Mengenal Key Opinion Leader: Pengertian, Jenis dan Cara Memilih

Social Media Marketing / 0 | | 1

Marketing campaign merupakan strategi yang wajib dilakukan dalam bisnis. Banyak brand yang memproduksi produk dan melakukan kampanye marketing ini untuk menaikkan brand awareness. Selain itu, media sosial juga membantu terwujudnya target pasar yang dituju untuk menawarkan produk. Seperti Instagram dan Tiktok yang menjadi salah satu aplikasi yang saat ini populer digunakan untuk mempromosikan produk. Jika Anda aktif di media sosial, istilah Key Opinion Leader mungkin pernah Anda dengar. 

Tidak hanya di dukung dengan fitur khusus bisnis, Instagram dan Tiktok juga memiliki seseorang yang mempromosikan produk atau endorse yang disebut sebagai selebgram atau seleb tiktok. Sehingga melalui mereka produk dikenal lebih luas oleh audience. Tapi tahukah Anda itu adalah bagian dari Key Opinion Leader? Lantas apa sebenarnya KOL itu? Apa saja jenis dan bagaimana cara memilihnya agar sesuai dengan target bisnis?  Simak penjelasannya dibawah ini, ya!

Apa itu Key Opinion Leader?

apa itu key opinion leader

Key Opinion Leader atau KOL adalah seseorang yang memiliki pengaruh untuk memberikan serta menawarkan rekomendasi sebuah produk kepada audience. Seseorang ini biasanya dilihat dari personal brandingnya, skill komunikasi untuk menawarkan produk. Kemudian impact yang diberikan jika suatu produk dibeli oleh audience. Yang dikenal sebagai KOL adalah public figure atau seseorang yang ahli  bidang tertentu. 

Jika dikelompokkan KOL masuk dalam strategi pemasaran yang menggunakan software marketing automation agar strategi bisnis yang dijalankan lebih optimal. KOL bisa juga disebut bagian dari cara iklan produk yang menggunakan media sosial sebagai wadahnya. Contoh dari KOL adalah Chef renata yang mempromosikan sebuah kuliner khas indonesia. 

Perbedaan KOL dengan Influencer

perbedaan kol dan influencer

Meski sekilas terlihat sama ternyata KOL memiliki beberapa perbedaan dengan influencer. Ada beberapa perbedaan antara KOL dengan Influencer berikut ini:

  • KOL tidak bergantung pada media sosial sedangkan influencer sangat bergantung pada media sosial. Jadi KOL bisa saja menawarkan produk tanpa menggunakan media sosial,berbeda dengan influencer yang ingin menaikkan followersnya agar insight juga meningkat.
  • Influencer komunikasi dua arah sedangkan KOL hanya satu arah. Maksudnya adalah influencer sangat sering melalukan live atau tanya jawab saat mempromosikan produk kepada audience. Berbanding terbalik dengan KOL yang jarang sekali melakukan hal tersebut.
  • Jenis konten KOL cenderung tidak mengikuti hal viral sedangkan influencer mengikutinya. Jadi KOL lebih mengutamakan kualitas produk yang sesuai dengan keahliannya. Influencer mengikuti hal yang viral agar followers mereka tertarik untuk melihat produk yang ditawarkan.

Jenis-Jenis Key Opinion Leader

jenis-jenis key opinion leader

Setelah Anda mengetahui perbedaan KOL dengan influencer. Ternyata KOL memiliki berbagai jenis tingkatan sebagai berikut:

  • Nano Influencer 

Jenis Key Opinion Leader yang pertama adalah nano influencer. Dimana jenis ini dari segi jumlah pengikutnya tidak kurang dari 1.000 follower. Biasanya kategori ini baru akan merintis karirnya, namun impact terhadap brand tetap baik.

  • Micro Influencer

Jenis Key Opinion Leader yang kedua adalah micro influencer. Dimana jenis ini dari jumlah pengikutnya mulai dari 10.000 sampai 50.000 follower. Jika nano baru merintis karir dan beradaptasi dengan pengikutnya, maka kategori ini sudah memiliki hubungan yang lebih erat dengan pengikutnya.

  • Mid Tier Influencer

Jenis Key Opinion Leader yang ketiga adalah mid tier influencer. Dimana jenis ini dari jumlah pengikutnya 50.000 sampai 500.000 follower. Kategori ini sudah mulai dipercaya oleh pengikutnya.

  • Macro Influencer

Jenis Key Opinion Leader yang keempat adalah macro influencer. Dimana jenis ini dari jumlah pengikutnya 500.000 sampai 1.000.000 follower. Jika mid tier influencer mulai dipercaya oleh pengikutnya maka kategori yang ini sudah memiliki pengikut setia.

  • Mega Influencer 

Jenis Key Opinion Leader yang terakhir adalah mega influencer. Dimana jenis ini dari jumlah pengikutnya lebih dari 1.000.000 follower. Kategori ini pengikutnya sudah terbiasa untuk membeli produk yang ditawarkan.

Cara memilih Key Opinion Leader

cara memilih key opinion leader

Agar produk yang Anda ingin promosikan pada KOL mendapat respon yang positif dan berhasil menarik perhatian audience. Maka Anda harus memilih KOL yang berpotensi dapat menai

  • Relevan Terhadap Brand Anda

Cara pertama memilih Key Opinion Leader adalah tentukan brand anda dengan KOL yang sesuai. Misalnya Anda mengeluarkan produk makanan instan cepat saji tentu yang relevan dengan produk Anda adalah para chef. Diantara para chef yang Ada Anda harus memilih satu chef yang berkompeten untuk produk Anda

  • Memiliki Akun Media Sosial

Cara kedua memilih Key Opinion Leader adalah memiliki akun media sosial. Ini penting apalagi saat ini media sosial menjadi wadah untuk mempromosikan bisnis yang terbukti efektif. Usahakan memilih KOL yang tidak hanya memiliki satu media sosial, tetapi beragam media sosial agar bisa menjangkau berbagai audience dengan target yang berbeda.

  • Memiliki Banyak Pengikut

Cara ketiga memilih Key Opinion Leader adalah memiliki banyak pengikut. Follower atau pengikut ini adalah sasaran untuk mempromosikan sebuah produk. Sehingga pilihlah KOL yang punya banyak pengikut agar brand awareness dari produk yang ingin Anda promosikan meningkat. Kemudian pastikan pengikut tersebut bukan berasal dari akun fake ya.

  • Memiliki Reputasi Yang Baik

Cara terakhir memilih Key Opinion Leader adalah memiliki reputasi yang baik. KOL selain harus relevan,punya akun media sosial, serta punya banyak pengikut. Penting untuk melihat reputasinya yang nyata, jika KOL sudah memiliki reputasi yang baik maka brand awerness produk Anda akan meningkat dan audince menaruh kepercayaan pada produk tersebut.

Penutup

Itulah dia pengertian, jenis dan cara memilih KOL yang tepat untuk produk Anda. setiap cara yang telah kami jabarkan diatas, cobalah untuk mengikutinya dengan perlahan. Agar Anda tidak salah memilih Key Opinion Leader yang cocok untuk jenis produk Anda ya!

Related Post :

popup image