Bagaimana Cara Memaksimalkan Email Marketing untuk Bisnis?

Business, Email Marketing / 0 | | 0

Anda punya bisnis online? Ingin membuat bisnis anda lebih profesional? Nah, Email marketing adalah jawabannya. Pernahkah anda membuat email marketing yang efektif supaya bisa menghasilkan pengunjung dan  conversion tinggi. Selain menghasilkan conversion yang tinggi tentu Anda memerlukan banyak subscriber email marketing agar mendapat konsumen yang selalu berlangganan berita tentang bisnis kamu.

Banyak keuntungan yang akan anda dapatkan dengan menggunakan email marketing. Nah, artikel ini akan memuat tentang cara memaksimalkan bisnis online anda agar mendapatkan subscriber email marketing dalam waktu singkat. Yuk, simak artikel berikut ini:

1. Perhatikan Waktu Pengiriman

Bagaimana Cara Memaksimalkan Email Marketing untuk Bisnis ? | IDCloudHost
 

Email Marketing dapat menghasilkan konversi yang besar harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik penerimanya. Jika anda tidak menentukan waktu yang tepat dalam pengiriman email, maka email yang anda kirimkan akan dianggap menjadi  SPAM bagi penerima atau subscriber newsletter anda. Anda dapat mengirimkan email marketing pada saat menyampaikan hal yang penting dengan melihat waktu yang tepat untuk pengiriman ke konsumen.

Penting bagi anda untuk melakukan segmentasi berdasarkan zona waktu untuk setiap subscriber yang anda miliki. Selanjutnya, anda bisa menyesuaikan mengirim dan menerima email di waktu yang tepat. Kemudian, sama halnya kemungkinan email akan dibuka dan menghasilkan konversi juga akan semakin besar.

Ketik anda sebelumnya pernah melakukan pengiriman email, maka silahkan anda coba untuk melihat bagaimana hasil dari pengiriman itu sebagai review. Selanjutnya, anda dapat menentukan waktu yang tepat dan manakah waktu yang tidak bisa dilakukan lagi.

Selain itu, jangan mengirim email kepada pelanggan atau subscriber setiap hari. Anda dapat menjadwalkan saja agar setiap email bisa menjadi moment yang dinantikan oleh pelanggan.

 

2. Perhatikan Subject pengiriman email

Hal penting lainnya dalam sebuah email marketing ialah sebuah subject bagi email marketing menjadi daya tarik utama untuk kemudian pelanggan mau membuka atau justru mengabaikannya. Anda harus memastikan untuk tetap menjaga subject email agar ramah terhadap pembaca dan juga menarik. Namun, jangan membuat subject terlalu panjang agar semua pesan bisa tersampaikan, harusnya anda membuat subjectnya di bawah 50 karakter.

Kemudian, pelanggan akan mendapatkan kesan dan menanamkan rasa percaya kepada pelanggan. Kita bisa melakukan uji coba untuk melihat apakah subject email kita bekerja dengan baik atau tidak bisa diulangi lagi. Anda juga dapat memilih layanan email profesional Zimbra Email maupun Gsuite untuk bisnis anda dengan memesan di Layanan Email Marketing IDCloudhost. Fitur ini dapat membantu menjaga kerahasiaan email password anda dengan beberpa kemanan yang sudah tersertifikasi.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Email Marketing untuk Bisnis ? | IDCloudHost
 

3. Konten visual

Bagaimana Cara Memaksimalkan Email Marketing untuk Bisnis ? | IDCloudHost
 

Anda pasti lebih suka melihat gambar dengan penjelasan dibandingkan tulisan yang panjang dan  susah dimengerti. Inilah konten visual. Dimana gambar dan video mendominasi pada konten email. Anda dapat menggunakan CTA untuk mengarahkan pelanggan ke halaman yang kita inginkan, dimana mereka bisa membaca artikel atau konten lengkapnya.

Anda dapat menggunakan alat untuk mengoptimasi gambar yang akan digunakan misalnya corel draw, photoshop. Karena gambar dengan size yang besar akan memberatkan atau justru tidak akan muncul di dalam email. Terkadang browser juga tidak dapat mendukung konten visual untuk tampil secara keseluruhan. Sehingga anda perlu melakukan uji coba hingga pada akhirnya melakukan pengiriman.

Baca Juga : Panduan Digital Marketing Untuk Pemula

 

4. Optimalisasikan untuk semua perangkat

Bagaimana Cara Memaksimalkan Email Marketing untuk Bisnis ? | IDCloudHost
 

Perkembangan smartphone yang sudah beredar di indonesia, malah pengguna bisa menggunakan lebih dari 1 gadget untuk membuka email yang kita kirimkan. Hal Ini yang dapat kita manfaatkan untuk melakukan optimasi email bagi semua perangkat.

Dalam melakukan optimasi  desain dan konten yang ditampilkan harus diperiksa terlebih dahulu untuk melihat kenyamanan pelanggan yang menerima email.

 

5. Buat Personalisasi

Bagaimana Cara Memaksimalkan Email Marketing untuk Bisnis ? | IDCloudHost
 

Personalisasi merupakan keadaan dimana kita membuat konten yang relevan dengan apa yang sedang tren. Misalnya saja, ketika pelanggan subscribe ke website  tertentu, anda bisa melakukan segmentasi untuk membuat konten yang relevan dengan apa yang mereka minati.

Dengan membut personalisasi email dalam kampanye marketing, maka dapat membuat email anda akan menjadi lebih efektif dan memberikan kemungkinan konversi yang lebih besar terhadap penjualan. Setelah itu membuat konten yang relevan, kita bisa membuat CTA yang diarahkan ke produk atau artikel terkait di dalam blog.

 

6. Buatlah Penawaran

Bagaimana Cara Memaksimalkan Email Marketing untuk Bisnis ? | IDCloudHost
 

Ketika anda sudah berlangganan disebuah website anda akan mendapatkan informasi setiap harinya dengan memberikan email dan password pada form pendaftaran. Dengan cara ini dapat membuat pengunjung website tidak akan memberikan informasi pribadi mereka tersebut secara cuma-cuma. Untuk imbalannya Anda memberikan penawaran menarik dan berharga agar pelanggan maupun pengunjung website mau memberikan email mereka.

 

7. Berikan Giveaway

Bagaimana Cara Memaksimalkan Email Marketing untuk Bisnis ? | IDCloudHost
 

Siapa yang tidak suka mendapat hadiah? Nah, anda dapat membuat giveaway dalam kuis kepada pelanggan anda. Jangan memberikan giveaway yang tidak hanya mengandalkan subscriber bodong Anda bisa membuat giveaway seperti diskon atau gratis produk pada layanan anda. Seperti IDCloudHost yang memberikan giveaway Gopay 100 K kepada pemenang kuis di Facebook.

Baca Juga : Tips Bagaimanan Cara Memulai Bisnis Sendiri

 

Kesimpulan dan Penutup

Email marketing merupakan hal yang sangat penting untuk bisnis online. Dengan email marketing, anda dapat membuat subscriber atau pengunjung  anda untuk tertarik melakukan transaksi produk anda.

Sebelum bertransaksi pelanggan dapat anda tawarkan program berlangganan produk anda, yang hanya menggunakan email dan password. Hal ini dapat membuat pelanggan anda dapat menerima notifikasi dari website anda.

Kesulitan dalam menerapkan strategi email marketing ini ialah mengetahui email calon pelanggan.  Ada perusahaan yang tidak mau memberikan alamat email dikarenakan kebijakan dan menjaga kerahasiaan pelanggan.

Anda dapat memanfaatkan data – data dari program berlangganan yang sudah terdaftar maupun meminta sales perusahaan anda untuk mempromosikan produk anda dengan meminta data email dari pelanggan anda.

Related Post :

popup image