Mengenal Niche Market: Manfaat dan Cara Menentukannya

Marketing, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Dengan kemudahan dalam menjalankan bisnis seperti sekarang, semakin banyak orang yang tergerak untuk memulai usaha sendiri untuk mencari penghasilan. Apakah Anda adalah salah satunya? Jika iya, maka Anda wajib mengetahui niche market agar bisnis Anda unik dibandingkan yang lainnya. 

Sebenarnya, apa itu niche market? Kenapa memahami niche market sangat penting bagi bisnis? Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui segala hal tentang niche market lebih dalam. Mulai dari pengertian, contoh, manfaat, hingga cara menentukannya untuk bisnis Anda. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya. 

Baca Juga: Mengenal Red Ocean Strategy vs Blue Ocean Strategy

Apa Itu Niche Market?

Niche market adalah segmen yang memiliki jumlah peminat terbatas dan preferensi khusus. Biasanya niche market disebut sebagai niche saja. Bisa dibilang niche adalah ceruk pasar atau bagian spesifik dari target market Anda.

Agar lebih mudah memahaminya, kita akan menggunakan contoh. Misalnya, Anda adalah seorang freelancer di bidang desain grafis dan ilustrasi. Namun, orang yang menjual jasa desain dan ilustrasi secara umum sudah banyak sekali, bukan?

Anda kemudian memilih mengkhususkan diri untuk menawarkan jasa membuat banner youtube untuk para VTuber. Hal inilah yang dimaksud dengan niche market. Di mana Anda menemukan pasar baru yang memiliki konsumen dengan spesifikasi kebutuhan dan prefensi tersendiri. 

Dengan memiliki niche ini, Anda lebih mudah dikenal di kalangan komunitas VTuber (Virtual Youtuber). Hal ini tentunya membuat Anda lebih mudah menarik perhatian mereka dan mendapatkan konsumen-konsumen yang loyal. 

Selain preferensi, niche juga dapat ditentukan dengan melihat beberapa aspek dari target market Anda, seperti usia, pendidikan, pekerjaan, gender, domisili, hobi, dan lain-lain. 

Baca Juga: 5+ Website Belajar Digital Marketing Online Gratis 2022

Manfaat Niche Market

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, niche market merupakan segmentasi yang lebih spesifik dari industri yang Anda geluti. Kenapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan niche market? Ternyata niche memiliki beberapa manfaat untuk bisnis Anda, lho. Berikut penjelasan selengkapnya. 

  1. Lebih Mudah Dikenal

Dengan berfokus pada niche, bisnis Anda akan memiliki nilai keunikan tersendiri dan membuatnya mudah dikenali. Para konsumen yang sesuai denga niche tersebut akan menjadikan Anda rujukan dalam komunitas yang berhubungan dengan niche market yang Anda gunakan. 

  1. Bisnis Jadi Lebih Fokus

Bisnis yang menggunakan niche tertentu juga membuat Anda lebih mudah untuk mengembangkan produk dan layanan yang Anda sediakan. Anda tak perlu bingung karena sudah punya segmentasi pasar tersendiri yang menjadi konsumen loyal Anda. Tentu saja Anda lebih mudah memahami preferensi konsumen dan kebutuhan mereka. 

Hal ini akan sangat membantu Anda dalam berbisnis. Karena ketika ingin menambah variasi produk, Anda tinggal mencari tahu apa yang dibutuhkan konsumen-konsumen Anda. Dengan memfokuskan bisnis pada niche tertentu, Anda akan dinilai lebih kredibel dalam niche tersebut. 

  1. Meminimalisir Persaingan

Manfaat niche berikutnya adalah mengurangi persaingan. Dengan memfokuskan produk pada satu niche, Anda jadi tidak perlu bersaing dengan bisnis lain yang ada di mass market (umum). 

Karena usaha Anda menyediakan produk atau jasa yang spesifik, hal itu akan menjadi keunggulan Anda yang sulit untuk ditiru kompetitor. Keunggulan itu membuat bisnis Anda terpisah dari kompetisi yang ketat di industri yang lebih umum. 

  1. Mendapatkan Konsumen Loyal

Manfaat niche market lainnya adalah lebih mudah bagi bisnis Anda untuk menarik hati konsumen. Dengan menyasar target pasar yang spesifik, mengurangi kompetitor, dan menawarkan produk yang betul-betul relevan dengan mereka, konsumen yang menikmati produk dan layanan Anda pasti merasa puas. 

Mereka akan merasa produk Anda benar-benar bermanfaat untuk mereka, dan akan melakukan pembelian berulang. Konsumen ini kemudian akan menjadi loyal kepada bisnis Anda dan dapat merekomendasikan Anda pada orang-orang terdekatnya yang sesuai dengan niche Anda tersebut. 

Baca Juga: 5 Jenis Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

Cara Menentukan Niche Market

Setelah memahami pengertian dan manfaat niche market, Anda mungkin tertarik untuk menggunakannya dalam bisnis Anda. Memiliki niche akan membuat bisnis lebih fokus dan spesifik, tapi bagaimana cara menentukannya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini, ya. 

  1. Perhatikan Kebutuhan Pelanggan

Ketika memutuskan untuk memulai sebuah bisnis, Anda pasti sudah memiliki minat pada bidang bisnis tersebut. Misalnya, Anda memulai bisnis kuliner pasti karena suka dan memiliki kemampuan memasak. Atau bisnis pakaian wanita, karena Anda menyukai dunia fashion. Setelah memahami minat Anda sendiri, dalam menentukan niche market Anda juga harus bisa mengetahui kebutuhan pelanggan. 

Identifikasi siapa saja yang kira-kira menjadi target market Anda. Kemudian, lihatlah apa saja permasalahan yang dialami oleh pelanggan dalam segmen tertentu dari target market itu. Anda bisa mendapatkan informasi ini melalui riset pasar yang mumpuni. 

  1. Riset Kompetitor

Setelah mengetahui target pasar dan kebutuhannya, Anda harus melakuan riset kompetitor dalam menentukan niche market. Hal ini penting untuk mengetahui seketat apa kompetisi yang nantinya akan Anda hadapi. 

Ada banyak cara untuk melakukan riset kompetitor, Anda bisa melihat bisnis serupa di sekitar Anda, atau menelusurinya lewat mesin pencari dan media sosial. Lihatlah peluang Anda untuk masuk dalam kompetisi tersebut. 

Akan lebih baik kalau belum ada kompetitor yang bergerak di niche yang sama dengan Anda. Jika ada, carilah kelemahan dan kelebihannya sebagai referensi untuk mengembangkan produk dan layanan Anda. 

  1. Tes Pasar 

Cara menentukan niche market selanjutnya adalah dengan melakukan tes pasar. Cobalah untuk menjajakan produk sesuai niche tersebut sebagai variasi tambahan, kemudian lihat perkembangan dari bisnis Anda. 

Apakah banyak peminatnya? Jika iya, Anda bisa melanjutkannya. Namun, jika produk sesuai niche itu kurang sukses, Anda bisa mengevaluasinya kembali atau mencari niche yang lebih besar peluangnya. 

Baca Juga: Cara Membuat Marketing Plan dengan Mudah

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang niche market. Mulai dari pengertian, manfaat, hinga cara menentukannya. Bagi seorang pebisnis, pemahaman tentang niche sangat penting untuk menargetkan konsumen tertentu, lho.

Setelah menentukan niche yang tepat, Anda bisa mulai memasarkan produk Anda. Salah satu caranya adalah melalui website toko online yang bisa Anda bangun menggunakan layanan WordPress Hosting IDCloudHost. Membangun website jadi lebih cepat dan mudah tanpa koding, dengan harga mulai dari Rp. 5000,-/bulan!

Related Post :

popup image