Apa itu QRIS: Pengertian, Keunggulan, Manfaat dan Cara Daftarnya

Serba Serbi, Technology / 1 | | 0

Pembayaran menggunakan uang digital sudah mulai berlaku di Indonesia, di zaman serba digital saat ini sangat memungkinkan hal tersebut bisa terjadi. Mulai dari merchant hingga toko-toko di pusat perbelanjaan pun sudah banyak yang menggunakan pembayaran jenis ini. Hingga QRIS hadir sebagai kemudahan untuk Anda yang sudah menggunakan QR Code sebagai solusi transaksi pembayaran.

Sebelum QRIS diluncurkan, tiap aplikasi pembayaran memiliki QR Code-nya masing-masing. Bisa dibayangkan bagaimana jika Anda memiliki sepuluh aplikasi pembayaran digital, tentu Anda harus memiliki sepuluh jenis QR Code yang berbeda. Selain tidak efektif, hal tersebut cukup memberatkan baik dari sisi penjual maupun pembeli.

Karena hal tersebut, pemerintah mengeluarkan solusi berupa standarisasi QRIS untuk memudahkan semua pihak. Pedagang yang menggunakan QR Code bisa menggunakan satu QRIS saja untuk semua jenis pembayaran digital, pembeli pun bisa menggunakan hal yang sama. QRIS diharapkan mampu menjangkau berbagai lapisan usaha seperti kaki lima, UMKM, hingga toko-toko di pusat perbelanjaan.

 

Pengertian QRIS

Apa itu QRIS: Pengertian, Keunggulan, Manfaat dan Cara Daftarnya
 

Quick Response Indonesia Standard atau disingkat QRIS adalah standarisasi pembayaran digital di Indonesia dengan menggunakan QR Code yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. Ia terdiri dari serangkaian kode yang berisi data atau informasi tentang pedagang/pengguna, nominal pembayaran, dan mata uang yang dapat dibaca dengan alat tertentu dalam transaksi pembayaran. Bentuknya berupa barcode yang terintegrasi dengan berbagai macam sistem pembayaran.

Setiap Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menggunakan sistem QR Code diharuskan untuk menggunakan QRIS. Hal ini diatur dalam PADG No.21/18/2019 tentang Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran. Hal ini diharapkan agar penjual dan pembeli mudah dan meminimalisir kecurangan dalam melakukan transaksi.

 

Baca Juga   :    Rekomendasi Aplikasi Pembayaran untuk UKM Terbaik dan Gratis di Indonesia

 

Keunggulan

Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan QRIS, hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memulai menggunakannya.

 

  • Transaksi Mudah

    Pernahkah Anda melihat di meja kasir terdapat QR Code yang berjejer-jejer? Hal itu tidak akan lagi terlihat jika sudah menggunakan QRIS sebagai standarisasi kode pembayarannya. Mengapa demikian? Dengan menggunakan QRIS, Anda bisa dengan mudah melakukan pindai pada satu QR Code.

  • Transaksi Cepat

    Dengan menggunakan QRIS, Anda tidak lagi membutuhkan waktu untuk menunggu kasir mengembalikan uang. Pembayaran dengan QRIS juga lebih higienis mengingat Anda tidak memegang uang yang sudah dari tangan berbagai orang.

  • Mencegah Uang Palsu Beredar

    Banyaknya kasus uang palsu yang merugikan banyak pihak, hal itu di latar belakangi oleh adanya oknum yang meniru uang palsu untuk kepentingan pribadi. Menghindari hal tersebut, pembayaran menggunakan uang digital jadi salah satu solusinya. Pengguna tidak perlu menggunakan uang dalam bentuk fisik, hanya perlu menempelkan telepon pintarnya pada QRIS yang tersedia.

  • Alternatif Pembayaran yang Beragam

    Menyediakan berbagai alternatif dan opsi pembayaran sehingga Anda bisa menggunakan berbagai macam aplikasi pembayaran apapun yang sudah mendapat izin di Indonesia.

  • Kemudahan Mendaftar Sebagai Merchant

    Jika sebelumnya mengharuskan Anda untuk mengunjungi satu-persatu bank atau e-wallet yang berbeda, dengan QRIS Anda tidak perlu melakukan hal tersebut. Anda cukup dengan mendaftar QRIS, dan toko Anda akan otomatis bisa menerima pembayaran dari mana saja.

  • Praktis Dipantau dan Dianalisis

    Riwayat transaksi yang ada akan mudah untuk Anda baca secara real-time, pengaturan keuangan juga akan menjadi mudah. Ini membuatnya lebih terpantau dan tercatat dengan sistematis sehingga pengguna dapat melihat riwayat peenggunaan.

 

Manfaat

Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan QRIS sebagai alternatif pembayaran.

  1. Mengikuti tren. Pembayaran secara non-tunai digital berpotensi untuk memperluas jaringan penjualan karena memiliki alternatif selain cash.
  2. Menurunnya pengelolaan uang tunai. Anda tidak perlu lagi menyediakan uang kembalian, resiko uang tersebut hilang atau berkurang akan ikut menurun. Segala transaksi akan langsung terdata otomatis. Uang yang masuk dan keluar akan berada di rekening Anda.
  3. Transaksi secara aman. Ketika ingin melakukan transaksi, Anda tidak perlu membawa banyak uang cash yang bisa beresiko terjadi pencurian atau kehilangan. Dengan menggunakan dompet QRIS, Anda bisa membawa nominal uang berapa saja dalam bentuk digital.

 

Baca Juga  :    Sekarang, Bayar SPP Sudah Bisa Memakai Gopay

 

Batasan dan Biaya Transaksi

Batasan nominal untuk transaksi menggunakan QRIS maksimal sebesar dua juta rupiah sesuai dalam aturan pelaksanaannya. Namun setiap PJSP dapat melakukan batas kumulatif harian maupun bulanan atas transaksi QRIS yang dilakukan oleh para pengguna.

Sedangkan biaya transaksi di QRIS sebesar 0,7 % biaya transaksi atau merchant discount rate (MDR) untuk QRIS yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Biaya tersebut akan ditanggung oleh merchant atau mitra. Hal tersebut dinilai cukup kecil jika dibandingkan biaya switching di Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang datanya mencapai 1%.

 

Cara Daftar

Apa itu QRIS: Pengertian, Keunggulan, Manfaat dan Cara Daftarnya
 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendaftar QRIS adalah dengan mengakses website www(dot)qris(dot)id. Anda akan dialihkan ke laman panduan, sebelum melakukan pendaftaran harap Anda membaca dan memahami panduan yang tersedia agar tidak terjadi kesalahan. Setelah semua panduan dipahami, Anda bisa meng-klik button Daftar QRIS untuk mulai melakukan proses pendaftaran.

Anda akan diminta memilih jenis bisnis dan mulai mengisi form, setelah mengisi form Anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran. Jika pendaftaran sudah dilakukan namun belum melakukan pembayaran, pendaftaran Anda akan tertunda paling lama empat belas hari sebelum data tersebut di reset. Anda harus segera melakukan pembayaran melalui e-wallet (Go Pay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay dll) agar pendaftaran berhasil.

Setelah melakukan pembayaran, notifikasi berisi username dan password akan Anda terima yang dikirim melalui E-mail dan WhatsApp yang diisi pada form. Anda bisa langsung menggunakan username dan password tersebut pada dashboard untuk login dan melengkapi dokumen fisik serta melakukan upload secara mandiri. Upload kelengkapan administrasi akan diproses untuk mendapatkan NMID terhitung sejak tanggal data tersebut diterima.

Dalam waktu maksimal tujuh hari kerja, notifikasi akan Anda terima yang berisi informasi apakah data sudah benar atau masih ada yang kurang. Jika data tersebut salah atau tidak lengkap, Anda akan diminta untuk melengkapi dan merevisi. Namun jika data yang dimasukkan sudah benar dan lengkap, Anda dapat langsung mencetak QRIS sendiri. Untuk memonitoring transaksi uang masuk di QRIS, Anda bisa menggunakan dashboard QRIS.

 

Baca Juga   :     Persaingan Grab Merger DANA dan OVO akan Kalahkan Gopay?

 

Kesimpulan dan Penutup

Metode pembayaran memiliki banyak jenisnya, Anda bisa memilih alternatif yang ada sesuai kebutuhan. Pembayaran secara tunai maupun non-tunai pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, mulai dari prosesnya hingga resiko yang mesti diterima. Di dunia yang serba digital, ada baiknya Anda mencoba mengikuti perkembangannya.

Jika Anda mencoba menggunakan QRIS, ada baiknya untuk memahami setiap proses dan panduan yang ada. Kemudahan yang ditawarkan oleh pembayaran jenis ini sangat membantu Anda sebagai pembeli maupun sebagai penjual. Selain memudahkan dalam proses transaksi, Anda juga akan mudah dalam melihat data keuangan yang masuk dan keluar.

Related Post :

popup image