Apa Itu Sitemap HTML : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Manfaatnya untuk Website

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Saat pertama kali membuat situs web, mungkin tampak mudah untuk mengakses setiap halaman dari satu menu drop-down saja atau bahkan dari bawaan platform instan. Namun, karena semakin banyak halaman yang ditambahkan, membuat penambahan yang rumit terkadang menghasilkan halaman web yang tidak dapat ditautkan pada seharusnya.

Maka karena itu pengembang website membutuhkan daftar pusat dari setiap link di situs mereka sehingga dapat melacak semua kesalahan yang tidak tertaut. Inilah yang dilakukan dan gunanya sitemap situs HTML yang berfungsi cetak biru utama dari seluruh situs web Anda. Umumnya sitemap XML secara khusus ditulis untuk membantu mesin telusur memahami situs Anda, sementara peta situs HTML dibuat agar ramah pengguna.

Jadi jika pengunjung situs web Anda mengklik sitemap, kemungkinan besar mereka mencoba menemukan halaman tertentu yang tidak disertakan dalam link yang mudah diakses di halaman landing utama Anda. Meskipun sitemap XML dapat bermanfaat, mengembangkan peta situs HTML juga membantu SEO sambil memberi pengunjung Anda daftar isi yang tepat dan nyaman pada saat yang bersamaan. Mari cari tahu lebih lanjut apa itu sitemap HTML dalam pengembangan sebuah situs web.

 

Pengertian Apa Itu Sitemap HTML

Apa Itu Sitemap HTML : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Manfaatnya untuk Website
 

Sebuah sitemap berfungsi untuk memandu pengunjung situs Anda ke tempat tujuan yang mereka inginkan. Inilah yang membuat dan menjadi panduan mereka dalam melayari situs web Anda nantinya yang mana jika tidak dibuat dengan benar, maka akan membuat pengunjung situs Anda menjadi kesulitan. Selain membantu pengunjung Anda menavigasi situs web Anda, terlepas dari mempermudah fokus utama situs Anda, ada banyak lain kegunaan sitemap bagi sebuah website.

Umumnya ada dua jenis sitemap yang sering digunakan, yakni :

 

  • Sitemap XML
  • Sitemap HTML

 

Sedangkan sitemap HTML sendiri memungkinkan pengunjung situs dengan mudah menavigasi situs web. Ini adalah versi teks kerangka berpoin dari navigasi situs. Teks tautan yang ditampilkan dalam kerangka ditautkan ke halaman yang direferensikan. Pengunjung situs dapat membuka sitemap tadi untuk menemukan topik yang tidak dapat mereka temukan dengan menelusuri situs atau menavigasi melalui menu situs.

Sitemap ini juga dapat dibuat dalam format XML dan dikirimkan ke mesin pencari sehingga mereka dapat menjelajah situs web dengan lebih efektif. Menggunakan sitemap ini, mesin telusur mengetahui setiap halaman di situs, termasuk URL apa pun yang tidak ditemukan melalui proses perayapan normal yang digunakan oleh mesin. Ini membuat sitemap berguna jika situs memiliki konten dinamis, baru dan tidak memiliki banyak tautan ke sana, atau berisi banyak konten yang diarsipkan yang tidak tertaut dengan baik.

 

Baca Juga  :      HTML : Pengertian, Tutorial, Fungsi, Tag Dasar, dan Cara Kerjanya

 

Fungsi dan Manfaat Sitemap HTML untuk Website

Sama seperti sitemap XML yang sangat berguna, sitemap HTML juga berguna meski ada pendapat yang mengatakan HTML tidaklah begitu krusial. Berikut beberapa alasan fungsi maupun manfaat menambahkan atau menyimpan sitemap HTML :

 

  • Mengatur dan mengembangkan situs web

    Situs web Anda mempunyai peluang akan bertambah besar seiringnya waktu. Baik itu menambahkan foto dan informasi produk untuk e-commerce Anda, memperluas artikel Anda, merubah suai portofolio dan hasil karya Anda, semuanya memungkinkan bagi web menjadi besar. Ini tentunya membutuhkan dukungan yang tepat karena berpotensi menimbulkan kebingungan bagi pengunjung yang kemudian bingung mau kemana atau apa yang Anda tawarkan.
    Sitemap HTML disini bekerja dengan cara yang mirip dengan toko serba ada atau peta pusat perbelanjaan. Integrasi sitemap adalah cara terbaik bagi orang yang memelihara sitemap untuk memeriksa setiap halaman dan memastikannya memiliki tautan yang tepat bagi sebuah situs. Jadi sitemap adalah direktori untuk pengguna yang tidak dapat menemukan halaman yang mereka cari di sebuah situs yang dibedakan menjadi beberapa kategori dan link yang sesuai dengan website tersebut.

  • Mengatur dan merancang website

    Dasarnya, sebuah sitemap adalah blue print dari rancangan pembangunan situs web Anda. Disamping juga menjadi menjadi alat manajemen proyek sitemap juga dapat mengawasi struktur dan koneksi antara halaman dan sub halaman. Ini juga merupakan fungsi untuk dapat memastikan bahwa Anda memiliki hirarki dan taksonomi yang tepat untuk situs Anda. Penerapan sitemap akan membuat situs web Anda terorganisir dengan baik dan semua menu maupun link tersusun rapi.

  • Mempercepat dan mempermudah pekerjaan crawling mesin telusur

    Anda tentu ingin mempercepat dan mempermudah pekerjaan crawling mesin telusur, termasuk menemukan konten Anda dan memindahkannya ke antrean perayapan. Meskipun sitemap XML hanyalah daftar tautan, tautan HTML sebenarnya adalah cara yang lebih disukai crawling penelusuran untuk dapat menemukan web Anda. Disini sitemap HTML membantu menarik perhatian ke konten tersebut dengan menyoroti halaman terpenting situs web Anda selain Anda juga dapat mengirimkan versi teks peta situs Anda ke Google.

  • Meningkatkan visibilitas mesin pencari

    Pada beberapa situs web, Google dan mesin telusur lainnya mungkin tidak benar- benar dapat mengindeks setiap laman web. Misalnya, jika Anda memiliki tautan di salah satu laman web Anda, bot penelusuran dapat memilih untuk mengikuti tautan itu. Bot tadi ingin memverifikasi bahwa tautan tersebut valid namun dengan begitu, bot tidak akan pernah kembali untuk terus mengindeks halaman yang tersisa.
    Kegunaan sitemap HTML dapat mengarahkan bot ini untuk mendapatkan gambaran keseluruhan situs Anda dan mempertimbangkan semua halaman dan dapat memfasilitasi pekerjaan bot.Taksonomi dan hierarki tidak hanya membantu pengguna menemukan semua link mendu, tetapi juga sangat penting bagi crawler penelusuran.

 

Baca Juga  :     Panduan Lengkap Belajar HTML untuk Pemula [LENGKAP]

 

Cara Kerja Sitemap HTML

Apa Itu Sitemap HTML : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Manfaatnya untuk Website
 

 

Cara kerja sitemap HTML di situs web tidak hanya untuk meningkatkan visibilitas mesin pencari Anda. Pengguna situs web juga merasa terbantu untuk melihat organisasi situs web secara lengkap ketika mereka mengakses sitemap tad. Ini akan membuat navigasi lebih mudah, dan mereka merasa situs Anda lebih teratur, yang akan mempermudah pencarian di situs tersebut.

Dengan adanya sitemap juga membantu Anda memenuhi kebutuhan pelanggan secara lebih langsung jika mereka tidak dapat menemukan sesuatu. Sebuah sitemap yang jelas, Anda dapat memeriksa item yang hilang di situs dan memastikan item tersebut ditambahkan, yang membantu pengguna akhir mendapatkan apa yang mereka cari. Karena informasi ditambahkan ke peta situs HTML, akan mudah ditemukan dan upaya membuat sumber daya itu tidak perlu diduplikasi hanya karena halaman web yang kusut dan membingungkan pengunjung.

 

Bca Juga  :    Kumpulan Editor HTML Terbaik Untuk Development Website dan Aplikasi

 

Kesimpulan dan Penutup

Sejatinya semua mesin telusur selalu crawling situs web yakni dengan menjelajahi konten situs Anda dan mengkategorikannya dengan cara yang membantunya menampilkannya kepada penelusur pada momen yang relevan. Jika Anda memiliki peta situs HTML yang kuat, crawler dapat mudah memahami dan mengkategorikan situs Anda dengan lebih cepat dan mudah. Ketika crawler tahu bagaimana mengkategorikan situs Anda, ini dapat meningkatkan visibilitas mesin pencari Anda.

Tautan internal adalah penanda kuat untuk tujuan SEO dan cara untuk memaksimalkan waktu yang dihabiskan pengunjung di situs Anda untuk mengklik ke halaman lain. Sitemap HTML akan menautkan situs web Anda, sehingga meningkatkan tautan internal Anda untuk tujuan SEO, membuat situs web yang relevan akan saling berhubungan. Ini juga memudahkan untuk menavigasi situs Anda, yang dianggap sebagai nilai plus dan kelebihan tersendiri dalam SEO.

 

Related Post :

popup image