Apa Itu PaaS? Cara Kerja dan Tips Memilihnya

Cloud Computing / 0 | | 0

Saat ini dunia digital semakin menginvasi banyak perusahaan dengan adanya teknologi dan data-data yang baru. Hal ini tentu saja menjadi tantangan bagi banyak perusahaan khususnya untuk melakukan penyimpanan informasi yang lebih banyak dalam bentuk data. Namun, tidak perlu khawatir karena PaaS dapat menjadi solusi bagi kebutuhan Anda yang satu ini. 

Akhirnya, hal tersebut juga membuat bisnis mulai menggunakan infrastruktur awan (cloud) sebagai opsi yang dilakukan. Salah satu bentuk cloud computing adalah PaaS yang memberikan manfaat bagi bisnis untuk mengurangi biaya dan pemasangan, pemasangan, pengelolaan hardware dan software. 

Platform as a Service (PaaS) adalah jenis solusi berbasis cloud computing. Bersama dengan infrastructure as a service dan software as a service, Platform as a Service mampu menciptakan berbagai hal yang dijadikan bisnis sebagai solusi andalan dalam operasional sehari-harinya seperti platform hosting email, penyimpanan data, autentikasi, dan bahkan menjalankan infrastruktur IT lainnya. Dalam artikel ini akan menjelaskan kepada Anda segala hal mengenai PaaS. Dengan demikian, mari kita lihat artikel berikut ini!

Pengertian PaaS

Apa Itu PaaS? Cara Kerja dan Tips Memilih Provider PaaS

Platform as a Service (PaaS) adalah platform komputasi awan dimana pihak ketiga menawarkan sumber daya software dan hardware yang diperlukan. Lebih lanjut, penawaran ini memungkinkan klien atau suatu bisnis untuk megembangkan, menjalankan, dan melakukan manajemen aplikasi bisnis tanpa harus memikirkan maintain infrastruktur yang diperlukan untuk proses pengembangan perangkat lunak tersebut.

Dengan demikian, dapat disimpulkan Platform as a Service membuat suatu bisnis dapat melakukan kontrol terhadap aplikasi dan datanya namun aspek lainnya akan dikelola oleh pihak ketiga atau vendor. 

Pada dasarnya, PaaS merupakan platform yang tidak menggantikan infrastruktur IT Anda secara keseluruhan melainkan menambahkan apa yang sudah dimiliki seperti hosting aplikasi. Misalnya kategori Platform as a Service umum digunakan untuk pengembangan software, menyediakan developers tools atau layanan yang secara cepat mampu membuat aplikasi atau microservices baru. 

Fitur Umum dalam PaaS

Apa Itu PaaS? Cara Kerja dan Tips Memilih Provider PaaS

Pada dasarnya, fitur dalam sebuah platform dapat berbeda antara satu vendor dengan vendor yang lainnya. Bagaimanapun, ada beberapa fitur yang konstan diantaranya produk PaaS, diantaranya sebagai berikut: 

  • Infrastruktur 

Pada dasarnya, semua layanan PaaS menawarkan layanan infrastruktur jarak jauh yang menghilangkan beban pembangunan dan melakukan pemeliharaan infrastruktur untuk pengembangan aplikasi. Adapun tools desain aplikasi, testing, dan deployment dimiliki oleh pengguna Platform as a Service untuk membangun, melakukan test, dan menyesuaikan dengan kebutuhan aplikasi spesifik bisnis Anda. 

  • Middleware

PaaS biasanya juga menyediakan middleware, lapisan tengah antara perangkat lunak dan infrastruktur. Ini adalah jembatan antara sistem operasi dan aplikasi yang dijalankannya. 

  • Sistem operasi

Aplikasi berjalan di OS sehingga developers membutuhkan OS untuk membangun aplikasi yang disediakan oleh vendor Platform as a Service.

  • Database

Penyedia PaaS melakukan pemeliharaan database sehingga pelanggan secara virtual dapat mengakses dan mengelola data mereka yang disimpan oleh providers atau pihak ketiga.

  • Tools pemantauan dan manajemen

PaaS menawarkan tools analitik bisnis untuk melakukan monitor terhadap berbagai biaya dan karakteristik penggunaan untuk melacak efisiensi. 

Cara Kerja PaaS

Model komputasi awan PaaS melakukan operasinya dengan vendor memberikan imbalan platform dengan biaya bulanan atau tahunan yang dikenakan berdasarkan penggunaan user.

Platform tersebut dapat dibangun dengan sistem operasi bertipe public, private, atau hybrid. Lebih lanjut, vendor akan menyediakan segala hal yang diperlukan bisnis untuk menjalankan aplikasi dan memaksimalkan komputasi awan. Selain itu, vendor juga akan bekerja sama dengan bisnis untuk menjalan kustomisasi yang lebih banyak dan cloud system yang lebih unik. 

Bisnis juga bisa mengoperasikan layanan Platform as a Service secara private dengan kontrol secara penuh. Lebih lanjut, hal ini memungkinkan perusahaan untuk bekerja bersama dengan versi PaaS publik yang lebih aman dan dapat disesuaikan.

Meskipun demikian, ketika perusahaan menggunakan layanan public Platform as a Service maka biaya yang dikeluarkan biasanya jauh lebih hemat daripada private PaaS. Public PaaS juga tidak kompleks sehingga dapat diatur lebih cepat dan membutuhkan lebih sedikit perawatan.

Layanan PaaS 

Apa Itu PaaS? Cara Kerja dan Tips Memilih Provider PaaS

Setelah mengetahui pengertian dan cara kerja PaaS, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui layanan apa saja yang ditawarkan Platform as a Service. Adapun layanan tersebut akan memberikan kemudahan dalam operasional bisnis Anda sehingga menciptakan efisiensi dan menghemat pengeluaran biaya operasional bisnis Anda. Dengan demikian, perhatikan poin-poin biaya layanan PaaS berikut:

  • Desain dan pengembangan aplikasi
  • Pengujian dan penyebaran (deployment) aplikasi
  • Pengembangan kolaborasi tim
  • Integrasi layanan web
  • Hosting aplikasi
  • IT security
  • Integrasi database
  • Pengembangan Java

Dengan adanya layanan tersebut, para developers juga bisa menggunakan tipe-tipe Platform as a Service berikut:

  • Public PaaS
  • Private PaaS
  • Hybrid PaaS
  • Communications (cPaaS)
  • Mobile (mPaaS)
  • Open PaaS
  • Integration platform as a service (iPaaS)
  • Database as a service (DBaaS)
  • Middleware as a service (MWaaS)

Manfaat PaaS

Berikut kami sajikan manfaat yang diberikan Platform as a Service dalam operasional bisnis Anda:

  • Memungkinkan eksperimen yang lebih dengan resiko yang rendah

PaaS memungkinkan Anda mencoba atau melakukan test pada sistem operasi, language, atau tools lainnya tanpa perlu melakukan investasi yang besar sehingga meminimalkan resiko finansial.

  • Kecepatan dalam market

Melalui PaaS Anda dimungkinkan untuk langsung memanfaatkan providers layanan Platform as a Service untuk mulai menyediakan resources dan melakukan pengembangan. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi melakukan pembelian atau menginstal hardware dan software untuk membangun atau memaintain platform pengembangan aplikasi. 

  • Memiliki akses yang terjangkau ke berbagai resources yang luas

Platform PaaS biasanya menawarkan akses ke pilihan yang lebih luas baik di atas maupun di bawah tumpukan aplikasi layaknya sistem operasi, middleware, database, dan pengembangan tools. 

  • Mudah dan skalabilitas harga yang lebih efektif 

Dengan platform lokal, penskalaan selalu mahal, sering kali boros, dan terkadang tidak memadai. Anda juga harus membeli komputer tambahan, kapasitas penyimpanan, dan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas.

Hal demikian membuat sebagian besar dari kapasitas tidak digunakan selama periode lalu lintas rendah dan tidak dapat ditingkatkan pada saat lonjakan yang tidak terduga. Sedangkan dengan Platform as a Service, Anda dapat membeli kapasitas tambahan dan segera mulai menggunakannya kapan pun Anda membutuhkannya.

  • Memiliki harga yang lebih rendah secara umum

PaaS mengurangi biaya dengan memungkinkan organisasi menghindari biaya peralatan modal yang terkait dengan pembangunan dan penskalaan platform aplikasi. Lebih lanjut, PaaS juga dapat mengurangi atau menghilangkan biaya lisensi perangkat lunak. Selain itu, dengan menangani tambalan, pembaruan, dan tugas administratif lainnya, Platform as a Service dapat mengurangi biaya manajemen aplikasi Anda secara keseluruhan.

  • Fleksibilitas yang lebih baik untuk pengembangan tim

Layanan PaaS menyediakan lingkungan pengembangan perangkat lunak bersama yang memungkinkan tim development and operation mengakses semua alat yang mereka butuhkan dari lokasi mana pun dengan koneksi internet.

Tips Dalam Memilih Provider PaaS

Apa Itu PaaS? Cara Kerja dan Tips Memilih Provider PaaS

Memilih provider PaaS menjadi hal yang perlu Anda pertimbangkan. Provider PaaS yang baik akan mendukung kinerja platform komputasi awan Anda. Dengan demikian, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih provider PaaS: 

  • Fitur yang dimiliki

Semakin bisnis Anda berkembang dan aplikasi Anda pun akan memiliki pengguna yang lebih banyak. Hal tersebut tentu saja membuat Anda harus memastikan bahwa provider yang Anda gunakan memiliki fleksibilitas dalam penskalaan dan memiliki berbagai opsi fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

  • Pelayanan yang diberikan oleh provider

Salah satu hal yang penting adalah Anda harus memastikan bahwa provider yang Anda gunakan memiliki kepercayaan dan reliabilitas. Dengan demikian, ketika Anda membutuhkannya maka provider akan membantu Anda dengan layanan yang baik. 

  • Antisipasi pengguna dalam aplikasi

Semakin banyak pengguna maka akan semakin spesifik kode yang diperlukan. Semakin lambat aplikasi Anda berjalan maka akan semakin membuat Anda kesusahan dalam bermigrasi satu provider ke provider lainnya. Dengan demikian, sangat penting bagi Anda untuk mengantisipasi pengguna dalam aplikasi. 

Penutup

Demikianlah artikel mengenai PaaS dan mudah-mudahan memberikan bagi Anda. Dengan adanya PaaS dapat menjadi salah satu solusi bisnis terbaik bagi Anda karena  PaaS membuat suatu bisnis dapat melakukan kontrol terhadap aplikasi dan data-data yang dimiliki namun aspek lainnya akan dikelola oleh pihak ketiga atau vendor. 

Setelah mengetahui tips di atas, Anda jadi memahami apa saja yang harus menjadi pertimbangan dalaam memilih layanan PaaS. Namun, tidak perlu bingung mencari karena layanan Cloud VPS IDCloudHost memiliki platform yang memungkinkan Anda untuk membangun  dan mengintegrasikan berbagai aplikasi, tools, dan fitur-fitur sehingga menciptakan lebih banyak solusi bagi bisnis Anda. 

 

Related Post :

popup image