Apa Itu Viral Marketing : Pengertian, Manfaat, dan Cara Eksekusinya

Business, Marketing / 0 | | 0

Setiap hari kita mendengar semua tentang pemasaran viral dalam banyak hal terutama di media sosial. Baik itu berupa format video dan konten viral baru, karena unik dan tidak biasa, maka akan menyebar dengan sangat cepat. Tapi apa sebenarnya itu konten viral yang kini digunakan juga dalam marketing (pemasaran)? Bagaimana suatu hal bisa menjadi viral?

Apakah karena produk viral atau iklan viral, kampanye viral, atau sekadar keberuntungan, yang secara acak membuat sesuatu menjadi besar? Meski banyak yang dimulai dengan ketidaksengajaan, namun sebuah konten pemasaran harus dibuat dan direncanakan dengan matang. Konten viral biasanya memiliki strategi viral yang dirancang dengan baik di belakangnya,

Tetapi viralitas, sebagian, juga karena keberuntungan, kreativitas, serta juga tentunya persiapan yang matang. Untuk memecah konsep ini sedikit lebih baik, berikut ini penjelasan mengenai definisi konsep ini, cara kerja kampanye viral, keuntungan atau manfaat dari sebuah pemasaran viral, serta cara membuat sesuatu menjadi viral.

 

Pengertian atau Definisi Viral Marketing

Viral Marketing adalah jenis pemasaran yang mampu membangkitkan minat dan potensi penjualan suatu merek atau produk melalui pesan yang menyebar seperti virus. Dengan kata lain, secara cepat, dan dari orang ke orang. Idenya adalah untuk menjadi pengguna sendiri yang memilih untuk berbagi konten. Karena kecepatan dan kemudahan untuk berbagi ini, maka jejaring sosial atau media sosial adalah habitat alami dari jenis pemasaran ini.

Contoh yang paling umum adalah pembuatan video yang emosional, mengejutkan, lucu, atau unik di YouTube, yang kemudian dibagikan di Facebook, Twitter, dan saluran lainnya. Ini membuat semua orang yang tidak mengetahui konten itu sebelumnya menjadi lebih aware dan selalunya akan terus menyebarkan konten yang sama kepada orang lain. Namun viralitas bisa menjadi pedang bermata dua. Penting untuk diingat bahwa dalam jenis kampanye ini, sebagian besar kontrol berada di tangan pengguna, dan ada risiko pesan dapat disalah artikan atau diparodikan. Di sisi lain, kampanye viral yang sukses dapat menghasilkan keajaiban untuk hasil merek Anda.

 

Baca Juga  :    Content Marketing : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Content Marketing

 

Manfaat dan Keuntungan Viral Marketing

Apa Itu Viral Marketing : Pengertian, Manfaat, dan Cara Eksekusinya
 

Meskipun pemasaran viral memiliki beberapa cela karena ini adalah jenis pemasaran yang tidak biasa, namun metode ini juga memiliki lebih dari sekadar manfaat. Viral marketing sangat hemat biaya. Karena berbagi di media sosial bertindak sebagai pengganda kekuatan, hal ini dapat memberikan brand jangkauan yang luar biasa di seluruh rentang demografis yang luas. Jenis jangkauan yang tidak bisa ditandingi oleh iklan berbayar setidaknya tidak untuk brand yang tidak memiliki anggaran pemasaran yang banyak.

Terlebih lagi, karena konten viral dibagikan secara organik di antara sesama, konten tersebut memiliki kesan asli dan non-invasif. Konsumen tidak merasa seperti sedang dipasarkan atau mendapatkan penjualan yang sulit. Terlebih lagi, jika copy dari pemasaran Anda dianggap layak viral oleh pasar, itu dapat menghasilkan banyak kesan baik terhadap brand Anda. Meskipun kampanye viral Anda tidak menyinggung produk tertentu, hal itu dapat menciptakan jenis asosiasi positif yang mengubah prospek menjadi pelanggan.

Berikut hal- hal yang bisa Anda manfaatkan jika Anda menggunakan jenis marketing ini untuk membantu brand Anda :

 

  • Biaya rendah

    Apa yang menjadi ciri kampanye viral adalah bahwa pengguna melakukan sebagian besar pekerjaan untuk brand, yang secara drastis mengurangi biaya penyebaran pemasaran konvensional. Bahkan brand tidak perlu lagi membeli ruang iklan atau media.

  • Potensi jangkauan yang bagus

    Video viral di Internet memiliki kemampuan untuk menjangkau khalayak internasional yang sangat besar tanpa harus menginvestasikan banyak uang atau melakukan upaya ekstra apa pun. Karena itu, perusahaan kecil atau bahkan perorangan bisa menjadi sangat viral.

  • Tidak invasif

    Dalam pemasaran viral, pengguna media sosial adalah orang yang mengambil keputusan untuk berpartisipasi dan berbagi konten, sehingga mengurangi kemungkinan brand akan dianggap invasif. Seperti ini, persepsi brand dan interaksi jauh lebih baik, dibandingkan dengan bentuk iklan yang lebih klasik.

  • Membantu membangun brand Anda

    Pemasaran adalah bagian kreatif, makan membuat konten yang sangat luar biasa sehingga pengguna sendiri memutuskan untuk membagikannya yang karenanya akan membantu menciptakan hubungan pribadi dengan brand Anda. Tidak diragukan lagi, ini adalah alat yang sangat ampuh dalam hal branding dan kesadaran.

 

Baca Juga  :    Marketing Campaign : Pengertian dan Tips Memaksimalkannya

 

Cara Eksekusi dan Melakukan Viral Marketing

Apa Itu Viral Marketing : Pengertian, Manfaat, dan Cara Eksekusinya
 

Teknik pemasaran viral marketing adalah alat yang ampuh untuk bisnis. Begitulah cara banyak brand dengan cepat memperoleh pelanggan baru. Anda dapat membuat kampanye media sosial viral dengan mengikuti prinsip pemasaran viral yang dipraktikkan oleh beberapa merek terbaik dunia. Meskipun tidak pernah ada jaminan bahwa kampanye pemasaran Anda akan viral, ada beberapa strategi terbukti yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan peluangnya. Lagipula, konten viral biasanya tidak terjadi secara acak dan lebih sering disebabkan oleh perhatian yang cermat terhadap perilaku konsumen.

  • Menangkap perhatian dan antusiasme konsumen

    Konsumen dikelilingi oleh banyak konten setiap detik yang mereka habiskan di web, baik mereka menggunakan komputer atau perangkat seluler. Untuk membuat mereka memperhatikan alih-alih menggulir melewati kampanye Anda, Anda harus memiliki pencuri perhatian segera yang menghentikan mereka untuk melihat konten Anda. Memiliki elemen visual dalam konten pemasaran digital Anda dapat membantu. Selain itu, Anda perlu menarik audiens target Anda dengan pesan yang secara instan diterjemahkan sebagai berani, lucu, liar, menakjubkan, atau sesuatu di antaranya.

  • Libatkan audiens Anda

    Sebuah konten jarang menjadi viral jika tidak mendorong pemirsanya untuk terlibat. Viral marketing bekerja paling baik jika dirancang agar audiens dapat berinteraksi dan dengan mudah dibagikan. Paling tidak, konten Anda perlu menyertakan semacam ajakan bertindak (CTA), memberi tahu pengguna tindakan apa yang harus mereka ambil setelah mendengar pesan Anda. Beberapa kampanye viral marketing yang paling sukses juga mencakup peluang bagi audiens untuk berkomentar, membuat konten mereka sendiri, atau bermain bersama.
    Sasaran Anda adalah memastikan pemirsa tidak mengalihkan pandangan mereka dari layar sampai mereka membagikan konten Anda dengan jaringan mereka sendiri. Jika kampanye Anda juga dapat melibatkan outlet media, itu lebih baik untuk membantu Anda mendapatkan publisitas.

  • Berikan pesan yang sederhana

    Semua kampanye viral memiliki satu kesamaan yakni pesan mereka dapat diringkas hanya dalam frasa atau kalimat pendek. Memiliki lebih dari satu CTA atau pesan menyeluruh dapat membingungkan atau mengalihkan perhatian audiens Anda, mengurangi keefektifan kampanye Anda secara keseluruhan. Membatasi pesan viral Anda menjadi satu pesan sederhana membuatnya mudah diingat dan didekati.
    Seluruh konten Anda juga harus cukup sederhana. Saat berbagi di media sosial, jangan membebani teks Anda dengan hashtag, yang dapat membuat tampilan berantakan dan mengalihkan perhatian dari pesan utama Anda. Idealnya, pertahankan durasi video tidak lebih dari 30 detik sudah cukup untuk menyampaikan pesan Anda tanpa hambatan apa pun. Kesederhanaan tidak boleh membatasi kreativitas, maka saat melakukan brainstorming untuk rencana pemasaran viral Anda, berpikirlah di luar kotak untuk mengekspresikan pesan Anda dengan cepat.

 

Baca Juga  :    Social Media Marketing : Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Melakukannya

 

Kesimpulan dan Penutup

Dengan dunia pengguna internet yang berkumpul secara online setiap hari, pengalaman digital bersama telah menjadi bagian mendasar dari kehidupan saat ini. Ini membuat banyak brand memanfaatkan kebiasaan online ini dengan membuat pemasaran online mereka sendiri yang diharapkan menjadi viral. Karen melalui pemasaran viral, merek Anda dapat memanfaatkan internet dan bergerak menuju pertumbuhan eksponensial.

Internet, terutama media sosial, adalah forum masif untuk apa saja dan segalanya dalam banyak sektor kehidupan abad ini. Namun pada waktu tertentu, ada trending topic yang mendominasi percakapan online. Masuk ke daftar tren adalah cara jitu untuk menumbuhkan kesadaran merek dengan cepat, itulah sebabnya banyak pemasar saat ini bertujuan untuk viral di setiap kampanyenya.

Related Post :