar dan pesan pribadi.

 

Baca Juga  :     Social Media Marketing : Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Melakukannya

 

Cara Sukses Branding Melalui Social Media TikTok

Cara Sukses Branding Melalui Social Media Instagram, Facebook dan TikTok
 

TikTok adalah platform media sosial terbaru yang mulai menguat di antara banyak penggunanya. Ini tentu membuat segala macam kemungkinan seperti branding dari merek Anda menjadi sangat mungkin dilakukan. Berikut cara sukses branding bagi brand yang ingin menjangkau generasi TikTok.

 

  • Buat dan luncurkan konten Anda

    Meskipun brand Anda tidak terkenal, Anda masih dapat menggunakan TikTok secara efektif untuk pemasaran jika semuanya dimulai dengan merencanakan konten hebat dan menggunakan praktik terbaik berikut. Lakukan pendekatan dengan konten Anda sendiri yakni dengan mengungkapkan kepribadian sejati brand Anda, pengguna akan merasa terhubung dengan Anda secara alami.

  • Kurasi dan bagikan konten buatan pengguna di TikTok

    Sementara sifat TikTok menyenangkan dan santai, tetapi dibutuhkan pemikiran dan kreativitas yang nyata untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan cara yang serupa. Brand khususnya perlu merencanakan konten mereka untuk mendapatkan branding yang sesuai.

  • Beriklan di TikTok

    Sama seperti platform media sosial lainnya, TikTok bergerak maju dengan adanya yang monetisasi di mana brand dapat membayar agar iklan mereka ditampilkan kepada pengguna yang relevan. Iklan ini muncul di umpan pengguna sebelum mereka melihat konten pengguna lainnya dan dapat ditautkan ke laman landas pengiklan dan eksklusif untuk kategori yang berbeda. Pada dasarnya, hanya satu iklan yang dapat ditampilkan di slot untuk kategori tertentu per hari.

 

Baca Juga   :      Apa itu Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Social media telah memungkinkan bisnis untuk berhubungan langsung dengan pelanggan yang tertarget dan relevan. Pemasaran media sosial tidak mahal dan langsung memberi brand dalam jangkauan instan ke miliaran pengguna aktif. Oleh karena itu, media sosial terbukti menjadi salah satu saluran paling efektif untuk mempromosikan produk secara online.

Namun begitu persaingan di media sosial menjadi semakin ketat karena semua brand, bisnis, individual juga memanfaatkan cara branding yang hampir sama. Untuk mengatasi persaingan, penting bagi Anda untuk memanfaatkan tren dan teknik terbaru dan mempromosikan produk Anda di media sosial secara kreatif dan konsisten.

Related Post :