logo Yuk, Buat Tulisanmu di Lomba Blog IDCloudHost! - IDCloudHost

Yuk, Buat Tulisanmu di Lomba Blog IDCloudHost!

Yuk, Buat Tulisanmu di Lomba Blog IDCloudHost!

Banyak orang yang pernah mendengar istilah blogging bisa jadi gagal memahami apa itu yang dimaksud dengan blog atau bagaimana membuat atau membaca blog dapat mempengaruhi atau meningkatkan kehidupan mereka. Blog sendiri adalah kependekkan dari weblog yang adalah bagian dari situs informasional yang diterbitkan di World Wide Web yang terdiri dari entri teks (tulisan) gaya buku harian diskrit dan informal.

Isi postingan blog sendiri biasanya ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik, sehingga posting terbaru muncul lebih dulu di bagian atas halaman web. Sampai pada 2009 silam, blog biasanya lebih dikenal atau dimiliki sebagai karya tulis dan pemikiran individu. Tapi tidak menutup pada kepemilikan kelompok atau organisasi tertentu karena blog bisa digunakan untuk mencakup satu subjek atau topik khusus.

2010 mencatat kemunculan blog multi-penulis atau multi-author blogs (MAB) yang datang menampilkan tulisan dari banyak penulis dan terkadang juga bisa diedit secara profesional. MAB dari surat kabar, media lain, universitas, lembaga think tank, kelompok advokasi, dan lembaga serupa bertanggung jawab atas peningkatan jumlah lalu lintas blog. Munculnya Twitter dan sistem mikroblog lainnya juga membantu mengintegrasikan MAB dan blog penulis tunggal ke dalam media berita.

Mengenal Apa itu Blog

Blog adalah buku harian atau jurnal online yang terletak di situs web. Konten blog biasanya mencakup teks, gambar, video, animasi GIF, dan bahkan pindaian atau scan dari buku harian atau jurnal offline fisik lama dan dokumen hard copy lainnya. Karena blog bisa ada hanya untuk penggunaan pribadi, pemilik blog dapat mengatur blog mereka untuk akses pribadi atau publik untuk dapat berbagi informasi dengan grup eksklusif atau untuk melibatkan ketertarikan publik.

Saat blog dibuat agar dapat diakses publik, siapa pun biasanya dapat menemukan blog tersebut melalui tautan yang tersedia di situs web individu atau bisnis pemilik blog, profil media sosial, email dan buletin elektronik, dan mesin telusur kata kunci online mereka. Banyak pemilik blog juga membuat blog di situs web yang dikhususkan untuk pembuatan, penyimpanan, dan berbagi blog, seperti Blogger, LiveJournal, Tumblr, dan WordPress.

Konten blog dapat muncul sebagai posting pada satu halaman streaming berkelanjutan atau posting pada halaman individual yang dapat dijangkau melalui satu atau lebih halaman yang diatur dalam format gaya daftar sebagai link judul posting, kutipan dan tag terkait. Semua posting atau tautan ke posting biasanya ditampilkan kepada pembaca dalam urutan kronologis terbalik dengan konten terbaru muncul lebih dulu dibagian atas blog.

 

Baca Juga :     Apa Itu Blogger : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Tipe dan Jenis Penggunaan Blog

Kamu Blogger? Yuk, Buat Tulisanmu di Lomba Blog IDCloudHost!
 

Ada banyak jenis blog yang berbeda tidak hanya dalam jenis konten, tetapi juga cara konten disampaikan atau ditulis di dalamnya. Berikut jenis dan tipe penggunaan blog yang biasa ditemukan di dunia maya :

 

  • Blog pribadi

    Blog pribadi adalah buku harian atau komentar online berkelanjutan yang ditulis oleh individu, bukan oleh perusahaan atau organisasi. Sementara sebagian besar blog pribadi menarik sangat sedikit pembaca, namun sejumlah kecil blog pribadi telah menjadi populer, hingga menarik sponsor iklan yang menguntungkan. Bahkan beberapa blogger pribadi menjadi terkenal, baik di komunitas online maupun di dunia nyata.

  • Microblogging

    Microblogging adalah praktik memposting potongan kecil konten digital yang berupa teks, gambar, tautan, video pendek, atau media lain di Internet. Microblogging menawarkan mode komunikasi portabel yang terasa organik dan spontan bagi banyak pengguna. Cara blogging ini telah menarik minat publik, sebagian karena postingan pendeknya mudah dibaca saat dalam perjalanan atau ketika mereka dalam keadaan mobile. Beragam alat add-on yang luas dan terus berkembang memungkinkan pembaruan dan interaksi yang canggih dengan aplikasi lain sehingga microblogging lebih efisien dan menjadi jenis komunikasi baru. Adapun contoh- contoh aplikasi yang mendukung microblogging adalah Twitter, Facebook, Tumblr dan lain- lain.

  • Blog perusahaan dan organisasi

    Sebuah blog yang biasanya bersifat pribadi juga bisa digunakan untuk kepentingan untuk bisnis atau organisasi nirlaba atau tujuan pemerintah. Blog yang digunakan secara internal, dan hanya tersedia untuk karyawan melalui intranet disebut blog korporat. Perusahaan yang menggunakan blog perusahaan internal bertujuan meningkatkan komunikasi, budaya, dan keterlibatan karyawan dalam suatu perusahaan.
    Blog internal perusahaan dapat digunakan untuk mengkomunikasikan berita tentang kebijakan atau prosedur perusahaan, membangun semangat kerja karyawan dan meningkatkan semangat kerja. Perusahaan dan organisasi lain juga menggunakan blog eksternal yang dapat diakses publik untuk tujuan pemasaran, branding, atau mempermudah hubungan masyarakat. Blog serupa untuk klub dan perkumpulan disebut blog klub, blog grup, dan sejenisnya dibuat untuk menginformasikan anggota dan pihak lain yang berkepentingan tentang klub dan kegiatan anggota.

  • Blog kolaboratif atau blog grup

    Ini adalah jenis weblog di mana posting ditulis dan diterbitkan oleh lebih dari satu penulis. Mayoritas blog kolaboratif didasarkan pada satu tema khusus, seperti politik, teknologi, atau advokasi. Dalam beberapa tahun terakhir, dunia blog telah mencatat kemunculan dan popularitas upaya kolaboratif yang semakin meningkat, sering kali dibuat oleh blogger yang sudah mapan yang ingin mengumpulkan waktu dan sumber daya, baik untuk mengurangi tekanan dalam mempertahankan situs web yang sudah terlebih dulu populer dan untuk menarik skala pembaca yang lebih besar.

 

Baca Juga  :    Tips Dalam Mengikuti Blogging & Writing Competition di Tahun 2021

 

Perbedaan Blog dan Situs Web

Perbedaan utama antara blog dan situs web adalah bahwa blog adalah jenis konten tertentu yang ditampilkan pada halaman web di situs web. Kebingungan sering terjadi karena individu dan perwakilan bisnis sering menggunakan kedua istilah tersebut secara bergantian. Misalnya, seseorang mungkin mengatakan bahwa mereka mengunjungi blog perusahaan padahal sebenarnya blog tersebut hanyalah salah satu bagian dari situs web perusahaan. Kebingungan juga terjadi karena platform yang sepenuhnya dikhususkan untuk blog menciptakan kesan bahwa blog seseorang atau perusahaan di salah satu platform ini juga merupakan situs utama mereka.

Memahami perbedaan ini adalah dalam banyak hal yakni situs web non-blog akan lebih jarang diperbarui dengan konten baru dibandingkan halaman blog terkait dan situs web khusus blog. Blog biasanya diperbarui setiap mingguan, harian, atau bahkan kurang dari setiap jam. Situs web non-blog, seperti yang berisi tema minat pribadi individu dan biografi atau situs bisnis, biasanya hanya memperbarui berita dan konten blog mereka pada frekuensi jadwal tertentu dan kemudian menambahkan halaman baru atau memperbarui beberapa konten sesuai kebutuhan.

Blog juga mempromosikan adanya diskusi karena mempunyai fitur dan dukungan ypada bagian komentar yang dirancang untuk membuat percakapan online tentang konten blog dan pemilik blog. Fitur ini adalah cara yang sama seperti bagian komentar yang diberikan kepada pembaca oleh platform media berita dan penerbit lain di bawah artikel online. Jenis blog pribadi juga banyak mengundang komentar dari pembacanya karena biasanya blog ini lebih dekat dengan tema dan topik keseharian.

 

Baca Juga  :     Apa itu WordPress : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Lomba Blog 2021 IDCloudHost

Lomba Blog 2021 IDCloudHost
 

Berkembangnya minat menulis dan berbagi topik telah menarik banyak blogger dalam mengembangkan blog mereka. Blog yang terawat dan disiplin juga mempunyai peluang besar karena bisa bekerja sama dengan brand dan organisasi yang ingin berbagi informasi mengenai diri mereka melalui tulisan para blogger. Selain itu tentunya juga membuka peluang adanya lomba dan sayembara blog baik nasional maupun internasional.

Menjawab tantangan terbaru 2021, penyedia web hosting IDCloudHost Indonesia menyelenggarakan lomba blog yang bisa diikuti oleh siapa saja baik Anda seorang penulis, blogger, dan siapa saja yang berkecimpung di dunia penulisan. Sedangkan jenis atau platform blog yang bisa ikut serta di lomba ini adalah platform blogging CMS seperti WordPress atau Blogger dan medium lainnya.

Blogger yang ingin mengikuti lomba ini bisa menggunakan Platform user-generated blog seperti Kompasiana, Kumparan, IDNTimes atau forum seperti Kaskus, Indowebster. Peserta tidak disarankan menggunakan Social Media Post untuk postingan blog pada kompetisi ini. Siapa saja yang mempunyai blog dan minat tulisa yang tinggi, dapat bergabung dan berpeluang memenangkan hadiah dengan total jutaan rupiah yang akan dibagi menjadi 3 pemenang dengan tambahan juara favorit, hadiah hiburan dan hadiah pendaftaran.

Yuk, kunjungi halaman https://idcloudhost.com/lomba-blog/ untuk mencari tahu apa saja persyaratan, regulasi atau ketentuan lomba blog lebih lanjut dan detail.

 

Baca Juga  :    Lomba Blog IDCloudHost 2021 Sudah Dibuka, Daftar Sekarang!

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image