Mengenal Hashtag: Pengertian, Manfaat, Cara Menggunakannya

Social Media Marketing / 0 | | 2

Tahukah Anda bahwa hashtag adalah suatu frasa kunci penting yang memiliki banyak manfaat? Lantas apakah Anda memahami bagaimana cara penggunaannya? Apakah dampak dalam menggunakannya? Pada artikel ini akan memberikan informasi kepada Anda mengenai hashtag serta bagaimana optimalisasi yang bisa dilakukan dengan menggunakannya. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Meningkatkan Engagement Rate Instagram

Apa Itu Hashtag?

Penggunaan hashtag atau tagar pertama kali digunakan oleh Chris Messina pada tahun 2007. Dia menyarankan Twitter untuk membuat simbol tertentu sehingga memudahkan dalam mencari topik pembicaraan tertentu. Dengan demikian, akhirnya simbol tagar (#) dijadikan simbol yang mewakili tagar kemudian diikuti oleh kata kunci tertentu yang tergabung satu sama lain tanpa menggunakan spasi. 

Hashtag adalah suatu label yang digunakan dalam sosial media yang berguna untuk mencari informasi atau post tertentu. Adanya fitur hashtag dalam sosial media memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya yang memiliki kesamaan ketertarikan dalam membahas informasi tertentu. Adapun contoh penggunaan tagar seperti #OneStopPlatformToGoDigital yang merupakan pesan IDCloudHost selaku provider hosting yang ingin mewujudkan digitalisasi di Indonesia. 

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Hashtag

Meskipun dalam membuat hashtag tidak diperlukan keterampilan tertentu seperti pengkodean atau bahasa pemrograman tertentu, namun hashtag adalah fitur penting yang perlu Anda optimalkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuatnya:

  1. Selalu memulai dengan tanda pagar (#), perlu diketahui bahwa hashtag tidak akan berfungsi jika Anda menambahkan spasi, simbol, dan tanda baca. Dengan demikian, pastikan Anda membuat tagar hanya terdiri dari tanda pagar (#), huruf, dan angka.
  2. Hashtag adalah kumpulan rangkaian kata unik tertentu, namun menggabungkan terlalu banyak kata tidak akan efektif dalam tagar tersebut.
  3. Gunakan hashtag secara efisien dan efektif. Jika Anda terlalu banyak menggunakan tagar maka akan terlihat seperti spam dan menimbulkan persepsi negatif dari user.
  4. Pastikan akun media sosial Anda telah diatur publik sehingga akun Anda dapat diakses semua orang. Jika Anda mengatur akun menjadi private maka penggunaan tagar tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Dengan demikian, penggunaan tagar akan lebih efisien ketika Anda juga memperhatikan unsur-unsur penting dalam akun media sosial Anda. 

Baca Juga: 7 Cara FYP TikTok dengan Mudah dan Cepat 2022

Manfaat Penggunaan Hashtag 

Jika Anda berfikir kenapa banyak pengguna sosial media menggunakan hashtag tertentu dalam setiap postingannya, bahkan menggunakan lebih dari satu tagar dalam setiap postingan. Dengan demikian, adapun manfaat penggunaan tagar tersebut adalah sebagai berikut: 

  • Membangun Brand Awareness

Hashtag adalah suatu ikatan kata yang tergabung menjadi satu dengan simbol (#) namun mengandung makna tertentu yang mudah diingat oleh publik. Adanya penggunaan hashtag secara intens, maka akan membuat audiens menyadari pesan atau brand yang ingin Anda sampaikan.

Ketika Anda sedang mengeluarkan suatu produk baru maka penggunaan tagar dapat menjadi rekomendasi optimalisasi penggunaan sosial media Anda. Dengan demikian, melalui tagar tersebut kumpulan produk Anda akan terlihat dengan mudah oleh publik.

  • Membantu Menargetkan Audiens

Ketika Anda menggunakan hashtag, maka akan memudahkan orang-orang mencari produk maupun mengenal perusahaan Anda. Informasi spesifik mengenai perusahaan dan produk Anda akan dikenal sehingga Anda meningkatkan kemungkinan membangun transaksi dengan calon pelanggan.

  • Membantu Pengguna Sosial Media dengan Ketertarikan yang Sama

Hashtag adalah fitur yang dapat membantu pengguna sosial media untuk melakukan interaksi terhadap topik tertentu. Hal tersebut juga akan memudahkan pengguna sosial media untuk berinteraksi dengan pengguna yang memiliki ketertarikan yang sama. Dengan demikian, sebagai pemilik bisnis Anda juga bisa menganalisis perkembangan grup atau segmen pelanggan Anda dengan adanya fitur hashtag tersebut.

  • Meningkatkan Engagement dan CTR

Hashtag mampu membawa traffic yang lebih terhadap postingan Anda di sosial media. Hal tersebut tentu akan meningkatkan like, comment, dan share postingan Anda.

Selain itu, tagar akan meningkatkan kemungkinan click-through rate (CTR) atau iklan yang Anda pasang lebih dapat dijangkau dam mendapatkan atensi oleh pengguna. Dengan demikian, tagar adalah fitur yang tepat bagi Anda untuk menggunakan sosial media dalam meningkatkan engagement dengan pengguna. 

Baca Juga: Ukuran Gambar Postingan Twitter Feed, Story, Ads yang Umum Digunakan

Cara Menggunakan Hashtag

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana menggunakan tagar dengan baik sehingga hashtag yang Anda gunakan bermanfaat. Dengan demikian, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam membuat dan menggunakan tagar yakni sebagai berikut:

  • Temukan kata-kata yang unik yang menggambarkan bisnis Anda. Hashtag adalah suatu kata yang dapat menggambarkan tujuan dan nilai-nilai utama bisnis Anda. Dengan demikian, Anda bisa melakukan riset keyword untuk menemukan kata-kata unik yang dapat bersumber dari produk, lingkungan kerja, atau sesuatu unik yang menjadi daya nilai bisnis Anda.
  • Gunakan tagar secara reguler sesuai dengan postingan pada sosial media Anda. Sangat perlu bagi Anda mencantumkan tagar pada setiap caption postingan reguler Anda. Dengan demikian, akan memudahkan pengguna untuk melihat produk Anda yang serupa atau sebagai brand awareness untuk mengenalkan bisnis. 
  • Hashtag adalah rangkain kata yang dapat membuat bisnis Anda berani tampil berbeda untuk menangkap atensi publik. Pada dasarnya, setiap bisnis memiliki tagar tersendiri sehingga ketika Anda menggunakan hashtag yang tidak spesifik dan cenderung umum, maka tidak akan diingat oleh publik. Ketika Anda aktif menggunakan tagar yang unik dan berbeda dengan pesaing Anda, maka hal tersebut akan membuat bisnis Anda tampil berbeda sehingga mudah diingat oleh publik. 
  • Intens menggunakan tagar dengan baik. Hashtag adalah tools yang dapat Anda gunakan membangun citra merek bisnis Anda. Meskipun demikian, penggunaan tagar tidak hanya terbatas pada sosial media melainkan pada kegiatan lainnya. Misalkan ketika Anda mengadakan event tertentu maka Anda bisa menciptakan hashtag khusus untuk acara tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Followers Instagram untuk Bisnis Anda

Penutup

Sangat penting bagi Anda memaksimalkan segala sumber yang dapat diberdayakan dalam memaksimalkan bisnis Anda, salah satunya melalui hashtag . Meskipun tagar adalah hal yang simpel namun memiliki manfaat bagi Anda untuk mendatangkan traffic, engagement, brand awareness, dan meningkatkan CTR. Dengan demikian, ketika Anda memahami cara menggunakan tagar maka akan memudahkan Anda dalam mengoperasionalkan tagar sebagai upaya mencapai tujuan bisnis Anda. 

IDCloudHost merupakan penyedia layanan cloud hosting yang memiliki tujuan mendigitalisasikan Indonesia. Bersama IDCloudHost Anda dapat membangun website bisnis Anda yang mampu terintegrasi dengan sosial media dan kebutuhan lainnya dalam bisnis Anda.

Salah satu layanan yang diberikan IDCloudHost adalah dedicated server yang memungkinkan bisnis Anda memiliki layanan penyewaan server yang eksklusif secara pribadi. Dengan demikian, Anda memiliki keleluasaan untuk mengeksplorasi website, menyimpan berbagai data, dan membuat berbagai konten yang informatif dalam upaya meningkatkan brand awareness perusahaan Anda. 

Related Post :

popup image