Adobe Akuisisi Figma Dengan Nilai Fantastis $20 Miliar

Informasi / 1 | | 0

Adobe telah mengumumkan bahwa mereka mengakuisisi Figma, yang saat ini merupakan salah satu platform desain populer di kalangan desainer grafis. Perusahaan teknologi asal California itu membeli Figma dengan harga senilai $20 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Setelah Adobe akuisisi Figma, bagaimana nasib platform ini ke depannya?

Desas desus tentang keputusan Adobe ini sebenarnya sudah muncul sejak hari Kamis (15/9), tapi baru dikonfirmasi Adobe dalam siaran pers resmi tak lama kemudian. Hal ini tentunya menjadi berita besar bagi Anda yang berkecimpung di dunia desain dan development produk. Pasalnya, Figma selama ini sudah menjadi pesaing ketat produk Adobe XD dalam beberapa tahun terakhir. 

Perwakilan dari Adobe menyampaikan bahwa Adobe akuisisi Figma untuk berkolaborasi dalam menciptakan platform yang dapat mendukung kreativitas dan produktivitas para desainer.

Selain itu, Adobe ingin Figma dapat mempercepat kreativitas di web, mempermudah product development untuk perusahaan-perusahaan, serta menginspirasi komunitas global yang terdiri dari desainer dan product developer. Kolaborasi antara Adobe dan Figma dinilai memiliki peluang pasar yang besar, dengan menggabungkan pengguna dari kedua platform tersebut. 

Figma pertama kali didirikan 10 tahun yang lalu oleh Dylan Field dan Evan Wallace, dan platform desain kolaboratif ini telah digunakan oleh banyak bisnis dalam beberapa tahun terakhir. Ribuan designer mengandalkan Figma setiap hari untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Salah satu perusahaan yang menggunakan Figma untuk mendesain produk-produknya adalah Microsoft. 

Figma merupakan platform yang bisa Anda akses dengan mudah lewat web, dan dapat digunakan secara gratis. Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulannya, dan membuat Figma unik dibandingkan software desain lainnya. Setelah Adobe akuisisi Figma, perusahaan raksasa teknologi itu berencana untuk menggabungkan komunitas online yang dimilikinya dengan Figma. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Figma dan Fitur-Fitur Terbaiknya

Apakah User Tetap Bisa Menggunakan Figma Secara Gratis? 

Akuisisi Adobe terhadap Figma menimbulkan banyak kekhawatiran di kalangan pengguna. Apakah platform design yang satu ini akan menjadi layanan berbayar seperti aplikasi lain milik Adobe? Hal ini ternyata sudah dikonfirmasi langsung oleh Dylan Field, CEO dari Figma sendiri. 

Dylan Field menyatakan bahwa Adobe akuisisi Figma tidak akan mengubah layanan yang ada di Figma saat ini. Menurut Field, Adobe sangat berkomitmen untuk menjaga Figma tetap beroperasi secara mandiri, seperti yang sudah mereka jalankan selama beberapa tahun belakangan. Hal ini berarti para pengguna masih bisa menggunakan akun gratis untuk saat ini. 

Bahkan, kolaborasi ini mendorong Figma untuk memanfaatkan keahlian Adobe dalam bidang 3D, video, vektor, dan lain-lain yang sangat berguna untuk desain produk. Bersama Adobe, Figma akan membangun berbagai tools bahkan platform baru untuk mendukung kreativitas pengguna dan membantu mereka mendesain dengan lebih mudah dan nyaman. 

Pihak Figma juga mempertimbangkan kondisi yang ada di seluruh dunia saat ini, termasuk inflasi. Karena itulah, dalam waktu dekat mereka tidak berencana untuk mengubah pricing dari layanan Figma. Hal ini tentunya menjadi berita baik bagi para pengguna.

Baca Juga: Apa Saja Yang Dilakukan oleh UX Designer?

Platform Desain Alternatif Figma yang Bisa Anda Coba

Saat ini, Figma memang masih dapat digunakan secara gratis. Namun, dengan Adobe akuisisi Figma, tidak menutup kemungkinan di beberapa waktu mendatang kebijakan ini akan berubah. Apalagi Adobe memiliki platform Creative Cloud dan Adobe Creative Suite yang memungkinkan Figma untuk termasuk di dalamnya dan menjadi layanan berbayar. 

Jika demikian, apa saja platform desain yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif Figma dan Adobe? Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat menjadi alternatif Figma dari kami. 

  1. Invision Studio

Invision Studio adalah alternatif Figma pertama yang bisa Anda coba.  Awalnya, Invision Studio hadir untuk menyaingi Sketch, aplikasi desain berbayar yang dapat Anda gunakan di MacOS. Aplikasi ini memiliki fungsi utama untuk desain grafis dan prototype animasi. Anda dapat menginstal Invision Studio di Windows dan MacOS.

Dibandingkan software desain lainnya, Invision Studio masih cukup baru. Namun, tidak perlu khawatir karena software ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk berbagai kebutuhan desain Anda. Mulai dari interactive prototype, design system manager, hingga responsive design menjadi fitur unggulan Invision Studio. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda berkolaborasi dengan tim, seperti yang biasa dilakukan di Figma. 

  1. Framer

Framer adalah platform desain alternatif Figma yang memiliki fitur lengkap dan cukup populer di kalangan UI/UX desainer. Salah satu keunggulan pltform ini adalah Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman JavaScript dan React di dalamnya. 

Tools ini cocok untuk Anda yang memiliki kemampuan dasar programming di samping kemampuan desain. Selain itu, platform desain yang satu ini juga memiliki banyak plugin di dalamnya. Sehingga, Anda bisa menambahkan banyak fitur tambahan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. 

  1. Quant-UX 

Platform desain alternatif Figma yang satu ini diperuntukkan untuk UX designer dan berfokus untuk membuat desain UX menjadi lebih sederhana dan mudah. Namun, di balik kesederhanaan itu, Quant-UX memiliki tampilan yang menarik dan  user-friendly. 

Platform ini cocok untuk Anda yang pemula dan baru mempelajari desain. Salah satu fitur unik yang ada di Quant-UX adalah kemampuannya untuk memisahkan logika desain dan logika bisnis. Sama seperti Figma, aplikasi ini juga mendukung semua kode yang terkait dengan UI/UX mulai dari CSS, HTML, hingga Animasinya. Anda juga bisa berkolaborasi dengan tim menggunakan platform ini. 

Baca Juga: 10 Skill yang Wajib Dikuasai Untuk Menjadi UX Designer

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang Figma yang kini sudah diakuisisi oleh Adobe. Sebagai pengguna, Adobe akuisisi Figma tak perlu Anda khawatirkan. Alasannya, karena saat ini Figma masih dapat digunakan secara gratis. Namun, jika Anda juga bisa mencoba berbagai platform desain lain sebagai alternatif dari Figma. 

Sebagai seorang desainer grafis, membangun portofolio online adalah hal yang penting. Salah satu caranya adalah melalui website pribadi. Dengan layanan WordPress Hosting dari IDCloudHost, Anda bisa membangun website portofolio online dengan cepat dan mudah, dengan harga mulai dari Rp. 5000,-/bulan!

Related Post :

popup image