Bahaya Menggunakan Template Blogger Nulled / Bajakan untuk Website

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Tidak diragukan lagi Blogger adalah salah satu platform terbaik untuk manajemen konten untuk blog dan situs web disamping WordPress. Selain platform ini juga ramah guna untuk pemula, individu maupun profesional dalam menjalankan situs web dan blog online mereka. Blogger juga tidak meminta penggunanya harus memahami jargon bahasa pemrograman.

Datang dengan kemudahan navigasi dan fitur- fitur penunjang yang ramah guna, Blogger dapat membuat pembuatan situs web jauh lebih mudah diakses bahkan orang non-teknologi sekalipun. Bahkan Blogger juga mempunyai bermacam template yang bisa didapatkan secara gratis maupun juga berbayar sehingga penggunanya bisa langsung menyempatkan atau memasangkan template tersebut.

Template yang sudah dipasang akan membuat tampilan blog dan website Anda lebih menarik. Hanya saja, sama seperti WordPress, selalu ada bahaya yang mengintai dari penggunaan template yang tidak sah atau nulled. Ini akan mempengaruhi pergerakan website Anda selain juga membuatnya jadi kehilangan kredibilitas. Simak bahaya menggunakan template Blogger nulled atau bajakan berikut ini.

 

Memahami Apa Itu Tema dan Template Nulled

Bahaya Menggunakan Template Blogger Nulled / Bajakan untuk Website
 

Ada kemungkinan bahwa beberapa dari pemilik situs atau blog tidak terbiasa dengan istilah plugin, template dan tema nulled bahkan mungkin menggunakan barang-barang itu tanpa mengetahui dan menyadarinya. Satu-satunya hal yang Anda ketahui adalah bahwa Anda menggunakan tema dan plugin secara gratis yang biasanya dikenakan biaya oleh platform karena menggunakan label premium.

Jadi, bagaimana Anda bisa mendapatkan tema atau template yang ternyata bajakan? Itu karena bisa saja Anda menggunakan salinan bajakan dari tema dan template premium yang dapat Anda temukan di internet alih-alih membeli yang sebenarnya langsung dari platform. Bisa saja Anda tidak mengetahui ini karena Anda adalah seorang pengguna yang masih awam terhadap Blogger. Ketika Anda menggunakan tema dan template yang nulled Anda sama sekali tidak melanggar hukum apa pun. Namun itu nantinya akan mempengaruhi tampilan website dan blog Anda bahkan mungkin menjadi tema yang corrupt.

 

Baca Juga  :      Apa Itu Blogger : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Bahaya Menggunakan Template Blogger Nulled / Bajakan

Pada nyatanya, menggunakan tema atau template nulled bukanlah aktivitas ilegal. Namun, ketika Anda mendapatkan barang-barang yang didistribusikan ulang ini di internet, Anda tidak mendapatkan barang-barang premium yang dijual di platform secara resmi. Anda hanya akan mendapatkan salinannya sehingga Anda hanya menggunakan copy yang entah diproduksi berapa banyak sebelum sampai ke tangan Anda. Berikut gambaran mengapa berhenti menggunakan versi nulled adalah hal terbaik untuk situs web online Anda.

 

  • Masalah keamanan

    Demi keamanan situs web Anda, Anda harus menghindari penggunaan tema dan template nulled. Seperti yang Anda ketahui, Anda tidak mendownload template dari sumber terpercaya. Jadi, ada kemungkinan besar bahwa orang yang menyalin kode sumber utama dapat menambahkan beberapa hal berbahaya di dalam karya asli untuk mengambil kendali atas situs web Anda tanpa sepengetahuan Anda. Mereka dapat meretas dan mendapatkan semua informasi Anda serta mendapatkan info pelanggan Anda juga jika Anda menjalankan toko online. Jadi, jika Anda tidak ingin dieksploitasi, hindari menggunakan versi null.

  • Pelanggaran informasi pribadi

    Anda berisiko mengalami pelanggaran privasi yang parah dengan memilih menggunakan tema dan template nulled. Kode berbahaya yang datang dengan tema dan plugin nulled mencuri data pribadi dari Anda dan pengguna Anda. Anda akan kehilangan kepercayaan pengunjung hingga mungkin berakhir di pengadilan karena pencurian data, terutama jika Anda memiliki bisnis eCommerce atau jenis situs web keanggotaan, tempat Anda menangani data pengguna pribadi yang sangat sensitif.

  • Menghambat SEO

    Tema dan template bajakan memiliki ancaman yang signifikan terhadap SEO. Itu karena biasanya, kode memiliki beberapa tautan spam yang di dalamnya disematkan di sana dengan agenda tersembunyi. Seringkali ini terjadi untuk mengarahkan pengguna situs web Anda ke beberapa situs web lain. Secara kasat mata aktivitas ini tidak mungkin terdeteksi, namun, mesin pencari seperti Google akan mendeteksi tindakan tersebut, dan yang pasti situs Anda akan dikenakan sanksi. Mendapatkan sanksi dan teguran akan berakibatnya kehilangan peringkat di mesin pencari dan kesulitan dalam mengindeks.

  • Tidak ada support resmi

    Umumnya Anda dapat menikmati tema dan plugin premium secara gratis, tetapi tentu saja masih ada beberapa batasan. Misalnya, Anda tidak akan mendapatkan pembaruan apa pun maka jika tema mengalami bug, Anda tidak akan mendapatkan perbaikan karena Anda bukan pelanggan berbayar. Sekarang, tema yang Anda miliki mungkin 100% asli, dan tidak ada gangguan pada kode untuk mengeksploitasi Anda, tetapi Anda masih tidak aman hanya karena Anda tidak bisa mendapatkan perbaikan. Selain itu, Anda juga tidak dapat menghubungi pengembang untuk mendapatkan bantuan seperti pelanggan yang membayar.

  • Membuat pengembang rugi

    Para pengembang yang mengembangkan perangkat lunak semacam itu bekerja keras untuk berinovasi hal-hal baru untuk menyediakan berbagai macam hal untuk mempermudah situs website. Tetapi jika karya mereka dibajak dan digunakan tanpa izin, tentunya ini akan membuat para pengembang rugi karena setiap pembajakan dari karya asli tentu membawa kerugian.

 

Baca Juga  :     Daftar Template Blogger Terbaik & SEO Friendly di Tahun 2021

 

Memahami Kegunaan dan Mencari Template yang Tepat

Bahaya Menggunakan Template Blogger Nulled / Bajakan untuk Website
 

Jika Anda memiliki situs web yang didasarkan pada sistem manajemen konten, hal pertama yang perlu Anda miliki adalah tema atau template, yang pada dasarnya sama. Namun Anda harus memilih tema karena itu menentukan bagaimana situs web Anda akan terlihat secara online dan bagaimana pengunjung akan memandang Anda, merek Anda atau produk Anda. Selain itu Anda pasti menginginkan tema yang bagus untuk memasarkan produk Anda secara efektif.

Saat seseorang mencari sebuah tema, pengguna biasanya dihadapkan pada beberapa pilihan, seperti :

 

  • Beli tema atau template premium resmi
  • Unduh tema atau template gratis yang biasanya disediakan dan ditampilkan oleh CMS
  • Unduh dan gunakan tema atau template nulled

 

Mungkin Anda pernah mendengar orang memasang tema null di situs web mereka karena mereka tidak membayar uang untuk tema komersial yang seringkali merupakan tema premium yang dapat dibeli dengan harga ratusan dollar dari pengembang web profesional. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan template / tema nulled? Tema Nulled adalah jenis tema yang telah dimodifikasi agar berfungsi tanpa kunci lisensi dan setara dengan perangkat lunak bajakan di web. Sejatinya teman bajakan ini tidak sah dan sebaiknya dihindari agar Anda terhindar dari segala macam bahaya.

 

Baca Juga  :    Kamu Blogger? Yuk, Buat Tulisanmu di Lomba Blog IDCloudHost!

 

Kesimpulan dan Penutup

Seringnya setiap platform blog dan situs seperti Blogger atau WordPress adalah platform yang serba guna yang telah mampu mendukung dan berfungsi dengan baik. Bahkan mereka juga menyediakan ribuan tema tema, ekstensi, dan plugin baik itu gratis maupun berbayar meski memang ada opsi nulled atau bajakan.

Biasanya template atau tema ini adalah versi bajakan dari produk premium, diunduh dari repositori atau situs web tidak resmi. Penyebaran dan penggunaannya secara luas tetap merupakan praktik yang tidak etis dan jauh lebih berbahaya daripada yang terlihat di permukaan. Inilah sebabnya mengapa produk nulled bukanlah alat yang sah untuk digunakan dan didistribusikan dan mengapa Anda harus menghindarinya dengan cara apa pun.

Related Post :

popup image