Rekomendasi Aplikasi Pembayaran untuk UKM Terbaik dan Gratis di Indonesia

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Aplikasi pembayaran telah menjadi alat yang penting bagi bisnis dan konsumen. Lagi pula, sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin memiliki pelanggan yang ingin membayar dengan pembayaran nirsentuh, vendor yang lebih suka menagih secara online, dan pesaing yang memindahkan semua pemrosesan pembayaran mereka ke perangkat pintar juga. Mengingat trend pembayaran juga berubah, sebaiknya setiap pemilik bisnis hendaknya mengikuti perkembangan ini.

Singkatnya, jika saat ini Anda tidak menggunakan aplikasi pembayaran seluler untuk menerima, memproses, dan memantau pembayaran, Anda sebaiknya mempertimbangkan bagaimana salah satu produk ini dapat menguntungkan bisnis Anda. Namun demikian, dengan semua aplikasi pembayaran yang tersedia di pasar termasuk yang berfokus pada konsumen, mungkin sulit untuk memilah-milah opsi dan menemukan solusi yang tepat untuk bisnis Anda.

Meskipun begitu, tidak semua aplikasi pembayaran dapat digunakan bagi setiap bisnis atau kompatibel dengan keperluan bisnis tadi. Aplikasi pembayaran juga mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri sehingga Anda harus jeli melihatnya. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi pembayaran untuk bisnis lokal seperti UKM dan bisnis lainya dibawah ini.

 

Mengenal Apa Itu Aplikasi Pembayaran

Rekomendasi Aplikasi Pembayaran untuk UKM Terbaik dan Gratis di Indonesia
 

 

Aplikasi pembayaran, atau disingkat payment app, sering kali mengacu pada formulir aplikasi pembayaran itu sendiri. Tetapi aplikasi berbayar sebenarnya adalah kumpulan dokumen pendukung yang diserahkan kontraktor tingkat pertama dan kedua untuk meminta pembayaran. Kontrak konstruksi biasanya akan menentukan proses untuk mengirimkan aplikasi berbayar, dokumen yang akan disertakan, dan tenggat waktu pengiriman.

Ini membuat sebuah aplikasi pembayaran adalah segala sesuatu yang menyimpan, memproses, atau mengirimkan data kartu secara elektronik. Apa pun dari Sistem POS hingga keranjang belanja e-niaga yang menyertakan perangkat lunak untuk menangani data kartu kredit semuanya diklasifikasikan sebagai aplikasi pembayaran. Cara kerja aplikasi pembayaran sendiri biasanya digunakan pada proyek-proyek dengan pembayaran progres ketika pembayaran dibagikan selama pekerjaan pada interval tertentu.

Selain juga dikenal sebagai penagihan AIA karena American Institute of Architects (AIA) membuat salah satu aplikasi berbayar yang paling umum digunakan. Dengan progress billing, kontraktor mengajukan aplikasi pembayaran baru sebelum batas waktu setiap periode pembayaran untuk pekerjaan yang diselesaikan dan material yang dibeli dalam periode tersebut. Setiap aplikasi pembayaran dibuat berdasarkan aplikasi sebelumnya, jadi penting untuk akurat, dan periksa ulang angka Anda sebelum mengirim.

 

Baca Juga :     Tips Mengelola Bisnis bagi UKM dan Startup di Masa Pandemi (Covid-19)

 

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembayaran

Dengan menambahkan kartu kredit dan debit Anda ke dalam aplikasi pembayaran seluler, Anda dapat membayar barang dan layanan dengan ponsel Anda seperti jika Anda menggesek atau memasukkan kartu Anda. Ini menjadi dompet digital Anda, memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk berbelanja di satu tempat. Kenyamanan pembayaran ini juga berlaku bagi pemilik bisnis yang bisa mendapatkan pembayaran kapan saja ada transaksi pembelian. Berikut keuntungan menggunakan aplikasi pembayaran :

 

  • Cara pembayaran yang nyaman

    Membayar barang dan jasa tidak pernah semudah ini dibandingkan dengan menggunakan sistem pembayaran seluler. Dengan menggunakan Apple Pay, Samsung Pay, atau Android Pay, Anda dapat meninggalkan kartu dan uang tunai di rumah dan menggunakan ponsel untuk membayar hal-hal yang Anda butuhkan.
     
    Selain itu, aplikasi pembayaran seluler dapat membantu mengurangi risiko yang terkait dengan membawa uang tunai, yang dapat hilang atau dicuri. Pembayaran dengan dompet seluler Anda seringkali lebih mudah dan lebih cepat daripada menggesek atau memasukkan kartu terlebih lagi bagi pemilik bisnis online yang tetap dapat menjual dan dibayar kapan saja oleh pembelinya.

  • Cara aman untuk membayar

    Aplikasi pembayaran seluler memungkinkan Anda menggunakan ponsel untuk melakukan pembelian di toko. Aplikasi ini menggunakan teknologi yang disebut Komunikasi Nirkabel Jarak Dekat atau Near-Field Communication (NFC) sehingga Anda dapat mengetuk atau melambai telepon Anda untuk membayar di terminal POS.
     
    Umumnya, aplikasi menggunakan enkripsi atau kode yang dilindungi untuk mengurangi ancaman terhadap data pribadi Anda. Nomor kartu Anda yang sebenarnya tidak pernah disimpan di perangkat Anda atau di pengecer. Sebaliknya, sistem menyembunyikan nomor kartu Anda dengan menetapkan nomor atau token acak untuk setiap pembelian. Dengan cara ini jika penjahat mendapatkan akses untuk menyimpan data atau perangkat Anda, mereka hanya mendapatkan informasi yang tidak berguna. Ini menawarkan tingkat keamanan yang lebih tinggi untuk data keuangan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan sidik jari, kata sandi atau PIN sebagai lapisan keamanan tambahan untuk ponsel Anda.

  • Cara pembayaran yang lebih cepat

    Cukup klik, bayar, dan pergi. Dengan sistem pembayaran seluler, Anda cukup melambaikan atau mengetuk telepon Anda di depan terminal yang kompatibel dengan NFC. Dengan tindakan tunggal ini, Anda telah menyetujui transaksi tersebut. Ini menghasilkan transaksi tanpa kontak, namun aman karena nomor kartu Anda tidak pernah diungkapkan. Plus, proses ini sering kali lebih cepat daripada memasukkan atau menggesek kartu fisik Anda. Tetapi tetap hubungi operator nirkabel Anda, karena biaya data mungkin berlaku jika Anda menggunakan pembayaran seluler.

  • Dapat dibayar kapan dan dimana saja

    Banyak pengecer dan merchant menerima pembayaran seluler, dengan semakin banyak toko menambahkan teknologi ini setiap hari. Peneliti pembayaran seluler percaya bahwa jumlah toko diharapkan tumbuh secara signifikan di tahun-tahun mendatang sehingga ini akan membantu meningkatkan bisnis online lebih luas lagi.

 

Baca Juga  :      Dampak Pandemi (COVID-19) Terhadap Bisnis UKM dan Startup

 

Rekomendasi Aplikasi Pembayaran

Rekomendasi Aplikasi Pembayaran untuk UKM Terbaik dan Gratis di Indonesia
 

Di sebagian besar industri, meminta pembayaran semudah mengirimkan tagihan atau faktur untuk pekerjaan yang telah Anda selesaikan. Terlebih lagi cara pembayarannya pun semudah membuka pilihan aplikasi pembayaran dan melunasi transaksi. Dibawah ini beberapa rekomendasi aplikasi pembayaran online melalui mobile atau seluler yang bisa digunakan oleh UKM.

 

  • Google Pay

    Aplikasi yang menggabungkan Google Wallet dan Android Pay, memungkinkan pelanggan membayar di situs web, aplikasi seluler, dan melalui terminal pembayaran nirsentuh di toko menggunakan informasi pembayaran yang telah disimpan di akun Google pengguna. Semua ini dapat dilakukan dari tablet, smartphone (Android atau iOS), atau jam tangan pintar mereka, menawarkan kenyamanan terbaik.
    Google Pay adalah layanan gratis untuk bisnis dan konsumen. Layanan ini tersedia untuk pelanggan di seluruh dunia, memiliki keamanan yang ditingkatkan, dan dapat disiapkan untuk bisnis Anda dalam waktu kurang dari seminggu. Satu-satunya kendala adalah bahwa bisnis harus menggunakan prosesor Google Pay yang berpartisipasi. Google Pay menawarkan kenyamanan dan keamanan transaksi, dan dapat digunakan di smartphone atau tablet pelanggan.

  • Mobile Banking

    Hampir setiap bank di Indonesia telah mempunyai aplikasi mereka sendiri yang bisa Anda download di smartphone Anda. Baik bagi pengguna Android maupun iOS, dapat mempunyai dan membuka akun mobile banking mereka sendiri. Dengan begitu, selain memudahkan pembayaran dan transaksi online, adanya mobile banking juga mempermudah pemilik bisnis untuk menerima pembayaran juga.

  • OVO

    Aplikasi pembayaran online milik PT Visionet Internasional, adalah layanan pembayaran digital yang berbasis di Jakarta, Indonesia. Ini adalah platform digital untuk pembayaran sederhana dan layanan keuangan cerdas, dengan pedagang terafiliasi, mitra bisnis, dan anggota dalam ekosistemnya. OVO adalah layanan pembayaran digital terdepan di Indonesia berdasarkan nilai transaksi sehingga banyak dipakai merchant Indonesia.

  • Go-Pay

    Sebagai salah satu anak dari perusahaan ojek online raksasa Indonesia yakni Go-Jek, aplikasi Go-Pay adalah layanan teknologi finansial atau yang juga dikenal sebagai fintech. Dengan mengisi saldo di Go-Pay baik pengguna, pembeli atau penjual dapat bertransaksi online. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk berbelanja online, membayar tagihan, mengisi pulsa, dan sebagainya. Penggunaan aplikasi Go-Pay yang sangat umum akan sangat membantu dan mempermudah banyak merchant dan pemilik bisnis.

 

Baca Juga :     Rekomendasi Aplikasi Chatting untuk UKM terbaik dan Gratis di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Mengingat ada banyaknya opsi aplikasi pembayaran online yang tersedia diluar sana, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memilih aplikasi pembayaran terbaik untuk bisnis Anda. Pada akhirnya, Anda sebaiknya memilih aplikasi pembayaran seluler yang dapat memenuhi kebutuhan unik Anda namun, ada beberapa hal yang ingin Anda ingat saat menjelajahi opsi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Penting untuk membedakan aplikasi pembayaran untuk konsumen dengan aplikasi untuk bisnis. Seringkali, Anda akan melihat daftar aplikasi pembayaran teratas seperti Google Pay, OVO, Go-Pay, Dana dan banyak lagi.

Meskipun Anda secara teknis dapat menggunakan salah satu aplikasi ini untuk bisnis Anda sampai batas tertentu, aplikasi pembayaran seluler ini sebenarnya dirancang untuk konsumen untuk mentransfer uang dan melakukan pembayaran bahkan terkadang antar individu, dan terkadang untuk bisnis seperti milik Anda. Oleh karena itu, saat Anda menelusuri aplikasi pembayaran yang tepat untuk bisnis kecil Anda, Anda pasti ingin mencari aplikasi yang menerima pembayaran kartu kredit dari aplikasi konsumen tersebut, daripada melihat aplikasi individu itu sendiri.

Related Post :