logo Apa Itu Market Share? Formula dan Cara Meningkatkan Market Share - IDCloudHost

Apa Itu Market Share? Formula dan Cara Meningkatkan Market Share

Apa Itu Market Share? Formula dan Cara Meningkatkan Market Share

Sebagai pebisnis mengetahui kondisi pasar adalah hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan di dalam pasar terdapat pembeli dan kompetitor yang menjadi komponen yang sangat berpengaruh dalam bisnis yang sedang dijalankan. 

Pernahkah Anda berfikir bagaimana kekuatan bisnis Anda di dalam pasar? Apakah bisnis Anda memiliki pengaruh yang kuat didalam pasar atau sebaliknya? Mengetahui kekuatan di dalam pasar maka dapat menjadi strategi bagi Anda untuk menambah kekuatan di pasar. Dengan demikian, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai market share serta dampaknya terhadap bisnis. 

Apa Itu Market Share?Apa Itu Market Share Formula dan Cara Meningkatkan Market Share

Market share merujuk kepada persentase suatu perusahaan terhadap seluruh penjualan atau industri dimana perusahaan tersebut beroperasi. Dengan kata lain, market share adalah persentase penjualan perusahaan yang dibandingkan dengan industri dalam pasar secara keseluruhan. 

Untuk memudahkan pemahaman Anda maka perhatikan contoh berikut!

Misalnya seorang konsumen membeli 1.000 baju yang 700-nya berasal dari perusahaan A, 200-nya berasal dari perusahaan B, dan 100-nya berasal dari perusahaan C. Dengan demikian, perusahaan A memiliki market share sebesar 70%, perusahaan B sebesar 20%, dan perusahaan C sebesar 10%. 

Market Share Sebagai Metrik Dalam Kesuksesan

Apa Itu Market Share Formula dan Cara Meningkatkan Market Share

Market share dapat dijadikan sebagai metrik dalam standar kesuksesan dalam suatu bisnis. Dengan demikian, hal-hal yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Perlu mempertimbangkan kondisi pasar secara keseluruhan

Hal tersebut dikarenakan meskipun Anda adalah penguasa pangsa pasar dalam satu pasar bukan berarti Anda merupakan penguasa pangsa pasar pada pasar yang lainnya.

Misalnya Anda penguasa pasar tekstil di Indonesia namun belum tentu bisnis Anda menguasai pasar Asia Tenggara. Dengan demikian, sangat perlu melihat pasar secara keseluruhan dalam mengukur kesuksesan.

  • Perlu mempertimbangkan pertumbuhan bisnis

Sebuah perusahaan yang memiliki pangsa pasar atau market share yang kecil bukan berarti perusahaan tersebut tidak bisa bertumbuh. Dengan demikian, sangat penting memperhatikan sales growth sehingga suatu perusahaan dengan market share kecil namun bisa saja memiliki pertumbuhan yang lebih besar daripada perusahaan yang memiliki market share besar. 

  • Mempertimbangkan faktor lain

Meskipun market share dapat dijadikan salah satu faktor untuk mengetahui tingkat kesuksesan bisnis, Anda perlu juga mengetahui faktor lainnya seperti tingkat keuntungan, kepuasan konsumen, dan sebagainya. 

Selain metrik kesuksesan di atas, Anda juga perlu mengetahui empat tipe orientasi perusahaan dalam suatu pasar yakni sebagai berikut:

  • Market leader

Market leader adalah sebuah perusahaan yang memiliki market share terbesar di dalam pasar

  • Market challenger

Market challenger adalah perusahaan yang berada pada peringkat kedua dalam menguasai pangsa pasar dan berusaha menjadi market leader

  • Market follower

Market follower adalah perusahaan yang pangsa pasarnya berapa di bawah market leader dan market challenger. Market follower juga diidentifikasi sebagai pengikut trend yang diciptakan para penguasa pasar

  • Market nicher

Market nicher adalah perusahaan yang memiliki market share yang kecil namun memiliki target pasar yang lebih spesifik dari niche tertentu. 

Cara Meningkatkan Market Share

Apa Itu Market Share Formula dan Cara Meningkatkan Market Share

Market share dapat menjadi evaluasi bagi perusahaan untuk mengetahui baik atau tidaknya perkembangannya dalam bisnis. Lebih lanjut, menjadi pemimpin pasar juga dapat membuat merek Anda kuat pada pasar. Dengan demikian, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan market share:

  • Penggunaan teknologi baru

Untuk menonjol dengan pesaing lainnya, Anda bisa meluncurkan suatu fitur yang inovatif atau penggunaan teknologi baru yang modern. Hal tersebut selain memberikan dampak terhadap tingkat efisien suatu perusahaan namun juga akan menjadi penarik bagi konsumen untuk berbelanja terhadap brand Anda. 

  • Tingkatkan kualitas

Dengan meningkatkan kualitas produk akan meningkatkan kepuasan konsumen. Hal tersebut juga akan menambah pengalaman konsumen dengan produk yang ditawarkan. 

  • Menjaga hubungan dengan pelanggan

Dalam meningkatkan market share, maka menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah hal yang penting. Hubungan dengan pelanggan tidak hanya sebatas bertransaksi melainkan membuat pelanggan merasa menjadi bagian dari perusahaan. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan membuat komunitas, membangun komunikasi yang baik, dan sebagainya.

  • Target audience baru

Menargetkan audience baru merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk ekspansi pasar. Anda bisa melakukan identifikasi audience baru berdasarkan berbagai faktor seperti usia, kondisi demografi, kebutuhan, dan sebagainya. 

  • Aktif melakukan promosi

Adanya promosi akan meningkat pengetahuan konsumen mengenai merek dan produk yang ditawarkan. Promosi merupakan salah satu jalan meningkatkan market share karena akan menarik konsumen untuk melakukan pembelian. 

  • Menurun harga

Harga merupakan salah satu indikator yang penting bagi konsumen. Ketika Anda menurunkan harga atau memberikan diskon, maka akan menjadi hal yang menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Meskipun hal ini akan berpengaruh terhadap pendapatan Anda, namun jika berkaitan dengan pangsa pasar dan hubungan relasi dengan pelanggan maka akan menjadi keuntungan dalam jangka panjang. 

  • Pekerjakan tenaga kerja yang berkualitas

Memiliki tenaga kerja yang berkualitas akan memberikan ide yang kreatif dan inovatif. Tenaga kerja yang terampil juga akan membantu hubungan perusahaan dengan pelanggan. Lebih lanjut, pelanggan sering berhubungan dengan pekerja sehingga menjadikannya sebagai bahan penilaian utama. Dengan demikian, memberikan pelatihan dan menyaring pekerja yang berkualitas menjadi hal penting. 

Penutup 

Market share adalah perbandingan yang dapat menunjukkan kondisi suatu perusahaan didalam perusahaan. Pada dasarnya, setiap bisnis ingin dikenal dan mendapatkan atensi dari pelanggan. Lebih lanjut, pangsa pasar juga dapat dijadikan bahan evaluasi perusahaan dengan kompetitor pasar. Dengan demikian, meningkatkan pangsa pasar menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan. 

Demikianlah artikel mengenai market share, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat bagi Anda khususnya yang sedang pengembangkan pasar pasarnya. Salah satu promosi untuk meningkatkan pangsa pasar adalah dengan website.

Memiliki website yang berkualitas akan membantu ekspansi bisnis Anda dalam meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Cloud VPS adalah layanan yang memberikan pelayanan penyewaan server terhadap operasional pengembangan website Anda.  Dengan demikian, pastikan Anda memiliki space yang terjangkau dalam mengembangkan website yang berkualitas!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image