7+ Aplikasi Cloud Storage Alternatif Google Drive

7+ Aplikasi Cloud Storage Alternatif Google Drive

Saat akan menyimpan sebuah file baik itu dalam bentuk word, PDF atau bahkan video membutuhkan ruang penyimpanan yang memuat kapasitas besar. Biasanya untuk menyimpan data perlu menggunakan aplikasi yang mampu menampung banyak data. Layanan ini bisa sangat populer untuk digunakan. merupakan layanan cloud yang mampu menyimpan data dalam jumlah yang besar. 

Jika melihat penyimpanan cloud versi keluaran dari Google bisa diakses secara gratis dan biasanya sudah tersedia dalam smartphone maupun PC.  Bahkan setiap pengguna mendapatkan kapasitas 15 GB penyimpanan. Akan tetapi, ada beberapa layanan aplikasi yang bisa digunakan jika penyimpanan Anda penuh. Lalu apakah cloud storage itu? Berikut sudah kami uraikan pengertian dari cloud storage dibawah ini!

Apa Itu Cloud Storage?

Cloud Storage atau penyimpanan awan adalah model bentukan komputasi awan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan file. Dalam penyimpanan ini ada kapasitas yang diberikan tergantung dari aplikasinya, ada yang memiliki limit hingga 10 GB ada juga yang melimit dalam jumlah besar. Biasanya di beberapa layanan cloud jika pengguna ingin menambah kapasitas penyimpanan harus membayar untuk mengupgrade layanan paket yang sudah dibeli. 

Tidak semua layanan cloud berbayar, saat ini Anda sudah bisa menemukan banyak aplikasi yang memberikan akses penyimpanan gratis bagi para penggunanya. Cara kerja dari cloud storage dimulai dari cloud provider sebagai pihak yang memiliki sehingga berhak untuk mengoperasikan kapasitas penyimpanan data ini, kemudian menawarkan kepada pengguna dengan internet yang gratis maupun berbayar.

7+ Aplikasi Cloud Storage Alternatif Google Drive

alternatif google drive

Agar tetap bisa menyimpan data pada penyimpanan cloud ketahui aplikasi alternatif yang fungsinya sama dengan kelebihannya masing-masing. Berikut beberapa aplikasi alternatif untuk Anda gunakan diantaranya sebagai berikut:

  • DropBox

Pertama, Drive adalah DropBox. Aplikasi ini merupakan kompetitor terkuat dari penyimpanan cloud versi Google dibandingkan aplikasi lain. Pada layanan satu ini jika Anda akan menyimpan file maka secara otomatis akan punya folder khusus dalam PC. Dilihat dari segi aksesnya aplikasi ini mudah digunakan secara langsung via cloud. Selain itu sistem enkripsi dan autentikasinya pun dijamin aman, sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan pencurian data yang sudah tersimpan.

  • pCloud

Kedua adalah pCloud. Aplikasi ini ditujukan untuk penggunaan individu. Dilihat dari sistem enkripsinya layanan ini juga memiliki sistem sekuat dari aplikasi kompetitornya. Berbeda dengan aplikasi lain, pCloud dilengkapi dengan fitur zero-knowledge-protection sehingga keamanan data terjaga privasinya.

  • Microsoft OneDrive

Ketiga, ada Microsoft OneDrive. Aplikasi ini sesuai dengan namanya memiliki fitur yang sama sehingga membuat penggunanya bisa leluasa untuk mengupgrade atau mengedit  milik mereka dengan bebas. Layanan ini ditujukan bagi pengguna windows saja, akan tetapi kekurangannya adalah kapasitas penyimpanan hanya 5 GB saja.

  • Mega

Keempat, Mega. Aplikasi ini memiliki kapasitas penyimpanan cloud sebesar 50 GB. Ini merupakan salah satu layanan cloud yang memberikan penyimpanan besar bagi penggunanya. Yang membedakan aplikasi ini dengan aplikasi lain, dari segi tools yang secara khusus bisa mengedit file dimanapun dan kapan pun oleh penggunanya. Selain gratis, sistem enkripsi aplikasi ini juga terbilang aman. 

  • Tresorit

Kelima, adalah Tresorit. Aplikasi ini dikenal sebagai layanan penyimpanan cloud paling aman. Keamanan ini disebabkan oleh sistem enkripsi mereka yang sulit ditembus karena menggunakan sistem kelas militer dan kunci kriptografi. Keunikan dari aplikasi ini adalah setiap link yang ada akan mengarah langsung pada server Tresorit, dan untuk mengaksesnya juga pengguna diminta untuk melengkapi kunci rahasia. 

  • SpiderOak One Backup

Keenam, adalah SpiderOak One Backup. Aplikasi ini termasuk dalam salah satu penyimpanan cloud terbaik. Dengan fitur Semaphore Messaging membuat layanan ini memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin mengirim pesan dengan aman. Selain itu sistem enkripsinya juga dibilang aman dengan sistem end-to-end hingga kebijakan zero-knowledge.

  • Box

Ketujuh ada Box. Aplikasi ini juga menawarkan layanan penyimpanan cloud yang aman, dengan keistimewaan bagi penggunanya untuk bebas memilih lokasi penyimpanan file Selain itu dilengkapi dengan machine learning. Dimana fitur ini bisa mengatur mulai dari pengaturan deadline tugas yang lebih tertata rapi dan kelebihan lainnya.

  • Sync.com

Kedelapan, adalah Sync.com. Aplikasi ini memiliki kapasitas penyimpanan besar dengan folder khusus yang dapat diakses pengguna untuk menyimpan setiap file secara otomatis dan akan tersimpan di server cloud. Untuk menghindari kebocoran data pengguna harus memiliki password jika ingin mengaksesnya. Dari segi keamanan sama seperti layanan Box yang juga menggunakan enkripsi end-to-end dan zero knowledge.

  • Apple iCloud

Kesembilan, Apple iCloud. Aplikasi yang dirilis Apple ini bisa terhubung secara langsung dengan iTunes sehingga memudahkan pengguna yang akan menyimpan data musik di dalamnya. Fungsi dari iCloud untuk menyimpan foto,aplikasi bahkan musik jika sudah disambungkan dengan baik. Namun tidak semua pengguna dapat menggunakan penyimpanan data ini, hanya pengguna windows dan perangkat IOS lainnya saja.

  • IDrive

Terakhir, adalah IDrive. Aplikasi ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lain, yaitu bisa menyimpan file meskipun file terhapus secara otomatis. Selain itu IDrive juga memiliki fitur dalam bentuk fisik seperti hard disk jika sewaktu waktu data pengguna hilang.

  • Cloud Storage Nextcloud Premium IDCloudHost

Nextcloud Premium adalah solusi software self-hosted yang menyediakan penyimpanan cloud, kolaborasi, dan sharing file yang aman dan dapat diakses dari mana saja. Dibandingkan dengan Google Drive, Nextcloud Premium menawarkan sejumlah keunggulan yang signifikan.

Keunggulan Nextcloud Premium terletak pada keamanan dan privasi data. Dengan menggunakan Cloud Storage Nextcloud, pengguna memiliki kendali penuh atas data mereka dan dapat mengatur tempat penyimpanan yang mereka percayai, termasuk penyimpanan lokal atau di pusat data pilihan mereka. Ini memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi karena data tidak disimpan di server pihak ketiga seperti yang terjadi pada Google Drive.

Nextcloud Premium IDCloudHost juga memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam hal kapasitas penyimpanan. Dalam model self-hosted, pengguna dapat mengatur kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan mereka dan mengubahnya seiring waktu.

Selain itu, Anda juga akan mendapat beragam fitur kolaborasi yang kuat. Pengguna dapat dengan mudah berbagi file dengan kolega, mengelola kalender, mengedit dokumen bersama secara real-time, dan melakukan konferensi video. Fitur-fitur ini memudahkan kerja tim dan meningkatkan produktivitas dalam lingkungan kerja yang terpusat di sekitar Cloud Storage Nextcloud.

Terakhir, Nextcloud Premium merupakan solusi open-source yang memberikan fleksibilitas dan kemampuan untuk dikustomisasi. Ini memungkinkan organisasi untuk menyesuaikan Nextcloud dengan kebutuhan khusus mereka, termasuk integrasi dengan sistem internal, pengembangan plugin khusus, dan penyesuaian tampilan antarmuka pengguna.

Penutup

Itulah dia pengertian cloud storage dan beberapa aplikasi alternatif cloud storage. Bagi Anda yang memiliki banyak data dan terbatas ruang penyimpanannya. Anda bisa beralih mencoba aplikasi lain jika ingin merasakan kelebihan-kelebihan dari layanan yang mereka berikan. Pastikan untuk menggunakan layanan cloud yang menjamin keamanan privasi data Anda ya!

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update