Apa Itu Negosiasi, Cara Bernegosiasi, Manfaat Dan Tujuannya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Kegiatan negosiasi dalam bisnis menjadi hal umum yang nantinya akan membantu dalam mengambil sebuah kesepakatan. Tidak mengherankan jika kemudian kegiatan ini selalu melibatkan banyak orang yang berkepentingan di dalamnya. Biasanya, untuk melakukan sebuah negoisasi akan menghabiskan waktu yang lama ketika masing-masing pihak memiliki pendirian yang kuat demi sebuah keputusan yang saling menguntungkan.

Selanjutnya, untuk bisa melakukan kegiatan negosiasi dalam bisnis dengan baik, maka seseorang sangat disarakan untuk menguasi ilmu negosiasi. Ilmu tersebut nantinya akan membantu seseorang untuk melihat apapun yang ada di dalam negosiasi dari berbagai sudut pandang. Sayangnya, hal semacam ini tidak dimiliki oleh banyak orang, sehingga hanya segelintir orang sajalah yang pandai dalam bernegosiasi.

Mengenai ilmu yang nantinya akan dipelajari dalam kegiatan negosiasi dalam bisnis ini menyangkut beberapa hal penting di dalamnya. Disebutkan bahwa beberapa hal tersebut diantaranya adalah ketajaman dalam berpikir, bisa beradaptasi dengan baik, memiliki konsentrasi yang bagus, mempunyai kemampuan artikulasi hingga kemampuan untuk melontarkan humor dinilai sangat penting dalam negosiasi demi mencairkan suasana.

Baca Juga : Tokoh Kisah Inspiratif Pebisnis Sukses Menjadi Pengusaha Sukses

 

Mengenal Apa itu Negosiasi

 

Dari keterangan yang tersebut di atas, mungkin beberapa dari Anda masih bingung dengan perihal kegiatan negosiasi dalam bisnis. Secara umum, disebutkan bahwa secara etimology, negosiasi berasal dari kata berbahasa Inggris to negotiate ataupun juga to be negotiating yang maknanya adalah merundingkan, membicarakan hingga menawar. Selanjutnya, muncul kata negotiation yang mengacu pada bentuk kegiatannya.

Mengenai pengertian kegiatan negosiasi dalam bisnis juga diungkapkan oleh Hartman bahwa kegiatan ini nantinya akan mempertemukan dua belah pihak ataupun lebih dengan sudut pandang masing-masing. Selanjutnya, dengan adanya hal tersebut, kedua belah pihak akan melakukan sebuah diskusi hingga kemudian bisa mencapai keputusan bersama tanpa ada yang merasa dirugikan.

Hal senada mengenai pengertian kegiatan negosiasi dalam bisnis juga disebutkan oleh Runtung Sitepu bahwasannya kegiatan ini bisa dijadikan sebagai alternative dalam menyelesaikan sebuah permasalahan ataupun sengketa. Dalam kasus semacam ini, biasanya akan ada pendamping seperti halnya pengacara untuk bisa mencapai sebuah keputusan bersama.

Dari beberapa keterangan tersebut di atas, bisa ditarik sebuah kesimpulan jikalau kegiatan negosiasi dalam bisnis pada dasarnya akan menghasilkan sebuah keputusan yang sifatnya win-win-solution. Tentu saja hal ini akan membuat semua pihak yang terlibat di dalamnya merasa puas dan tidak mengherankan jika teknik semacam ini kerap kali digunakan dalam berbagai hal termasuk dalam dunia bisnis.

Baca Juga : Kunci Sukses Bagaimana Memulai Bisnis Online yang Baik dan Benar

 

Bagaimana Cara Tepat dalam Melakukan Negosiasi

 

Untuk melakukan kegiatan negosiasi dalam bisnis, pastinya ada beberapa cara yang nantinya akan membantu di dalam menghindari adanya konflik berkepanjangan. Dalam hal ini, disebutkan bahwa pengetahuan kaitannya dengan cara bernegosiasi juga akan membantu untuk menghasilkan sebuah keputusan yang menguntungkan banyak pihak baik secara khusus maupun umum.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan saat negosiasi.

  1. Cobalah untuk memahami posisi sekaligus kebutuhan Anda

    Salah satu cara dalam melakukan kegiatan negosiasi dalam bisnis adalah dengan memahami kebutuhan dan juga posisi Anda. dari sinilah kemudian Anda harus bisa mempertahankan hal tersebut dengan sekuat-kuatnya. Bahkan, jangan sesekali menyerah ketika Anda belum mendapatkan apa yang memang diinginkan. Namun demikian, hal ini juga tetap merujuk pada rasa menghargai kepentingan pihak lain juga.

  2. Pastikan untuk ingat terkait dengan detail kecil yang lain

    Tidak kalah penting lainnya, bahwa dalam kegiatan negosiasi dalam bisnis Anda juga harus tetap mengingat detail kecil yang akan membantu dalam mencapai sebuah tujuan. Jangan sampai detail kecil tersebut terlupakan hingga pada akhirnya akan membuat Anda gagal untuk bisa mendapatkan tujuan yang ingin dicapai.

  3. Pelajari dengan baik lawan dari pihak negosiasi

    Demi bisa mewujudkan tujuan yang memang ingin dicapai dalam kegiatan negosiasi dalam bisnis, maka seseorang harus pandai untuk melihat lawan. Cara ini nantinya akan membuat Anda bisa selangkah lebih maju. Jangan lupa pelajari situasi yang ada demi bisa mencapai solusi yang menguntungkan.

  4. Memahami adanya rentang jangka

    Dalam kegiatan negosiasi dalam bisnis, maka tidak menutup kemungkinan Anda juga harus mengetahui kaitannya dengan rentang dampak negosiasi yang akan dicapai, apakah untuk jangka pendek atau jangka panjang. Dengan kata lain, jikalau sebuah negosiasi berdampak pada jangka pendek, maka hal ini akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan jangka panjang.

  5. Bersikaplah adil untuk setiap kali bertindak

    Ketika sedang melakukan kegiatan negosiasi dalam bisnis, pastikan Anda selalu berusaha untuk menghormati keputusan yang diajukan oleh pihak lawan. Jika Anda mengandalkan keegoisan sekaligus bersikukuh untuk mempertahankan pendapat, nantinya akan membuat kegiatan negosiasi menjadi semakin alot dan berlangsung lebih lama tanpa menghasilkan sebuah keputusan.

 

Manfaat Melakukan Negosiasi

Setelah memahami sekilas mengenai pengertian kegiatan negosiasi dalam bisnis, kini saatnya Anda tahu mengenai berbagai manfaat yang akan didapatkan ketika melakukan kegiatan tersebut. Disebutkan bahwa manfaat tersebut nantinya akan juga menjadi dasar atas terjadinya kegiatan negosiasi dalam sebuah bisnis ataupun sejenisnya.

Mengenai hal tersebut, berikut beberapa manfaat yang didapatkannya.

  1. Mencipakan sebuah jalinan kerjasama yang sangat kuat antara satu pihak dengan pihak lainnya
  2. Memunculkan sifat saling pengertian diantara satu dengan lainnya sehingga akan terwujud rasa saling menghargai antar sesama dalam menyampaikan untuk kemudian bisa mempertanggungjawabkan semua resiko secara bersama
  3. Mendapatkan sebuah kesepakatan bersama yang akan menguntungkan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan negosiasi dalam bisnis
  4. Menciptakan sebuah interaksi positif di kalangan pihak yang ikut dalam menjalin sebuah kerjasama hingga akan menghasilkan sebuah dampak yang jauh lebih luas untuk semua orang

Baca Juga : Bagaimana Strategi Bisnis untuk Kesuksesan Online Anda di 2020

 

Tujuan Melakukan Negosiasi

Untuk diketahui bersama bahwasannya sebuah kegiatan negosiasi dalam bisnis dilakukan bukan tanpa ada sebuah alasan tertentu. Dengan kata lain, ada beberapa hal yang menjadi sebab mengapa kegiatan negosiasi ini memang harus dilakukan dan tidak boleh untuk dilewatkan bersama.

Mengenai hal tersebut, berikut beberapa tujuan dari dilakukannya sebuah kegiatan negosiasi.

  1. Membantu dalam mencapai sebuah kesepakatan yang nantinya akan disetujui oleh banyak pihak dan pastinya juga menguntungkan semua orang yang terlibat di dalamnya
  2. Menyelesaikan adanya sebuah permasalahan dalam menjalankan kegiatan bisnis dengan menyatukan beberapa pikiran demi menghasilkan sebuah keputusan yang baik sekaligus bisa dijalankan bersama
  3. Menghasilkan sebuah keputusan bersama yang bersifat win-win solution antara semua pihak yang terlibat dalam kegiatan negosiasi dalam bisnis

 

Penutup dan Kesimpulan

Kegiatan negosiasi dalam bisnis menjadi hal yang sangat perlu dilakukan ketika menghadapi berbagai masalah yang kaitannya menyangkut banyak pihak. Penyelenggaraan negosiasi ini dilakukan oleh beberapa pihak yang terlibat di dalamnya guna bisa bertukar pikiran demi sebuah keputusan bersama. Tanpa adanya negosiasi, maka berbagai permasalahan kemungkinan besar akan muncul.

Tidak hanya itu saja, ketidaksetujuan antara satu pihak dengan pihak lain juga akan menjadi pemicu atas bubarnya sebuah bisnis. Oleh sebab itu, kegiatan negosiasi dalam bisnis perlu dilakukan dengan merujuk pada berbagai ilmu negosiasi yang memang harus dipelajari oleh semua orang agar bisa menghasilkan sebuah keputusan bersama tanpa ada pihak yang dirugikan.

Sayangnya hal ini kemudian memunculkan atas adanya anggapan jika kegiatan negosiasi dalam bisnis merupakan sebuah hal yang sulit. Tidak dipungkiri lagi jika hal itu benar adanya ketika seseorang sama sekali tidak mengetahui sudut panda dan pemikiran orang yang diajak untuk bernegosiasi. Jadi, pastikan Anda mengetahui alur bicara lawan Anda demi menghasilkan keputusan yang sama-sama menguntungkan.

Related Post :

popup image