Apa itu Ikhtisar : Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Cara Membuatnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Pernahkan anda mendengar tentang penulisan Ikhtisar?, jika pernah apakah anda tahu apa yang dilakukan seorang dalam penulisan ikhtisar? Inti pokoknya penulisan ikhtisar bisa mengemukakan inti maupun pokok dari masalah maupun problematika pemecahannya.

Dalam mengilustrasikan pada beberapa bagian maupun isi dari beberapa bab dan anda bisa menjelaskan masalah lebih actual maupun masalah yang utama sebelumnya, maka dari itu mengabaikan di bagian atau bab yang dirasa kurang penting. Supaya bisa membuat ikhtisar yang baik perlu mempelajari beberapa hal.

 

Pengertian Membuat Ikhtisar

 

Apa itu Ikhtisar : Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Cara Membuatnya
 

Sebelum membuat ikhtisar perlu mengetahui pengertiannya dulu, ikhtisar merupakan sebuah penyajian dengan singkat di suatu karangan, namun urutannya pada gagasan isi dari berbagai karangan asli dan tidak harus terus dipertahankan. Ikhtisar adalah bagian yang begitu menentukan sebuah teks, yang isinya tujuan inti pada sebuah karangan maupun tulisan. Kalau, dilihat menurut tujuannya hampir serupa dengan kesimpulan namun ikhtisar memiliki struktur yang beda

Ikhtisar beda dari ringkasan, kalau ringkasan harus mempertahankan urutasn dibagian isi daripada gagasan penulis. Maka, ikhtisar tidak harus mempertahankan urutan isi pada karangan aslinya. Jadi, intinya bentuk pada ikhtisan lebih bebas dari pada ringkasan. Pengertian dari ikhtisar menurut Kamus Besar Bahas Indonesia atau KBBI adalah pandangan dengan ringkas atau yang penting-penting saja.

Pengertian Ikhtisar dari Juhara merupakan salah satu penulisan dari pokok masalah penulisannya dan tidak diwajibkan untuk berurutan. Jadi, boleh menggunakankan dengan acak maupun juga disajikan pada bahasa pembuat ikhtisar dengan tidak mengubah tema isi pada sebuah wacana. Ciri-ciri pada sebuah ikhtisar yaitu :

 

  1. Membuat ikhtisar mempunyai tujuan dalam mengambilan inti daripada sebuah karangan.
  2. Ikhtisar bebar dalam menggabungkan kata dan tetap tidak menyimpang daripada inti.
  3. Urutan gagasan tidak butuh dipertahankan.
  4. Sebuah tulisan yang baru dan ditulis ulang inti pada sebuah gagasan teks.

 

Fungsi Membuat Ikhtisar

 

Apa itu Ikhtisar : Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Cara Membuatnya
 

Pentingnya membuat ikhtisar disebabkan karena kegunaannya juga manfaatnya bisa mengambil inti pokok dari ikhtisar. Maka, fungsi dari ikhtisar adalah :

  1. Membuat ikhtisar bisa digunakan untuk mengembangkan ekspresi juga menyimpan kata.
  2. Memahami serta mengetahui isi buku.
  3. Membimbing orang supaya bisa mengembangkan esensi dalam suatu konten.
  4. Menghemat kata.

Setelah melihat fungsi dari membuat ikhtisar ketahui juga struktur kebahasan ikhtisar, yaitu :

  1. Tidak harus mempertahankan dalam sebuah gagasan khusus.
  2. Bebas untuk menggabungkan kata, kuncinya tidak boleh menyimpang dari inti.
  3. Tujuan utamanya hanya untuk mengambil inti.

 

 

Baca Juga :  Kumpulan Situs Freelancer Terbaik dan Terlengkap di Indonesia 

 

Tujuan Membuat Ikhtisar

Membuat ikhtisar pasti ada tujuannya, tujuan dari ikhtisar adalah :

  1. Membuat ikhtisar guna ditempatkan di awal artikel dan digunakan sebagai penjelasan, namun dalam tinjauan umum bisa berdiri sendiri.
  2. Ikhtisar adalah bagian yang begitu penting sesuai dengan kesimpulan juga rekomendasi.

Ikhtisar yang dibuat selain mempunya tujuan pastinya juga mempunyai manfaat bagi pembuat atau pembaca, yaitu :

  1. Mempermudah pembaca supaya bisa menghafal maupun mengingat apa yang dibaca.
  2. Memudahkan untuk pembaca kapan bisa belajar dengan lebih efisien.

 

 

Baca Juga : Pengertian Software : Fungsi, Jenis, Spesifikasi dan Contoh Software 

 

Cara Dan Contoh Membuat Ikhtisar

Membuat ikhtisar tidak bisa dibuat begitu saja, ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan supaya ikhtisar yang dibuat bisa maksimal, yaitu :

 

  1. Membaca teks maupun naskah dengan keseluruhan
  2. Mencatat dibagian gagasan maupun ide utama yang penting dalam penggunaan kata-kata sendiri.
  3. Membuat susunan kerangka pada tulisan.
  4. Mulai menulis ikhtisar.
  5. Mengecek ulang gagasan asli dari tulisan tersebut.
  6. Melakukan koreksi kembali pada kesalahan bahasa.

 

Contoh dari Ikhtisar I

Tanggal 6 Agustus 1945 adalah peristiwa besar jatuhnya bom atom dan menewaskan kurang lebih 14.000 jiwa. Demi mengenang peristiwa bersejarah tersebut, setidaknya 50.000 orang telah berkumpul di Kota Hiroshima, di mana kota ini adalah tempat jatuhnya bom atom tersebut. Semua melepas burung dara serta mengheningkan cipta di hari peringatan.

Tanggal 9 Agustus 2001 Kota Nagasaki di Bom oleh Amerika Serikat dan menewaskan kurang lebih 70.000 jiwa. Pada peringatan tersebut dihadiri juga oleh Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi, dia meminta kepada dunia supaya bisa menghapus senjata nuklir.

Dari cerita yang disajikan di atas, pembuatan ikhtisar yang tepat adalah :

  1. Jatuhnya bom atom di Kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 membuat 14.000 jiwa tewas.
  2. Kota Nagasaki juga di bom Amerika Serikat pada tanggal 9 Agustus 2001 da 70.000 jiwa tewas.
  3. Jinichiro Koizumi, Perdana Menteri Jepang meminta kepada dunia supaya menghapus pemakaian nuklir.

 

Contoh ikhtisar II

Dua petenis dunia bersaudara, yakni Serena William juga Venus William. Mereka tampil di sebuah turnamen dunia, Serena keluar menjadi juara setelah berhasil mengalahkan Martina Hinggis. Serena dan Venus tampil sebagai ganda putri berhasil juga menjuarai turnamen pada seri grand slam Amerika Serikat terbuka pada tahun 1999.

Mereka berhasil mengalahkan pasangan dari Amerika/Prancis. Richard William begitu bangga dengan kedua anaknya dengan pencapaian yang luar biasa kedua anaknya sehingga bisa menjuarai turnamen tenis dunia.

Dari Cerita di atas bisa dibuatkan ikhtisar yang tepat, yaitu :

  1. Serena William dan Venus William begitu membanggakan ayah mereka, yakni Richard William.
  2. Serena berhasil mengalahkan Martina Hinggis di tunggal putrid.
  3. Serena dan Villiam berjuang dalam turnamen ganda putrid menjuarai grand slam Amerika Serikat terbuka.

Kesimpulan dari membuat ikhtisar dengan beberapa contoh di atas, bisa lebih disingkat dengan pemahaman bahwa ikhtisar bentuknya teks pendek, maka penulisannya juga harus memaki kalimat yang lebih efektif. Hal ini sesuai dengan definisinya pada KBBI yakni pemandangan ringkas. Dalam pembuatan ikhtisar tidak harus memperhatikan urutan di bagian teks asli. Dengan demikian, bisa dikatakan ikhtisar hanya membutuhkan peringkasan materi dalam sebuah teks sebelumnya.

 

 

Baca Juga : Cara Membuat Kuesioner Online Dengan Survey Monkey 

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam pembuatan Ikhtisar, seseorang harus membaca terlebih dulu semua teks aslinya tanpa meninggalkan satu bagian sedikit pun dan pembaca diharuskan membaca teks asli dengan jeli dan cermat. Ketika merilis ikhtisar, sebaiknya memperhatikan penulisan, sebab kalimat yang dipakai tidak boleh terlalu panjang. Kata lainnya, penulis sebaiknya dapat menulis kembali secara padat tanpa harus menghilangkan tema atau topic dalam teks asli tersebut. Setelah mengetahui penjelasan serta kesimpulan di atas, pastinya sedikit banyak sudah paham dengan tulisan ikhtisar.

Sebenarnya menulis ikhtisar itu tidak sulit, hanya membutuhkan keahlian dalam membaca dengan lebih cermat dan jeli. Sebab, jika membaca tidak dilakukan dengan jeli bisa jadi ada bagian atau part penting dalam teks yang tertinggal dan ini akan menyulitkan pembaca ketika pembuatan ikhtisar. Paling penting supaya membuat ikhtisar bisa lancar dan baik dan bisa merangkum keseluruan isi teks adalah harus ada keinginan untuk membaca yang cermat dan jeli terhadap suatu teks asli terlebih dulu dari pembuat ikhtisar. Sebab, jika tidak hobi membaca membuat ikhtisar pun juga akan sulit.

Related Post :

popup image