Apa itu Motheboard : Fungsi, Bagian, Spesifikasi dan Contohnya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Dalam dunia teknologi konsumen, kata motherboard banyak dilontarkan, terutama ketika berbicara tentang merek seperti Asus dan Intel. Tapi apakah motherboard itu? Kedengarannya sangat penting bagi suatu perangkat komputer. Jika Anda menganggap komputer Anda sebagai tubuh, CPU akan menjadi otak sedangkan motherboard akan menjadi jantung.

Dari sinilah motherboard akan bertanggung jawab atas perutean daya, yang membantu mengkoordinasikan cara semua komponen CPU bekerja satu sama lain. Perhatikan bahwa ini tidak sama dengan CPU, yang mana semua komputasi dilakukan. Sebaliknya, Motherboard hanya mengatur perhitungan ini dan hasil dari semua perhitungan tersebut..

Meskipun tidak memiliki banyak daya, tidak ada hal lain yang dapat berfungsi tanpa motherboard, itulah sebabnya mengapa ini dianggap sangat penting. Motherboard menjadi pusat segala yang berkerja di dalam sebuah PC atau laptop yang membuatnya dapat berfungsi. Berikut hal lain yang perlu Anda ketahui mengenai apa itu motherboard, fungsi, bagian, spesifikasi dan contohnya dibawah ini.

 

Mengenal Apa Itu Motherboard

Apa itu Motheboard : Fungsi, Bagian, Spesifikasi dan Contohnya
 

 

Motherboard menyediakan konektivitas antara komponen perangkat keras komputer, seperti prosesor (CPU), memori (RAM), hard drive, dan kartu video. Ada beberapa jenis motherboard, yang dirancang agar sesuai dengan jenis dan ukuran komputer yang berbeda. Setiap jenis motherboard dirancang untuk bekerja dengan jenis prosesor dan memori tertentu, sehingga mereka tidak bekerja dengan setiap prosesor dan jenis memori. Namun, hard drive sebagian besar bersifat universal dan berfungsi dengan sebagian besar motherboard, apa pun jenis atau mereknya.

Sejatinya sebuah Motherboard adalah salah satu bagian terpenting dari sistem komputer yang berfungsi untuk menyatukan banyak komponen penting dari sebuah komputer, termasuk unit pemrosesan pusat (CPU), memori dan konektor untuk perangkat input dan output. Basis motherboard terdiri dari lembaran bahan non-konduktif yang sangat kokoh, biasanya semacam plastik kaku. Lapisan tipis tembaga atau aluminium foil, disebut sebagai jejak, dicetak di atas lembaran ini. Jejak ini sangat sempit dan membentuk sirkuit antara berbagai komponen. Selain sirkuit, sebuah motherboard berisi sejumlah soket dan slot untuk menghubungkan komponen lainnya.

 

Fungsi dan Cara Kerja Motherboard

Ada beberapa desain motherboard dan faktor bentuk yang berbeda, yang telah diperbarui selama bertahun-tahun untuk perangkat yang berbeda dan teknologi yang terus berkembang. Namun, semua motherboard memiliki beberapa kesamaan. Semuanya memiliki sirkuit yang digunakan untuk mengkoordinasikan proses komputer dan heat sink untuk menyerap dan mengarahkan panas agar motherboard tetap dingin selama digunakan. Sebagian besar memiliki sumber tenaga sekunder juga.

Hal utama yang akan Anda perhatikan saat melihat motherboard apa pun adalah motherboard ini memiliki banyak slot dan koneksi. Karena semuanya di rutekan melalui motherboard, hampir semua komponen komputer memerlukan kontak fisik. Itu termasuk daya utama, CPU, slot RAM, USB, PCI, kartu video dan suara, dan slot ekspansi. Jika Anda menggunakan mouse nirkabel atau keyboard eksternal, mereka memiliki koneksi bersama dengan aksesori penting lainnya yang mungkin Anda inginkan. Kegunaan ini adalah alasan mengapa motherboard tampak seperti lingkaran konektor – itulah fungsi utamanya.

Seiring waktu, port pada motherboard cenderung berubah berdasarkan tuntutan teknologi saat ini. Inilah sebabnya mengapa motherboard lama mungkin memiliki banyak port yang tidak berfungsi untuk koneksi yang sudah usang. Namun, pada dasarnya mencatat dua koneksi penting, khususnya koneksi ke CPU dan koneksi ke fungsi daya (I / O). Biasanya dianggap sebagai dua koneksi motherboard paling penting, CPU dan daya membentuk tulang punggung sirkuit. Bersama-sama, keduanya disebut chipset dan manajemen inti daya dan pemrosesan untuk semua tugas.

 

Baca Juga  :       Update Harga Lisensi cPanel dan Dampaknya Untuk Layanan Hosting Anda

 

Bagian dan Spesifikasi Motherboard

Jika Anda membuka komputer dan mengeluarkan motherboard, Anda mungkin akan bingung tentang semua bagian yang berbeda. Untuk dapat memahami cara kerja komputer, Anda tidak perlu mengetahui setiap bagian motherboard. Namun, ada baiknya untuk mengetahui beberapa bagian yang lebih penting dan bagaimana motherboard menghubungkan berbagai bagian sistem komputer secara bersamaan. Berikut ini beberapa bagian tipikal yang biasa didapati dari sebuah motherboard :

 

  • Soket CPU yang sebenarnya langsung disolder ke soket. Karena CPU berkecepatan tinggi menghasilkan banyak panas, ada heat sink dan titik pemasangan untuk kipas tepat di sebelah soket CPU.
  • Konektor daya untuk mendistribusikan daya ke CPU dan komponen lainnya.
  • Slot untuk memori utama sistem, biasanya dalam bentuk chip DRAM.
  • Sebuah chip membentuk antarmuka antara CPU, memori utama, dan komponen lainnya. Pada banyak jenis motherboard, ini disebut sebagai Northbridge. Chip ini juga berisi heat sink yang besar.
  • Chip kedua mengontrol fungsi input dan output (I / O). Itu tidak terhubung langsung ke CPU tetapi ke Northbridge. Pengontrol I / O ini disebut sebagai Southbridge. Gabungan Northbridge dan Southbridge disebut sebagai chipset.
  • Beberapa konektor, yang menyediakan antarmuka fisik antara perangkat input dan output dan motherboard. Southbridge menangani hubungan ini.
  • Slot untuk satu atau lebih hard drive untuk menyimpan file. Jenis sambungan yang paling umum adalah Integrated Drive Electronics (IDE) dan Serial Advanced Technology Attachment (SATA).
  • Chip memori hanya-baca (ROM), yang berisi firmware, atau petunjuk pengaktifan untuk sistem komputer. Ini juga disebut BIOS.
  • Slot untuk video atau kartu grafis. Ada beberapa jenis slot, termasuk Accelerated Graphics Port (AGP) dan Peripheral Component Interconnect Express (PCIe).
  • Slot tambahan untuk menyambungkan perangkat keras dalam bentuk slot Peripheral Component Interconnect (PCI).

 

Baca Juga  :     Mengenal Software OEM (Original Equipment Manufacturer) dan Bahayanya

 

Contoh dari Motherboard

Motherboard tersedia dalam berbagai ukuran, yang dikenal sebagai faktor bentuk. Faktor bentuk motherboard yang paling umum adalah ATX. Berbagai jenis ATX dikenal sebagai mikro-ATX (terkadang ditampilkan sebagai µATX, mini-ATX, FlexATX, EATX, WATX, nano-ATX, pico-ATX, dan mobileATX). Faktor bentuk yang lebih kecil adalah ITX, yang hadir dalam ukuran mini-ITX, nano-ITX, dan pico-ITX. Beberapa motherboard, seperti faktor bentuk NLX dan LPX, memiliki papan riser yang dipasang ke motherboard yang lebih kecil. Adaptor masuk ke slot pada papan riser, bukan ke slot motherboard.

 

Baca Juga  :     Microsoft Office 365 : Fitur, Keunggulan, dan Harga Berlangganan

 

Cara Menjaga dan Merawat Motherboard

Apa itu Motheboard : Fungsi, Bagian, Spesifikasi dan Contohnya
 

Sebagian besar motherboard bertahan lebih lama dari bagian komputer lainnya, dengan asumsi perawatannya baik pula. Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk merawat motherboard Anda secara aktif, tetapi mengetahui penyebab umum motherboard bisa berguna. Hal-hal yang akan merusak motherboard sebelum waktunya meliputi :

 

  • Panas tinggi, biasanya karena sistem pendingin dan kipas yang tidak memadai
  • Kerusakan akibat benturan, seperti menjatuhkan laptop Anda
  • Kerusakan listrik, karena tumpahan atau penggunaan aksesori daya yang salah
  • Koneksi atau tipe konektor salah

 

Baca Juga :      Perbedaan Hardware dan Software : Fungsi, Jenis, Tujuan dan Contohnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Motherboard modern ditemukan lama setelah komputer pertama. Komputer awal cenderung menjadi mesin yang lebih sederhana, tanpa kebutuhan yang sama untuk mengkoordinasikan banyak proses secara bersamaan. Sebelum pasar konsumen dikenalkan secara umum, tidak banyak permintaan untuk motherboard yang diproduksi secara massal. Namun, hal ini berubah pada tahun 1981 ketika IBM merilis Persona Computer mereka dan itulah sebabnya laptop dan desktop disebut PC.

Komputer ini membutuhkan cara untuk mengatur aktivitasnya bagi konsumen. Sebagai tanggapan, IBM mengembangkan motherboard pertama untuk melakukannya melalui sebuah chip komputer yang menangani semua detail sementara pengguna menyelesaikan tugas digital mereka. Pada awalnya, komponen ini disebut planar dan pada awal pembuatannya menggunakan banyak nama tambahan. Istilah motherboard menjadi yang paling populer karena papan sirkuit pada dasarnya bertindak sebagai inang atau ibu dari semua komponen komputer lainnya. Karena itu, inilah mengapa ekspansi motherboard kadang-kadang dikenal sebagai daughterboards.

Related Post :

popup image