Apa itu Kredit Tanpa Agunan : Pengertian, Tujuan, dan Syaratnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Kebutuhan manusia terus mengalami kenaikan dari ke waktu. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri lagi jika kebutuhan akan terus bertambah karena disebabkan faktor-faktor tertentu. Seperti sepasang suami istri yang baru saja menikah, mereka harus menyiapkan rencana-rencana finansial di masa depan, misalnya biaya kebutuhan rumah, biaya untuk anak, dan masih banyak lagi. Jika dilihat lebih seksama ternyata kebutuhan manusia tidak akan pernah habis sebab semakin besar kebutuhan manusia maka geliat ekonomi akan terus berkembang.

Kebutuhan ada banyak sekali kadang pendapatan yang kita miliki itu kurang untuk memenuhinya. Padahal semua kebutuhan yang harus dicukupi tersebut sangatlah penting. Bagi kalian yang memiliki asset seperti rumah atau mobil, mungkin bisa dijadikan agunan ke bank, namun, kalau tidak mempunyainya bagaimana? Tenang saja masih ada solusi bagi kamu yang ingin meminjam tanpa harus mengeluarkan jaminan, yaitu dengan Kredit Tanpa Agunan atau sering disingkat KTA. Kredit Tanpa Agunan merupakan pinjaman yang banyak diincar oleh kreditur bank untuk menyelesaikan masalah mereka tentang kebutuhan yang semakin banyak.

KTA dapat menjawab masalah yang menimpa oleh kalian, Produk jenis ini memiliki banyak keunggulan yang bisa membantu masalah pendanaan kalian. Sebenarnya apa itu Kredit Tanpa Agunan? Produk ini adalah pinjaman bank yang diberikan bank kepada nasabah tanpa meminta agunan atau jaminan. Nah, setelah mendengar penjelasan singkat tersebut kalian tertarik untuk menggunakan KTA? Jika iya tepat sekali pada artikel akan dibahas mengenai pengertian dari KTA. Tujuannya, hingga syarat-syaratnya.

 

Mengenal Pengertian Kredit Tanpa Agunan

Apa itu kredit tanpa agunan? Mungkin pertanyaan akan terbesit dari pikiran kalian jika baru pertama kali mendengarnya. Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi salah satu dari sekian produk perbankan yang diminati oleh banyak calon pemohon kredit. Banyak Bank di negara kita yang menawarkan produk KTA sebagai salah satu produk unggulan untuk memberikan pinjaman kepada nasabahnya atau kreditor sehingga suku bunga KTA di Indonesia bisa semakin kompetitif. Lantas apa yang dimaksud dengan Kredit Tanpa Agunan?

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah pinjaman dana tunai pribadi yang diberikan oleh Bank kepada debitur tanpa adanya jaminan atau agunan atas pinjaman tersebut. Jadi, bagi kalian yang memiliki asset atau tidak memiliki aset bisa mencoba produk ini. Namun, periode pelunasan KTA ini lebih pendek dibandingkan dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Pada umumnya di Indonesia jangka waktu yang diberikan oleh Bak untuk penulisan berkisar antara 3 sampai dengan 5 tahun dengan minimal pinjaman sebesar 5 juta rupiah hingga maksimumnya 300 juta rupiah.

Banyak sekali manfaat yang dapat didapatkan dari pengajuan KTA ini. Pada umumnya KTA diajukan oleh pengusaha kecil atau UMKM yang pinjamannya dialokasikan untuk kebutuhan operasional, namun tenang saja kalian yang mempunyai kebutuhan pribadi juga bisa mengajukannya. Kalian bisa mengajukannya untuk kepentingan renovasi rumah, menambah perabotan rumah, atau pengeluaran yang tidak terdukan seperti kesehatan dan perbaikan kendaraan pribadi yang membutuhkan biaya yang cukup banyak. 

Kalian yang memiliki hutang terhadap beberapa kartu kredit juga bisa menggunakan KTA. Produk ini bisa dijadikan solusi untuk mengonsolidasi hutang beberapa kartu kredit sehingga kalian nantinya hanya perlu membayar tagihan setiap bulannya. Kebutuhan lainnya seperti kebutuhan non produktif yang mencakup biaya pendidikan, biaya libur ke luar negeri, biaya pernikahan, kalian juga bisa memanfaatkan KTA.  

Baca Juga :   Daftar Pinjaman Online (Fintech) Terpercaya dan Sudah diverifikasi OJK di tahun 2020

 

Keunggulan dan Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

 

Apakah kalian sudah mulai tertarik untuk menggunakan KTA ini namun sebelum memakainya kalian juga harus mempertimbangkan kekurangan dari KTA. Seperti produk atau layanan pada umumnya tida melulu memiliki keistimewaan namun juga ada kekurangannya. Mengetahui kekurangan KTA merupakan hal wajib karena hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai keunggulan dan kekurangan Kredit Tanpa Agunan agar bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan kalian

 

  • Keunggulan Kredit Tanpa Agunan

    • Tidak adanya syarat jaminan atau agunan
    • Proses cepat pada waktu kurang lebih 1-14 hari kerja sesuai dengan ketentuan bank
    • Pencairan mudah bisa diberikan secara tunai atau transfer rekening
    • Suku bunga kompetitif
    • Pembayar kredit mudah bisa dilakukan di ATM, Transfer antar Bank, hingga Auto Debit
    • Beberapa Bank menghadirkan fitur asuransi untuk KTA

 

  • Kekurangan Kredit Tanpa Agunan

    • Bunga KTA relatif tinggi
    • Harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu
    • Masa Tenor relatif pendek
    • Jumlah Pinjaman lebih kecil
    • Denda bila gagal membayar angsuran

 

Persyaratan Kredit Tanpa Agunan

 

Apakah setelah melihat dari kekurangan dan keunggulan diatas kalian sudah bisa mempertimbangkan untuk mengambil KTA atau tidak? Jika iya maka pada bagian selanjutnya akan dibahas mengenai persyaratan apa saja yang harus disiapkan untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan. Pihak Bank akan melakukan proses verifikasi data dari pemohon kredit tanpa agunan sebelum memberikan dana pinjaman. Berikut adalah persyaratan-persyaratan umum dari pihak bank untuk pengajuan kredit tanpa agunan.

  • Usia Minimum 21 tahun
  • Usia Maksimum 65 tahun
  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki Penghasilan Minimum Rp 5 juta
  • Memiliki kartu kredit dengan umur minimal 1 tahun kepemilikan

 

Selanjutnya pada tahap proses pengajuan formulir aplikasi kartu kredit tanpa agunan, kalian juga harus melengkapi dokumen-dokumen sebagai berikut.

  • Fotokopi KTP/Paspor
  • Fotokopi Rekening Tabungan
  • Fotokopi NPWP
  • Slip Gaji
  • Fotokopi Kartu Kredit Bagian depan

Baca Juga :  Kartu Kredit Pengertian, Fungsi, Cara Bayar, dan Cara Membuatnya

 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajukan KTA

Ada beberapa hal yang harus diperhaikan oleh pemohon kredit dalam mengajukan KTA, yaitu mulai dari penilaian kredit pribadi. Tingkatkan penilaian kredit milik kalian dengan membayar tagihan kartu kredit secara disipilin dan tepat waktu. Riwayat pembayaran dan jumlah hutang dari nilai kredit kalian meningkatkan faktor untuk mendapatkan KTA. Selain itu, buat daftar seluruh pinjaman kalian saat ini. Kumpulkan dan catat semua bukti tentang rekening bank kalian, yang terpenting adalah saldo dan aset lainnya.

Tambahan yang terakhir adalah cari dan pilih bank KTA yang sudah berpengalaman. Hindari untuk memilih tempat yang tidak atau belum memiliki kredibilitas dan menjanjikan kecepatan dalam pecairan biasanya mereka bersedia memberikan KTA dengan tenor pendek namun memberikan suku bungan yang sangat tinggi. Jangan membatasi pencarian anda mengenai pemberi KTA yang dirasa cocok dan tepat.

 

Kesimpulan dan Penutup

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Kredit Tanpa Agunan, apakah kalian mulai mempertimbangkan untuk mencoba produk kredit ini? Memang tidak bisa dipungkiri jika banyak sekali yang mengincar produk ini sebab banyak sekali keuntungan menggiurkan yang bisa di dapat mulai dari suku bunga yang kompetitif, banyak bank yang menawarkan, kemudahan dalam pengajuan, dan masih banyak lagi. Selain itu, kebutuhan yang terus meningkat tidak bisa dibohongi

Namun sebelum mengajukan Kredit Tanpa Agunan kalian wajib mengetahui hal-hal wajib seperti apa yang harus diketahui mulai dari kekurangannya, hal ini penting agar kalian bisa mengatasi hal-hal buruk yang mungkin terjadi di masa depan. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah persyaratan apa saja yang harus dipenuhi. Hal ini juga penting karena persyaratanlah yang membuat bank menyetujui kalian menerima KTA atau tidak. Demikianlah artikel mengenai apa itu kredit tanpa agunan, tujuannya, hingga persyaratannya.

Related Post :

popup image