Aplikasi Xamarin : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur-Fiturnya

Serba Serbi, Technology / 1 | | 0

Xamarin adalah perusahaan perangkat lunak berbasis San Francisco milik Microsoft yang didirikan pada Mei 2011 oleh para insinyur yang membuat Mono, Xamarin. Android (sebelumnya Mono untuk Android) dan Xamarin.iOS (sebelumnya MonoTouch), yang merupakan persilangan Implementasi platform Common Language Infrastructure (CLI) dan Spesifikasi Bahasa Umum (sering disebut Microsoft .NET).

Dengan basis kode C #, pengembang dapat menggunakan alat Xamarin untuk menulis aplikasi Android, iOS, dan Windows asli dengan antarmuka pengguna asli dan berbagi kode di berbagai platform, termasuk Windows, macOS, dan Linux. Menurut Xamarin, lebih dari 1,4 juta pengembang menggunakan produk Xamarin di 120 negara di seluruh dunia pada April 2017.

Nama Xamarin berasal dari nama monyet Tamarin, menggantikan T terdepan dengan X. Hal ini sejalan dengan tema penamaan yang digunakan sejak Ximian dimulai. Pada 24 Februari 2016, Microsoft mengumumkan telah menandatangani perjanjian definitif untuk mengakuisisi Xamarin. Mari kenali aplikasi yang mendapatkan berbagai macam review lebih lanjut di bawah ini.

 

Mengenal Pengertian Aplikasi Xamarin

Aplikasi Xamarin : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur-Fiturnya
 

 

Xamarin adalah alat pengembangan lintas platform yang memungkinkan pengembang membangun aplikasi iOS dan Android asli, serta aplikasi Windows dan Mac, menggunakan satu basis kode C # bersama. Perusahaan juga mengizinkan pengembang menguji aplikasi pada ratusan perangkat melalui layanan Xamarin Cloud, menawarkan Xamarin Studio IDE miliknya sendiri, dan menjalankan kelas online langsung dengan program Universitas Xamarin.

Pada 16 Mei 2011, Miguel de Icaza mengumumkan di blognya bahwa Mono akan dikembangkan dan didukung oleh Xamarin, perusahaan yang baru dibentuk yang berencana untuk merilis rangkaian produk seluler baru. Menurut de Icaza, setidaknya sebagian dari tim Mono asli telah pindah ke perusahaan baru ini. Xamarin sendiri menawarkan sejumlah merek ternama di antara kliennya, termasuk Microsoft, Kellog’s, Bosch dan Dow Jones. Perusahaan ini berbasis di San Francisco dengan kantor di Eropa, Asia, dan Amerika Selatan.

 

Fungsi Aplikasi Xamarin

Alat Visual Studio untuk Xamarin mampu mengirimkan aplikasi Android, iOS, dan Windows asli dengan satu basis kode .NET bersama. Ini yang membuat aplikasi yang dibangun menggunakan Xamarin terlihat dan terasa asli, karena memang demikian adanya. Berikut ini beberapa fungsi dari penggunaan Xamarin :

 

  • Antarmuka Pengguna Asli

    Aplikasi yang dibangun menggunakan Xamarin berisi standar, kontrol antarmuka pengguna asli. Sehingga aplikasi tidak hanya terlihat seperti yang diharapkan pengguna akhir, tetapi juga berperilaku seperti yang sudah diharapkan atau dijangkakan.

  • Akses API Asli

    Aplikasi yang dibangun menggunakan Xamarin memiliki akses ke spektrum fungsionalitas penuh yang diekspos oleh platform dan perangkat yang mendasarinya, termasuk kemampuan khusus platform seperti ARKit dan mode Android Multi-Window.

  • Performa Asli dan nyata

    Aplikasi yang dibuat menggunakan Xamarin memanfaatkan akselerasi perangkat keras khusus platform, dan dikompilasi untuk kinerja asli. Ini tidak dapat dicapai dengan solusi yang menafsirkan kode pada waktu proses biasa.

 

Baca Juga :    Apa itu React : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Kerjanya

 

Keunggulan dari Penggunaan Xamarin

Tentu saja Xamarin mempunyai keunggulan yang membuatnya banyak dilirik oleh perusahaan – perusahaan besar dalam membuat dan mengembangkan aplikasi mereka. Berikut ini beberapa keunggulan yang akan Anda akan dapatkan jika Anda menggunakan Xamarin :

 

  • Kemampuan menargetkan semua platform

    Basis kode bersama tunggal untuk Android, iOS, dan Windows membuat pengembang dapat membagikan kode di mana saja. Dengan menggunakan bahasa, API, dan struktur data yang sama untuk 75 +% kode aplikasi di semua platform pengembangan seluler.

  • Dapat di kembangkan di PC atau Mac

    Dengan IDE kelas dunia pada OS pilihan Anda yang memungkinan untuk menggunakan Visual Studio, IDE berfitur lengkap dan dapat diperluas di Windows. Atau, gunakan Visual Studio untuk Mac, IDE yang kaya untuk macOS. Keduanya menawarkan desainer UI, pengeditan kode yang efisien, alat debugging dan penerbitan, dan banyak lagi.

  • Manfaat yang banyak dan bervariasi

    Menawarkan alat, layanan cloud, dukungan dan pelatihan dengan langganan standar, Anda mendapatkan perangkat lunak dan manfaat yang Anda perlukan untuk selalu mengikuti semua hal kode, termasuk akses ke perangkat lunak Microsoft inti untuk pengembangan dan pengujian, Azure dev / uji kredit individu bulanan, alat kolaborasi, kursus pelatihan, dukungan profesional, dan lainnya.

  • Open source

    Tersedia di bawah lisensi MIT SDK Xamarin, Xamarin.Forms, dan Mono runtime adalah open source di GitHub. Ini semua adalah kumpulan open source yang akan mendukung pengembangan jauh lebih efektif, strategis dan praktis.

  • Memanfaatkan kekuatan cloud dengan Azure

    Buat aplikasi seluler cerdas berbasis cloud yang dapat berkembang seiring dengan pertumbuhan pengguna Anda. Gunakan .NET Core dengan Visual Studio untuk membuat API dan alur kerja tanpa server yang dapat merespons peristiwa pengguna dan menjangkau audiens global dengan menekan sebuah tombol. Integrasikan kemampuan pembelajaran mesin dan tambahkan bot untuk pengalaman pengguna yang lebih imersif, semuanya dibuat dengan .NET dan Visual Studio untuk Mac.

  • Percepat pengembangan aplikasi seluler Anda

    Temukan mitra konsultasi bersertifikat untuk memberikan solusi seluler menggunakan Xamarin untuk membantu Anda membawa bisnis Anda bergerak dan meningkatkannya dengan Visual Studio dan Xamarin, serta membangun solusi seluler berkualitas lebih tinggi. Mitra strategis jangka panjang adalah ahli seluler yang dapat memandu Anda melalui setiap tahap siklus hidup aplikasi dan akan membantu Anda merancang, mengembangkan, dan menguji aplikasi seluler lintas platform berkinerja tinggi.

 

Baca Juga :    Apa itu Edmodo : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Fitur- fitur Xamarin

Aplikasi Xamarin : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, Fitur-Fiturnya
 

Setelah menawarkan banyak keunggulan dan kelebihan untuk menarik pengembang, Xamarin juga menyediakan berbagai fitur- fitur, produk atau dukungan bagi siapa saja yang mengandalkan aplikasi mereka dalam mengembangkan aplikasi. Dibawah ini fitur atau produk yang dikeluarkan Xamarin bagi para penggunanya :

 

  1. Platform Xamarin

    Perusahaan Xamarin memproduksi platform perangkat lunak open source ] dengan nama yang sama, dan Xamarin 2.0 dirilis pada Februari 2013. Xamarin memperluas platform pengembang .NET dengan alat dan pustaka khusus untuk membuat aplikasi untuk Android, iOS, tvOS, watchOS, macOS, dan Windows (UWP) terutama dengan C # di Visual Studio. Pengembang dapat menggunakan kembali kode C # mereka yang ada, dan membagikan kode signifikan di seluruh platform perangkat.

  2. Xamarin.Forms

    Diperkenalkan di Xamarin 3 pada 28 Mei 2014 dan memungkinkan seseorang untuk menggunakan subset kontrol portabel yang dipetakan ke kontrol asli Android, iOS dan Windows Phone. Sistem ini menggunakan XAML. Microsoft telah memodifikasi kerangka kerja ini untuk bekerja dengan Platform Windows Universal. Microsoft mengaktifkan pengembangan seluler asli dengan Blazor. Mobile Blazor Bindings memungkinkan pengembang untuk membangun Android dan iOS asli menggunakan C #, .NET, dan pola pemrograman web.

  3. Xamarin Test Cloud

    Xamarin Test Cloud memungkinkan pengembang untuk menguji aplikasi seluler yang ditulis dalam bahasa apa pun pada perangkat nyata yang tidak di-jailbreak di cloud. Xamarin Test Cloud menggunakan pengujian UI berbasis objek untuk mensimulasikan interaksi pengguna yang sebenarnya.

  4. Xamarin for Visual Studio

    Xamarin adalah platform pengembang .NET yang terdiri dari alat, bahasa pemrograman, dan perpustakaan untuk membangun berbagai jenis aplikasi. Xamarin memasok add-in ke Microsoft Visual Studio yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi Android, iOS, dan Windows dalam IDE menggunakan penyelesaian kode dan IntelliSense. Xamarin for Visual Studio juga memiliki ekstensi yang menyediakan dukungan untuk membangun, menyebarkan, dan men-debug aplikasi di simulator atau perangkat.

  5. Studio Xamarin

    Pada saat dirilis pada Februari 2013, Xamarin Studio adalah IDE mandiri untuk pengembangan aplikasi seluler di Windows dan macOS, sebagai bagian dari Xamarin 2.0 berdasarkan proyek sumber terbuka MonoDevelop. Selain debugger, Xamarin Studio menyertakan pelengkapan kode di C #, pembuat UI Android untuk membuat antarmuka pengguna tanpa XML, dan integrasi dengan Xcode Interface Builder untuk desain aplikasi iOS.

  6. Xamarin.Mac

    Xamarin.Mac dibuat sebagai alat untuk pengembangan aplikasi teknologi Apple dengan menggunakan bahasa pemrograman C #. Xamarin.Mac, seperti halnya Xamarin.iOS dan Xamarin.Android, memberi pengembang hingga 90% kode untuk digunakan kembali di Android, iOS, dan Windows. Xamarin.Mac memberi pengembang C # kemampuan untuk membangun aplikasi Cocoa asli sepenuhnya untuk macOS dan memungkinkan aplikasi asli yang dapat dimasukkan ke Mac App Store.

  7. .NET Mobility Scanner

    Pemindai Mobilitas .NET Xamarin memungkinkan pengembang melihat seberapa banyak kode .NET mereka dapat berjalan di sistem operasi lain, khususnya Android, iOS, Windows Phone, dan Windows Store. Ini adalah layanan berbasis web gratis yang menggunakan Silverlight.

  8. RoboVM

    Pada bulan Oktober 2015 Xamarin mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi RoboVM Swedia untuk platform pengembang Java yang serupa dengan penawarannya, alasan yang dikemukakan oleh Xamarin untuk akuisisi tersebut adalah bahwa jika mereka mengembangkan platform berbasis Java dari bawah ke atas, produk akhir mereka akan serupa RoboVM sehingga mereka mengakuisisinya. Akibatnya, RoboVM beroperasi secara independen dari tim Xamarin. RoboVM memungkinkan pengembang membangun aplikasi Java untuk iOS dan Android dengan UI asli sepenuhnya, kinerja asli, dan semua aplikasi Java memiliki akses lengkap ke API dari setiap platform pengembang.

 

Baca Juga :   Rekomendasi Aplikasi Absensi Online untuk Kebutuhan Usaha, Kantor, dan Sekolah

 

Kesimpulan dan Penutup

Xamarin telah menggemparkan dunia dalam 7 tahun lebih keberadaannya, telah berkembang dengan 1,6 juta pengembang di 120 negara dan diakuisisi oleh Microsoft untuk menjadi bagian dari lingkungan Visual Studio. Ini menjadikan Xamarin teknologi pilihan bagi 15.000 perusahaan di bidang energi, transportasi, media, perawatan kesehatan, dan banyak lagi. Saat ini Xamarin tidak hanya menyediakan platformnya untuk membangun aplikasi seluler lintas platform tetapi juga mendukung lebih jauh ekosistem pengembangan untuk menguji dan men-debug produk.

Mengandalkan Xamarin Test Cloud, sekarang menjadi bagian dari Microsoft Visual Studio App Center, memungkinkan pengembang untuk menjalankan aplikasi Xamarin mereka di lebih dari 2.000 perangkat nyata dan menganalisis laporan terperinci. Layanan lain, Xamarin.Insights, sebelumnya digunakan oleh pengembang .NET seluler untuk menemukan dan men-debug masalah, tetapi baru-baru ini digabungkan dengan HockeyApp, platform pengujian Microsoft untuk menerima umpan balik dan mencegah kerusakan.

 

Related Post :