Cara disable IPv6 pada Sistem Operasi Ubuntu - IDCloudHost

Cara disable IPv6 pada Sistem Operasi Ubuntu

Cara disable IPv6 pada Sistem Operasi Ubuntu

cara disable ipv6 ubuntu

Internet Protocol version 6 (IPv6) adalah versi terbaru dari Internet Protocol (IP), protokol komunikasi yang menyediakan sistem identifikasi dan lokasi untuk komputer di jaringan dan merutekan lalu lintas di Internet. Ini dikembangkan pada tahun 1998 untuk menggantikan protokol IPv4.

IPv6 bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kinerja, sekaligus memastikan kita tidak kehabisan alamat. Ini memberikan alamat unik secara global ke setiap perangkat, menyimpannya dalam 128-bit, dibandingkan dengan hanya 32-bit yang digunakan oleh IPv4.

Meskipun tujuannya adalah agar IPv4 digantikan oleh IPv6, jalan masih panjang. Kurang dari 30% situs di Internet membuat konektivitas IPv6 tersedia untuk pengguna (dilacak oleh Google di sini). IPv6 juga dapat menyebabkan masalah dengan beberapa aplikasi pada waktu tertentu.

Cara disable IPv6 pada Sistem Operasi Ubuntu

Terkadang saat Anda mengalami kendala dalam menggunakan layanan VPS, Anda harus melakukan disable IPv6 untuk mengatasinya. Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukan disable IPv6, pertama-tama cek statusnya dengan perintah :

ip a

Cara disable IPv6 pada Sistem Operasi Ubuntu

Terlihat IPv6 aktif sebagaimana gambar dilampirkan, selanjutnya kita bisa ubah pada paramater grub dengan melakukan perubahan pada file /etc/default/grub, pastikan menggunakan user root atau user dengan privileges sudo saat melakukan perubahan pada file tersebut, gunakan editor untuk membuka filenya dengan perintah:

vi /etc/default/grub

Cara disable IPv6 pada Sistem Operasi Ubuntu

Pada parameter GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT dan GRUB_CMDLINE_LINUX tambahkan ipv6.disable=1 sehingga menjadi seperti berikut:

Cara disable IPv6 pada Sistem Operasi Ubuntu

Simpan perubahan pada file tersebut lalu lakukan perintah berikut untuk melakukan update pada grub:

update-grub

Lalu lakukan reboot dan login kembali, selanjutnya cek kembali status ipv6 pada vps anda sehingga hasilnya seperti pada gambar berikut:

Cara disable IPv6 pada Sistem Operasi Ubuntu

Penutup

Demikianlah cara disable IPv6 menggunakan sistem operasi Ubuntu. Mudah, bukan? Semoga langkah-langkah yang sudah kami jelaskan sebelumnya bermanfaat bagi Anda, ya. Dalam mengelola website, hal penting yang harus Anda perhatikan adalah layanan cloud yang handal. Gunakan Server VPS Klasik dari IDCloudHost yang memiliki preforma maksimal dengan dukungan NVMe. Coba sekarang!

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image