5+ Alasan Kenapa Anda Harus Beralih Ke Cloud VPS

5+ Alasan Kenapa Anda Harus Beralih Ke Cloud VPS

Website merupakan situs yang masih populer untuk digunakan baik itu bagi pelaku UKM hingga perusahaan. Website dinilai efektif sebagai media promosi produk. Agar berjalan dengan baik website perlu menggunakan hosting. Akan tetapi, jika traffic meningkat pada dalam waktu bersamaan pada situs web, maka shared hosting tidak lagi disarankan. Inilah salah satu alasan mengapa Anda harus beralih ke layanan lain yaitu cloud VPS. Lantas, kenapa Anda harus pindah ke cloud VPS? Simak artikel berikut ini.

Mengenal Apa Itu Cloud VPS?

Virtual Private Server adalah layanan cloud pada sebuah website yang berfungsi sebagai kebutuhan penyimpanan data hingga file penting. Selain itu, pada layanan ini juga dilengkapi dengan kapasitas dan sumber daya yang besar. Sehingga dapat menampung jumlah traffic yang masuk dalam jumlah besar secara bersamaan.

Jika dilihat secara definisinya, VPS terdiri dari kata Virtual Private Server. Apabila diartikan satu persatu dimulai dari Virtual yang berarti VPS secara langsung bertindak di lingkungan virtual dengan teknik virtualisasi pada server. Kemudian, ada Private yang berarti server yang sudah diisolasikan sumber dayanya menjadi milik pribadi atau pengguna. Terakhir Server, yaitu komputer tempat dimana data hosting tersimpan baik.

Sesuai dengan namanya cloud VPS menyediakan server khusus yang hanya dihuni oleh penyewa servernya saja. Artinya adalah satu sumber daya pada server digunakan oleh satu user. Jadi, pengguna bebas mengoperasikan server milik mereka tanpa khawatir harus berbagi dengan user lain.

Bukan hanya itu saja, cloud VPS juga memiliki server fisik yang tersimpan di dalam rak yang memiliki kapasitas besar bernama data center. Kapasitas yang terdapat pada data center ini nantinya akan dibagi sama rata untuk kebutuhan beberapa server virtual yang memiliki kapasitas lebih kecil lagi, contohnya cloud VPS. Selain itu, pada VPS pengguna bisa melakukan aktivitas kapan saja hingga 24 jam penuh. Hal ini disebabkan oleh penggunaan akses root yang ada pada layanan tersebut. Sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakan sumber daya yang bisa diskalakan serta yang sudah ter virtualisasi dengan baik.

Baca Juga; Cara Daftar dan Login Layanan Cloud VPS

Kelebihan dan Kekurangan Cloud VPS

Ketahui juga beberapa kelebihan dan kekurangan dari layanan cloud VPS dibawah ini.

Kelebihan Anda menggunakan Cloud VPS murah dari IDCloudHost adalah pengguna diberi kebebasan untuk melakukan kustomisasi. Selain itu, dari segi performanya Cloud VPS memiliki performa yang tinggi karena beroperasi dalam sebuah server khusus. Yang tidak kalah penting sistem keamanannya ganda bisa online atau offline. Terakhir, layanan ini juga mematok harga yang ramah dikantong pengguna dengan kata lain sangat terjangkau.

Kekurangan dari layanan cloud VPS adalah jaminan keamanan ditanggung sepenuhnya oleh pengguna. Kemudian, jika pengguna ingin Cloud VPS bekerja secara maksimal, pengguna harus memiliki keterampilan khusus agar bisa mengkustomisasinya menjadi lebih baik. Selanjutnya, ada resiko server down saat sesama pengguna menggunakan server dalam waktu bersamaan.

Cara Kerja VPS

alasan beralih ke vps

Secara singkat, cara kerja dari Cloud VPS adalah melakukan virtualisasi pada sebuah server fisik. Kemudian virtualisasi yang terjadi tersebut secara otomatis akan melakukan isolasi sumber daya komputasi dari server tersebut. Selanjutnya akan diteruskan ke beberapa server virtual.

Contohnya ada sebuah server fisik yang memiliki sumber daya sebesar 8 Core CPU dan 8 GB RAM. Nanti akan langsung di virtualisasi menjadi 8 server virtual dengan sumber daya komputasi masing-masing 1 Core CPU dan 1 GB RAM. Hal inilah yang membuat pengguna dalam operasinya berbagi satu server yang sama akan tetapi dengan sumber daya yang terisolasi sehingga hanya bisa digunakan oleh pengguna.

Anda sebagai pengguna juga diberikan kebebasan untuk menambahkan fitur atau aplikasi sebagai komponen pendukung untuk website milik Anda. Akan tetapi, hal ini disesuaikan dengan space yang ada terlebih dahulu. Jika Anda ingin menggunakan VPS secara maksimal pastikan Anda sudah memiliki keahlian teknis terlebih dahulu.

Baca Juga: Apa Itu Virtual Machine: Cara Kerja dan Manfaatnya

5+ Alasan Kenapa Anda Harus Beralih Ke VPS

cloud vps

Salah satu tanda bahwa website harus segera beralih ke VPS adalah tidak mampu menampung traffic yang tinggi secara terus menerus. Tentu alasan ini bukan hanya berlaku satu saja, ada beberapa alasan kenapa Anda harus beralih ke VPS berikut ini.

  • Lonjakan Traffic Yang Tinggi

Seperti yang sudah disebutkan diatas, faktor utama yang membuat website tidak dapat berjalan secara maksimal adalah daya tampung akan traffic yang terbatas. Biasanya seringkali terjadi pada website yang dibuat untuk bisnis seperti toko online. Misalnya saja semula pengunjung website Anda hanya berkisar ratusan. Karena promosi yang Anda lakukan berhasil, otomatis menarik minat pengunjung akan website Anda. Tentu mempengaruhi jumlah kunjungan.

Semula pengunjung hanya ratusan, dalam satu waktu bertambah menjadi ribuan. Nah, oleh karena itu website tidak lagi mampu menampung traffic tersebut dan memerlukan pembaharuan akan kapasitas, resource serta sumber daya menjadi lebih besar. Solusi yang tepat adalah beralih menggunakan VPS.

Baca Juga: Rekomendasi Tools untuk Cek Traffic Website

  • Kebutuhan Kustomisasi Server

Selanjutnya, alasan kenapa Anda harus beralih ke layanan VPS adalah kebutuhan kustomisasi server yang perlu untuk di update. Pengunjung pada website bisa dikatakan aktif jika mereka sering mengunjungi website milik Anda secara terus-menerus. Hal ini bisa Anda analisis dengan tools seberapa banyak traffic kunjungan pada situs web. Seperti google analytics dll.

Kemudian, pengunjung juga dapat dikatakan masif jika tidak adanya kunjungan pada website milik Anda dalam jangka waktu yang lama. Nah, sebaiknya Anda perlu untuk mempelajari dua hal ini terlebih dahulu sebelum memutuskan migrasi ke layanan VPS. Jika pengunjung web aktif, penggunaan layanan virtual private server sangat disarankan. Karena VPS sangat fleksibel untuk disesuaikan pada kustomisasi server dengan jumlah pengunjung dan load website akan datang.

  • Memerlukan Akses Kontrol Penuh Website

Selain kebutuhan kustomisasi server yang harus disesuaikan. Alasan ketiga Anda harus beralih ke VPS adalah jika website memerlukan akses kontrol penuh. Seperti yang kita ketahui, pada shared hosting pengguna tidak mendapatkan akses kontrol penuh terhadap server website. Karena semua diatur oleh penyedia jasa layanan.

Jika Anda ingin memiliki hak terhadap kontrol penuh website, Anda bisa beralih ke layanan VPS. Pada layanan tersebut pengguna diberikan kebebasan untuk mengatur server website hingga jenis panel kontrol yang ingin digunakan. Misalnya saja cPanel, Webuzo dan lain-lain.

  • Memerlukan Kapasitas Penyimpanan Besar

Semakin banyak pengunjung di situs website milik Anda maka semakin banyak ruang penyimpanan data yang dibutuhkan. Biasanya pemilik website menyediakan form data pengunjung sebagai database mereka untuk diisi. Secara otomatis data tersebut menyita beberapa bagian ruang penyimpanan Jika, pengunjung berjumlah ribuan kapasitas ini tidak cukup menampungnya.

Sehingga Anda sebagai pemilik website berhak untuk segera migrasi ke layanan virtual private server. Pada layanan ini, Anda dibebaskan untuk mengatur sendiri kebutuhan kapasitas penyimpanan data. Apabila pengunjung sedang banyak Anda bisa melakukan upgrade kapasitas penyimpanan. Sebaliknya, jika pengunjung sedikit Anda bisa melakukan downgrade kembali.

  • Memerlukan Keamanan Data 

Keamanan data dari para pengunjung website Anda menjadi faktor yang sangat penting. Jika website yang Anda kelola adalah toko online, memungkinkan ribuan data dari pelanggan akan tersimpan didalamnya. Nah, sebagai pengelola website yang bertanggung jawab Anda harus memperhatikan data tersebut tidak bocor ke publik. Caranya adalah dengan menambah fitur keamanan lain.

Fitur ini bisa Anda dapatkan apabila Anda beralih ke layanan VPS. Disini sudah dilengkapi fitur keamanan yang canggih dengan protokol SSL di dalamnya. Sehingga dengan adanya kedua fitur tersebut memberikan rasa aman pada pengunjung website Anda tersebut.

  • Membutuhkan Layanan Backup Server

Yang tidak kalah penting adalah layanan backup server perlu untuk menampung menampung ribuan data pelanggan. Karena masalah kebocoran data bisa terjadi sewaktu-waktu, sehingga untuk mengantisipasi kehilangan data permanen diperlukan layanan backup server. Ini berlaku bagi pengunjung website yang memiliki traffic tinggi dalam satu waktu bersamaan.

Jika Anda menggunakan layanan VPS Anda sebagai pengelola website diberikan layanan backup secara otomatis. Bisa diatur sesuai keinginan Anda secara harian,mingguan hingga bulanan. Dan data backup tersebut disimpan pada server lain, jadi tidak perlu khawatir data akan hilang secara permanen.

Baca Juga: Cegah Kehilangan Data dengan Multisite Backup!

  • Kinerja Website Menjadi Lambat

Terakhir yang menjadi alasan kenapa Anda harus segera migrasi ke layanan VPS adalah kinerja website semakin menjadi lambat. Biasanya hal ini dapat terjadi karena lonjakan traffic yang tinggi membuat website yang belum gunakan VPS tidak mampu menampung data para pelanggan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan data pelanggan dengan memperluas kapasitas, sumber daya dari website menjadi lebih besar dengan VPS.

Cloud VPS, Layanan VPS Handal Dari IDCloudHost

Bagaimana Apakah Anda sudah mengetahui beberapa alasan kenapa sebaiknya beralih ke VPS hosting bukan? Sebagai pengelola website jika Anda sudah mengetahui bahwa shared hosting tidak lagi mampu mengakomodasi kebutuhan website Anda, sebaiknya segeralah beralih ke layanan Cloud VPS dari IDCloudHost. Dengan cloud VPS Anda bisa mendapatkan layanan full cloud access terbaik yang menjamin keamanan data secara fleksibel dengan kemudahan konfigurasi sesuai kebutuhan Anda.

Ditambah lagi cloud VPS didukung dengan sistem penyimpanan dengan teknologi S3 yang memungkinkan Anda untuk melakukan back-up hingga archives dengan praktis. Selain itu, layanan ini juga sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi,fitur dan tools yang dapat digunakan dengan mudah sesuai kebutuhan website Anda.

Penutup

Ada berbagai alasan yang sudah kami hadirkan diatas sebagai bahan pertimbangan kenapa Anda harus segera migrasi ke VPS. Biasanya website jika sudah overload karena traffic yang tinggi juga berpengaruh pada kinerjanya menjadi lebih lambat. Nah, sebagai solusinya Anda bisa menggunakan VPS untuk membuat kinerja website menjadi lebih optimal. Fungsi dari VPS adalah menyediakan server virtual yang dapat memberikan kontrol penuh dan konfigurasi mandiri sesuai dengan keinginan pengguna.

Ada berbagai kemudahan yang Anda dapatkan jika segera menggunakan layanan VPS diantaranya adalah mampu menampung traffic yang tinggi, memiliki ruang server khusus milik Anda sendiri, skalabilitas yang diberikannya, kemudian dapat diakses dimanapun kapanpun, terjamin keamanan data serta yang paling penting adalah harganya yang terjangkau sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Anda tidak perlu bingung untuk mencari layanan VPS apa yang ingin digunakan. Karena Anda bisa gunakan layanan cloud VPS dari IDCloudHost yang sudah full cloud access didukung berbagai aplikasi,tools dan fitur dengan harga yang terjangkau untuk segala kebutuhan Anda.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update