Plugin Sosial Media Terbaik di WordPress

Plugin Sosial Media Terbaik di WordPress

Apakah Anda memiliki website dan ingin ‘menyambungkan’ website Anda dengan media social? Jika iya, maka Anda mengunjungi website yang tepat! Karena pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai plugin social media terbaik yang bisa Anda gunakan di WordPress. Apa sih plugin social media itu? Apa kegunaannya? Dan yang paling penting, apa saja contoh-contoh plugin social media berserta kelebihan masing-masing dari plugin tersebut? Langsung saja kita bahas!

Apa Itu Plugin Social Media?

Sebelum berbicara mengenai plugin social media, mari bahas plugin lebih dulu. Plugin adalah tambahan perangkat lunak yang dipasang pada suatu program, untuk meningkatkan kemampuannya. Plugin digunakan pada situs web yang dibangun dengan sistem manajemen konten (CMS) seperti Bigcommerce, WordPress, Jooomla! dan Drupal.

Sedangkan plugin social media adalah tools yang memungkinkan pemilik web menampilkan widget ikon media social seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, dan Twitter. Fungsi utama dari plugin social media adalah untuk memungkinkan pembaca atau pengunjung untuk membagikan konten yang mereka sukai pada profil media sosial pribadi mereka.

Ada beragam jenis plugin social media berdasarkan tujuan untuk membagikan postingan konten Anda atau plugin media sosial yang bertujuan untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda memiliki media sosial, dan memungkinkan mereka untuk mengeklik dan mengikuti Anda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Engagement di Media Sosial

Plugin Social Media Terbaik

plugin sosial media

Setelah mengetahui pengertian dari plugin media sosial serta tujuannya. Selanjutnya kita akan bahas mengenai macam-macam social media plugin yang bisa Anda gunakan tergantung pada tujuannya, yaitu:

Easy Social Share Buttons for WordPress

Plugin social media WordPress yang pertama adalah easy social share buttons. Salah satu keunggulan dari easy social share buttons adalah plugin ini tidak membuat website menjadi lambat dan harganya hanya $19 saja. Plugin ini juga memiliki keunggulan seperti bisa melihat jumlah pengunjung yang membagikan postingan Anda ke sosial media, bisa membuat kutipan dari postingan dan membagikan kutipan tersebut ke media sosial dan menyediakan 1 tombol yang bila ditekan oleh pengunjung akan langsung berlangganan ke email website Anda..

Shareaholic

Plugin selanjutnya adalah shareholic yang dilengkapi dengan serangkaian fitur seperti tombol bagikan, postingan terkait, tombol ikuti, tombol persetujuan cookie, dan analisis. Kelebihan lain dari plugin ini adalah waktu loading time yang sebentar (+14 mili detik), lebih dari 100 media sosial yang bisa diintegrasikan, bermitra dengan google analytics secara resmi serta bisa mempermendek URL.

Super Socializer

Plugin social media di wordpress gratis selanjutnya adalah super socializer yang memiliki beberapa keunggulan seperti gratis (bayar $10 jika ingin menambahkan add ons) dan terhubung dengan 90 media sosial untuk fitur sharing. Super socializer juga membebaskan Anda untuk memilih fitur-fitur tambahan. Sebagai contoh, Anda dapat menempatkan tombol berlangganan MailChimp pada area login sosial Anda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Plugin Backup WordPress Terbaik

Social Media Flying Icons

Selanjutnya adalah plugin social media flying icons yang memiliki banyak variasi desain ikon media sosial. Anda bisa dengan mudah memilih desain ikon sesuai selera Anda, menggunakan desain kostumisasi serta mengatur urutan letak dan ukurannya.

FS Poster

FS Poster adalah plugin postingan otomatis media sosial yang memungkinkan Anda untuk menjadwalkan dan mempublikasikan secara otomatis blog Anda dari postingan WordPress ke 16 jaringan media sosial. FS Poster memungkinkan Anda untuk menjadwalkan dan mendistribusikan item-item yang dibuat lebih dahulu, seperti foto dan media lainnya, tanpa perlu membuat postingan di WordPress.

The Sumo Social Apps

Plugin selanjutnya adalah sumo social apps yang berfungsi sebagai sharing plugin, di mana tombol ‘share’ akan muncul di sebelah konten Anda. Keunggulan yang dimiliki seperti menyediakan pemasaran email (email marketing), sorot kutipan dan analisis.

Selain itu, sumo social apps juga memiliki tombol berbagi yang memiliki fitur pintar untuk menyorot tombol berbagai yang paling efektif. Misalnya, salah satu halaman Anda mungkin lebih banyak dibagikan di Facebook, jadi masuk akal untuk menempatkan tombol facebook di depan yang lain.

Kiwi Social Share

Selanjutnya adalah kiwi social share dikembangkan oleh tim di WPKube. Plugin social media ini memiliki kelebihan berupa tidak memperlambat website, support yang terus menerus dari tim developers, dan bisa menghitung jumlah share.

Social Pug

Social Pug adalah plugin selanjutnya yang dikembangkan oleh tim DevPups. Plugin ini ringan dan tidak akan memperlambat situs. Plugin ini juga memiliki fungsionalitas yang cukup untuk memberikan apa yang Anda butuhkan dibandingkan dengan plugin lain yang lebih besar. Selain itu, kelebihan plugin ini adalah UI dan ikon-ikonnya memiliki desain modern, fitur share counts dan versi premium yang menawarkan beberapa fitur lainnya.

Mashshare

Selanjutnya adalah Mashshare yang menjadi satu-satunya plugin social media WordPress dengan add-ons di mana Anda dapat memilih fitur yang Anda inginkan daripada membayar harga penuh untuk sekumpulan fitur yang mungkin tidak akan Anda gunakan. Kelebihan plugin ini adalah ada kode pendek yang memungkinkan Anda untuk menempatkan tombol media sosial di mana saja di situs web Anda. Jika Anda membutuhkan add-on, Anda bisa membayar harganya mulai dari $25.

Social Warfare

Social Warfare adalah plugin dari perusahaan Plugin Warfare. Alasan utama pengguna menyukai Social Warfare adalah karena tombol-tombolnya yang memiliki desain unik dan menarik. Keunikan dari plugin ini adalah harganya yang mulai dari $29/1 web per tahun. Harganya naik menjadi $125 per tahun untuk lima situs web dan $250 per tahun untuk 10 situs web

Instagram Feed

Plugin selanjutnya adalah plugin instagram feed yang sesuai namanya, berfokus pada instagram. Plugin ini adalah pilihan yang bagus untuk menambahkan ‘citra’ ke situs web Anda. Plugin ini juga memberikan gambaran kepada orang-orang tentang apa yang Anda bagikan di Instagram, sehingga mendorong orang untuk mengikuti Anda. Anda dapat menyesuaikan semuanya, mulai dari lebar hingga tinggi dan warna latar belakang hingga jarak gambar.

Social Locker For WordPress

Social Locker adalah plugin yang memiliki keunikan dimana konten tertentu yang Anda posting bisa dikunci dan tidak bisa dilihat oleh orang lain kecuali mereka telah melakukan sesuatu. Sebagai contoh, pengunjung mungkin menge-tweet sesuatu atau menyukai Anda di Facebook lebih dulu kemudian baru postingan blog bisa dilihat oleh pengunjung tersebut.

Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons (Ultimate Sharing)

Plugin yang ini memiliki nama yang cukup panjang, tetapi cukup sederhana dan intuitif untuk menjadi plugin media sosial utama Anda. Plugin ini menyertakan tombol-tombol sosial untuk menautkan ke akun-akun media sosial Anda dan mengajak orang-orang untuk membagikan artikel dan laman Anda.

Novashare

Seperti plugin media sosial yang lain, Novashare adalah salah satu plugin social media jika ingin menikmati fitur premium, Anda harus membayar sebanyak $29.95. Plugin ini sangat ringan, hanya 5 KB di frontend dan menggunakan ikon SVG sebaris (tidak ada pustaka pihak ketiga).

Revive Social (ROld Post and Revive Network)

Revive Social adalah sebuah perusahaan dengan dua plugin yang menarik. Salah satunya disebut Revive Old Post, yang secara otomatis membagikan beberapa konten lama Anda ke jejaring sosial. Selanjutnya adalah Revive Network, yang menarik artikel-artikel menarik dari sumber-sumber berita dan blog lain, dan secara otomatis membagikannya ke laman-laman sosial Anda.

Baca Juga: 5 Alasan Memilih Promosi Melalui Sosial Media

Penutup

Nah, itu dia adalah macam-macam plugin social media yang bisa Anda gunakan. Tentu dalam penggunaannya, Anda harus ingat untuk memilih plugin yang sesuai berdasarkan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membuat website Instan untuk dicantumkan ke media sosial Anda, jangan khawatir! Ada Website Instant IDCloudHost yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Mulai dari harga Rp5.000/bulan, Anda bisa memiliki website Instan dengan ratusan template menarik yang bisa Anda pilih!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update